×

Cara Menjaga Kehamilan Usia Muda Agar Tetap Sehat

Bagikan Artikel :

Pada usia kehamilan yang masih muda sangat rentan mengalami keguguran. Oleh sebab itu, bunda harus pintar dalam merawat kehamilan pada usia muda. Mulai dari gaya hidup, makanan yang dikonsumsi dan mengelola emosi.

Perlu Anda ketahui bagi calon ibu yang sibuk bekerja, tekanan pekerjaan juga bisa menimbulkan stress yang membahayakan bagi kesehatan janin. Kesibukan pekerjaan juga menimbulkan kelelahan yang dapat memicu keguguran pada awal kehamilan. Maka dari itu, penting bagi ibu muda untuk mengetahui beberapa cara menjaga kehamilan usia muda agar tetap sehat.

Related Posts :

    Cara Menjaga Kehamilan Usia Muda Agar Tetap Sehat

    Jauhi makanan yang mengandung keju

    Keju dapat memicu seseorang mengalami keguguran, karena keju yang dibuat dari susu non pasteurisasi dapat berpotensi terkontaminasi bakteri listeria. Maka, bisa saja hal tersebut dapat merusak sel-sel janin dan merusak masa perkembangan janin di awal kehamilan Anda.

    Jangan sampai kelelahan

    Untuk menghindari kelelahan, sebaiknya bunda tidak melakukan hal-hal yang bisa membuat Anda merasa kelelahan. Karena di awal kehamilan, janin masih dalam kondisi yang lemah. Selain itu, kehamilan di trimester pertama, perekatan janin ke dinding rahim mash terlalu lemah. Sehingga saat terjadi guncangan akan mudah membuat janin jatuh dan terjadilah keguguran.

    Hindari mengonsumsi berbagai makanan yang diawetkan

    Makanan yang diawetkan biasanya dapat menganggu pencernaan ibu hamil. Sehingga zat gizi yang tersalurkan ke tubuh janin akan berkurang. Selain itu, zat pengawet pada makanan pun dapat mengganggu pertumbuhan saraf-saraf otak janin.

    Hindari mengonsumsi kafein berlebihan

    Sebaiknya gantilah minuman kafein dengan jus yang lebih menyehatkan dan menyegarkan tubuh. Kafein dpat mempengaruhi berat badan bayi, mengurangi penyerapan zat besi, bahkan bisa mengalami keguguran.

    Relaksasi

    Hal ini bertujuan untuk menenangkan pikiran dan menghindari Anda dari stres. Anda bisa melakukan senam kehamilan atau olahraga ringan seperti jalan di pagi hari sambil menikmati udara segar dan keindahan alam. Selain itu, Anda juga bisa melatih pernafasan Anda, karena hal ini sangat penting sekali untuk menghilangkan rasa sakit saat mulai terjadi kontraksi di akhir masa kehamilan. Aktivitas seperti ini alangkah baiknya dilakukan dengan rutin sehingga kehamilan menjadi lebih sehat, janin pun tumbuh dengan kuat.

    Jadi itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan janin Anda. Selain itu, sering-seringlah untuk berkonsultasi pada bidan mengenai tumbuh kembang janin yang Anda kandung. Terimakasih telah menyimak artikel kami, semoga bagi para calon ibu yang kini tengah mengandung selalu diberikan kesehatan. Aamiin

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 27, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Alat kelamin

  • Oleh : Hero Putra
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Halo dok saya mau tanya saya sehari bisa buang air kecil 10 kali lebih dan setelah buang air kecil kaya ada yang menetes seperti air kencing tapi agak kental dikit terus setelah saya basuh rasanya kemaluan saya dingin dan ingin buang air kencing lagi bisa sampai 5 kali terus di ujung kemaluan saya mulutnya bengkak dok.dan waktu tidur entah itu malam atau siang keluar caira seperti mani tapi berwarna putih kental waktu keluarnya kemaluan tegang dok.lalu di ujung kemaluan kaya ada airnyaterus ggitu dok..mohon dibantu dok sekian terimakasih. Wasalamuala’ikum WR.WB

    Haid Lama, Tapi Hanya Flek

  • Oleh : Yayu Yu
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Bu Bidan, izin bertanya. Usia saya 19 tahun, sudah sekitar satu tahun lebiy saya haid selalu 15 hari, tapi hanya keluar flek saja, tidak pernah keluar darah. Waktu saya usia 17 tahun kemaluan saya mengeluarkan darah segar setiap saat sampai beberapa hari, tapi setelah pergi ke dokter pendarahannya berhenti. Bagiamana ya bu bidan? Saya sudah pergi ke dokter hingga ke bidan untuk mengonsultasikan hal ini, tapi ujung-ujungnya hanya diberi obat saja, dan tidak kunjung sembuh. Apa sangat di perlukan untuk pergi ke spesialis bu bidan, mohon jawabannya bu bidan. Terima kasih banyak.

    Fases bayu berwarna gelap cenderung kehitaman

  • Oleh : destiana
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya ingin konsultasi nih saya punya anak usianya baru 4 bulan ketika buang air besar fasesnya berwarna gelap, mulanya berwarna hijau gelap makin kesini fasesnya cenderung kehitaman. Apakah itu normal bu bidan dan kebetulan anak saya minum sufor sama ASI cuma lebih banyak minum sufor daripada ASI. Mohon jawabannya

    Vitamin A

  • Oleh : Eka Wahyu
  • 5 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu, ini saya mau tanya ,vitamin A yg berwarna biru itu untuk umur 6-12 bulan sedangkan kmren agustus pas usia 7bulan blm smpat dkash vitamin A biru itu gmn ya bu? Terima kasih

  • Oleh : Eka Wahyu
  • Onani

  • Oleh : Herry Firdaus
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Sy sudah punya istri tapi masih suka onani itu knp ?

    Tanya Bidan