×

Cara Untuk Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

Bagikan Artikel :

Curhatbidan.com – Nyeri punggung merupakan salah satu gangguan kehamilan  yang tidaklah mengejutkan selama kehamilan berlangsung. Keluhan tersebut sering kali di alami oleh sang ibu yang telah memasuki usia kehamilan 5 – 9 bulan atau trimester ke dua dan ke tiga. Meski begitu, kondisi tersebut tetap harus mendapatkan perhatian agar tidak merusak kenyamanan ibu hamil.

Kenaikan berat badan yang cukup drastis, merupakan salah satu penyebab yang melatar belakangi gangguan kehamilan tersebut. Sehingga, hormon pada tubuh akan mengendurkan otot-otot dan ligamen yang berada di seluruh tubuh, terutama pada daerah persendian. Selain itu, rahim yang semakin membesarpun berpengaruh pada pusat gravitasi, yang membentang keluar dan melemahkan otot-otot pada perut anda. Sehingga perubahan postur tubuhpun memberikan tekanan pada punggung anda.

Namun anda tak perlu khawatir, gangguan sakit punggung selama kehamilan ini selain bisa di cegah juga dapat di obati. Andapun dapat mempertimbangkan beberapa cara mengatasi sakit punggung saat hamil yang akan kami rekomendasikan berikut ini.

Inilah Beberapa Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil Secara Alami


Ada beberapa cara menghilangkan nyeri punggung saat hamil yang dapat anda lakukan secara alami dan mudah dan tentunya tidak membahayakan kesehatan janin anda. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengompres bagian punggung yang sakit
Cara mengatasi nyeri punggung saat hamil yang pertama adalah anda dapat mengompres bagian punggung yang terasa sakit. Anda dapat meminta bantuan pada orang lain untuk mengompres punggung anda dengan bantalan hangat. Selain itu, anda dapat menjadwalkan pijat sebelum melahirkan.

2. Melakukan gerakan ringan
Aktivitas fisik reguler dan menjaga punggung anda tetap kuat adalah salah satu cara yang dapat menyembuhkan keluhan sakit punggung yang sedang anda derita. Dengan persetujuan dokter atau bidan, anda dapat melakukan beberapa gerakan ringan maupun olahraga yang sangat di rekomendasikan selama kehamilan seperti berjalan dan berenang di antaranya.

Selain itu,  andapun dapat melakukan gerakan ringan dengan merenggangkan punggung bagian bawah anda, dengan cara mengistirahatkan lutut dan tangan anda dengan kepala sejajar dengan punggung anda.  Kemudian, tarik perut dan punggung anda memutar ke belakang  secara perlahan. Tahan selama beberapa detik, dan andapun dapat merilekskan punggung dan perut anda. Pastikan punggung anda sedatar mungkin, ulangi berturut-turut sebanyak sepuluh kali. Anda pun dapat menanyakan kepada dokter kehamilan ataupun bidan seputar olahraga peregangan.

3. Sikap Tubuh Yang baik
Gaya graviatasi pada ibu hamil akan berpindah ke depan, mengingat janin yang berada di dalam rahim terus tumbuh dan berkembang setiap harinya. Untuk mencegah anda jatuh ataupun mengalami gangguan kehamilan seperti sakit punggung di antaranya, anda dapat menerapkan beberapa sikap tubuh yang baik selama masa kehamilan, yang diantaranya:

Related Posts :
    • Berdiri dengan tegak.
    • Tarik dagu anda tinggi-tinggi.
    • Pastikan saat duduk, pundak anda bersandar ke belakang secara rileks.
    • Jangan mengatupkan lutut.

    Sikap tubuh yang baik juga dapat berupa duduk dengan penuh kehati-hatian. Anda dapat memilih kursi yang dapat menyokong punggung anda, ataupun anda dapat menempatkan bantal kecil di belakang punggung anda, sehingga punggung atas dan leher anda aada dalam keadaan lurus dan nyaman. Namun jika suatu kondisi mengharuskan anda berdiri dalam waktu yang cukup lama, anda dapat mengataur posisi berdiri anda yang nyaman, dan mengistirahatkan salah satu kaki anda pada bangku yang kecil dan rendah secara bergantian.

    4. Menggunakan Pakaian yang tepat
    Pilahlah baju yang nyaman dan tidak terlalu ketat. Ataupun anda dapat menggunakan celana khusus dan baju untuk hamil dengan ikat pinggang rendah. Andapun dapat menggunakan sabuk khusus ibu hamil yang dapat membantu menyokong tekanan pada perut anda. Menggunakan sepatu berhak rendah dengan  yang didukung dengan lekungan yang baikpun dapat membantu meringankan nyeri punggung yang sedang anda alami.

    5. Tidur menyamping
    Pastikan anda tidur dengan posisi menyamping sambil salah satu atau kedua lutut di tekuk. Posisi tidur tersebut di bilang efektif di banding dengan anda tidur menggunakan punggung, karena itu akan hanya menambah sakit punggng yang sedang anda derita. Anda juga dapat menggunakan bantal yang seukuran dengan tubuh, yang dapat membuat posisi tidur anda semakin nyaman.

    6. Mengangkat benda dengan posisi yang tepat
    Saat anda hendak mengangkat benda yang kecil, hendaklah anda berjongkok dan ambil benda dengan tangan anda. Hindari menekuk pada bagian pinggang atau mengangkat punggung anada karena itu dapat menyebabakan nyeri pinggang yang anda alami semakin parah. Namun, jika anda tidak sanggup untuk mengangkat beban tersebut, anda dapat meminta pertolongan pada orang lain.

    Nah itulah  beberapa cara mengatasi sakit punggung saat hamil yang dapat anda coba dan praktekan sekarang juga, untuk mengurangi dan menghilangkan keluhan sakit punggung yang sedang anda derita saat ini. Selain dengan beberapa cara di atas, sebaiknya anda dampingi dengan beristirahat yang cukup,  serta mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayur dan buah agar kondisi tubuh anda sang janin tetap sehat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 31, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Botol asi

  • Oleh : Santana jaya
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    pre-eklampsia

  • Oleh : rina
  • 6 bulan, 1 minggu yang lalu

    pre-eklampsia pada ibu hamil itu berbahaya ga ya bu bidan?

    Kehamilan

  • Oleh : ANGGUN
  • 10 bulan, 3 minggu yang lalu

    Usia sy saat ini 36 tahun. Dan berencana utk program kehamilan. Apakah beresiko dgn usia sy sekarang? Dua kali kehamilan tidak ada masalah. Terima kasih

    Cara mengobati inpotensi

  • Oleh : Ario Hanindito
  • 3 minggu yang lalu

    Dok saya mau menanyakan bagaimana cara mengobati impotensi dan bisakah ipotensi itu karena saraf yang putus?

    Sering Lapar Saat Hamil Trisemester 1

  • Oleh : samanthabarrient
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, , kenapa ya semenjak saya menjalani kehamilan saya sering merasakan lapar. Bawaannya lapar terus , saya takut kalau makan terus bayinya kelebihan berat badan.

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan