×

Cara Mengatasi Mual Saat Mengkonsumsi Susu Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Dalam masa kehamilan, ibu adalah satu-satunya sumber nutrisi yang dibutuhkan bagi si kecil dalam kandungan. Oleh karenanya, penting utnuk ibu mendapatkan asupan kandungan nutrisi terbaik di masa kehamilannya. Kecukupan akan kandungan nutrisi dan gizi ibu hamil harus terus terjaga hingga sampai masa persalinan dan menyusui. Hal inilah sebabnya menyusui adalah jalan cara terbaik dalam menyalurkan nutrisi ibu ke bayi. Selama dalam amsa penting ini, ibu memerlukan nutrisi dan gizi tambahan lebih untuk meningkatan kualitas kesuburan ASI. Ahli kesehatan turut menyarankan agar ibu hamil dapat memperoleh asupan gizi dan nutrisi tambahan, dapat dengan cara mengkonsumsi susu khusus ibu hamil.

Namun sayangnya, tidak semua ibu hamil menyukai susu khusus ibu hamil. Sebagian diantaranya malah merasakan mual saat mulai mengkonsumsi susu ibu hamil, dan akhirnya menyebabkan ibu hamil kurang yakin untuk mengkonsumsinya. Padahal, kandungan susu ibu hamil sangat baik manfaatnya untuk kesehatan ibu dan juga janin. 

Pada dasarnya, semua produk susu khusus untuk ibu hamil memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Susu penting untuk dikonsumsi dari awal kehamilan Bunda. Bahkan sebagian calon ibu sudah mempersiapkan dengan mengkonsumsi susu sebelum kehamilan.

Ibu hamil yang ingin mengkonsumsi susu kehamilan disarankan untuk mengkonsumsi perdua gelas tiap harinya. Susu ibu hamil memiliki kandungan pelengkap nutrisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil, terutama kalsium yang bermanfaat untuk membantu menunjang pertumbuhan tulang dan otak janin. Dengan minum susu khusus ibu hamil, manfaat yang Bunda dapat tidak lain adalah untuk menyeimbangkan kele Kandungan di dalam susu ibu hamil buasana dilengkapi oleh Asam folat, Kalsium ekstra, Yodium, Vitamin C, B1, B6 dan juga kandungan DHA dan AA.

Pentingnya susu dikonsumsi oleh ibu hamil dikarenakan kandungan yang terdapat di dalam segelas susu dapat membantu menjaga kesehatan selama kehamilan. Susu juga memiliki kandungan Protein yang bermanfaat dalam membangun jaringan tubuh janin, juga membantu dalam pembentukan darah, untuk membentuk antibodi. Kalsium di dalamnya bermanfaat untuk pembentukan tulang, menjaga kebutuhan kalsium di dalam tubuh untuk menghindari gangguan Osteoporosis dan membantu ibu hamil mempersiapkan ASI. Lalu Vitamin D bermanfaat dalam penyerapan Kalsium. Vitamin A membantu  menjaga daya tahan tubuh terhadap infeksi serta pembentukan jaringan seperti rambut, gigi, kuku, penglihatan pada bayi. Sangat penting kandungan susu pada ibu hamil, hingga para ahli medis menyarankan untuk mengkonsumsi susu setidaknya dua kali sehari yaitu pada pagi dan malam hari.

Related Posts :

    Adapun Cara Mengatasi Mual Saat Mengkonsumsi Susu Ibu Hamil berikut khusus untuk Anda yang tidak bisa mengkonsmsi susu ibu hamil karena mengalami gangguan mual. Diantaranta :

    1.  Mengatur takaran susu yang akan dikonsumsi.

    Bunda yang sering mual saat minum susu ibu hamil, bisa disiasati dengan mengatur kembali takaran dari hari pertama hingga terbiasa. Misalnya, di hari pertama ibu bisa mengkonsumsi terlebih dahulu 1 sendok makan dengan tambahan air sepertiga gelas. Konsumsi terlebih dahulku satu helas pada malam hari saja. Baru kemudian setelah memasuki hari ke-5, ibu bisa meningkatkan takaran susu menjadi 2 sendok makan ditambah air 2/3 gelas dengan diminum saat pagi ataupun siang, hanya satu kali. Di hari ke tujuh, dengan takaran yang sama namun mengkonsumsi 2 kali, yakni di pagi hari dan malam hari.

    2. Minum susu ibu hamil setelah makan.

    Untuk menghindari mual saat minum susu ibu hamil, Bunda bisa mengkonsumsi susu ibu hamil setelah sarapan di pagi hari. 

    3. Memilih susu khusus ibu hamil yang memberikan rasa berbeda.

    Sekarang ini beragam sekali susu ibu hamil yang memiliki variasi rasa berbeda untuk membantu mengurangi rasa mual pada saat dikonsumsi. Dengan pilihan rasa berbeda, Bunda bisa memilih rasa favorit, dan jika bosan dengan rasa tersebut bisa berganti ke rasa lain.

    Semoga bermanfaat Bunda, semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia:) Salam, Curhat Bidan.

    Baca juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 8, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : dimas syahputra
  • 2 tahun yang lalu

    Dan jika penis tidak berejakulasi apakah bisa hamil?(penis dan vagina bertemu 1 sama lain)

    Sekret vagina yeast Cell positif

  • Oleh : Eka Rosla
  • 3 tahun yang lalu

    Selamat siang ibu maav saya mau tanya.. kemarin saya periksa pengecatan gram keputihan hasilnya : epitel squamos :5-10/lpk leukosit :>100/lbp, dominasi MN kuman: batang, gram negatif clue Cell :negatif yeast Cell :positif.. ini maksudnya bagaimana ya Bu.. mohon penjelasan dan solusinya

    Saya bulan april kb suntik 1 bulan

  • Oleh : Sharah Desna
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Di bulan ke 5 saya mengajukan berenti kb kepada bu bidan, dan udah berjalan mau 3bulan saya masih belum haid, itu gmana caranya yah biar bisa cepet haid, karna ingin nambh anak lagi

  • Oleh : Sharah Desna
  • Cari nama anak

  • Oleh : Henny Diastara
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Cari nama anak muslim awalan a

    Infertilitas sekunder

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    Tanya Bidan