×

Boleh Gak Sih Mencabut Gigi Saat Hamil?

Bagikan Artikel :

Boleh Gak Sih Mencabut Gigi Saat Hamil?

Bukanlah suatu kebetulan jika hampir setiap ibu hamil mengalami sakit gigi. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan yang berdampak pada terjadinya masalah gigi dan mulut. Risiko terjadinya kondisi tersebut bisa meningkat berkali-kali lipat jika ibu hamil juga malas menjaga kebersihan gigi.

Beberapa gangguan mulut yang rentan terjadi selama kehamilan adalah radang gusi, karies gigi, bahkan gigi berlubang. Jika tidak segera diatasi dan tidak ada lagi perawatan yang dapat dilakukan, maka cabut gigi adalah tindakan yang wajib dilakukan. Pertanyaannya, apakah cabut gigi saat hamil tergolong sebagai tindakan yang aman untuk dilakukan? Bukannya apapun yang dilakukan ibu termasuk mencabut gigi akan mempengaruhi janin?

Related Posts :

    Amankah Cabut Gigi saat Hamil?

    Faktanya, sebagian besar perawatan gigi akan lebih aman dilakukan setelah ibu melahirkan. Namun, memang, pada beberapa kasus, dokter mungkin saja merekomendasikan cabut gigi saat hamil agar keluhan tidak bertambah parah.

    Terkait itu, Journal of American Dental Association mengatakan bahwa melakukan perawatan gigi dan mulut umumnya aman dilakukan saat hamil. Namun, perawatan tersebut sebaiknya dilakukan pada saat usia kandungan memasuki trimester kedua,

    Pada trimester pertama kehamilan, janin masih sangat rentan. Jika perawatan gigi dilakukan di masa ini, risiko gangguan pertumbuhan pada janin bisa saja terjadi. Sedangkan pada trimester ketiga, perubahan tubuh ibu sudah terjadi secara signifikan. Posisi duduk yang terlalu lama selama prosedur perawatan gigi bahkan dapat membuat ibu hamil merasa pegal dan kelelahan.

    Mencabut gigi saat hamil bisa ya, bisa juga tidak. Nyatanya, dokter gigi perlu melakukan pertimbangan matang dengan seleksi kasus yang tepat untuk melakukan prosedur cabut gigi pada ibu hamil. Jadi, tidak bisa sembarangan.

    Bolehkan Ibu Hamil Minum Obat Sakit Gigi?

    Pemberian obat untuk membantu proses penyembuhan masalah gigi pada ibu hamil memerlukan pertimbangan yang matang. Dokter gigi perlu terlebih dahulu melakukan pemeriksaan secara menyeluruh, agar nantinya dapat memberikan obat yang sepenuhnya aman bagi ibu hamil dan janin dalam kandungannya.

    Cara Mencegah Masalah Gigi Saat Hamil

    1. Periksa ke Dokter Gigi saat Perencanaan Kehamilan
      Sangat disarankan bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan untuk melakukan pemeriksaan serta perawatan gigi secara keseluruhan. Hal ini berguna untuk mendeteksi kemungkinan adanya masalah agar dapat segera diatasi. Ini membuat kehamilan dapat berjalan dengan aman dan lancar.
    2. Sikat Gigi Secara Rutin dan Teratur
      Dalam menjaga kesehatan kesehatan gigi ibu hamil, lakukanlah pembersihan secara rutin dan teratur. Lakukan gigi dua kali sehari dan gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride agar gigi tetap sehat dan kuat. Pilihlah juga sikat gigi dengan bulu yang lembut. Lakukan gosok gigi secara perlahan, agar tidak melukai gusi.
    3. Gunakan Dental Floss Bila Perlu
      Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela gigi dengan benang khusus atau dental floss, minimal sekali sehari. Hal ini membuat sisa-sisa makanan yang tertinggal dapat sepenuhnya terangkat.
    4. Batasi Makanan Manis dan Asam
      Terapkan pula gaya hidup sehat dan atur pola makan agar tetap seimbang. Sebisa mungkin, hindari mengonsumsi makanan manis atau berasa asam. Jenis makanan tersebut bisa menyebabkan kerusakan gigi, khususnya jika dikonsumsi secara berlebihan.
    5. Kalsium ibu hamil tercukupi
      saat hamil, ibu tidak hanya membutuhkan kalsium untuk diri sendiri, tetapi juga untuk janinya. Jika kalsium harian ibu hamil tidak terpenuhi. Maka janin akan menggerogoti kalsium pada ibunya sehigga tulang mudah keropos dan gigi mudah berlubang. Apabila gigi berlubang tidak segera ditangani makan akan menimbulkan nyeri.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 27, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Haid sedikit

