×

Cara Mengatasi Mual Saat Mengkonsumsi Susu Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Dalam masa kehamilan, ibu adalah satu-satunya sumber nutrisi yang dibutuhkan bagi si kecil dalam kandungan. Oleh karenanya, penting utnuk ibu mendapatkan asupan kandungan nutrisi terbaik di masa kehamilannya. Kecukupan akan kandungan nutrisi dan gizi ibu hamil harus terus terjaga hingga sampai masa persalinan dan menyusui. Hal inilah sebabnya menyusui adalah jalan cara terbaik dalam menyalurkan nutrisi ibu ke bayi. Selama dalam amsa penting ini, ibu memerlukan nutrisi dan gizi tambahan lebih untuk meningkatan kualitas kesuburan ASI. Ahli kesehatan turut menyarankan agar ibu hamil dapat memperoleh asupan gizi dan nutrisi tambahan, dapat dengan cara mengkonsumsi susu khusus ibu hamil.

Namun sayangnya, tidak semua ibu hamil menyukai susu khusus ibu hamil. Sebagian diantaranya malah merasakan mual saat mulai mengkonsumsi susu ibu hamil, dan akhirnya menyebabkan ibu hamil kurang yakin untuk mengkonsumsinya. Padahal, kandungan susu ibu hamil sangat baik manfaatnya untuk kesehatan ibu dan juga janin. 

Pada dasarnya, semua produk susu khusus untuk ibu hamil memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Susu penting untuk dikonsumsi dari awal kehamilan Bunda. Bahkan sebagian calon ibu sudah mempersiapkan dengan mengkonsumsi susu sebelum kehamilan.

Ibu hamil yang ingin mengkonsumsi susu kehamilan disarankan untuk mengkonsumsi perdua gelas tiap harinya. Susu ibu hamil memiliki kandungan pelengkap nutrisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil, terutama kalsium yang bermanfaat untuk membantu menunjang pertumbuhan tulang dan otak janin. Dengan minum susu khusus ibu hamil, manfaat yang Bunda dapat tidak lain adalah untuk menyeimbangkan kele Kandungan di dalam susu ibu hamil buasana dilengkapi oleh Asam folat, Kalsium ekstra, Yodium, Vitamin C, B1, B6 dan juga kandungan DHA dan AA.

Pentingnya susu dikonsumsi oleh ibu hamil dikarenakan kandungan yang terdapat di dalam segelas susu dapat membantu menjaga kesehatan selama kehamilan. Susu juga memiliki kandungan Protein yang bermanfaat dalam membangun jaringan tubuh janin, juga membantu dalam pembentukan darah, untuk membentuk antibodi. Kalsium di dalamnya bermanfaat untuk pembentukan tulang, menjaga kebutuhan kalsium di dalam tubuh untuk menghindari gangguan Osteoporosis dan membantu ibu hamil mempersiapkan ASI. Lalu Vitamin D bermanfaat dalam penyerapan Kalsium. Vitamin A membantu  menjaga daya tahan tubuh terhadap infeksi serta pembentukan jaringan seperti rambut, gigi, kuku, penglihatan pada bayi. Sangat penting kandungan susu pada ibu hamil, hingga para ahli medis menyarankan untuk mengkonsumsi susu setidaknya dua kali sehari yaitu pada pagi dan malam hari.

Adapun Cara Mengatasi Mual Saat Mengkonsumsi Susu Ibu Hamil berikut khusus untuk Anda yang tidak bisa mengkonsmsi susu ibu hamil karena mengalami gangguan mual. Diantaranta :

1.  Mengatur takaran susu yang akan dikonsumsi.

Bunda yang sering mual saat minum susu ibu hamil, bisa disiasati dengan mengatur kembali takaran dari hari pertama hingga terbiasa. Misalnya, di hari pertama ibu bisa mengkonsumsi terlebih dahulu 1 sendok makan dengan tambahan air sepertiga gelas. Konsumsi terlebih dahulku satu helas pada malam hari saja. Baru kemudian setelah memasuki hari ke-5, ibu bisa meningkatkan takaran susu menjadi 2 sendok makan ditambah air 2/3 gelas dengan diminum saat pagi ataupun siang, hanya satu kali. Di hari ke tujuh, dengan takaran yang sama namun mengkonsumsi 2 kali, yakni di pagi hari dan malam hari.

2. Minum susu ibu hamil setelah makan.

Untuk menghindari mual saat minum susu ibu hamil, Bunda bisa mengkonsumsi susu ibu hamil setelah sarapan di pagi hari. 

3. Memilih susu khusus ibu hamil yang memberikan rasa berbeda.

Sekarang ini beragam sekali susu ibu hamil yang memiliki variasi rasa berbeda untuk membantu mengurangi rasa mual pada saat dikonsumsi. Dengan pilihan rasa berbeda, Bunda bisa memilih rasa favorit, dan jika bosan dengan rasa tersebut bisa berganti ke rasa lain.

Semoga bermanfaat Bunda, semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia:) Salam, Curhat Bidan.

Baca juga :

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 8, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Cara Mengatasi Ruam Merah pada Kulit Bayi

  • Oleh : Didin Bajarudin
  • 6 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi ruam pada kulit bayi berumur 6 bulan yah ? Semalam muncul ruam merah pada kulit bayi saya. Mohon sarannya bu bidan, supaya bayi saya tak rewel terus akibat gatal pada ruam tersebut.

  • Oleh : Didin Bajarudin
  • Keputihan

  • Oleh : Rismawati Sr
  • 3 tahun yang lalu

    Assalamualaikum Dok.. Saya Keputihan Mulai Dari Bulan 8 Tahun Kemarin, Udah sering ke dokter, minum Ramuan, pake Daun Sirih, Udah Banyak Obat yang sudah saya minum Dok, Tapi Gak Ada Perubahan, gak sembuh-sembuh, Keputihan Saya Gatal, Warnanya Kuning, Kental, Kalau Berhubungan Nyeri, Panas, Terus Muncul Benjolan… Tolong Dok Solusinya, Soalnya Saya Belum Punya Anak, Saya Sudah Nikah 1 thn Lebih…..

    Ciri Ciri Haid Selain Timbul Rasa Nyeri

  • Oleh : Silvia Rizkiana Sari
  • 6 tahun, 9 bulan yang lalu

    Siang Bu Bidan, saya kan biasanya Haid atau Menstruasi tanggal muda sekitar tanggal 7 dan 8 tapi sampai saat ini saya belum merasakan gejala-gejala akan timbul haid, tapi timbul jerawat yang terasa sangat nyeri, apa itu ciri-ciri dari haid juga ?
    Terimakasih

    Tespack garis 2 tp samar

  • Oleh : Annita Zahara
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Aku mau tanya, kmrn aku tespack tp garis 2 hanya 1 garis yang satu masih samar. Apakah sudah bs diartikan positif?

    Cara Membuat Anak Mau Belajar di Rumah

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 6 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih. Saya punya anak laki-laki yang baru masuk SD kelas 1. Waktu di TK dulu ia rajin belajar dan selalu nurut sama orang tua. Tapi sekarang beda bu bidan, ia jadi malas belajar di rumah, pengennya main terus. Saya jadi sedikit frustasi juga.

    Bagaimana yah bu caranya supaya anak saya mau belajar kembali di rumah ? kasihan juga guru les nya udah dateng ke rumah, dia nya gak mau belajar. Mohon solusinya bu bidan, Terimakasih

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • Tanya Bidan