×

Bumil, Yuk Ngemil Kacang Almond!

Bagikan Artikel :

Bumil, Yuk Ngemil Kacang Almond!

Sejak dari dulu ibu hamil memang dianjurkan makan kacang-kacngan. Kacang-kacangan ini mengandung Kalori, protein, serat, folat, mangan: 22 persen, vitamin, vitamin B1 dan lain-lain yang bagus untuk kehamilan. Salah satu kacang-kacangan yang dianjurkan dikonsumsi untuk ibu hamil adalah kacang almond. Kacang almond ini sama dengan kacang-kacangan yang lainnya yang mampu mengurangi risiko alergi pada bayi

Ibu hamil bisa mengonsumsi kacang almond yang sudah di panggang atau bisa juga dalam bentuk susu. Kacang almond aman dikonsumsi selama ibu tidak memiliki alergi terhadap kacang.

Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil

  1. Mencegah cacat saraf
    Almond merupaakan sumber asam folat yang bermanfaat untuk membantu perkembangan otak dan sistem neurologis bayi. Asam folat juga penting untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Selama kehamilan, ibu membutuhkan sekitar 400mcg asam folat untuk memenuhi kebutuhan janin. Kebutuhan asam folat ini bisa ibu dapatkan dari mengonsumsi kacang almond.
  2. Mencegah penambahan berat badan berlebih
    Kehamilan menyebabkan kenaikan berat badan. Terkadang ibu menjadi sulit mengontrol berat badan. Almond kaya akan serat yang membuat ibu bisa merasa kenyang lebih lama. Almond mampu mengurangi hormon ghrelin yang menyebabkan rasa lapar dan meningkatkan hormon leptin yang mengurangi nafsu makan. Efek ini bisa menurunkan risiko kenaikan berat badan yang berlebihan selama kehamilan.
  3. Penuhi asupan zat besi
    Almond mengandung zat besi yang mampu memenuhi 6% dari kebutuhan zat besi harian. Tubuh menggunakan zat besi untuk membuat hemoglobin bagi ibu dan bayi selama kehamilan. Zat besi juga membantu memindahkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh dan bayi.
    Mendapatkan cukup zat besi dapat mencegah kondisi anemia defisiensi besi. Memiliki anemia dapat menyebabkan BBLR (berat badan lahir rendah) dan premature. Karena kebutuhan zat besi tinggi selama kehamilan, terutama pada trimester pertama, konsumsi almond bisa memenuhi kebutuhan zat besi ibu hamil.
  4. Melindungi anak dari alergi
    Menurut sebuah penelitian, manfaat kacang almond untuk ibu hamil dapat melindungi anak dari alergi di kemudian hari. Asupan kacang tinggi selama kehamilan diyakini mampu mencegah asma pada anak-anak. Ini karena kacang mengandung vitamin E dan seng yang keduanya melindungi anak dari asma.
  5. Kaya protein
    Kacang almond mengandung protein dalam jumlah baik yang memberikan kekuatan dan stamina. Protein juga membantu perkembangan bayi yang sehat dan menjaga berat badan ibu tetap terkendali. Protein secara positif memengaruhi pertumbuhan jaringan janin, termasuk otak.
    Kandungan protein yang tinggi dalam almond membantu dalam perkembangan massa otot yang sehat pada bayi yang sedang tumbuh. Ini juga menginduksi kekuatan pada ibu untuk mengatasi rasa sakit saat melahirkan.
  6. Mencegah sembelit
    Kacang almond kaya akan serat yang membantu melancarkan pencernaan dan mengatur pergerakan usus. Serat yang terkandung dalam almond juga mengobati masalah sembelit yang sangat umum selama kehamilan. Almond juga menyediakan sumber karbohidrat dan lemak makanan sehat yang membantu metabolisme dan mengurangi peradangan, stres oksidatif, dan gula darah.
    Karena sistem pencernaan hormon yang melambat dan rahim yang menggeser organ, banyak wanita hamil akan mengalami sembelit, yang juga dapat menyebabkan wasir. Mengonsumsi banyak serat dapat membantu melawan sembelit dan membuat pencernaan tetap teratur.
  7. Kuatkan tulang
    Almond juga merupakan sumber kalsium yang baik. Kalsium membantu mengurangi risiko hipertensi dan pre-eklamsia selama kehamilan. Kalsium juga penting untuk membangun tulang dan gigi bayi. Kebutuhan wanita hamil akan kalsium meningkat pada trimester ketiga, ketika kerangka bayi berkembang pesat.
    Saat sedang hamil, cobalah untuk mendapatkan setidaknya 1.000 mg kalsium setiap hari. Jika ibu berusia 18 tahun atau lebih muda, maka ia membutuhkan setidaknya 1.300 mg kalsium setiap hari.
  8. Kontrol gula darah
    Kacang rendah karbohidrat tetapi kaya lemak, protein, dan serat. Ini menjadi pilihan yang tepat untuk mengontrol gula darah. Almod juga kaya akan magnesium yang juga mampu mengontrol gula darah. Kontrol gula darah yang baik akan menurunkan risiko diabetes gestasional pada ibu selama dan setelah kehamilan.
  9. Stabilkan tekanan darah
    Magnesium dalam almond juga dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Tekanan darah tinggi selama kehamilan dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur, penyakit jantung, preeclampsia, dan penurunan aliran darah ke plasenta. Preeklampsia dengan kejang daoat berubah menjadi eklampsia. Jika tidak diobati, kondisi ini bisa berakibat fatal pada ibu dan janin.
  10. Sumber vitamin E
    Almond adalah salah satu sumber vitamin E terbaik. Vitamin E adalah keluarga antioksidan yang larut dalam lemak. Vitamin E membantu dalam pembentukan rambut dan kulit bayi yang sehat. Vitamin E selama kehamilan juga mampu menyehatkan kulit ibu hamil.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 13, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Konsultasi KB