  • Oleh : Ndah Jumaidah
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Assalamualaikum
    Dok saya sudah menikah 7bulan, haid saya selalu teratur siklusnya 22-24 hari, saya terakhir haid tanggal 15 maret dengan volume yang seperty biasanya 6 hari,
    Tapi pas harusnya tanggal 5 april saya haid itu tidak haid hanya kram perut ajah, dan selama semnggu itu saya selalu keputihan encer bening tidak gatal dan tidak berbau, tanggal 12 apr saya kluar darah bercak2 sja hanya 2 jam saya pikir haid tapi kok tidak sebnyak yg biasanya saya tespek negatf .saya periksa ke dokter spog katanya bukan penyakit, trs masuk ke bulan mei saya slalu kputihan encer bening dan tgl 6 mei sya harusnya sy haid cuman kluar bercak kuning, tgl 7 kliar bercak coklat tp sedikit tdk pakai pembalut
    Smpai tgl 8 saya kputihan encer lagi
    Apa itu normal dok .saya tspek ngatf trs

    Sdh hamil 8 bln blum ada tanda2 memproduksi asi

  • Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Siang bu bidan.. Saya hamil anak pertama.. Usia kehamilan sy jalan 8 bln.. Tapi payudara saya blum ada tanda2 memproduksi asi.. Apa itu normal? Atau berbahaya? Apakah saat nanti melahirkan ada kemungkinan asi bisa keluar?

    penghitungan kehamilan

  • Oleh : Ratna Paramitha
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    saya biasa mens sekitar tanggal 03-09 setiap awal bulan… tapi saat bulan ke 7 saya tdk mens dan bulan ke 8 saya ke bidan di tespack hasilnya 2 garis, perut saya makin membesar tapi saya terus rasakan setiap berhubungan selalu kram perut, dan saya merasa blm ada pergerakan apa yg harus saya lakukan dok… disini sangat susah usg,, kalau mau usg harus ke rs besar…

    Cara mengatasi demam yang disertai diare pada anak 1 tahun

  • Oleh : Riri
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang, Maaf sebelumnya saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi demam yang disertai pada anak usia 1 tahun. Karena sudah 3 hari anak saya mengalami demam yang disertai dengan diare. Anak juga tidak mau makan dan sering rewel. Kemarin diperiksa ke dokter dan demam sempat turun setelah diberikan obat penurun demam, namun esoknya suhu tubuhnya kembali naik dan intensitas diare semakin sering. Mohon penjelasannya.

    Terimakasih sebelumnya.

    Ingin hamil lagi

  • Oleh : Erna Manurung
  • 11 bulan, 4 minggu yang lalu

    Gini buk bidan, saya habis melahirkan sekitar bulan 12 kemarin, tapi anak saya meninggal begitu lahir, dan saya belum mendapat haid sampai saat ini, tapi saya sudah berhubungan sama suami saya sekitar 2 minggu yang lalu dan rutin karna memang kami tidak menunda untuk kehamilan selanjut nya tapi sekarang saya merasakan sakit perut dibagian bawah, saya bingung ini gejala tanda kehamilan atau mau PMS y buk bidan,? Soal ny sudah saya tespek hasil nya negatif tapi sakit perut nya sudah berlangsung beberapa hari ini dan tidak ada keluar darah yang ada keluar keputihan terus menerus dan bagaimana cara agar bisa cepat hamil lagi sebelum datang haid setelah melahirkan?

    Tanya Bidan