×

Dampak Pada Ibu Hamil Yang Jarang Olahraga

Bagikan Artikel :

Dampak Pada Ibu Hamil Yang Jarang Olahraga

Perubahan bentuk tubuh, hormonal dan perasaan saat hamil membuat ibu malas beraktifitas. Apalagi olahraga, pengenya tuh rebahan aja sambil menyalakan kipas angina tau AC. Padahal kemalasan menjadi cikal bakal munculnya berbagai gangguan saat kehamilan, baik gangguan ringan atau berat. Memang aman yah olahraga saat hamil? Selama tidak ada larangan oleh dokter dan bidan Anda, olahraga menjadi sebuah keharusan saat hamil. Misalnya olahraga renang, yoga, gymball, senam hamil dan lain-lain. Dianjurkan ibu hamil meluangkan waktunya selama 30 menit untuk melakukan olah raga setiap hari.

Related Posts :

    Dampak Apabila Ibu Hamil Jarang Olahraga

    1. Tekanan darah tinggi atau hipertensi
      Kebiasaan tidak berolah raga akan memicu peningkatan tekanan darah pada ibu hamil. Tekanan darah yang meningkat atau hipertensi ini merupakan salah satu faktor yang dapat mencetuskan preekampsia. Kondisi yang dapat menyebabkan bayi lahir premature, kejang pada kehamilan, hingga mengancam nyawa ibu dan janinnya. Untuk mencegahnya, ibu hamil tidak perlu olahraga berat. Cukup lakukan olahraga ringan seperti jalan pagi, berenang atau senam hamil secara rutin.
    2. Peningkatan berat badan berlebih
      Setiap ibu hamil pasti mengalami peningkatan berat badan. Banyak atau seidikitnya peningkatan tersebut sangat tergantung dari berat badan sebelum hamil, pola makan dan aktivitas sang ibu selama kehamilan. Berat badan ibu yang tidak olahraga selama hamil cenderung meningkat lebih banyak dibanding dengan mereka yang rutin berolahraga. Akkibatnya, kembalinya berat badan dan postur tubuh seperti sedia kala akan semakin sulit dicapai setelang sang ibu melahirkan.
    3. Diabetes gestasional
      Selain sulit mencapai postur seperti sedia kala, peningkatan berat badan berlebih juga dapat meningkatkan risiko diabetes pada ibu hamil. Diabetes selama kehamilan atau diabetes gestasional ini tidak hanya mengancam kesehatan sang ibu, namun juga berpengaruh pada tumbuh kembang janin yang dikandungnya.
    4. Persalinan lama
      Saat persalinan, bagi ibu yang terbiasa berolahraga saat hamil akan berpeluang lebih besar bersalin dengan lancar. Hal ini karena pada saat olahraga otot panggul menjadi lentu dan pernapasan terlatih.

    Olahraga Yang Sebaiknya Dihinidari Oleh Ibu Hamil

    Kondisi tubuh ibu hamil berbeda dengan ibu yang tidak hamil. Perlu perlakukan khusus untuk kondisi tubuh yang berbeda, termasuk pilihan jenis olahraganya. Jika dulu Anda terbiasa melakukan olahraga yang membutuhkan gerakan aktif, energi ekstra atau menantang –seperti basket, sepak bola, voli, menyelam atau arung jeram– saat hamil hindari olahraga tersebut. Goncangan-goncangan yang terjadi pada olahraga semacam ini dapat membahayakan pertumbuhan janin, misalnya merangsang kontraksi.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 13, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Anak terkena mimisan, panas dan mata merah

  • Oleh : Della Aprita
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Pagi dok. Saya seorang ibu yang memiliki anak berusia 7 bulan. Saat ini anak saya sering kali mengeluarkan darah dari bagian hidungnya yang disertai dengan panas dan juga mata merah. Terusterang saya sebagai orang tua merasakan khawatir dengan keadaan anak saya yang masih balita ini. Kalau boleh tau ini itu jenis gejala penyakit apa ya dok? Tolong berikan penjelasannya, terimakasih.

    Agar tidak hamil.

  • Oleh : Sumarni
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Mat mlm dok.sya sdah mlahirkan anak pertama.cara agar untuk mnunda kehamilan saya,bagaimna dok

    makanan

  • Oleh : arizka fabianti
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok mau tanya … sya hamil anak ke 2 ini kalau makan yang gizi gizi malah membuat mual tp kalau makan makanan tanpa kuah sama mie instan mau …kadang makan sayur keluar lagi….liat sayur aja mual….gmn mengatasinya dok biar saya gk bergantung makanan nggak sehat…sedangkan makanan tidak sehat tidak membuat nafsu makan sy …mohon jawabannya …trima kasih

    Muntah setelah minum ASI

  • Oleh : Debby
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Siang Bu Bidan,
    Bayi saya usia 4 bulan sering muntah kalau sudah minum ASI. Muntahnya kadang banyak dan kadang sedikit. Apa penyebab bayi saya sering muntah ? Apa bayi saya baik-baik saja kalau sering muntah ?

    Apa obat diare yang aman untuk anak usia 3 tahun ?

  • Oleh : Yuli Ani
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Sore dok, adik saya usia 3 tahun sekarang ini sedang mengalami masalah pencernaan. Sering buang air besar, sudah diobati tapi belum juga sembuh. Kira – kira obat yang aman untuk mengobati diare pada anak usia 3 tahun apa dok ? Terima kasih dok sebelumnya.

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan