×

Berikut Ini Bahaya Dehidrasi Berat Pada Masa Kehamilan

Bagikan Artikel :

Curhat Bidan – Ibu yang sedang hamil sangat membutuhkan cairan yang lebih banyak. Karena bukan untuk dirinya saja, tentunya janin yang dikandungnya pun membutuhkan cairan yang cukup. Itu sebabnya ibu yang sedang hamil tidak boleh sampai mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Karena, apabila pada masa kehamilan ibu mengalami kekurangan cairan bisa berdampak buruk bagi ibu maupun janin yang dikandungnya.

Kenapa Bunda mesti mencukupi asupan cairan selama kehamilan? Karena, air dapat memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan entah itu untuk janin maupun untuk si ibu. Berikut dibawah ini manfaat air selama masa kehamilan:

  • Untuk membantu kelancaran ASI
  • Membentuk plasenta yang berfungsi mengantarkan gizi pada janin supaya bisa tumbuh sehat dan memperoleh sel darah yang ideal

Apabila kebutuhan cairan tubuh Anda tidak terpenuhi, maka tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalami dehidrasi selama kehamilan. Dan harus Anda ketahui, dehidrasi yang terjadi bisa mengakibatkan komplikasi serius bahkan kasus yang terparah adalah kematian.

Bahaya Dehidrasi Berat Pada Masa Kehamilan

Saat ini penting untuk Anda mengetahui apa saja bahaya dehidrasi berat pada masa kehamilan, diantaranya yaitu:

Menyebabkan air ketuban yang sedikit
Kondisi ini bisa menggambarkan kesehatan janin yang kurang baik. Karena, air ketuban diperlukan untuk memberikan ruang gerak serta bantalan untuk melindungi janin selama di dalam kandungan. Air ketuban yang sedikit dapat mempengaruhi pertumbuhan janin di dalam kandungan bahkan keguguran atau kematian janin dalam kandungan.

Persalinan prematur
Dehidrasi berat juga bisa menyebabkan kontraksi Braxton-Hicks yang merupakan kontraksi rahim yang biasanya berlangsung selama 1-2 menit. Biasanya, kontraksi ini terjadi pada trimester ke 3 atau bisa juga pada trimester ke 2.

Jika, Bunda mengalami kontraksi ini secara berulang-ulang, maka Anda kemungkinan mengalami dehidrasi. Maka dari itu, Bunda perlu memperhatikan asupan cairan lebih optimal karena dehidrasi pada trimester ke 3 bisa menyebabkan kontraksi yang memicu persalinan prematur.

Memicu komplikasi yang serius
Dengan terjadinya dehidrasi berat selama masa kehamilan dapat memicu berbagai masalah seperti produksi ASI yang sedikit, bayi mengalami cacat lahir, atau bayi mengalami cacat pada sistem saraf.

Kematian pada bayi atau ibu
Hal ini bisa terjadi pada siapa saja yang mengalami dehidrasi berat selamat kehamilan.

Itulah beberapa dampak buruk dehidrasi selama kehamilan. Tentunya Anda tidak ingin bukan mengalami masalah-masalah atau gangguan kesehatan selama kehamilan? Maka dari itu, pastikan untuk Anda mencukupi asupan cairan dan gizi untuk Anda dan janin Anda. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 13, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Mata Putih Bagian Tengah

  • Oleh : emilia
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Dok saya may tanya, kan saya punya ade yang masih berusia 2 bulan. Awalnya adik saya lahir dengan normal dan juga mata yang normal. Tapi setelah usia adik saya menginjak 1 bulan, tiba tiba saya perhatikan ada warna putih pada bagian mata bagian tengah yang biasanya hitam, itu kira kira kenapa ya dok? jenis penyakit apa kira kira?

    Pertanyaan

  • Oleh : Ganda Yana
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Dok,apa emng bener kalo penis bersentuhan dengan vagina bisa hamil?

  • Oleh : Ganda Yana
  • Haid berhenti tapi haid lagi

  • Oleh : Syafni Shafitry
  • 2 tahun yang lalu

    Dok saya mau tanya 4bln yg lalu kan saya pakai kb suntik dan baru pertama kali .. sebelum kb suntik normal2 saja gitu dok mens paling lama 6-7hri satu bulan sekali.. dan teratur pd tanggal haid nya tdk pernah rubah.. setelah kb suntik haid saya ga normal dok berhenti haid itu paling 5hri lalu haid lagi sampe skrg saya pernah konsumsi juga pil kb krn saya berobat ke bidan dikasih tau harus ganti.. bbrapa kali saya ke dokter katanya itu normal .. tp saya takut sendiri gitu dok soalnya saya belum pernah kyk gni .. saya udh berentikan smua kb selama 1bln tp ttp aja saya haid .. kira2 itu kenapa ya dok dan obat apa biar bisa cepat mengatasi nya.. trimakasih dok

  • Oleh : Syafni Shafitry
  • Keputihan

  • Oleh : Liviian Zhu
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya sebelumnya cara mengatasi keputihan yang berbau dab gatal bagaimna caranya,, saya sudah mengalami keputihan gak normal ini sdh bebrapa hari dan saya rasa saya tak percaya diri dengan suami saya.

    Haid Lama, Tapi Hanya Flek

  • Oleh : Yayu Yu
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Bu Bidan, izin bertanya. Usia saya 19 tahun, sudah sekitar satu tahun lebiy saya haid selalu 15 hari, tapi hanya keluar flek saja, tidak pernah keluar darah. Waktu saya usia 17 tahun kemaluan saya mengeluarkan darah segar setiap saat sampai beberapa hari, tapi setelah pergi ke dokter pendarahannya berhenti. Bagiamana ya bu bidan? Saya sudah pergi ke dokter hingga ke bidan untuk mengonsultasikan hal ini, tapi ujung-ujungnya hanya diberi obat saja, dan tidak kunjung sembuh. Apa sangat di perlukan untuk pergi ke spesialis bu bidan, mohon jawabannya bu bidan. Terima kasih banyak.

    Tanya Bidan