×

Cara Ibu Hamil Mengatasi Susah Tidur Di Trisemester Tiga

Bagikan Artikel :

Tanya Bidan – Susah tidur memanglah sebuah keluhan yang hampir setiap ibu hamil mengalaminya. Dan sebuah studi dari Yale University menemukan yang mana hampir sebanyak 60% wanita hamil akan mengalami nyeri punggung dibagian bawah yang pada akhirnya bisa menyebabkan gangguan tidur. Kondisi seperti ini sangat mungkin terjadi pada trisemester ketiga. Lantas apa yang perlu mama lakukan untuk mengatasi susah tidur khususnya pada trisemester tiga.

Tidak hanya masalah yang terjadi pada punggung saja, di trisemester ketiga juga ibu hamil cenderung sering mengalmi pipis atau sering pergi ke toilet terutama dimalam hari. Hal ini menyebabkan bunda mengalami susah tidur. Rahim ibu hamil yang kian tumbuh besar akan menekan panggul. Dan masalah pernapasan juga menyebabkan mama mengalami susah tidur dimalam hari. Karena saat hamil terjadi masalah dibagian hidung dan besarnya janin dalam kandungan juga menutup saluran udara. Kondisi seperti ini akan menyebabkan penyumbatan hidung dan masalah pernapasan lainnya.

Susah tidur yang dialami oleh ibu hamil juga bisa saja terjadi akibat masalah pada kaki. Hal ini dikarenakan hampir 20% wanita hamil akan mengalami kram pada kaki. Kondisi yang mana akan menyebabkan kesemutan yang terjadi secara terus menerus khususnya dimalam hari. Biasanya kondisi ini diakibatkan oleh kurangnya asupan makanan yang mengandung zat besi serta makanan yang mengandung asam folat. Dari berbagai macam keluhan diatas, ada beberapa diantaranya langkah yang perlu mama lakukan guna mengatasinya.

Cara Mengatasi Susah Tidur Di Trisemester Tiga


Sebagai solusi yang paling bisa ibu hamil ambil adalah dengan mengubah posisi tidur. Posisi tidur yang miring ke kiri akan meringankan nyeri pada punggung bagian bawah. Dan posisi ini juga akan mencegah mama untuk mengalami masalahan pada bagian pernapasan dan tetap menjaga sirkulasi darah dan oksigen untuk janin dalam rahim. Berikan bantal pada bagian lutut anda, pada belakang punggung dibawah perut. Dan tidak sampai disitu saja, anda dianjurkan untuk meregangkan perut, sebagai langkah untuk mengatasi hal tersbeut.

Related Posts :

    Dan ada baiknya bagi ibu hamil yang akan tidur untuk tidak minum terlebih dahulu sebelumnya, paling tidak anda minum 2 jam sebelumnya. Setalah itu maka kurangilah pasokan air supaya tidak terbangun saat tidur karena ingin buang air kecil. Dan jika terpaksa pergi ke toilet saat anda tidur, pastikan kalau kandung kemih anda kosong, supaya tidak bolak balik terbangun karena pipis.

    Baca Juga : Alasan Perlu Mengkonsumsi Nanas Sebelum Melahirkan
    Ditambah sirkulasi udara pada kamar anda tentunya sangat penting guna mengatasi ibu hamil yang susah tidur. Pastikan udara baik supaya bunda dan jainin tetap mendapatkan cukup oksigen. Dan jika mendengkur maka gangguan saluran pernapasan akan semakin mengganggu. Ada baiknya apabila mama segera untuk memeriksakan diri dokter atau ke bidan kandungan.

    Tetap melakukan aktifitas juga baik untuk mengurangi kram dimalam hari. Ibu hamil yang mengalami susah tidur juga perlu untuk banyak mengkonsumsi sayuran hijau guna mendapatkan asupan zat besi dan juga asam folat yang sangat dibutuhkan tubuh ketika menjalani kehamilan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 10, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar?

  • Oleh : KaiSsyakurria Beih Tayyeh
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar? Masalahnya usia kandunganku kini sudah 9 bulan tapi bayinya belum turun juga, tolong solusinya ya ibu bidan? terima kasih.

  • Oleh : KaiSsyakurria Beih Tayyeh
  • Cara mengatasi demam yang disertai diare pada anak 1 tahun

  • Oleh : Riri
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat siang, Maaf sebelumnya saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi demam yang disertai pada anak usia 1 tahun. Karena sudah 3 hari anak saya mengalami demam yang disertai dengan diare. Anak juga tidak mau makan dan sering rewel. Kemarin diperiksa ke dokter dan demam sempat turun setelah diberikan obat penurun demam, namun esoknya suhu tubuhnya kembali naik dan intensitas diare semakin sering. Mohon penjelasannya.

    Terimakasih sebelumnya.

    Apa boleh makan bebek goreng

  • Oleh : Alvino Dinova
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Mau nanya apa boleh makan bebek goreng setelah sunat

    Kehamilan

  • Oleh : Eka Eka pangestu
  • 5 bulan, 2 minggu yang lalu

    Halo dok ,Maaf saya mau tanya , Saya berhubungan pas masa subur , nah pas 6 hari setelah behubungan itu , saya coba testpack hasilnya positif samar , sengaja gak saya test lagi nungguin sampai tgl haid .. Tapi pas 2 setelah hasil positif samar itu saya ngrasain kram perut yg gak kek biasanya saya mau haid dok , punggung bagian bawah sakit , itu terus sampe tgl haid telat 2 hari baru keluar darah , darahnya agak merah , hari pertama biasanya saya haid itu ga banyak tp ini hari pertama udah banyak ,pas hari ke 2-3 keluar gumpalan dok , dan masih keluar banyak sampe hari ke 6 . Itu saya keguguran dini apa gimana ya dok ?? Terima kasih ..
    Harap kasih dijawab ya dok 🙂

  • Oleh : Eka Eka pangestu
  • hamil tapi masih perawan

  • Oleh : NIATMAWATI MENDROFA
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    maaf mau tanya..saya dan suami nikah sudah 7 bulan…dan saya alhamdulillah sudah hamil 5 bulan…masalahnya hymen saya masih utuh (intact) sampai sekarang,dokter menyarankan untuk operasi pembukaan hymen tapi saya takut…apakah apabila tidak dioperasi, hymen saya bisa sobek dengan sendirinya ataukah malah akan menutupi/mengganggu proses kelahiran anak saya nanti?

    Tanya Bidan