×

Buah Nanas Diduga Mampu Menyebabkan Keguguran

Bagikan Artikel :

Buah Nanas Diduga Mampu Menyebabkan Keguguran

Selama ini buah nanas muda dianggap dapat mencegah kehamilan sehingga sering digunakan untuk mengatasi haid yang terlambat dan berpotensi sebagai abortivum (menghentkan kehamilan). Hal ini karena ekstrak buah nanas muda banyak mengandung enzim bromelin. Kandungan enzim ini umumnya akan semakin menurun seiring matangnya buah. Enzim bromelain yang tinggi bisa menjadi penyebab pada kerusakan janin. Enzim ini bereaksi terhadap peningkatan suhu air ketuban dan rahim sehingga menyebabkan pertumbuhan janin terhambat dan dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan janin berhenti tumbuh hingga akhirnya mati dan terjadi abortus.

Kadar dan aktivitas enzim bromelain dipengaruhi oleh beberapa hal di antaranya adalah tingkat kematangan buah, bagian buah, dan waktu. Kandungan enzim bromelain pada nanas muda dan nanas tua memiliki perbedaan. Aktivitas dan kadar enzim bromelain pada nanas muda lebih tinggi daripada nanas tua. Berdasarkan fenomena tersebut, diduga bahwa konsumsi buah nanas, terutama nanas muda oleh wanita selama masa kehamilan memengaruhi kontraksi uterus/rahim.

Kandungan Bromelain pada Nanas

Nanas mengandung enzim bromelain yang bekerja memecah protein dalam tubuh. Karena janin yang baru dikandung terdiri dari sel protein sederhana, asupan bromelain diduga dapat menyebabkan perdarahan dan keguguran. Selain itu, bromelain juga diduga merangsang leher rahim untuk melunak dan melonggar sehingga dapat memicu persalinan dini.

Tablet atau kapsul suplemen yang mengandung bromelain juga, memang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu selama hamil. Benar bahwa bromelain memecah protein dalam tubuh yang dapat memicu kontraksi dini dan/atau perdarahan abnormal, dan oleh karena itu akan meningkatkan risiko keguguran.

Tidak Selamanya Mengkonsumsi Buah Nanas Akan Menyebabkan Keguguran

Mengkonsumsi nanas saat hamil tidak selamanya menyebabkan ibu hamil keguguran, jika dosis bromelain dalam satu buah nanas segar tidak cukup tinggi dan dikonsumsi dalam jumlah sedikit. Selain iut jumlah bromelain yang ditemukan pada nanas segar kecil untuk memiliki efek perubahan nyata pada rahim dan sitem reproduksi.

Related Posts :

    Buah Nanas Boleh Dikonsumsi Wanita Hamil

    Wanita hamil akan mengalami keguguran jika memakan 7-10 buah nanas segar utuh sekaligus karena kandungan bromelain yang cukup tinggi. Oleh sebab itu ibu hamil boleh mengkonsumsi nanas dalam porsi secukupnya (tak lebih dari 3 potong per hari). Jika tidak dikonsumsi berlebihan maka tidak akan membawa dampak buruk apapun pada keselamatan kehamilan Anda.

    Buah Nanas Memberikan Manfaat Pada Kehamilan

    Mengkonsumsi buah nanas saat hamil bisa memberikan dorongan nutrisi bagi janin dalam kandungan untuk bisa bertumbuh kembang dengan optimal. Satu porsi nanas potong segar menunjang kurang lebih 79 mg vitamin C, nutrisi yang diperlukan untuk menyuplai produksi kolagen yang membantu pertumbuhan kulit, tulang, tulang rawan, tendon bayi dan menunjang kekebalan tubuh Anda selama kehamilan. Nanas merupakan sumber serat tinggi, yang secara efektif meringankan sembelit. Sembelit adalah keluhan umum yang ditemukan pada tahap awal kehamilan. Nanas juga menyediakan banyak nutrisi lainnya, termasuk vitamin A dan B6, folat, niacin, thiamin, riboflavin, asam pantotenat, besi, magnesium, kalium dan mangan.

    Tidak Semua Wanita Boleh Konsumsi Nanas Saat Hamil

    Berhati-hatilah jika Anda memiliki organ pencernaan yang sensitif. Asam dalam nanas dapat menyebabkan perut mulas atau refluks asam lambung. Jika Anda mengonsumsi jus nanas yang belum cukup matang, bromelain yang terkandung mungkin dapat mendatangkan efek pencahar parah, yang menyebabkan diare.

    Selain itu wanita hamil yang memiliki diabetes gestasional (atau berada pada risiko tinggi) mungkin perlu berhati-hati tentang konsumsi nanas, terutama dalam bentuk jus. Jus buah adalah sumber gula alami terkonsentrasi tinggi dari buah-buahan utuh, sehingga bisa menyebabkan gula darah meningkat tajam jika dikonsumsi dalam jumlah besar dalam satu waktu.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 19, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Membiasakan Anak Bersikap Sopan pada Orang Lain

  • Oleh : ade
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Pagi Bu Bidan saya mau tanya bagaimana cara mengajarkan anak untuk bisa sopan pada orang lain ? baik itu pada orang tua, teman sebayanya atau pada anak yang lebih kecil darinya ?

    Bercak Darah atau Flek Saat Hamil Usia 7 Minggu

  • Oleh : Asti Anisa
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Sore dok, saat ini saya sedang hamil 7 minggu. Tapi kemarin, saya menemukan ada bercak darah atau flek pada celana dalam. Itu pertanda apa yah dok ? saya takut, apa itu menjadi tanda keguguran atau bagaimana ? Mohon penjelasannya yah dok. Terimakasih.

    Bagaimana Cara Menghadapi Anak yang Super Aktif dan Ngga Mau Diam

  • Oleh : leticiabauer1
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Anak saya umurnya 5 tahun, dia tipe anak engga bisa di suruh diam atau bahkan malah ngga dengerin apa yang orang tua bilang. Saya sebagai orang tua kadang merasa kesal karena susah diatur dan bingung mesti ngapain. Apakah menurut bu bidan, tipe anak seperti ini bagus dalam tumbuh kembangnya? dan bagaimana sikap orang tua sebaiknya dalam menghadapi anak yang seperti ini?

    Bayi Seminggu tidak BAB

  • Oleh : danilobecnel
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang Bu Bidan,
    Bayi saya umur 4 bulan sudah seminggu ini tidak BAB. Sebelumnya setiap hari selalu BAB bisa 2 sampai 3 kali sehari. Apakah kondisi bayi saya normal ? Apa tindakan yang harus saya lakukan ?

    Kehamilan

  • Oleh : Hilman Suhilman
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan , Pada saat hamil 24 minggu dokter baru memberirahukan ke saya bahwa janin yang dikandung mengalami gangguan perkembangan. setelah saya kontrol 2 minggu kemudian dan dilakukan USG, dokter menyatakan janin saya tidak bernafas lagi, dan sepertinya sudah tidak ada sekitar 1 minggu. Yang ingin saya tanyakan apa penyebab gangguan pertumbuhan pada janin dan apakah bisa diketahui dari awal kehamilan?

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan