×

Ibu Hamil Sering Digigit Nyamuk? Ini Lho Alasannya!

Bagikan Artikel :

Ibu Hamil Sering Digigit Nyamuk? Ini Lho Alasannya!

Sebel yah, lihat suami tidur nyenyak-nyenyak saja tanpa di gigit nyamuk. Sedangkan Anda yang sedang hamil berharap bisa tidur nyenyak tapi malah diganggu nyamuk. Tenang ya, karena ibu hamil yang lain juga merasakan hal yang sama lho. Pasti bingung dong apa penyebabnya? Nah kali ini Bidan Citra bakalan share penyebab ibu hamil lebih disukai oleh nyamuk.

Faktor Penyebab Digigit Nyamuk Saat Hamil

Saat hamil, anda mungkin heran mengapa sering ada nyamuk yang mengelilingi anda.
Hal ini karena suhu ibu hamil meningkat sehingga terasa lebih hangat, dan nyamuk menyukailnya. Selain itu menurut seorang entomolog medis Amerika, Joseph Conlon, nyamuk lebih senang dengan ibu hamil karena mereka lebih banyak memproduksi karbondioksida saat bernapas.
Nyamuk sangat tertarik sekali dengan karbondioksida. Itulah mengapa mereka senang hinggap dan menggigigit ibu hamil.
Ibu hamil memang akan lebih banyak memproduksi karbondioksida saat bernapas.
Hal ini disebabkan karena adanya kenaikan berat badan yang membuat napasnya semakin berat.
Selain itu, selama hamil perempuan juga mengalami peningkatan suhu tubuh.
Dengan begitu, mereka akan lebih banyak memproduksi zat volatile.
Nyamuk sangat sangat mudah sekali mencium adanya bau keringat atau yang lainnya, meskipun dalam jarak 100 meter.
Banyaknya zat volatile di permukaan kulit mama tentunya akan membuat nyamuk mudah sekali mendeteksi keberadaan Mama.

Related Posts :

    Tips Agar Ibu Hamil Tidak Digigit Nyamuk

    1. Pilih warna pakaian yang tepat
      Nyamuk senang sekali mendekati orang yang menggunakan pakaian berwarna gelap. Untuk itu, sebaiknya anda hindari menggunakan baju yang berwarna gelap.
      Pakaian yang gelap biasanya akan menyerap panas dan membuat kita semakin gerah dan berkeringat.
      Dengan begitu, nyamuk bisa lebih cepat mendeteksi keberadaan anda. Anda bisa gunakan pakaian berwarna putih, krem, atau warna lembut yang lainnya.
    2. Hindari pakaian yang terlalu ketat
      Menggunakan baju dan celana yang panjang dan longgar tentu bisa menghindari anda digigit nyamuk saat hamil. Pakaian yang panjang akan melindung kulit anda dari gigitan nyamuk.
      Sedangkan, pakaian yang longgar bisa menghindari anda lebih mudah berkeringat.
    3. Gunakan kelambu
      Bagi anda mungkin hal ini agak sedikit terkesan kuno. Namun, kelambu merupakan alat yang sangat aman dan nyaman digunakan untuk penangkal nyamuk sejak zaman dahulu.
      Selain tidak mengandung bahan kimia, kelambu juga bisa menghindari anda dari keracunan atau alergi obat dan lotion anti nyamuk.
    4. Jaga kebersihan badanPixabay/DanielReche
      Keringat yang beraroma tidak sedap tentu menandakan adanya bakteri pada permukaan kulit kita. Nyamuk sangat suka sekali dengan bau keringat. Nah, untuk itu anda perlu sekali untuk menjaga kebersihan badan agar terhindar dari bakteri. Jangan lupa untuk mandi yang bersih dan juga teratur dengan sabun antibakteri.
    5. Jaga kebersihan lingkungan
      Selain kebersihan badan, Anda juga wajib menjaga kebersihan lingkungan seperti membuang sampah yang sudah penuh di dalam rumah, hindari baju yang menggantung, menguras air dan yang lainnya.
    6. Obat dan lotion anti nyamuk
      Cara terakhir agar terhindar dari nyamuk yaitu dengan menggunakan obat atau lotion anti nyamuk. Namun, kedua hal tersebut tentu mengandung zat kimia yang bisa membahayakan kesehatan anda dan janin.
      Agar tetap aman dan terhindar dari gigitan nyamuk, anda mungkin bisa menggunakan bahan alami seperti lavender, minyak sereh, minyak kayu putih, peppermint, atau yang lainnya.
      Nah, itu dia tips agar Mama tidak digigit nyamuk saat hamil. Saat terkena gigitan nyamuk, sebaiknya hindari menggaruknya terlalu keras.
      Hal ini bisa membuat Mama terluka, infeksi, atau meninggalkan strechmark.
      Sebaiknya, bersihkanlah kulit bekas gigitan nyamuk dan gunakan es batu, minyak, atau krim yang bisa mengurangi rasa gatal

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 22, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Asi

  • Oleh : Santana jaya
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    Darah keluar

  • Oleh : Fajar Fajar
  • 5 bulan yang lalu

    Assalamualaikum kak,
    Saya mau tnya istri sya kluar bercak darah pda selang waktu 1hari setelah berhubungan, apakah itu tnda kehamilan?

  • Oleh : Fajar Fajar
  • Bisakah Setelah Melakukan Kuret Hamil Lagi ?

  • Oleh : Nenk Marsya
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Bu bidan, kakak saya kemarin habis kuret padahal dikehamilannya yang pertama dia melahirkan secara normal dan sekarang baru hamil muda sudah keguguran. Tapi anehnya kakak saya gak kapok bu dan katanya ingin cepat hamil lagi, tapi yang pernah saya denger katanya orang yang sudah melakukan kuret itu susah hamil itu benar gak ya bu bidan ? Terima kasih.

  • Oleh : Nenk Marsya
  • kesehatan

  • Oleh : arif sumirat
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    apakah efek negatif onani setiap hari? mohon jawaban nya bidan

    Masalah bayi

  • Oleh : Anisaapriyanti
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Buk bidan kenapa ea bayi saya klo tidur bunyi nya gro grok usianya 4blan

    Tanya Bidan