×

Dampak Infeksi Chlamydia pada Kehamilan Terhadap Janin

Bagikan Artikel :


Penyakit menular seksual (PMS) termasuk Chlamydia memiliki dampak yang sangat berbahaya selama kehamilan. Chlamydia adalah penyakit menular seksual yang ditularkan melalui hubungan seks tanpa menggunakan kondom. Wanita hamil dapat menularkan virus ini pada saat janin di dalam kandungan.

Dampak dari kehamilan dengan klamidia pada bayi adalah keguguran, kelahiran mati, kehamilan ektopik, kelahiran prematur, konjungtivitis neonatal, pneumonia neonatal, dan efek potensial lainnya, radang mata dan radang paru-paru pada bayi baru lahir.

Sangat penting bagi semua wanita hamil untuk melakukan skrining PMS di trimester pertama. Semakin dini didiagnosis, maka semakin cepat menemukan cara untuk menghindari penularan infeksi kepada bayi.

Penyebab Chlamydia

Chlamydia disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Bakteri ini ditularkan oleh penderita melalui hubungan seksual tanpa menggunakan kondom. Penularan chlamydia bisa melalui seks oral, anal dan vaginal. Selain itu, chlamydia juga bisa menular melalui alat bantu seks yang tidak dilapisi dengan kondom atau tidak dicuci sampai bersih setelah digunakan.

Berhubungan seksual dengan banyak orang atau berganti-ganti pasangan, dapat meningkatkan risiko terjangkit chlamydia. Beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena chlamydia adalah:

a) Pernah mengidap penyakit menular seksual.

b) Memiliki lebih dari satu pasangan seksual/berganti-ganti pasangan.

c) Berhubungan seksual tanpa menggunakan kondom.

d) Aktif secara seksual sebelum usia 18 tahun.

e) Chlamydia tidak menular melalui beberapa hal berikut ini:

f) Pelukan

g) Dudukan toilet

h) Menggunakan peralatan makan yang sama dengan penderita

i) Berbagi handuk dengan penderita

j) Ciuman

Related Posts :

    k) Berenang di kolam renang yang sama

    l) Mandi di kamar mandi yang sama

    Tanda dan Gejala Chlamydia

    Kebanyakan wanita yang mengidap chlamydia, pada awalnya tidak merasakan tanda-tanda sedikitpun. Namun setelah 3-4 pekan tanda-tanda chlamydia akan muncul berupa:

    1. Rasa terbakar atau sakit sewaktu mengeluarkan air seni

    2. Keluaran vagina yang tidak biasa

    3. Rasa sakit pada perut bagian bawah

    4. Rasa sakit sewaktu melakukan seks

    5. Pendarahan yang tidak biasa atau bercak di antara waktu haid.

    Mekanisme Penularan chlamydia pada Bayi

    Infeksi chlamydia sampai saat ini masih merupakan problematik karena keluhan ringan, kesukaran fasilitas diagnostik, mudah menjadi kronis dan residif, serta menyebabkan komplikasi yang serius, seperti infertilitas dan kehamilan ektopik. Selain itu bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi mempunyai resiko untuk menderita konjungtifitis dan pneumonia.

    Meningkatnya risiko kehamilan dan persalinan pada ibu dengan infeksi chlamydia, dapat menimbulkan abortus, kematian janin, persalinan preterm, pertumbuhan janin terhambat, ketuban pecah dini, serta endometritis pasca aborsi. Selain itu,dapat pula terjadi otitis media, obstruksi nasal, dan bronkiolitis. Risiko infeksi perinatal tidak terjadi bila persalinan berlangsung per abdominal (operasi caesar) kecuali bila telah terjadi ketuban pecah sebelumnya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 20, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Tidak haid

  • Oleh : Trisna Trisna
  • 5 hari, 18 jam yang lalu

    Tidak haid selama setahun lebih setelah kuret, dan bisa haid kalo minum obat hormon

  • Oleh : Trisna Trisna
  • BAB setelah minum susu

  • Oleh : Setya
  • 6 bulan, 1 minggu yang lalu

    BAB sudah 7 kali dalam sehari warna fesesnya hijau encer dan ada biji”annya.. dan BAB nya setiap selesai menyusu.. itu knp yaa dok ?

    Pijat Bayi

  • Oleh : alberta6265
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Siang bu bidan. Saya mau tanya, bayi saya usia 6 bulan apa sudah boleh dipijat ? Bagaimana langkah-langkah memijat bayi yang benar ?

    Tentang pra subur

  • Oleh : Ahmad Dun
  • 4 minggu yang lalu

    Kpd bidan yg terhormat:
    Setelah menstruasi/ sudah suci, trus brhubungan badan.. Apakah bisa terjadi hamil?

    Bayi Usia 2 Minggu Belum BAB 9 Hari

  • Oleh : Ivie Suci
  • 6 bulan yang lalu

    Halo dok, saya Resy saat ini usia bayi saya 2 minggu dan saat usia 4 hari bayi saya disinar selama 2 hari, selama disinar bayi saya diberikan susu formula untuk antisipasi dehidrasi dan pulang kerumah banyak bayi saya banyak bab. Tapi sampai sekarang ini sekitar 9 hari dengan full asi belum bab juga, padahal minum asinya banyak dan buang air kecilnya juga cukup banyak. Ada yang harus dikhawatirkan ga yah dok ?

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan