×

Hasil Test Pack Garis Dua Tapi Samar, Hamil Gak Sih?

Bagikan Artikel :

Hasil Test Pack Garis Dua Tapi Samar, Hamil Gak Sih?

Tidak selamanya terlambat menstruasi berarti terjadi kehamilan karena bisa saja dari faktor lain seperti gangguan kelenjar tiroid, ketidak seimbangan hormone dan lain-lain. Oleh karena itu untuk menentukan kehamilan lakukanlah test pack. Test pack ini bisa dilakukan secara mandiri lho dan tersedian di apotek.

Namun, tidak semua test pack akan memberikan hasil yang jelas. Masalah yang biasa terjadi adalah hasil test pack gari dua yang samar. Tentu akan membingunkan, apakah menunjukan hamil atau tidak.

Beberapa Kemungkinan Dari Hasil Test Pack Yang Samar

  1. Garis Samar Pada Test Pack Yang Berarti Positif Hamil
    Jika kamu melakukan tes kehamilan sendiri di rumah dan hasilnya memperlihatkan hasil positif yang samar-samar, terdapat kemungkinan besar bahwa kamu hamil. Dalam kasus ini, garis hanya muncul secara samar mungkin karena kadar hormon kehamilanmu, atau human chorionic gonadotropin hormone (hCG), masih rendah.
    Segera setelah hamil, tubuh akan segera memproduksi hCG. Kadar hormon ini akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Test pack dibuat untuk mendeteksi hormon hCG ini. Jika hormon hCG terdapat dalam urin , maka hasilnya akan positif. Jadi, perlu diingat, bahwa semakin banyak hormon hCG dalam tubuh, maka akan semakin jelas garis yang terlihat pada testpack. Beberapa wanita melakukan tes kehamilan pada usia kehamilan yang sangat awal. Pada waktu ini, walau hCG terdapat di urin, namun kadarnya tidaklah banyak. Hal inilah yang membuat garis yang muncul terlihat samar.
  2. Garis Samar Pada Test Pack Yang Bukan Tanda Hamil
    Mendapatkan hasil positif yang samar tidak selalu berarti kamu hamil. Kadang, garis positif yang muncul bukanlah garis positif yang sebenarnya, melainkan hanya sebuah garis penguapan atau garis evaporasi. Garis ini dapat muncul pada test pack ketika urin menguap dari stik testpack. Jika garis ini muncul pada hasil tes, kamu bisa saja salah mengartikannya. Akan sulit untuk membedakan apakah garis yang muncul merupakan hasil positif yang samar atau hanya merupakan garis evaporasi. Perbedaan utama dari keduanya adalah, garis evaporasi baru akan muncul beberapa menit setelah waktu yang ditentukan untuk membaca hasil tes.
    Jika kamu melakukan tes sendiri di rumah, penting bagi untuk membacanya dengan hati-hati sesuai dengan petunjuk yang tertera. Jika membaca hasil dalam rentang waktu yang tertulis pada kemasan dan melihat hasil positif yang samar, maka kemungkinan besar hamil. Namun, jika kamu melewatkan waktu yang telah ditentukan untuk membaca hasil, maka garis samar yang muncur bisa jadi merupakan garis evaporasi, yang berarti kamu tidak hamil.
    Jika kamu bingung menentukannya, maka kamu dapat mengulangi tesnya. Jika memungkinkan, tunggulah selama dua hingga tiga hari sebelum kamu mengulanginya. Jeda waktu ini akan memberikan waktu bagi tubuh untuk memproduksi lebih banyak hormon kehamilan sehingga memberikan hasil yang lebih jelas jika kamu benar-benar hamil.
    Melakukan tes kehamilan di pagi hari juga merupakan keputusan yang baik, karena semakin pekat urin, maka hasilnya akan semakin jelas. Pastikan Anda membaca hasilnya dalam rentang waktu yang tertera pada testpack.
  3. Garis Samar Pada Test Pack Yang Artinya Kamu Hanya Hamil Secara Kimia
    Garis positif yang samar juga merupakan suatu tanda bahwa ksmu hanya hamil secara kimiawi, yang artinya kamu mungkin mengalami abortus atau keguguran dini. Pada kasus ini, telur yang telah dibuahi akan tertanam di rahim, hal inilah yang akan merangsang terbentuknya hormon kehamilan. Namun, tidak lama setelah tertanam di rahim, kamu mengalami keguguran.
    Jika kamu melakukan tes kehamilan pada saat ini, maka hasilnya akan menunjukkan garis positif yang samar. Hal ini disebabkan karena hormon kehamilan masih tersisa dalam jumlah sedikit dalam tubuhmu. Kamu mungkin tidak akan mengalami gejala apa pun. Gejala yang mungkin terjadi hanyalah berupa perdarahan yang menyerupai siklus menstruasi, dan keram perut ringan. Perdarahan dapat terjadi di sekitar waktu menstruasi sehingga kamu tidak sadar bahwa kamu sebenarnya tengah mengalami keguguran. Namun, jika kamu melakukan tes ketika sedang mengalami perdarahan dan hasilnya merupakan garis positif samar, Ada kemungkinan kamu mengalami keguguran.

