×

Camilan Sehat Untuk Mengatasi Mual Pada Saat Hamil Muda

Bagikan Artikel :

Camilan Sehat Untuk Mengatasi Mual Pada Saat Hamil Muda Bidan Online,- Trimester pertama kehamilan merupakan masa dimana tubuh calon ibu menyesuaikan dengan berbagai perubahan saat hamil. Adanya perubahan hormon saat hamil tentunya bisa menyebabkan beberapa keluhan pada ibu hamil salah satunya mual dan muntah. Ya rasa mual dan muntah memang sering kali dikeluhkan wanita hamil trimester pertama, dan tentu saja hal tersebut membuat tidak nyaman. Bahkan mual dan muntah saat hamil menyebabkan ibu hamil enggan makan atau minum karena rasa eneuk. 

Memasuki trimester pertama beberapa wanita hamil memang mengalami hal yang berbeda pada tubuhnya. Ya produksi hormon progesteron dan HCG (Human Chorionic Gonadotropin) pada saat itu akan meningkat. Salah satu perubahan yang dialami wanita hamil yaitu rasa mual dan ingin muntah. Mual muntah saat hamil disebut juga dengan morning sickness dimana hal tersebut memang wajar di alami ibu hamil. Meskioun tergolong keluhan yang wajar mual dan muntah saat hamil bisa rata-rata menyebabkan ibu hamil enggan untuk makan karena tidak bernafsu.

Pada saat hamil tentunya asupan makanan menjadi poin penting dalam menunjang kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Nah untuk mengatasi mual muntah saat hamil agar tidak menyebabkan tidak bernafsu makan ada beberapa camilan sehat yang bisa para ibu hamil konsumsi. Tentunya selain kaya akan nutrisi camilan ini memiliki manfaat untuk mengatasi mual dan muntah saat hamil.

Kacang almond

Para ibu hamil tentunya sudah tidak asing bukan dengan kacamng almond. Ya kacang yang satu ini memang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap bahkan menjadi salah satu camilan yang bagus untuk menurunkan resiko penyakit jantung dan kolesterol. 

Tidak hanya itu saja nyatanya mengkonsumsi kacang almond dapat mencegah rasa mual saat hamil. Diketahui kacang almond mengandung protein nabati yang cukup tinggi dengan khasiat membuat ibu hamil lebih bertenaga. Selain kandungan protein, kacang almond juga mengandung riboflavin yang bermanfaat untuk membantu mengatasi stres juga mengatasi mual pada ibu hamil. Tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi mual saja, nyatanya kacang almond baik juga untuk kesehatan janin yaitu mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk meningkatkan pembentulkan tulang dan gigi bayi serta bagus untuk pembentukan sel kulit dan rambut bayi.

Apel hijau

Apel hijau dengan rasa yang segar nyatanya bisa menjadi pilihan camilan sehat untuk mengatasi mual saat hamil. Tentunya bukan tanpa alasan diketahui apel hijau mengandung vitamin C dengan manfaat meningkatkan imunitas tubuh, melancarkan pencernaan, hingga mencegah konstipasi/sembelit. Nah ibu hamil merasakan mual muntah maka cairan dalam tubuh akan berkurang, kandungan air dalam apel hijau dapat membantu mengganti cairan tubuh yang hilang sehingga ibu hail tidak mengalami dehidrasi.

Yoghurt

Yoghurt juga memiliki rasa yang segar sangat pas di konsumsi ibu hamil untuk mengatasi mual. Tidak hanya itu nyatanya yoghurt mengandung probiotik memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai masalah bakteri dalam usus sehingga pencernaa tidak akan terganggu. Kandungan bakteri baik pada yoghurt dapat membantu mengatasi rasa mual dan muntah saat hamil. Untuk mendapatkan manfaat yoghurt diatas pastikan untuk memilih yoghurt organik dan alami hindari mengkonsumsi yoghurt dengan kandungan gula atau pemanis.

