Cara Mengembalikan Posisi Bayi Sungsang

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Bayi sungsang adalah kondisi letak bayi memanjang dengan kepala di bagian atas rahim sementara bokong bayi di bawah. Bayi sungsang tergolong sebagai kelainan letak janin. Hal ini biasanya sudah terdeteksi saat kehamilan memasuki trimester kedua atau 4-6 bulan. Apabila kejadian ini terjadi pada saat usia kehamilan masih di bawah 9 bulan, maka masih dikategorikan sebagai sesuatu yang normal.


    Cara Mengembalikan Posisi Bayi Sungsang dengan Cepat

    Untuk mengatasinya, ada beberapa cara untuk mengembalikan bayi sungsang dengan cepat. Yaitu seperti:

    1. Meminum air putih yang banyak, lebih di sarankan lebih dari 20 liter per hari. Akan lebih baik lagi jika minum air kelapa muda yang segar.
    2. Dengan cara sang ibu sujud selama 17 menit, minimal 15 kali atau bahkan 20 kali perhari. Untuk Anda ibu hamil beragama Islam, Anda bisa melakukannya ketika shalat. Akan tetapi, jika Anda sebagai non Islam, Anda bisa melakukannya kapanpun saja asal dengan posisi sujudnya sesuai dan baik. Trik sujudnya yaitu dengan sedikit menggoyangkan perut ke kanan dan ke kiri, maju mundur. Jadi dengan gerakan seperti ini, posisi bayi lambat laun akan kembali ke posisi normal.
    3. Dengan intens melakukan senam yang dibina bidan dan ada instruktur senamnya. Dengan cara seperti ini yang rutin, akan menjaga kondisi kesehatan ibu dan janin.
    4. Dengan cara memijat, akan tetapi pada umumnya dokter spesialis kandungan akan melarang keras untuk memijat perut ibu hamil. Namun, cara ini sudah dilakukan orang-orang terdahulu khususnya orang jawa dengan cara memijat pelan sang bayi. Hal ini tentu membawa resiko besar, namun biasanya dilakukan para ahli dan dukun pijat yang khusus dan tidak sembarangan.
    5. Ibu harus bernafas dan membesar perut, yaitu maksudnya pada saat-saat tertentu sambil mengelus-elus perut dan ibu membesarkan perut dengan cara menarik nafas dan memasukkan udara ke dalam perut dan mengelus-elus perut dan menyuruhnya untuk kembali ke posisi normal.

    Tentunya untuk memastikan bayi sungsang, Anda perlu  memeriksakan kehamilan ke dokter. Penyebab dari bayi sungsang yaitu:

    1. Berat janin relatif rendah, sehingga mengakibatkan janin bebas bergerak. Ketika menginjak usia 28-34 minggu kehamilan, berat janin semakin membesar, sehingga tidak bebas lagi dalam bergerak. Pada usia tersebut, umumnya janin sudah menetap pada suatu posisi. Apabila posisinya salah, tentu disebut bayi sungsang.
    2. Rahim yang elastis biasanya terjadi karena ibu telah melahirkan beberapa anak sebelumnya, sehingga rahim yang sangat elastis dan membuat janin berpeluang besar untuk berputar hingga minggu ke-37 dan seterusnya.
    3. Adanya lebih dari satu janin dalam rahim mengakibatkan terjadinya perebutan tempat. Setiap janin berusaha mencari tempat yang nyaman, sehingga ada kemungkinan bagian tubuh yang lebih besar yakni bokong janin berada di bagian bawah rahim.
    4. Volume air ketuban yang melebihi normal menyebabkan janin lebih leluasa bergerak walaupun sudah memasuki trimester ketiga.
    5. Besarnya ukuran kepala akibat kelebihan cairan membuat janin mencari tempat yang lebih luas, yakni di bagian atas rahim.
    6. Plasenta yang menutupi jalan lahir dapat mengurangi luas ruangan dalam rahim, akibatnya janin berusaha, mencari tempat yang lebih luas seperti di bagian atas rahim.
    7. Sempitnya ruangan panggul mendorong janin mengubah posisinya menjadi sungsang. Apabila bagian bawah rahim lebih besar daripada atasnya, maka janin cenderung mengubah posisinya menjadi sungsang.

