×

Cara Mengatasi Nafsu Makan Yang Hilang Saat Hamil

Bagikan Artikel :

Cara Mengatasi Nafsu Makan Yang Hilang Saat Hamil

Pada trimester pertama, ibu hamil akan mengalami penurunan berat badan karena kurangnya nafsu makan. Hal ini akan membuat banyak wanita khawatir nafsu makan yang menurun selama kehamilan akan berdampak negatif pada janin yang sedang berkembang. Meskipun sebagian besar ibu hamil bisa pulih lagi dan menggantikan berat badan yang hilang selama sisa kehamilan, ibu hamil tetap harus memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Related Posts :

    Gejala kehilangan nafsu makan ini biasanya terjadi di trimester pertama bisa hilang di trimester kedua, dan muncul lagi di trimester terakhir. Di trimester terakhir, kehilangan nafsu makan bisa disebabkan karena tekanan janin di perut ibu. Kapasitas perut berkurang, menyebabkan ibu kesulitan makan. Nafsu makan yang menurun tentu harus diatasi ya, Bunda.

    Cara Mengatasi Nafsu Makan Yang Menurun Saat Hamil

    1. Jaga kesegaran rumah dan dapur
      Penurunan nafsu makan sering dihubungkan dengan indera penciuman yang sensitif terhadap makanan atau kondisi tertentu. Menjaga rumah dan dapur tetap segar bisa membantu mencegah munculnya aroma tertentu yang bisa memicu berkurangnya selera makan. Cukup dengan membuka satu atau dua jendela bisa membantu membiarkan udara segar masuk. Bisa juga menggunakan lilin aromaterapi seperti wangi lemon atau jeruk yang bisa menenangkan perut.
    2. Perbanyan minum air putih
      Selama hamil, mengonsumsi cukup cairan lebih penting daripada hanya fokus pada asupan kalori tertentu. Cobalah untuk menargetkan sekitar 8-10 gelai air sehari, dari semua sumber termasuk buah-buahan dan sayuran. Air hangat dengan lemin dapat menjadi pengganti yang baik jika Anda mual mengonsumi air putih biasa. Minum air putih sepanjang hari adalah cara terbaik untuk memastikan perut tidak benar-benar kosong. Air putih terbukti bisa mengatasi banyak masalah kehamilan, termasuk mengembalikan nafsu makan.
    3. Makan sedikit tapi sering
      Membagi 3 kali porsi makan yang besar menjadi kecil dan sering bisa membantu mengatasi nafsu makan menurun. Selain itu bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan dan mengembalikan energi ibu hamil.
    4. Olahraga
      Olahraga adalah cara alami untuk meningkatkan nafsu makan. Tubuh butuh menggantikan kalori yang terbakar saat olahraga dan akhirnya membuat kita mau makan.
    5. Makan sedikit camilan
      Camilan ringan yang sehat dapat membantu membuat perut terasa lebih baik sepanjang hari. Makan camilan bisa meningkatkan nafsu makan, Bun. Makanan mengandung protein tinggi seperti almond sangat efektif untuk mengurangi morning sickness.
    6. Konsumsi Jahe
      Jahe dalam bentuk teh, permen, dan olahan lainnya bisa Bunda konsumsi untuk mengembalikan nafsu makan. Jahe dikenal bisa menenangkan perut, sebagai anti-mual, dan merupakan solusi yang paling direkomendasikan untuk mengatasi nafsu makan menurun pada ibu hamil.
    7. Coba resep baru
      Nafsu makan menurun saat hamil bisa saja disebabkan variasi makanan yang dikonsumsi terbatas. Saat hamil, wanita cenderung makan makanan yang sama, sehingga mudah untuk bosan. Cobalah menu makanan baru di jadwal makan Bunda. Jangan khawatir, banyak kok variasi menu makanan sehat bernutrisi untuk ibu hamil.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 1, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Telat Menstrulasi

  • Oleh : Pipit Winartii
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang dok…
    Saya mau bertanya. Saat ini saya sudah berusia 33 tahun dan sudah telat menstrulasi selama 2 bulan, dan sering merasakan mual layaknya orang hamil, khusunya di pagi dan malam hari. Namun ketika saya mengecek dengan menggunakan test pack hasilnya justru negatif. Yang saya mau tanyakan apakan ada kemungkinan saya hamil sedangkan hasil test peck menunjukan negatif?

  • Oleh : Pipit Winartii
  • Obat menunda mens

  • Oleh : Nirwana Nindya
  • 7 bulan yang lalu

    Kak ada obat untuk menunda mens? Saya mau bulan madu sama suami tapi mendekati tgl mens gimana solusinya 🥲

  • Oleh : Nirwana Nindya
  • Bayi Gelisah Saat Akan BAK

  • Oleh : Diranan
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Halo Bu Bidan, saya mau tanya
    Bayi saya umur 4 bulan setiap mau pipis gelisah dan kadang menangis dulu, baru setelah itu dia pipis, tapi tidak diserta demam. Apa kondisi ini normal ?

    usia kehamilan sudah hampir lebih dari 9 bulan tapi bayi belum lahir

  • Oleh : salsa amelia
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    selamat siang ibu bidan, adik saya sedang mengandung dan sekarang kehamilannya sudah mau 10 bulan, tapi kok belum ada tanda-tanda melahirkan ya? menurut ibu saya, katanya adik saya ini mungkin hamil anak laki-laki, saya tidak tau itu benar atau ngga, tapi saya ingin mengetahui kebenaran tentang kondisi menurut ibu bidan. apa ngga masalah atau ada hal yang perlu diperiksakan lagi? itu saja, saya tunggu jawabannya

    Bayi tidak mau menyusui

  • Oleh : Dewi Tyas Ningrum
  • 5 bulan, 1 minggu yang lalu

    Malem bu.sya mau tanya,soal anak sya yang gk mau mnyusu.sya kemaren hri mggu habis kecelakaan spda motor trus periksa ke rs dkasih obat.stelah it anak sya mnum asi sya ya mau tp bru dikenyut trus dilepas nangis,dikenyut lg lepas lg nangis lg.sampe brulang kali.yang sya tnyakan knpa ya smenjak sya jtuh dan konsumsi obat anak sya spt gk mau mnyusui?

  • Oleh : Dewi Tyas Ningrum
  • Tanya Bidan