×

Dampak Dari Suka Begadang Bagi Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Dampak Dari Suka Begadang Bagi Ibu Hamil

Bunda jangan pernah abaikan sering begadang saat hamil ya, karena kualitas yang buruk saat hamil bisa mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi. Memang tak dipungkiri bahwa ada beragam alasan mengapa ibu hamil begadang. Mulai dari rasa cemas dan gelisah karena hormone, perut yang semakin besar yang mengakibatkan sulit bernafas, slit mendapatkan posisi yang nyaman, frekuensi buang air kecil yang bertambah, sakit punggung, serta perubahan tubuh yang signifikan.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa ibu hamil yang begadang di malam hari 4,5 kali lebih berisiko melalui proses persalinan panjang dibanding ibu hamil yang memiliki jam tidur yang cukup.

Related Posts :

    Beberapa Resiko Ibu Hamil Yang Sering Begadang

    1. Menurunnya daya tahan tubuh
      Tidak hanya bagi ibu hamil, begadang yang membuat kurangnya waktu istirahat memang akan membuat daya tahan tubuh menurun. Dengan menurunnya daya tahan tubuh, tentu saja ibu hamil akan lebih rentan terserang berbagai penyakit dan akan mengganggu kesehatan selama kehamilan.
    2. Janin berisiko kelebihan berat badan
      hamil yang suka begadang saat hamil memiliki kemungkinan lebih banyak penumpukan lemak dan kecenderungan hidup yang kurang aktif.
      Saat begadang, tubuh Mama jadi kekurangan hormon adiponektin yang berguna untuk mengatur beberapa proses metabolisme, termasuk regulasi glukosa. Bunda juga cenderung lebih sering lapar saat terjaga dibanding saat tidur. Sehingga ketika begadang, makanan yang masuk akan lebih banyak dibanding saat menghabiskan malam dengan tidur.
    3. Preeklampsia
      Center For Perinatal studies, Swedish Medical Center melakukan penelitian mengenai hubungan antara tidur dan kehamilan, yang mana disebutkan bahwa ibu hamil yang tidur kurang dari 6 jam di malam hari memiliki risiko terhadap peningkatan tekanan darah sistolik 4 mmHg lebih tinggi dibanding ibu hamil yang tidur dalam waktu normal.
      Kondisi tekanan darah yang tinggi juga membuat risiko Bunda menderita pre-eklampsia meningkat menjadi 9 kali lebih tinggi. Preeklampsia juga berisiko komplikasi, salah satunya kejang pada ibu hamil dan berpotensi kematian pada Bunda dan janin yang dikandung.
    4. Persalinan prematur
      Meskipun kelahiran prematur masih belum diketahui pasti penyebabnya, namun begadang saat hamil dikatakan menjadi salah satu penyebab potensial. Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa kurang tidur dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh dengan menyebabkan kelebihan produksi sitokin.
      Kelebihan sitkotin bagi ibu hamil dapat mempengaruhi kinerja pembuluh darah di tulang belakang yang mengarah ke plasenta, sehingga bisa meningkatkan kemungkinan melahirkan secara prematur dan membuat depresi ibu hamil.
    5. Memperlama persalinan normal dan meningkatkan persalinan caesar
      Tidak hanya lahir secara prematur, begadang saat hamil juga akan berisiko memperlama proses persalinan normal dan semakin meningkatkan persalinan operasi caesar.
      Bagi Mama yang memiliki jam tidur kurang dari 6 jam per malam selama terus menerus, ini akan berisiko tinggi alami persalinan normal yang berjalan panjang. Menurut Badan Kesehatan Dunia, persalinan yang memakan waktu lama juga meningkatkan risiko bayi alami infeksi.
      Jika sudah begitu, biasanya akan meningkatkan persalinan melalui operasi caesar, yang mana bisa menimbulkan risiko masalah pernapasan pada anak di kemudian hari. Bayi yang lahir lewat caesar juga seringnya memiliki skor Apgar rendah, skala nilai yang menunjukkan seberapa sehatnya bayi saat lahir.
    6. Komplikasi pada janin yang dikandung
      Penelitian lain yang dilakukan oleh University of Pittsburgh Medical Center juga menyebutkan bahwa terdapat hubungan antara ibu hamil yang sering begadang dengan kedaan bayinya saat dilahirkan.
      Dengan berkurangnya kualitas serta kuantitas waktu tidur saat hamil bisa menyebabkan berkurangnya regenerasi dan pertumbuhan sel-sel tubuh Mama dan janin yang dikandung.
      Hal ini juga akan berpengaruh pada kondisi janin dan meningkatkan ririko berat badan lahir rendah dan lahir prematur.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 24, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Muntah & mual di pagi ,siang ,sore ,malam hari sering buang air kecil jg

  • Oleh : Imam alvian ramdhan
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Pagi Bu bidan saya mau tanya nih istri saya mual dan muntah di pagi, siang, sore, malam hari tapi perut tidak kembung atau sakit terus di sertai pusing , enek & juga suka buang air kecil sama puting payudara sakit itu penyebabnya kenapa Bu bidan

    Menyusui Saat Hamil

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya mau bertanyaan apa benar seorang wanita hamil dilarang untuk menyusui ?? Jika memang benar tolong berikan penjelasannya. Sebelumnya terimakasih

    Onani

  • Oleh : Teuku Sam
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Dok apakah kalau terlalu sering onani dapat menyebabkan kebodohan?

    hamil pasca operasi kehamilan ektopik

  • Oleh : Lusi
  • 4 tahun yang lalu

    Selamat sore buk,,
    saya mau tanya seputar kehamilan pasca operasi kehamilan ektopik di saluran tuba….pada bulan maret saya mengalami kehamilan ektopik,umur janin sudah 2 bulan,kemudian dokter menyarankan agar saya melakukan operasi karena KE sudah hampir pecah…jadi saya dan suami memutuskan untuk melakukan operasi pada bulan maret lalu…dokter menyarankan pasca operasi 3 bulan untuk melakukan hidrotubasi…tapi saya belum melakukannya meskipun sekarang sudah 3 bulan pasca operasi…yang ingin saya tanyakan,apakah saya bisa langsung program hamil aja tanpa hidrotubasi???mengingat keadaan keuangan dan rasa ketakutan saya terhadap efek samping dari hidrotubasi…mohon pencerahannya

    Isolasi mandiri

  • Oleh : Eko Pratama
  • 1 tahun yang lalu

    Apakah boleh berhubungan dengan istri selama isolasi mandiri,?
    Saya tidak mempunyai gejala corona

    Tanya Bidan