×

Berikut Ini Bahaya Dehidrasi Berat Pada Masa Kehamilan

Bagikan Artikel :

Curhat Bidan – Ibu yang sedang hamil sangat membutuhkan cairan yang lebih banyak. Karena bukan untuk dirinya saja, tentunya janin yang dikandungnya pun membutuhkan cairan yang cukup. Itu sebabnya ibu yang sedang hamil tidak boleh sampai mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Karena, apabila pada masa kehamilan ibu mengalami kekurangan cairan bisa berdampak buruk bagi ibu maupun janin yang dikandungnya.

Kenapa Bunda mesti mencukupi asupan cairan selama kehamilan? Karena, air dapat memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan entah itu untuk janin maupun untuk si ibu. Berikut dibawah ini manfaat air selama masa kehamilan:

  • Untuk membantu kelancaran ASI
  • Membentuk plasenta yang berfungsi mengantarkan gizi pada janin supaya bisa tumbuh sehat dan memperoleh sel darah yang ideal

Apabila kebutuhan cairan tubuh Anda tidak terpenuhi, maka tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalami dehidrasi selama kehamilan. Dan harus Anda ketahui, dehidrasi yang terjadi bisa mengakibatkan komplikasi serius bahkan kasus yang terparah adalah kematian.

Related Posts :

    Bahaya Dehidrasi Berat Pada Masa Kehamilan

    Saat ini penting untuk Anda mengetahui apa saja bahaya dehidrasi berat pada masa kehamilan, diantaranya yaitu:

    Menyebabkan air ketuban yang sedikit
    Kondisi ini bisa menggambarkan kesehatan janin yang kurang baik. Karena, air ketuban diperlukan untuk memberikan ruang gerak serta bantalan untuk melindungi janin selama di dalam kandungan. Air ketuban yang sedikit dapat mempengaruhi pertumbuhan janin di dalam kandungan bahkan keguguran atau kematian janin dalam kandungan.

    Persalinan prematur
    Dehidrasi berat juga bisa menyebabkan kontraksi Braxton-Hicks yang merupakan kontraksi rahim yang biasanya berlangsung selama 1-2 menit. Biasanya, kontraksi ini terjadi pada trimester ke 3 atau bisa juga pada trimester ke 2.

    Jika, Bunda mengalami kontraksi ini secara berulang-ulang, maka Anda kemungkinan mengalami dehidrasi. Maka dari itu, Bunda perlu memperhatikan asupan cairan lebih optimal karena dehidrasi pada trimester ke 3 bisa menyebabkan kontraksi yang memicu persalinan prematur.

    Memicu komplikasi yang serius
    Dengan terjadinya dehidrasi berat selama masa kehamilan dapat memicu berbagai masalah seperti produksi ASI yang sedikit, bayi mengalami cacat lahir, atau bayi mengalami cacat pada sistem saraf.

    Kematian pada bayi atau ibu
    Hal ini bisa terjadi pada siapa saja yang mengalami dehidrasi berat selamat kehamilan.

    Itulah beberapa dampak buruk dehidrasi selama kehamilan. Tentunya Anda tidak ingin bukan mengalami masalah-masalah atau gangguan kesehatan selama kehamilan? Maka dari itu, pastikan untuk Anda mencukupi asupan cairan dan gizi untuk Anda dan janin Anda. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 13, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Asni Nurhayati
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan …Sy mau tanya hpht sy 16-juni2020 sampai sekarang belum haid dan sy testpack 3xhasil nya 2 garis Tp saya tidak merasakan mual atau gejala apapun cuma nyeri perut dan payudara terasa sangat sakit jika di sentuh …Kalau begitu usia kandungan saya berapa minggu ya bu ?

  • Oleh : Asni Nurhayati
  • Normalkah Kentut Melalui Vagina?

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih usia saya sekarang mau menginjak 20 tahun. Keluhan saya ini selalu kentut atau buang gas lewat vagina, apakah itu normal-normal saja untuk saya yang belum pernah melakukan hubungan suami istri? jika itu bahaya, apa yang harus saya lakukan bu? Terimakasih ditunggu jawabannya.

    Tentang mens

  • Oleh : Acha Acha
  • 12 bulan yang lalu

    Hallo dok yaa saya acha umur saya 16 tahun kenapa ya dok biasanya saya awal bulan saya udah mens hampir satu bulan ini saya bulum mens ya dok padahal saya belum pernah ngelakuin hal intim dok saya jadi takut dok

  • Oleh : Acha Acha
  • Pemeriksaan kehamilan

  • Oleh : arronbustard86
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Malam bu,bulan kemarin saya melakukan pemeriksaan usg dan diketahui usia kandungan sy sudah 10minggu.hari ini jadwal saya melakukan pemeriksaan lagi di usia kehamilan 14minggu.yg ingin sy tanyakan apakah harus melakukan usg lagi atau tidak?terimakasih

    ingin tahu masa kesuburan

  • Oleh : ludiana nisa
  • 7 bulan yang lalu

    dok saya ingin tanya saya haid tgl 25 masa subur saya tanggal berapa ya tolong bimbingan ny ya dok terimalasih

  • Oleh : ludiana nisa
  • Tanya Bidan