×

Boleh Gak Sih Ibu Hamil Mandi Malam?

Bagikan Artikel :

Boleh Gak Sih Ibu Hamil Mandi Malam?

Adanya perubahan hormone saat hamil membuat ibu hamil sering merasa gerah dan panas. Tentu dengan demikian akan membuat ibu hamil melakukan beberapa tindakan agar tubuhnya terasa adem atau seger. Salah satunya di pasang AC, membuka jendela dengan lebar, dan lebih sering mandi hingga larut malam. Tapi memang boleh yah dalam medis mandi malam-malam pada ibu hamil? Sedangkan orang tua dulu bilangnya tidak boleh karena membahayakan bagi janinnya. Benarkah ini? Atau hanya mitos saja?

Ibu Hamil Boleh Kok Mandi Malam

Meski orang tua zaman dulu mengatakan mandi malam pada ibu hamil akan membahayakan janin tapi dalam ilmu kesehatan mandi malam bisa membantu ibu hamil lebih rileks dan mudah tidur karena rasa nyaman setelah mandi.

Dan apabila ibu hamil merasakan panas di malam hari maka dikhawatirkan ibu akan mengalami gelisah hingga sulit tidur. Namun tak serta merta, ibu hamil boleh mandi malam. Karena ada syarat yang harus diikuti agar mandi malam tidak memiliki efek samping.

Related Posts :

    Hal Yang Perlu Diperhatikan

    1. Perhatikan suhu air saat ingin mandi di malam hari
      Jika ibu sedang hamil dan ingin mandi malam, pastikan untuk memerhatikan suhu air. Meski menggunakan air dingin akan terasa sangat menyegarkan, namun tubuh tidak bisa mendapat perbedaan suhu drastis.
      Saat tubuh terkena air dingin, refleks tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak agar memanaskan suhu tubuh. Juga, jika tidak kuat, Anda bisa berakhir masuk angin. Begitu juga jika terlalu panas. Tubuh akan kebingungan dan berakhir jadi sakit. Hal ini malah membuat ibu semakin tidak nyaman.
    2. Hindari mandi terlalu lama
      Pada dasarnya, mandi malam hari tak masalah. Hanya saja, usahakan untuk tidak terlalu lama. Terlebih jika Anda ingin berendam. Pastikan untuk beredam maksimal selama 10 menit saja.
      Jika ingin berendam, pastikan airnya tidak terlalu panas. Karena jika terlalu panas, bisa menyebabkan kepala jadi pusing dan tubuh melemah, serta tekanan darah bisa menurun drastis.
    3. Hindari mandi terlalu larut malam
      Bila tengah malam Anda terbangun karena gerah dan panas. Pasti rasanya ingin langsung ke kamar mandi untuk mandi. Tapi sebaiknya hal ini dihindari. Karena mandi terlalu malam bisa memicu tubuh lebih rentan masuk angin, detak jantung menjadi ireguler dan sesak nafas
    4. Gunakan baju yang tebal setelah mandi.
      Setelah mandi, usahakan untuk mengenakan pakaian yang bisa menjaga suhu tubuh. Misalnya baju yang tebal dan tertutup.
    5. Hindari terlalu sering mandi malam
      Jika Anda merasa sering kepanasan pada malam hari, usahakan untuk membuat ruang tidur lebih sejuk. Anda bisa menyalakan AC atau kipas angin agar ada tiupan angin sejuk.
      Anda Mama juga bisa memilih pakaian dan seprai yang berbahan sejuk. Dengan begitu, suhu tubuh yang panas bisa terserap oleh sekeliling. Dan Anda juga tidak akan terlalu sering mandi malam.
    6. Mandilah Sesuai Dengan suhu Ruangan
      Kenyamanan air untuk mandi bagi ibu hamil berubah sesuai suhu sekitarnya, apabila suhu sekitar dingin maka suhu air bisa dibuat hangat. Sebaliknya, jika cuaca sedang panas maka suhu air bisa dibuat dingin.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 13, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Siklus Haid Tidak Teratur

  • Oleh : Cherma
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi dok. Dulu sebelum menikah siklus hed saya lancar dan tepat waktu, namun setelah menikah siklusnya tidak teratur dan bahkan sering kali telat datang bulan. Ketika hal ini terjadi, biasanya di sertai dengan kram dibagian bawah perut dan juga sakit. Yang saya mau tanyakan, apakah ini ada hubungannya dengan sering melakukan hubungan seks? dan apakah ini berbahaya atau bahkan merupakan hal yang wajar dirasakan? Terimakasih, ditunggu jawabannya dok 🙂

    Faktor yang berpengaruh agar memiliki bayi kembar

  • Oleh : Siska zumrotul fauziah
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya apa saja faktor yang dapat berpengaruh agar memiliki bayi kembar pada keluarga yang tidak mempunyai riwayat anak kembar. Mohon penjelasannya

    Masalah haid

  • Oleh : Nining Yunengsib
  • 11 bulan yang lalu

    Bu udah 2 bulan ini aku haid nya cuma flek coklat doang… Kira-kira kenapa yah??

    Alergi Dingin

  • Oleh : Claudia harapankita
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Dok selama ini saya sering kali merasakan masalah dibagian hidung seperti hidung yang terasa perih sehingga membuat saya kesulitan untuk bernafas dimana hal ini sering juga disertai dengan adanya rasa sakit pada bagian kepala. Biasanya saya merasakan hal ini dimana saat musim dingin dok. Dulu saya sempat tinggal di daerah perkampungan yang udaranya sangat dingin sehingga tiap malam dan pagi hari saya sering merasakan masalah pada bagian hidung serta bersin bersin. Saya mau tanya, kira kira ini salah satu gejala penyakit apa ya dok? Terus berbahaya gak ya bagi kesehatan saya?

    siklus haid

  • Oleh : liya
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    bu bidan, yang ingin aku tanyakan adalah ketika pms sudah datang namun haid tidak kunjung tiba, apakah itu tidak apa2 ? semenjak menikah, siklus haid saya jadi kacau padahal sebelum menikah siklus haid saya 30 hari

    Tanya Bidan