×

Ibu Hamil Boleh Gak Sih Makan Oncom ?

Bagikan Artikel :

Ibu Hamil Boleh Gak Sih Makan Oncom ?

Katanya ibu hamil harus makan yang sehat. Dan katanya juga ibu hamil harus makan yang bersih atau hygenis. Lalu bagaimana nih dengan makanan oncom? Boleh ga sih ibu hamil makan oncom? Nah kali ini Bidan Citra jelaskan tentang makanan tradisional ini. Sebetulnya ibu hamil tidak ada makanan pantangan termasuk oncom. Justru oncom ini memiliki manfaat untuk tubuh.
Proses fermentasi yang digunakan dalam pembuatan oncom, dapat mengurai struktur kimia di dalamnya menjadi senyawa yang lebih sederhana sehingga mudah diserap dan dimanfaatkan tubuh.

Untuk itu oncom bisa menjadi salah satu sumber gizi yang baik bagi tubuh. Berikut kandungan nutrisi yang terdapat di dalam oncom yaitu, energi, protein, lemak, karbohodrat, kalsium, natrium, kalium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, serta vitamin C dan air. Karena kandungan nutrisinya yang banyak, oncom pun memiliki banyak manfaat seperti di bawah ini.

Manfaat Oncom

  1. Mencegah Perut Kembung
    Kapang yang difermentasi menghasilkan enzim alpha galaktosidase yang menguraikan rafinosa dan stakhiosa. Dimana proses ini yang membuatnya tidak menimbulkan terjadinya gas di perut yang membuat perut menjadi kembung.
  2. Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker
    Senyawa yang dihasilkan dari proses pembuatan oncom dapat menekan produksi racun aflatoksin. Racun aflatoksin sendiri adalah salah satu racun yang dihasilkan oleh jamur yang menyebabkan bertumbuhnya sel kanker.
  3. Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi
    Zat fosfor yang terdapat di dalam oncom juga baik untuk pertumbuhan tulang serta gigi.

Manfaat Oncom untuk Ibu Hamil

  1. Sumber Energi
    Kandungan protein dan karbohidratyang terdapat di dalam oncom, menjadikan sumber energi bagi tubuh ibu hamil. Jika tubuh ibu kekurangan energi, maka akan mudah lelah dan lemas yang pastinya sangat tidak nyaman. Selain sebagai sumber energi, zat proteinnya juga berguna untuk pertumbuhan janin.
  2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    Kandungan vitamin A yang terdapat di dalam oncom berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dengan ini maka moms tidak mudah terserang penyakit yang mungkin akan membahayakan mom serta janin.

Ibu Hamil Jangan Mengonsumsi Oncom Berlebihan

Walaupun oncom banyak manfaat bagi ibu hamil, namun oncom juga bisa menimbulkan perkara kesehatan. Hal ini terjadi karena proses pembuatan oncom memakai sistem fermentasi yang memerlukan mikroba. Proses fermentasi tersebut bila tidak dilakukan dengan baik bisa menimbulkan reaksi yang membahayakan kesehatan ibu hamil seperti diare dan dehidrasi.
Oleh karena itu, ibu hamil hendaknya tidak berlebihan dalam mengkonsumsi oncom karena apapun makanan yang sehat tapi kalau dimakan dalam jumlah yang berlebihan akan menimbulkan imbas kurang baik bagi kesehatan.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 19, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Ria Agustin
  • 11 bulan, 3 minggu yang lalu

    Selamat siang bu bidan… Bu saya mau curhat saya masih mempunyai anak yang masih kecil dan ini saya hamil lagi tapi saya sama suami sepakat untuk tidak meneruskan kehamilan saya soalnya banyak faktor termasuk keuangan… Apa yang harus saya lakukan ya bu? Saya sudah berusaha memakai semua alat kontrasepsi tetapi tidak ada yang cocok… Mungkin ada solusi untuk saya… Usia kehamilan saya kemungkinan 4 minggu… Baru saya cek setelah 1 minggu telat haid…
    Terima kasih

    Haid tidak teratur

  • Oleh : Ria Nuarita
  • 5 bulan, 2 minggu yang lalu

    Selamat mlm dok . Nama sya Ria . Sya sudh brklwrga dan mmpunyai seorng ank. 1 thun lalu sya mngalami k guguran dan curet . Sya slalu cb promil tapi hsil ny slalu kurng memuaskn . Sudh 3 buln ini menstruasi sya tidak tratur . 3 bln lalu sya tlat haid 3 minggu sya cb tespek hsil ny negatif, lalu bsok ny haid. 2bln lalu sya jg tlat haid 15hri dan cb lg tespek hsil ny negatif jg, bsok ny haid . Dan skrng ini sya sudh tlat haid 3 minggu dok, smpe skrng pun sya blm haid. Sya cb tespek bbrp x hsil ny slalu negatif…. tapi akhir” ini sya suka ngrsa mual, pusing, gmpng cpe, ngntuk brlbihn, payudara mulai skit.
    Yg sya mau tnyakn adlh. Knp slma bbrp buln ini bsa sprty ini?? Mohn bantuan ny dok untk mnjawb …
    Trimakasih …

    Menggunakan kb suntik 1 bulan

  • Oleh : Fachriani Ainy
  • 4 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan ,
    Saya dengan Ainy , saya ingin menanyakan masalh kb suntik 1 bulan

  • Oleh : Fachriani Ainy
  • Berhubungan saat minum pil plasebo

  • Oleh : Istiana Agustin
  • 2 tahun yang lalu

    Malam bu bidan, bu saya mau tnya, saya udh minum pil plasebo skali dan harusny malam ini sy minum pil plasebi, krn sy brhbngan intim dengan suami, krn takut hamil sy minum pil aktif lg, apakah sy akan hamil dok, trus besok sbaikny sy mengonsumsi pil plasebo atau aktif?

    Ejakulasi dini

  • Oleh : Hendra Pratama
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Halo dokter, saya mau bertanya, kenapa ya setiap kali saya berhubungan intim dengan istri, baru pemanasan saja rasanya penis mau mengeluarkan air mani, dan ketika penis penetrasi ke vagina istri, terkadang tidak sampai satu menit, sudah ejakulasi/keluar air mani, pertanyaannya apakah ini dikatakan ejakulasi yg cukup parah atau normal, dok, dan bolehkah berhubungan intim yg kedua kali dalam satu malam, karena yg kedua kalinya itu agak lama mencapai ejakulasinya, walaupun penis agak pegel?

    Tanya Bidan