Selain Dari Pemeriksaan Test Pack, Awal Kehamilan Memiliki Tanda Berikut:

1 Terlambat haid.
2 Mual, muntah.
3 Pusing, mudah lelah.
4 Payudara lebih membesar dengan bagian merah puting lebih melebar dan berwarna lebih gelap.
5 Sering buang air kecil.

Yang Harus Dilakukan Apabila Test Pack Menunjukkan Garis Samar

Jika anda melakukan uji kehamilan pada 7-8hari setelah pembuahan atau sebelum masa haid berikutnya, yang berarti kadar HCG masih sangat rendah. Lakukan ulang test pack 1 minggu ke depan. Saat melakukan test pack ulang agar hasilnya akurat maka gunakan urin yang baik, yaitu urin yg berada ditengah, jadi jika anda melakukan uji kehamilan keluarkan dulu sedikit lalu tampung yang dikeluarkan berikutnya.

Related Posts :

    Bila hasil yang didapatkan masih sama, disarankan untuk konsultasi ke dokter. Selain tes urine, dokter dapat menyarankan metode deteksi kehamilan lain, misalnya melalui tes darah. Tes darah bisa mendeteksi kehamilan lebih awal dibandingkan tes urine. Bahkan tes ini sudah bisa dilakukan 6-8 hari setelah terjadi pembuahan. Hanya saja, hasil tes darah untuk mengetahui kehamilan membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan tes urine.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 10, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kemandulan

  • Oleh : Ahmad Fajar Fathurahman
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bidan
    Selamat sore,
    Saya mau tanya apakah benar terlalu sering onani menyebabkan kemandulan ?

    Terima kasih bidan

    Bolehkan ibu hamil facial?

  • Oleh : jerrigibson293
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat siang ibu bidan saya mau tanya saat ini saya sedang hamil 5 bulan amankah jika melakukan facial wajah dan menggunakan obat jerawat? mohon jawabannya

    Kehamilan

  • Oleh : Nahda nisa
  • 1 bulan, 4 minggu yang lalu

    Saya mau Tanya
    HPHT saya 10 februari 2021 Dan sekarang sdah tanggal 18 maret 2021 tp belum haid apa saya Hamil……?
    Dan klau hamil usia kandungan saya berapa minggu……?

    Terimakasihh

  • Oleh : Nahda nisa
  • Telat Haid

  • Oleh : Khusnul Khotimah
  • 8 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualaikum Dok..Sata Mau Tanya Kan Saya Udah Telat Haid Selama 3 Hari Perut Bagian Bawah Rasanya Nyeri Seperti Mau Haid Tapi Nyerinya Ringan Dan Gak Lama Trus Payu Dara Saya Juga Linu Gitu Rasanya Kemarin Di Perut Bagian Bawah Seperti Ada Kedutan Tapi Cuman Berkedut 3x langsung ilang gak ada lagi…Apakah Saya Hamil Ya Dok? Tapi Saya Gk Brani Buat Tespek Takut Di PHP.in…Gimana Dong Dok?? Mohon Pencerahannya…

  • Oleh : Khusnul Khotimah
  • Organ kewanitaan

  • Oleh : Asmi Ruswita
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya, keluhan saya yaitu keputihan tapi bening dan sediki sedikit ingin pipis seperti anyang anyangan. Kalau buang air kecil sedikit panas jika setelah selesae buang air kecil. Apakah itu normal atau bagaimana dok solnya saya baru pertma kali mengalami seperti ini.
    Tlong jawabanya dok terimakasi

    Tanya Bidan