×

Beberapa Hormon Yang Berperan Pada Masa Kehamilan

Bagikan Artikel :

Beberapa Hormon Yang Berperan Pada Masa Kehamilan

Adanya peningkatan kadar hormone dan pembentukkan horman baru pada saat kehamilam menyebabkan beberapa perubahan atau ketidaknyamanan yang dirasakan pada tubuh ibu hamil. Bersyukurlah karena berbagai jenih hormone kehamilan ini banyak sekali fungsinya. Nah kali ini Bidan Citra bakalan share nih beberapa hormone yang ada pada ibu hamil dan beberapa fungsinya.

Related Posts :

    Jenis-jenis dan Fungsi Hormon Kehamilan

    1. Hormon perangsang folikel (FSH)
      Hormon perangsang folikel adalah yang pertama dalam pembentukan hormon yang diperlukan untuk memulai kehamilan Anda dan hadir bahkan sebelum Anda hamil.
      Follicle stimulating hormone (FSH), berfungsi untuk merangsang salah satu folikel telur Anda untuk matang dan mulai membuat hormon estrogen.
      Ketika hormon estrogen memberitahu lapisan rahim untuk mulai terbentuk kembali lalu Anda pun hamil, Hormon perangsang folikel (FSH) akan menghentikan fungsinya sementara yaitu dengan menghentikan perangsangan folikel telur menjadi matang. Inilah alasan mengapa Anda tidak berovulasi saat Anda sedang hamil.
    2. Hormon luteinizing (LH)
      Hormon kehamilan berikutnya yang terbentuk adalah hormon luteinizing. Hormon luteinizing (LH) bekerja sama dengan hormon perangsang folikel (FSH) untuk mengatur siklus menstruasi Anda. Baik FSH dan LH tidak aktif selama kehamilan itu sendiri.
      Fungsi hormon ini yaitu saat FSH memulai produksi hormon estrogen, hormon estrogen akan memicu ledakan hormon luteinizing (LH). Hormon luteinizing inilah yang berfungsi untuk meluncurkan folikel dan melepaskan sel telur.
    3. Human chorionic gonadotropin (hCG)
      Inilah yang sejatinyanya disebut ‘hormon kehamilan’. Pasalnya, human chorionic gonadotropin (hCG) ini yang menjadi indikator seorang wanita hamil atau tidak melalui tes kehamilan pada urin atau darah.
      Hormon hCG berfungsi untuk merangsang pembentukan hormon estrogen dan hormon progesteron. Fungsi hormon hCG yang lain adalah untuk menekan sistem kekebalan Anda untuk mendukung bayi Anda yang sedang tumbuh.
    4. Hormon estrogen
      Pembentukan hormon estrogen dirangsang oleh hormon kehamilan hCG dan kemudian oleh plasenta. Hormon estrogen merupakan salah satu dari dua hormon kehamilan yang paling utama.
      Hormon estrogen memiliki banyak fungsi,membantu perkembangan rahim salah satunya mempertahankan lapisan rahim, meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan pertumbuhan payudara, memicu perkembangan organ-organ kecil pada janin, mengatur kepadatan tulang janin dan lain-lain.
    5. Hormon progesteron
      Sama seperti hormon estrogen, hormon progesteron juga merupakan salah satu dari dua hormon kehamilan yang paling utama bahkan inilah hormon kehamilan yang terpenting. Hormon progesteron juga memiliki fungsi yang cukup banyak salah satunya membuat plasenta berfungsi dengan baik, membuat lapisan rahim sehat dan tebal, mendorong pertumbuhan jaringan payudara, mendorong pertumbuhan rahi, merangsang kontraksi alami pra-kehamilan dan lain-lain.
    6. Hormon relaxin
      Beberapa perubahan yang menimbulkan ketidaknyamanan terasa sejak pembentukan hormon estrogen dan hormon progesteron di dalam tubuh. Dan beberapa ketidaknyamanan terkait tulang dan sendi bisa diatasi oleh hormon relaxin. Hormon relaxin berfungsi untuk melunakkan kartilago dan melonggarkan sendi dan ligamen.
    7. Hormon placental growth factor (hPGF)
      Hormon faktor pendukung plasenta (hPGF) ini mendukung peningkatan volume darah yang diperlukan untuk menyehatkan bayi Anda. Hormon PGF berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan pembuluh darah dan memicu peningkatan volume darah
    8. Hormon hPL
      Apa itu hPL? hPL di sini bukanlah HPL yang juga terkait dengan kehamilan. Kalau HPL adalah Hari Perkiraan Lahir sedangkan hPL adalah singkatan dari hormon Human Placental Lactogen. Fungsi hPL adalah untuk mempersiapkan payudara Anda siap menyusui bayi sejak kelahirannya.
    9. Hormon oksitosin
      Hormon oksitosin akan hadir sepanjang kehamilan Anda. Hormon kehamilan ini juga biasa disebut sebagai hormon pengontraksi otot. Hormon oksitosin berfungsi untuk merangsang kontraksi persalinan.
    10. Hormon prolaktin
      Terkadang hormon kehamilan ini disebut sebagai hormon ibu. Hal ini dikarenakan hormon prolaktin memberikan efek rasa penuh cinta pada ibu. Prolaktin adalah produsen susu utama tubuh. Hormon prolaktin berfungsi untuk merangsang payudara memproduksi ASI. Fungsi lain dari hormon prolaktin ini adalah menenangkan ibu menyusui.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 28, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Biaya Untuk Cek Kesuburan Suami Istri

  • Oleh : Dessi Yudha Arisandy
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Assalamualikum bu bidan, nama saya Filza Syafira. Saya mau bertanya kira – kira biaya untuk cek kesuburan suami istri butuh berapa ya ? Rincian pemeriksaannya seperti apa aja bu ? Terima kasih, mohon dijawab.

    Benjolan payudara

  • Oleh : Eva Rahmawati
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Saya mau tanya untuk menghilangkan benjolan payudara gimana ya dok? Payudara sebelah kiri saya ada benjolan tp tidak sakit, kalo kata dokter yg periksa saya waktu itu. Katanya itu kelebihan hormon

    Makan dan minum saat proses bersalin, bolehkah?

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • 4 tahun yang lalu

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • BAB setelah minum susu

  • Oleh : Setya
  • 2 tahun yang lalu

    BAB sudah 7 kali dalam sehari warna fesesnya hijau encer dan ada biji”annya.. dan BAB nya setiap selesai menyusu.. itu knp yaa dok ?

    Bayi Usia 1 Bulan Terkena Pilek

  • Oleh : mahdi
  • 1 tahun, 12 bulan yang lalu

    Siang dok. Saya Shelly. Anak saya yang berusia 1 bulan terkena pilek tapi tidak panas. Ada batuk sedikit jika sedang menyusui saja. Bagaimana cara menanganinya ? Apa perlu saya periksakan ke dokter ?

    Tanya Bidan