×

Ibu Hamil Boleh Gak Sih Makan Oncom ?

Bagikan Artikel :

Ibu Hamil Boleh Gak Sih Makan Oncom ?

Katanya ibu hamil harus makan yang sehat. Dan katanya juga ibu hamil harus makan yang bersih atau hygenis. Lalu bagaimana nih dengan makanan oncom? Boleh ga sih ibu hamil makan oncom? Nah kali ini Bidan Citra jelaskan tentang makanan tradisional ini. Sebetulnya ibu hamil tidak ada makanan pantangan termasuk oncom. Justru oncom ini memiliki manfaat untuk tubuh.
Proses fermentasi yang digunakan dalam pembuatan oncom, dapat mengurai struktur kimia di dalamnya menjadi senyawa yang lebih sederhana sehingga mudah diserap dan dimanfaatkan tubuh.

Untuk itu oncom bisa menjadi salah satu sumber gizi yang baik bagi tubuh. Berikut kandungan nutrisi yang terdapat di dalam oncom yaitu, energi, protein, lemak, karbohodrat, kalsium, natrium, kalium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, serta vitamin C dan air. Karena kandungan nutrisinya yang banyak, oncom pun memiliki banyak manfaat seperti di bawah ini.

Related Posts :

    Manfaat Oncom

    1. Mencegah Perut Kembung
      Kapang yang difermentasi menghasilkan enzim alpha galaktosidase yang menguraikan rafinosa dan stakhiosa. Dimana proses ini yang membuatnya tidak menimbulkan terjadinya gas di perut yang membuat perut menjadi kembung.
    2. Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker
      Senyawa yang dihasilkan dari proses pembuatan oncom dapat menekan produksi racun aflatoksin. Racun aflatoksin sendiri adalah salah satu racun yang dihasilkan oleh jamur yang menyebabkan bertumbuhnya sel kanker.
    3. Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi
      Zat fosfor yang terdapat di dalam oncom juga baik untuk pertumbuhan tulang serta gigi.

    Manfaat Oncom untuk Ibu Hamil

    1. Sumber Energi
      Kandungan protein dan karbohidratyang terdapat di dalam oncom, menjadikan sumber energi bagi tubuh ibu hamil. Jika tubuh ibu kekurangan energi, maka akan mudah lelah dan lemas yang pastinya sangat tidak nyaman. Selain sebagai sumber energi, zat proteinnya juga berguna untuk pertumbuhan janin.
    2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
      Kandungan vitamin A yang terdapat di dalam oncom berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dengan ini maka moms tidak mudah terserang penyakit yang mungkin akan membahayakan mom serta janin.

    Ibu Hamil Jangan Mengonsumsi Oncom Berlebihan

    Walaupun oncom banyak manfaat bagi ibu hamil, namun oncom juga bisa menimbulkan perkara kesehatan. Hal ini terjadi karena proses pembuatan oncom memakai sistem fermentasi yang memerlukan mikroba. Proses fermentasi tersebut bila tidak dilakukan dengan baik bisa menimbulkan reaksi yang membahayakan kesehatan ibu hamil seperti diare dan dehidrasi.
    Oleh karena itu, ibu hamil hendaknya tidak berlebihan dalam mengkonsumsi oncom karena apapun makanan yang sehat tapi kalau dimakan dalam jumlah yang berlebihan akan menimbulkan imbas kurang baik bagi kesehatan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 19, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Penggunaan test pack

  • Oleh : Julia Sarah
  • 10 bulan yang lalu

    Apa penggunaan testpack jika posisi miring dan melebihi batas maximal bisa tidak akurat?

    Sakit di daerah perut kiri bawah

  • Oleh : Febri Putri
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat pagi Bu bidan , beberapa waktu lalu aku merasakan sakit perut dibawah sblh kiri Sampek kekaki dan beberapa hari ini sakitnya kumat lagi dan keputihan berwarna kuning , tolong di jawab yaa dok ??

    cesar

  • Oleh : Tania
  • 1 tahun, 12 bulan yang lalu

    maaf sebelumnya. saya mau tanya.
    istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
    apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
    terimakasih

    Faktor yang berpengaruh agar memiliki bayi kembar

  • Oleh : Siska zumrotul fauziah
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya apa saja faktor yang dapat berpengaruh agar memiliki bayi kembar pada keluarga yang tidak mempunyai riwayat anak kembar. Mohon penjelasannya

    hamil tapi masih perawan

  • Oleh : NIATMAWATI MENDROFA
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    maaf mau tanya..saya dan suami nikah sudah 7 bulan…dan saya alhamdulillah sudah hamil 5 bulan…masalahnya hymen saya masih utuh (intact) sampai sekarang,dokter menyarankan untuk operasi pembukaan hymen tapi saya takut…apakah apabila tidak dioperasi, hymen saya bisa sobek dengan sendirinya ataukah malah akan menutupi/mengganggu proses kelahiran anak saya nanti?

    Tanya Bidan