×

Gempa Bumi Sering Melanda, Ini Yang Perlu Disiapkan Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Gempa Bumi Sering Melanda, Ini Yang Perlu Ibu Hamil Siapkan

Saat ini bencana alam baik itu gempa atau tsunami sering terjadi di Indonesia., dan terakhir terjadi di Palu pada tanggal 28 Setember 2018. Tentu hal ini akan lebih mengkhawatirkan pada wanita hamil yang terkait dengan kesehatan dan keselamatan janin maupun dirinya sendiri.

Wanita hamil yang kehamilannya sudah cukup besar mungkin akan sulit untuk meringkuk dan bersembunyi di bawah meja. Jadi lebih baik usahakan untuk merunduk, bertahan dan lindungi kepala semampunya. Bila tidak bisa merunduk, cobalah duduk bersimpuh. Intinya, jangan tetap berdiri untuk menghindari risiko jatuh.

Setelah gempa reda, ibu hamil disarankan keluar dari ruangan atau bangunan dengan hati-hati. Usahakan tidak berlari. Ibu hamil juga harus berhati-hati saat melewati tangga darurat karena bisa saja Anda terdorong orang-orang yang panik dan berdesak-desakan.

Cara Menghindari Bahaya Dari Bencana Alam

1. Identifikasi tempat aman

2. Kenali tempat aman di rumah maupun tempat kerja Anda

3. Tentukan juga titik aman untuk bertemunya anggota keluarga atau tempat evakuasi

4. Pelajari prosedur keselamatan

5. Amankan perabotan besar

6. Tata kembali rumah Anda untuk menyingkirkan atau menyimpan benda-benda yang sekiranya tidak aman atau bisa jatuh meniban anggota keluarga.

7. Pastikan Anda juga memiliki akses keluar dari rumah yang cukup mudah dengan kata lain, singkirkan benda-benda besar yang mungkin menghalangi jalur keluar.

8. Siapkan tas darurat. Meski belum mendekati waktu bersalin, siapkan tas darurat yang berisi perlengkapan kelahiran yang mungkin Anda perlukan bila Anda harus meninggalkan rumah atau mengungsi. Bila memiliki bayi, siapkan tas berisi tisu antibakteri, selimut, makanan dan sendok bayi, baju ganti, popok, obat-obatan.

9. Catat alamat dan nomor darurat. Pastikan Anda mengetahui tempat pertolongan dan perawatan terdekat bila bencana terjadi. Rumah bersalin atau klinik dokter 24 jam yang terdekat dari rumah Anda misalnya.

Related Posts :

    Tempat Mengungsi Ibu Hamil

    Bila setelah bencana Anda harus mengungsi atau berada di posko darurat, pastikan petugas mengetahui kondisi Anda yang sedang hamil atau memiliki bayi. Hal itu berguna untuk membantu Anda mencukupi kebutuhan nutrisi baik bagi Anda yang hamil atau bayi selama di pengungsian. Mulai dari sanitasi yang baik, makanan yang seimbang, hingga perlindungan ekstra bagi Anda dan janinl.

    Hal Yang Perlu Disiapkan Pada Ibu Hamil Di Tempat Yang Rawan

    Ibu hamil yang tinggal di daerah rawan bencana sebaiknya menyiapkan tas berisi makanan bergizi, seperti kacang-kacangan, buah kering, vitamin, dan obat-obatan, air minum kemasan, dan baju hamil. Apabila terjadi bencana, ibu hamil langsung membawa tas ini dan menyelamatkan diri.

    Setelah Ibu Hamil Menghadapi Bencana Alam

    Menghadapi bencana alam saat sedang hamil bisa berisiko pada fisik dan mental serta mempengaruhi bayi dalam kandungan. Setelah gempa berakhir, ibu hamil disarankan beristirahat, relaksasi dan menenangkan diri, banyak minum air putih, dan makan makanan sehat.

    Selain itu, ibu hamil juga disarankan berkonsultasi ke dokter kandungan atau mengecek kesehatan secara keseluruhan di penampungan darurat atau rumah sakit setempat. Sebab pada beberapa kasus, setelah bencana alam ibu hamil rentan melahirkan secara prematur karena tegang dan stres.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 2, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kenapa tidak haid

  • Oleh : Gita lepia Ningsih
  • 10 bulan, 1 minggu yang lalu

    Permisi Bu.
    Saya mau tanya kan saya melahirkan bulan Juni 2019 nah trus pas anak saya umur 1 bulan saya disuruh KB sama orang tua saya dan saya pakai KB 3 bulan nah itu cuma 2x terus pas anak saya umur 5 bulan saya langsung lepas KB tapi sampe skrg anak saya umur 1 tahun setengah saya belum juga haid knpa ya? Apakah aman? Terimakasih.

  • Oleh : Gita lepia Ningsih
  • Terlambat Haid 2 Bulan

  • Oleh : Een Kumala
  • 11 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selamat Malam..
    Saya mau konsultasi ke bu bidan.
    saya sudah tidak haid 2 bulan lebih 2 hari.
    itu karna apa ya bu?

    saya single.
    saya takuf kalau ada sesuatu ditubuh saya.
    siklus menstruasi saya berubah” kadang sesuai kadang lebih dari 35 hari.

    saya biasa nya konsumsi Sangobion Femine untuk melancarkan haid..

    apakah bisa dibantu bu?

  • Oleh : Een Kumala
  • Masa subur

  • Oleh : Yul
  • 7 bulan yang lalu

    Siang dok. Mau tanya dok jika melakukan hubungan di akhir masa haid apakah terjadi kehamilan? Saya haid tgl 5 maret tgl 10 maret saya melakukan hubungan. Siklus haid saya selama 6bln selama 26-30 hari

  • Oleh : Yul
  • Bisa hamil atau tidak

  • Oleh : Trisna Yunita sari
  • 2 bulan, 3 minggu yang lalu

    Selamat malam bu saya mau tanya usia saya 22 tahun saya belum menikah saya mau tanya apakah bisa kehamilan bisa terjadi jika tidak pernah berhubungan badan (intim) makasih 🙏

  • Oleh : Trisna Yunita sari
  • Kb

  • Oleh : Erna Wati
  • 1 bulan, 2 minggu yang lalu

    Saya kb 3 bulan setelah kb 1 bulan saya haid ,udah hmpir 1 minggu haid nya belum brhenti” apakah bahaya ?

  • Oleh : Erna Wati
  • Tanya Bidan