×

Berikut Ini Bahaya Dehidrasi Berat Pada Masa Kehamilan

Bagikan Artikel :

Curhat Bidan – Ibu yang sedang hamil sangat membutuhkan cairan yang lebih banyak. Karena bukan untuk dirinya saja, tentunya janin yang dikandungnya pun membutuhkan cairan yang cukup. Itu sebabnya ibu yang sedang hamil tidak boleh sampai mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Karena, apabila pada masa kehamilan ibu mengalami kekurangan cairan bisa berdampak buruk bagi ibu maupun janin yang dikandungnya.

Kenapa Bunda mesti mencukupi asupan cairan selama kehamilan? Karena, air dapat memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan entah itu untuk janin maupun untuk si ibu. Berikut dibawah ini manfaat air selama masa kehamilan:

  • Untuk membantu kelancaran ASI
  • Membentuk plasenta yang berfungsi mengantarkan gizi pada janin supaya bisa tumbuh sehat dan memperoleh sel darah yang ideal

Apabila kebutuhan cairan tubuh Anda tidak terpenuhi, maka tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalami dehidrasi selama kehamilan. Dan harus Anda ketahui, dehidrasi yang terjadi bisa mengakibatkan komplikasi serius bahkan kasus yang terparah adalah kematian.

Bahaya Dehidrasi Berat Pada Masa Kehamilan

Related Posts :

    Saat ini penting untuk Anda mengetahui apa saja bahaya dehidrasi berat pada masa kehamilan, diantaranya yaitu:

    Menyebabkan air ketuban yang sedikit
    Kondisi ini bisa menggambarkan kesehatan janin yang kurang baik. Karena, air ketuban diperlukan untuk memberikan ruang gerak serta bantalan untuk melindungi janin selama di dalam kandungan. Air ketuban yang sedikit dapat mempengaruhi pertumbuhan janin di dalam kandungan bahkan keguguran atau kematian janin dalam kandungan.

    Persalinan prematur
    Dehidrasi berat juga bisa menyebabkan kontraksi Braxton-Hicks yang merupakan kontraksi rahim yang biasanya berlangsung selama 1-2 menit. Biasanya, kontraksi ini terjadi pada trimester ke 3 atau bisa juga pada trimester ke 2.

    Jika, Bunda mengalami kontraksi ini secara berulang-ulang, maka Anda kemungkinan mengalami dehidrasi. Maka dari itu, Bunda perlu memperhatikan asupan cairan lebih optimal karena dehidrasi pada trimester ke 3 bisa menyebabkan kontraksi yang memicu persalinan prematur.

    Memicu komplikasi yang serius
    Dengan terjadinya dehidrasi berat selama masa kehamilan dapat memicu berbagai masalah seperti produksi ASI yang sedikit, bayi mengalami cacat lahir, atau bayi mengalami cacat pada sistem saraf.

    Kematian pada bayi atau ibu
    Hal ini bisa terjadi pada siapa saja yang mengalami dehidrasi berat selamat kehamilan.

    Itulah beberapa dampak buruk dehidrasi selama kehamilan. Tentunya Anda tidak ingin bukan mengalami masalah-masalah atau gangguan kesehatan selama kehamilan? Maka dari itu, pastikan untuk Anda mencukupi asupan cairan dan gizi untuk Anda dan janin Anda. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 13, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Seputar payudarah

  • Oleh : Risma Syifa
  • 6 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum. Malam bu bidan, saya mau tanya sempat beberapa kali puting saya mengeluarkan bercah putih sehabis mandi tapi alhamdulillah sudah lama tidak. Tapi kalo sama melakukan sadari alhamdulillah tidak ada keluar cairan seperti yang bu bidan katakan diyoutube. Itu kenapa ya bu?

    Bayi Seminggu tidak BAB

  • Oleh : danilobecnel
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat siang Bu Bidan,
    Bayi saya umur 4 bulan sudah seminggu ini tidak BAB. Sebelumnya setiap hari selalu BAB bisa 2 sampai 3 kali sehari. Apakah kondisi bayi saya normal ? Apa tindakan yang harus saya lakukan ?

    Ciri2 ibu hamil terkena rubella dan sejenisnya

  • Oleh : Rara Anteng
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Dok mau tanya. Pas hamil 5 bln saya masuk rumah sakit karna semua otot saya sakit dan panas juga setelah itu memasuki usia kandungan 30w jari kaki tengah saya sakit sprt kesemutan itu sampai 1bln tidak hilang2. Dan sekarang memasuki 37w saya malah flu atau sering keluar lendir di hidung dan mulut apakah itu ciri2nya virus rubella dok, secara kerja saya sering berinteraksi dgn anak2 yg terkena rubella dari kandungan . terimakasih

    Menstruasi yang tidak teratur

  • Oleh : herry sinaga
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan,

    aku mau tanya, siklus haid aku setiap bulannya selalu terlambat maksimal setelah meikah april tahun ini telat 1 minggu.

    hal demikian kenapa terjadi ya bu bidan, dan menyebabkan susah hamil atau tidak?

    atau daya da kelainan hormon atau bagaimana bu? dan cara mengatasinya bagaimana agar jika ada kelainan saya bisa mengobatinya sejak dini bu bidan.

    terimakasih

    Gangguan di rahim

  • Oleh : Rahmi megarina mega
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    selamat malam dokter saya mau tanyak saya pernah ke dokter kandungan dan dokter spesialis kandungan it bilang klu di rahim ada lemakx kenapa bisa terjadi seperti it? Bagaimana cara mengatasix agar bisa hamil? Tlong penjelasanx terimakasih

    Tanya Bidan