×

Bolehkah Ibu Hamil Minum Minuman Kemasan?

Bagikan Artikel :

Bolehkah Ibu Hamil Minum Minuman Kemasan?

Minuman kemasan memang menyegarkan apalagi saat diminum ketika panas dan gerah. Oleh karena itu hampir setiap kulkas di rumah selalu bunda sediakan minuman kemasan untuk menjadi solusi saat gerah dan haus.

Banyak sekali jenis minuman kemasan yang dijual dipasaran, dengan berbagai warna serta rasa Namun, apakah boleh ibu Hamill minum minuman kemasan? Padahal perubahan hormone yang terjadi saat hamil membuat suasana terasa lebih panas dari biasanya. Sehinggi keinginan untuk minum minuman kemasan yang dingin akan membuat menyegarkan.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Minuman Kemasan?

Sebagai konsumen sebenarnya kita dapat memilih minuman yang akan dikonsumsi apakah sesuai dengan kebutuhan. Namun, kita memang cenderung minum berdasarkan rasanya yang disukai sehingga tidak memperhatikan kandungan nutrisi terutama gula.

Ibu hamil punya kebutuhan fisiologi tertentu. Kebutuhan yang bertambah, bukan gulanya melainkan energinya. Nah, kebutuhan energi yang bertambah ini bisa diterjemahkan macam-macam dan bisa dari sumber energi berbeda.

Terkadang ibu hamil merasa energi yang dibutuhkan bisa didapat dari minuman kemasan. Masa kehamilan bisa membuat total energi, protein jadi naik sekitar 10 hingga 20 persen, walau begitu ibu hamil tetap harus batasi pengonsumsian gulanya.

Meskipun ada anggapan ibu hamil yang minum air es atau minum-minuman dingin bisa membuat ukuran anak lebih besar ketika lahir. Pada kenyataanya yang membuat anak jadi besar bukan air esnya melainkan kandungan gula dalam air es tersebut.

Related Posts :

    Jadi boleh saja ibu hamil minum minuman kemasan aneka rasa dan warna, yang penting bisa mengendalikan isi dari air atau es minuman kemasan tersebut dan asal batasannya atau dalam jumlah sedang..

    Sesuaikan Dengan Anjuran Kementerian Kesehatan RI

    Pada saat memilih makanan dan minuman siap saji, konsumen termasuk ibu hamil dapat memperhatikan takaran saji, angka kecukupan gizi, serta kandungan nutrisinya terutama kandungan gula, garam dan lemak. Masyarakat sebenarnya dapat dengan mudah menemukan informasi ini dalam box informasi nilai gizi, yang ada pada kemasan minuman atau makanan.

    Minuman Kemasan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil

    1. Kafein. Dalam dosis kecil kafein tidak membahayakan bayi, tetapi kafein berlebih dapat menurunkan aliran darah ke plasenta dan memengaruhi bayi yang sedang tumbuh. Dalam dosis besar (3 cangkir kopi atau lebih) juga disebut bisa meningkatkan risiko keguguran.
    2. Minuman bersoda menambahkan kalori kosong ke tubuh ibu hamil tanpa nutrisi. Sebagai gantinya Bunda bisa pilih minuman lain seperti, jus buah segar atau air kelapa.
    3. Minuman mengandung alcohol, selain membahayakan ibu, minuman ini bisa membahayakan janin bahkan beresiko mengalami kecacatan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 21, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan Yang Tak Normal

  • Oleh : Muhammad Hanif Maulana
  • 6 tahun yang lalu

    Siang dok, saya baru saja menikah 1 minggu lalu. Sebelum menikah, memang saya memiliki masalah dengan seputar kesehatan keputihan yang sedikit berwarna hijau dengan jumlah yang memang cukup lumayan banyak. Namun, setelah saya menikah, sering kali saya merasakan rasa gatal setelah melakukan hubungan intim, dan bahkan pada pertama kalinya berhubungan keputihan ini semakin banyak dan bahkan membuat saya risih dan takut suami berpaling. Saya mau bertanya, apaklah hal ini merupakan salah satu hal yang normal pada awal berhubungan seks atau bahkan ini berbahaya? Terus bagai mana cara mengatasi masalah kesehatan yang satu ini agar keputihan hilang dari bagian vagina ini.

  • Oleh : Muhammad Hanif Maulana
  • Mencret dan perut kembung

  • Oleh : Ratu
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat malam bu bidan,
    Bu saya mempunyai balita perempuan dan sekarang ini sudah berumur 6 bulan. Sudah 4 hari ini BAB bayi saya hanya mengeluarkan air dan 2jam sekali bayi saya BAB bu, perutnya juga kembung dan saya raba perut bayi saya hangat bu,, mohon petunjuknya bu, apa yg harus saya lakukan bu, sudah 4 hai ini bayi saya opname di RSU SEMBIRING DELITUA MEDAN BU.

    Mr.p

  • Oleh : Sandro Tobing
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamu’allaikum kak mau tanya makanan apa saja yang bisa meningkatkan Hormon dan bisa membuat ukuran mr p bertambah?

  • Oleh : Sandro Tobing
  • Lemas

  • Oleh : Risky nur
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Pagi Dok. Saat ini saya sering kali merasakan berbagai jenis masalah seperti dada yang sakit, lemas, sakit pada bagian tangan, berkeringat berlebih, panas dingin, gemeteran dan sakit dada sebelah kiri. Awaslnya saya hanya menderita masalah kesehatan tuberculosis 1 Thn. Memang Dokter sudah bilang bahwa saya sudah sembuh dari tuberculosis ini. Tapi kenapa yang tiba tiba tubuh saya jadi merasakan hal hal tadi? Mohon penjelasannya

    Kehamilan

  • Oleh : Alex Alex
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok kmrn saya main dan saya keluar di dalam. Bagai mana cara mengatasinya agar tidak hamil

    Tanya Bidan