Labu

Camilan sehat selanjutnya yang bisa anda pilih untuk mengatasi mual saat hamil yaitu labu. Faktanya labu mengandung nutrisi yang sangat lengkap untuk menunjang kesehatan ibu dan janin. Diketahui labu mengandung magnesium yang sangat bagus untuk mengatasi mual serta muntah saat hamil. Labu juga bisa menjadi sumber karbohidrat sehat untuk ibu hamil agar senantiasa bertenaga. Anda dapat membuat camilan sehat dari labu dengan cara langsung di rebus atau di campur dengan agar-agar.

Biskuit

Biskuit menjadi pilihan cailan sehat terakhir untuk membantu mengatasi mual dan muntah saat hamil. Diketahui biskuit mengandung karbohidrat yang cukup tinggi bermanfaat untuk mengatasi morning sickness. Tentunya bukan tanpa alasan kandungan karbohidrat pada biskuit dapat membantu penyerapan asam lambung sehingga mual dan muntah adapat teratasi. Biskuit juga menjadi sumber karbohidrat untuk mencegah ibu hamil merasa letih dan lesu.

Itulah beberapa camilan sehat yang bisa ibu hamil pilih untuk memgatasi mual dan muntah. Namun ingat pastikan anda memilih makanan yang tidak hanya memiliki manfaat bagi ibu hamil saja namun juga bagi kesehatan janin dalam kandungan.

Baca juga artikel lainnya:

Cara Menurunkan Tekanan Darah Atau Hipertensi Saat Hamil

Tips Meredakan Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil Yang Aman

Tips Memilih Susu Ibu Hamil Yang Terbaik dan Bagus

Pantangan Buah Yang Harus Di Hindari Ibu Hamil Muda

Related Posts :

    Ketahui Penyebab Lidah Terasa Pahit Pada Ibu Hamil Muda

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 23, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Tentang kb iud

  • Oleh : Asyifa Lestari
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamualaikum
    Bu saya mau tanya sya udh 16 bulan pke kb IUD tp haid selalalu lama dan bnyak hampir sebulan, dan kaya pendarahan gtu semakin bergerak semakin banyak yg keluar, kenapa ya, apa saya harus ganti kb?
    Trs apa kb suntik bisa membuat kegemukan? Saya binggung kalo ganti mau pke kb apa?

    Apakah saya hamil?

  • Oleh : uye (wanita)
  • 6 tahun, 5 bulan yang lalu

    selamat pagi bu bidan. Saya mau tanya, saya baru saja menikah bulan maret kemarin. Dan setelah menikah hingga sekarang saya hanya mengalami satu kali datang bulan yaitu pada tanggal 15 april lalu. kemudian saya mencoba tes menggunakan tespack. Namun hasilnya negatif. Saya dan suami masih penasaran. Hingga seminggu kemudian kamipun tes ulang menggunakan tespeck, namun hasilnya masih negatif. apa yang terjadi pada saya bu bidan? apa saya hamil? tetapi mengapa hasil di tespeck negetif? mohon jawabannya bu bidan..

    Belum siap punya anak

  • Oleh : Muhammad Raihan
  • 7 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selama pagi bu
    Saya blm siap punya anak kira kira ada solusi apa ya tapi uda positif hamil

  • Oleh : Muhammad Raihan
  • Bingung dengan seseorang yang ngasih harapan ke kita ngajak serius sedangkan dia

  • Oleh : fajar prasetyo
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Dia tadinya mau ngajak serius sama saya dan saya juga mau serius sama dia …dan sedangkan dia punya pacar.
    Dia pernah ditinggal pacarnya nikah ?
    Saya takut kalau dia masih punya fikiran kalau menganggap cwo itu sama semua?

    Apakah keguguran dua kali bisa mengalami keguguran yang ketiga kali?

  • Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
  • 6 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan , saya mau bertanya apabila sudah mengalami keguguran dua kali dan ingin hamil lagi apa saya akan mengalami keguguran seperti sebelumnya ?

  • Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
  • Tanya Bidan