  • Oleh : Tika
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Mohon masukan dan saran nya bu bidan.
    saya melahirkan sesar, setelah masa nifas selesai, saya berencana pakai KB IUD tetapi menurut bidan yang saya datangi tidak bisa,
    harus menunggu 3 bulan setelah operasi.
    Jadi, sebagai alternatif nya saya KB suntik 3 bulan, karena saya menyusui.
    tapi Setelah 3 bulan kemudian saya tidak suntik KB lagi. karena saya ingin Haid normal setiap bulan nya.

    Waktu itu saya suntik KB bulan oktober, sampe bulan ini saya belum dapat haid juga.
    jika saya berhubungan dengan suami pasti saya menggunakan Kondom. saya ingin pakai KB IUD, tetapi sampai saat ini saya blm haid.
    setau saya, pemasangan IUD dilakukan jika kita sedang haid.

    pertanyaan nya:
    kanapa yah, saya blm haid juga ? padahal saya sudah tidak pakai KB suntik lg.

    Terima Kasih.

    Telat haid

  • Oleh : Sri Handayani
  • 4 bulan, 2 minggu yang lalu

    Slamat siang,
    Saya Sri dari bekasi, mau bertanya saya sudah telat haid 12 hari dan sebelumnya menstruasi selalu tepat waktu, baru ini saja telatnya dan paling lama, apakah ini menjadi salah satu tanda kehamilan? tapi saya tidak merasakan ada tanda-tanda kehamilan yg lainnya?

    Fungsi dari air ketuban

  • Oleh : Mohammad ikhsan
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi ibu bidan, saya suliani. saya masih awam tentang kehamilan tapi penasaran dengan ketuban. apa sih sebenarnya fungsi dari ketuban itu? terima kasih saya tunggu jawabannya bu

    Tentang mslh alat reproduksi wanita

  • Oleh : Husnul Mubarok
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Istri melahirkan normal akan tetapi pendarahan dan di jahit vaginaya dan pertanyaan ya knpa kalu stlh berhubungan istri sy kesakitan Bu bidan? Apakah bahaya? Trmksh

    Kehamilan

  • Oleh : Ria Agustin
  • 5 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selamat siang bu bidan… Bu saya mau curhat saya masih mempunyai anak yang masih kecil dan ini saya hamil lagi tapi saya sama suami sepakat untuk tidak meneruskan kehamilan saya soalnya banyak faktor termasuk keuangan… Apa yang harus saya lakukan ya bu? Saya sudah berusaha memakai semua alat kontrasepsi tetapi tidak ada yang cocok… Mungkin ada solusi untuk saya… Usia kehamilan saya kemungkinan 4 minggu… Baru saya cek setelah 1 minggu telat haid…
    Terima kasih

    Tanya Bidan