    Apabila dikaitkan dengan posisi kaki bayi, ada 3 jenis sungsang. Jenis sungsang ialah:

    1. Frank Breech atau Letak Bokong dengan kedua tungkai kaki terangkat ke atas, kadang kaki sampai menyentuh telinga.
    2. Complete Breech atau Letak Sungsang Sempurna yaitu dimana kedua kaki ada di samping bokong seakan posisi bayi jongkok dengan bokong di atas mulut rahim, lutut terangkat ke perut.
    3. Incomplete Breech atau Single Footling Breech yaitu apabila atu kaki di atas dan kaki yang lainnya di bawah, dalam dunia kedokteran disebut dengan presentasi bokong kaki. Namun, kakus letak sungsang jenis ini jarang ditemui

    Bagi Anda yang saat ini mengandung bayi sungsang, tak perlu khawatir apalagi stress yang berkepanjangan. Banyak potensi bayi sungsang lahir normal meskipun yang lahir bokong atau kaki bayi terlebih dahulu dan sang ibu hamil dijahit dobel bahkan bisa mencapai 17 jahitan atau lebih. Semua serahkan pada Tuhan, akan tetapi yang paling penting adalah usaha yang intens dan konsisten.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - July 1, 2016
    Diskusi Dari:
    Ririn

    Selamat Pagi….
    Dok saya mau bertanya, kan akhir akhir ini saya sering kali merasakan adanya masalah sakit pada bagian gigi ini, kemudian saya periksakan ke Dokter. Tapi setelah obatnya habis, ko tiba tiba kepala saya pusing ya? Terus tiba tiba seperti muncul memar gitu pada vbagian mata kiri saya, ini kira kira masalah kesehatan apa ya?

    Dijawab Oleh : Ririn
    Diskusi Dari:
    Tania

    maaf sebelumnya. saya mau tanya.
    istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
    apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
    terimakasih

    Dijawab Oleh : Tania
    Diskusi Dari:
    Gek Anik

    Siang bu bidan.

    2 bulan lagi rencananya saya akan melangsungkan pernikahan dan saya beserta calon suami memilki keinginan untuk tidak menunda memiliki momongan. Yang saya mau tanyakan pada waktu kapankan masa subur ini terjadi? Dan kapan waktu yang pas untuk melakukan hubungan agar segera mendapatkan momongan ketika kelak kami menikah?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Muhammad Hanif Maulana

    Siang dok, saya baru saja menikah 1 minggu lalu. Sebelum menikah, memang saya memiliki masalah dengan seputar kesehatan keputihan yang sedikit berwarna hijau dengan jumlah yang memang cukup lumayan banyak. Namun, setelah saya menikah, sering kali saya merasakan rasa gatal setelah melakukan hubungan intim, dan bahkan pada pertama kalinya berhubungan keputihan ini semakin banyak dan bahkan membuat saya risih dan takut suami berpaling. Saya mau bertanya, apaklah hal ini merupakan salah satu hal yang normal pada awal berhubungan seks atau bahkan ini berbahaya? Terus bagai mana cara mengatasi masalah kesehatan yang satu ini agar keputihan hilang dari bagian vagina ini.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    salsa amelia

    selamat siang ibu bidan, adik saya sedang mengandung dan sekarang kehamilannya sudah mau 10 bulan, tapi kok belum ada tanda-tanda melahirkan ya? menurut ibu saya, katanya adik saya ini mungkin hamil anak laki-laki, saya tidak tau itu benar atau ngga, tapi saya ingin mengetahui kebenaran tentang kondisi menurut ibu bidan. apa ngga masalah atau ada hal yang perlu diperiksakan lagi? itu saja, saya tunggu jawabannya

    Dijawab Oleh : salsa amelia