×

Cara Menjaga Kehamilan Usia Muda Agar Tetap Sehat

Bagikan Artikel :

Pada usia kehamilan yang masih muda sangat rentan mengalami keguguran. Oleh sebab itu, bunda harus pintar dalam merawat kehamilan pada usia muda. Mulai dari gaya hidup, makanan yang dikonsumsi dan mengelola emosi.

Perlu Anda ketahui bagi calon ibu yang sibuk bekerja, tekanan pekerjaan juga bisa menimbulkan stress yang membahayakan bagi kesehatan janin. Kesibukan pekerjaan juga menimbulkan kelelahan yang dapat memicu keguguran pada awal kehamilan. Maka dari itu, penting bagi ibu muda untuk mengetahui beberapa cara menjaga kehamilan usia muda agar tetap sehat.

Cara Menjaga Kehamilan Usia Muda Agar Tetap Sehat

Jauhi makanan yang mengandung keju

Keju dapat memicu seseorang mengalami keguguran, karena keju yang dibuat dari susu non pasteurisasi dapat berpotensi terkontaminasi bakteri listeria. Maka, bisa saja hal tersebut dapat merusak sel-sel janin dan merusak masa perkembangan janin di awal kehamilan Anda.

Jangan sampai kelelahan

Untuk menghindari kelelahan, sebaiknya bunda tidak melakukan hal-hal yang bisa membuat Anda merasa kelelahan. Karena di awal kehamilan, janin masih dalam kondisi yang lemah. Selain itu, kehamilan di trimester pertama, perekatan janin ke dinding rahim mash terlalu lemah. Sehingga saat terjadi guncangan akan mudah membuat janin jatuh dan terjadilah keguguran.

Hindari mengonsumsi berbagai makanan yang diawetkan

Makanan yang diawetkan biasanya dapat menganggu pencernaan ibu hamil. Sehingga zat gizi yang tersalurkan ke tubuh janin akan berkurang. Selain itu, zat pengawet pada makanan pun dapat mengganggu pertumbuhan saraf-saraf otak janin.

Hindari mengonsumsi kafein berlebihan

Sebaiknya gantilah minuman kafein dengan jus yang lebih menyehatkan dan menyegarkan tubuh. Kafein dpat mempengaruhi berat badan bayi, mengurangi penyerapan zat besi, bahkan bisa mengalami keguguran.

Relaksasi

Hal ini bertujuan untuk menenangkan pikiran dan menghindari Anda dari stres. Anda bisa melakukan senam kehamilan atau olahraga ringan seperti jalan di pagi hari sambil menikmati udara segar dan keindahan alam. Selain itu, Anda juga bisa melatih pernafasan Anda, karena hal ini sangat penting sekali untuk menghilangkan rasa sakit saat mulai terjadi kontraksi di akhir masa kehamilan. Aktivitas seperti ini alangkah baiknya dilakukan dengan rutin sehingga kehamilan menjadi lebih sehat, janin pun tumbuh dengan kuat.

Related Posts :

    Jadi itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan janin Anda. Selain itu, sering-seringlah untuk berkonsultasi pada bidan mengenai tumbuh kembang janin yang Anda kandung. Terimakasih telah menyimak artikel kami, semoga bagi para calon ibu yang kini tengah mengandung selalu diberikan kesehatan. Aamiin

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 27, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    masa subur

  • Oleh : Nila nila
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Saya dapat menstruasi tanggal 23 agustus. Tanggal berapakah masa paling subur saya dan makanan apa yg harus saya konsumsi selama masa subur? Terimakasih

    mengatasi stres

  • Oleh : hayleyfrench7
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya saat ini saya sedang hamil memasuki trimester kedua akhir-akhir ini saya sering kali marah-marah dan mood saya pun gampang berubah-ubah. Apakah saat ini saya stres dan apakah ada dampaknya bagi janin dalam kandungan saya. Jika iya bagaimana cara mengatasinya mohon jawabannya

    Infertilitas sekunder

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 8 bulan, 1 minggu yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    Kanker payudara

  • Oleh : Irma Andari
  • 4 bulan, 2 minggu yang lalu

    Bu saya punya masalah dgn payudara putingnya jika ditekan mengeluarkan cairan berwarna putih bening. Apakah ini termasuk gejala kanker payudara? Bagaimana cara mengatasinya?
    Terimakasih

    Mengatasi lelah saat hamil

  • Oleh : priscillaledoux
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya Dila usia 32 tahun. Saat ini saya sedang hamil 5 bulan. Namun akhir-akhir ini saya cepat sekali merasa lelah bu bidan, tidak bersemangat dan pengennya tiduran terus. Ada tips ga bu bidan buat mengatasi rasa lelah saat hamil. Mohon jawabannya

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan