×

Berikut Ini Bahaya Dehidrasi Berat Pada Masa Kehamilan

Bagikan Artikel :

Curhat Bidan – Ibu yang sedang hamil sangat membutuhkan cairan yang lebih banyak. Karena bukan untuk dirinya saja, tentunya janin yang dikandungnya pun membutuhkan cairan yang cukup. Itu sebabnya ibu yang sedang hamil tidak boleh sampai mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Karena, apabila pada masa kehamilan ibu mengalami kekurangan cairan bisa berdampak buruk bagi ibu maupun janin yang dikandungnya.

Kenapa Bunda mesti mencukupi asupan cairan selama kehamilan? Karena, air dapat memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan entah itu untuk janin maupun untuk si ibu. Berikut dibawah ini manfaat air selama masa kehamilan:

  • Untuk membantu kelancaran ASI
  • Membentuk plasenta yang berfungsi mengantarkan gizi pada janin supaya bisa tumbuh sehat dan memperoleh sel darah yang ideal

Apabila kebutuhan cairan tubuh Anda tidak terpenuhi, maka tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalami dehidrasi selama kehamilan. Dan harus Anda ketahui, dehidrasi yang terjadi bisa mengakibatkan komplikasi serius bahkan kasus yang terparah adalah kematian.

Bahaya Dehidrasi Berat Pada Masa Kehamilan

Saat ini penting untuk Anda mengetahui apa saja bahaya dehidrasi berat pada masa kehamilan, diantaranya yaitu:

Menyebabkan air ketuban yang sedikit
Kondisi ini bisa menggambarkan kesehatan janin yang kurang baik. Karena, air ketuban diperlukan untuk memberikan ruang gerak serta bantalan untuk melindungi janin selama di dalam kandungan. Air ketuban yang sedikit dapat mempengaruhi pertumbuhan janin di dalam kandungan bahkan keguguran atau kematian janin dalam kandungan.

Related Posts :

    Persalinan prematur
    Dehidrasi berat juga bisa menyebabkan kontraksi Braxton-Hicks yang merupakan kontraksi rahim yang biasanya berlangsung selama 1-2 menit. Biasanya, kontraksi ini terjadi pada trimester ke 3 atau bisa juga pada trimester ke 2.

    Jika, Bunda mengalami kontraksi ini secara berulang-ulang, maka Anda kemungkinan mengalami dehidrasi. Maka dari itu, Bunda perlu memperhatikan asupan cairan lebih optimal karena dehidrasi pada trimester ke 3 bisa menyebabkan kontraksi yang memicu persalinan prematur.

    Memicu komplikasi yang serius
    Dengan terjadinya dehidrasi berat selama masa kehamilan dapat memicu berbagai masalah seperti produksi ASI yang sedikit, bayi mengalami cacat lahir, atau bayi mengalami cacat pada sistem saraf.

    Kematian pada bayi atau ibu
    Hal ini bisa terjadi pada siapa saja yang mengalami dehidrasi berat selamat kehamilan.

    Itulah beberapa dampak buruk dehidrasi selama kehamilan. Tentunya Anda tidak ingin bukan mengalami masalah-masalah atau gangguan kesehatan selama kehamilan? Maka dari itu, pastikan untuk Anda mencukupi asupan cairan dan gizi untuk Anda dan janin Anda. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 13, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Telat haid 9 hari

  • Oleh : Muhammadfadly Kadir
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selama 9 hari lewat 1 bulan saya belum haid dokk, apakah tanda lambat haid selama 9 hari itu tanda kehamilan,, tolong jelas kan

    Terima kasih

    Ingin hamil lagi

  • Oleh : Erna Manurung
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Gini buk bidan, saya habis melahirkan sekitar bulan 12 kemarin, tapi anak saya meninggal begitu lahir, dan saya belum mendapat haid sampai saat ini, tapi saya sudah berhubungan sama suami saya sekitar 2 minggu yang lalu dan rutin karna memang kami tidak menunda untuk kehamilan selanjut nya tapi sekarang saya merasakan sakit perut dibagian bawah, saya bingung ini gejala tanda kehamilan atau mau PMS y buk bidan,? Soal ny sudah saya tespek hasil nya negatif tapi sakit perut nya sudah berlangsung beberapa hari ini dan tidak ada keluar darah yang ada keluar keputihan terus menerus dan bagaimana cara agar bisa cepat hamil lagi sebelum datang haid setelah melahirkan?

    Keputihan

  • Oleh : indah nian lestari
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat malam bu saya mau tanya , saya slalu keputihan setiap hari , sebenernya yang keluar dr vagina itu keputihannya warna putih pekat tp kelamaan dicelana dalam berubah jd warna kuning tp entah lah sebenernya warna apa saya juga bingung . Dan kemaren vagina sayaa terasa gatal sekali dan akhirnya saya berobat kepuskesmas terdekat dan saya dikasih obat metronidazol dan chlorphenamine maleate . Saya merasa sudah baikan setelah minum obat itu sekali dan karena merasa sudah sembuh saya tidak melanjutkan meminum obat tersebut . Dan hari ini gatal nya kambuh lagi . Sebenernya saya tuh sakit apa ya dok ? Apakah saya terkena kanker servik?

    Apakah saya hamil?

  • Oleh : Desy Silvy
  • 2 bulan, 3 minggu yang lalu

    Dok Bln 1 tgl 1-5 sya m dan BulN 1 tgl 28-1 m lgi. BulN 2 tgl 14 15 sy berhubungan tgl 24-27 saya m. Sampek bulan 4 tgl 3 sy blm dpt tadi pgi saya test gari dua. Pa itu positif

  • Oleh : Desy Silvy
  • mual mual

  • Oleh : pluvio phile
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    saya h-1 mens melakukan hubungan intim. besoknya mens. dan skrg saya mual-mual dan sakit pinggang. apakah tanda hamil?trims

    Tanya Bidan