×

Hamil Kebo, Apakah Berbahaya?

Bagikan Artikel :

Hamil Kebo, Apakah Berbahaya?

Ibu hamil pada trimester pertama sebagian besar akan mengalami keluhan-keluhan seperti mual muntah, pusing, lemas, emosi labil, kepanasan/mudah, gampang ngantuk, mudah letih, rasa sakit pada payudara, sensitif, cepat tersinggung, gerah dan yang lainnya. Tapi tidak semua ibu hamil trimester pertama mengalami keluhan tersebut. Ada juga lho ibu hamil yang sehat bugar tanpa keluhan apapun. Orang-orang menyebutnya hamil kebo. Istilah ini memang tidak dikenal di dunia medis, tapi sering disematkan untuk ibu hamil yang minim keluhan dan tidak mengalami masalah-masalah yang biasa dialami wanita hamil.

Tanda-tanda Hamil Kebo

  1. Tidak mengalami morning sickness
    Mual dan muntah merupakan salah satu tanda hamil yang normal dialami oleh semua ibu. Keadaan mual dan muntah ini sering kali disebut sebagai morning sickness. Bagi ibu hamil yang mengalami hamil kebo, mual dan muntah ini sejatinya akan lebih jarang dirasakan bahkan bisa jadi tidak muncul sama sekali.
  2. Ibu hamil suka berpergian
    Tanda tanda hamil kebo lainnya yang dapat ditunjukan oleh ibu hamil adalah kondisi di mana keinginannya untuk sering berpergian sangat tinggi. Ibu hamil yang mengalami hamil kebo sering kali merasa bosan ketika harus berada di rumah setiap harinya. Hebatnya lagi, meski sering bepergian, ibu tidak akan merasa mudah lelah maupun lemas dibandingkan dengan ibu hamil pada umumnya.
  3. Sangat suka makan dan tidak pilih-pilih makanan
    Ibu hamil pada usia kehamilan trimester pertama lebih sering merasa mual dan muntah ketika mengonsumsi makanan, sehingga ia akan pilih-pilih saat makan. Pada ibu dengan hamil kebo, kondisi ini tidak akan terjadi sehingga ia akan sangat suka makan bahkan bisa mengonsumsi makanan jenis apapun tanpa merasakan mual dan muntah.
  4. Lebih suka tidur dan malas melakukan aktivitas
    Kondisi lainnya yang juga menjadi tanda hamil kebo adalah keadaan di mana ibu lebih suka tidur dan malas melakukan aktivitas. Ibu yang mengalami hamil kebo bisa tidur di manapun dan malas untuk beranjak dari tempat tidur. Kondisi ini sangat berbanding terbalik dengan kondisi ibu hamil pada umumnya yang kebanyakan susah tidur.
    Tanda hamil kebo yang telah disebutkan di atas biasanya ditunjukan sejak awal kehamilan sampai dengan menjelang proses persalinan, Moms. Kondisi hamil kebo ini hanya dapat terjadi pada beberapa ibu hamil dan merupakan keadaan yang bisa jadi normal dan bisa jadi membahayakan kesehatan ibu hamil tergantung penyebab dan diagnosis dokter.

Apakah Hamil Kebo Itu Berbahaya ?

Anda tidak perlu khawatir apabila anda tidak mengalami gejala apapun saat hamil muda. Karena hal ini normal-normal saja. Faktanya, 2 dari 10 wanita tidak akan memiliki gejala morning sickness.

Tidak semua wanita hamil harus mengalami mual dan sebagainya karena semua wanita selalu mengalami gejala kehamilan yang berbeda-beda. Justru wanita hamil yang mual parah memiliki risiko tinggi mengalami keguguran.

Related Posts :

    Memang pada kasus tertentu, wanita hamil yang tidak mengalami morning sickness juga bisa berisiko terhadap keguguran, tergantung dari kondisi rahim dan bakal janinya.vNamun apabila Moms tetap merasa khawatir karena tidak mengalami morning sickness, sebaiknya konsultasikan dengan dokter

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 21, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    luka jahitan lahiran normal

  • Oleh : ena arina
  • 1 minggu, 6 hari yang lalu

    Maaf bu bidan… saya sudah ampir 6 bulan setelah melahirkan. luka yang di luar nya sudah kering. gak tau kalo luka yang di dalem. Tp sampe sekarang di CD tuh pasti ada plek warna nya ke coklat coklatan gitu. Saya pernah periksa ke bidan kata nya luka dalam nyainfeksi dan d kasih Obat . Setelah maka obat. Plek nya itu gak ada di CD. Cuman obat nya habis plek nya itu ada lagi. gimana ya solusi terbaik nya

  • Oleh : ena arina
  • Program kehamilan

  • Oleh : Claudia anggelina
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Dimana alamat untuk akupuntur kehamilan

    Bayi Usia 1 Bulan Terkena Pilek

  • Oleh : mahdi
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Siang dok. Saya Shelly. Anak saya yang berusia 1 bulan terkena pilek tapi tidak panas. Ada batuk sedikit jika sedang menyusui saja. Bagaimana cara menanganinya ? Apa perlu saya periksakan ke dokter ?

    kehamilan

  • Oleh : Gek Anik
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    selamat siang,
    saya dwik ingin menanyakan dulu saya kista,sekarang kista saya di nyatakan layu
    terus saya berhubungan badan karna saya menginginkan kehamilan,
    apakah mungkin bisa jadi kehamilan bila kista sudah layu
    mohon di bantu infonya,,
    terima kasih

    Berapa lama bisa hamil lagi setelah lepas KB suntik?

  • Oleh : Yuli Ani
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya ingin bertanya berapa lama waktu saya bisa hamil lagi setelah lepas KB suntik? Apakah benar bisa sampai satu tahun? Mohon kejelasannya, terima kasih.

  • Oleh : Yuli Ani
  • Tanya Bidan