×

Boleh Gak Sih Ibu Hamil Melakukan Treatment Dan Perawatan Kecantikan?

Bagikan Artikel :

Boleh Gak Sih Ibu Hamil Melakukan Treatment Dan Perawatan Kecantikan?

Namanya juga wanita, wajar dong yah kalau ingin melakukan perawatan kulit agar terlihat cantik dan lebih muda. Tapi kalau lagi hamil boleh gak sih melakukan berbagai treatment? Aman gak sih untuk tumbuh kembang janin?

Apalagi ketika hamil, biasanya memiliki perbedaan kulit jika dibandingkan dengan kulit wanita lain pada umumnya. Misalnya nih kulit menjadi kusam, ada jerawat, bintik hitam, chloasma dan lain-lain. Selain itu juga terjadi peningkatan sensitifitas kulit pada jenis zat atau perlakuan tertentu.

Pada saat Anda melakukan treatment wajah, biasanya menggunakan produk perawatan yang mengandung zat-zat tertentu yang akan aman-aman saja bagi wajah, namun untuk kulit Anda yang sedang hamil bisa saja mengalami iritasi karena kulit yang cenderung lebih sensitive karena kehamilan.

Hal tersebut juga berlaku terhadap perlakuan treatment seperti mengilangkan komedo atau minyak yang menempel pada permukaan kulit wajah. Rasa sakit yang biasanya dialami pada saat pengangkatan komedo bagi wanita yang tidak hamil memang tidak memberikan dampak buruk. Tetapi pada wanita yang hamil, rasa sakit ini akan mengakibatkan kontraksi yang memberikan rasa tidak nyaman di daerah perut. Selain itu, kandungan kimia tertentu dalam bahan yang digunakan dapat memberikan efek buruk pada janin.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Treatment

  1. Hindari kandungan kimia yang terdapat dalam bahan untuk proses facial karena zat kimia tersebut mengancam kesehatan bayi
  2. Jangan menggunakan produk untuk facial yang mengandung pewangi karena zat pewangi karena dapat mempengaruhi keadaan ibu dan janin
  3. Pilihlah facial yang alami dan tidak menggunakan teknologi yang berat seperti laser atau detox
  4. Pilihlah klinik kecantikan yang sudah terkenal dan terbiasa/aman menangani ibu hamil yang ingin facial
  5. Hindari perawatan facial yang memberikan efek rasa sakit untuk menghindari kontraksi dan menghindari rasa sakit yang akan berpengaruh terhadap janin
  6. Hindari perawatan yang menggunakan arus listrik, mengencangkan pori-pori, terapi cahaya, dermabrasi, operasi plastik, dan perawatan yang menggunakan panas atau uap.
  7. Beritahu petugas yang melayani Anda bahwa Anda sedang hamil, sebelum perawatan dimulai.
  8. Hindari perawatan yang meningkatkan suhu tubuh Anda di atas 32 derajat celsius.

Perawatan Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Sebenarnya perawatan wajah pada ibu hamil akan lebih aman apabila dilakukan rutin di rumah dengan menggunakan racikan tradisional seperti misalnya lidah buaya yang dicampur dengan jeruk nipis dan minyak zaitun. Selain itu dilakukan pemijatan dan totok wajah oleh ahli yang sudah biasa menangani pijat prenatal. Dan sebaiknya saran saya hindari facial saat hamil hingga persalinan tiba.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 5, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Amankah episiotomi saat persalinan?

  • Oleh : Muhammad Hanif Maulana
  • 7 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang mengandung usia 8 bulan, dan setelah melakukan USG ternyata bayi saya mempunyai berat badan yang tergolong bayi besar. Kata dokter, saya lebih baik melakukan episiotomi. Tetapi saya ragu dan takut akan rasa sakitnya, dan apakah episiotomi itu amak dilakukan? Mohon penjelasannya, terimakasih

    Mual Dan Muntah Di Awal Kehamilan

  • Oleh : Putri Kintamani
  • 8 tahun yang lalu

    Selamat siang bu Dokter, saya mau bertanya. Saat ini saya sedang mengandung, dan usia kandungan saya baru meningjak 2 bulan. Saat ini saya sering sekali merasakan mual dan rasanya ingin muntah. Yang saya mau tanyakan apakah hal ini berbahaya dan bagai mana cara mengatasi masalah ini agar tidak berkepanjangan hingga kehamilan tua?

    Menstruasi

  • Oleh : Adhy Putra Lautan
  • 7 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat Malam,dok saya mau tanya tentang mentruasi saya.
    Awalnya saya sekitar dua bulan tidak haid,lalu baru bulan ini haid,tapi dari tanggal 13 sampai dengan tgl 23 hari ini darah haid saya masih keluar,berbahaya atau tidak ya dok?
    Terima kasih.

    Sakit payudara

  • Oleh : Mhocye Uchlud
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Dok saya sering mengalalami sakit payudara setlah haid 1 mnggu
    Dan akan berhnti sakitnya pas mau haid 1mnggu itu knpa yah dok

  • Oleh : Mhocye Uchlud
  • Apakah kehamilan saya normal?

  • Oleh : Ribka Veronika Tatengkeng
  • 7 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat pagi Bu Bidan,

    Saya aneu, 25 tahun. Saat ini saya sedang hamil usia kandungan 2 bulan, tapi tidak ada tanda-tanda seperti payudara sakit dan membengkak, mual-mual di pagi hari seperti contoh tanda kehamilan umumnya. Apakah kehamilan saya normal?

    Tanya Bidan