×

Ibu Hamil Sering Pingsan – Penyebab dan Cara Mengatasi

Bagikan Artikel :

CurhatBidan – Melelahkan dan berat, tidak salah lagi apabila ibu hamil lebih sering naik pitam atau mudah marah. Kondisinya yang sakit sakitan membuat tekanan emosionalnya tidak bisa terkontrol dengan baik, susah untuk tenang, mudah panik, dan mudah terbawa kondisi dan suasana.

Bahkan ibu hamil yang mempunyai riwayat kesehatan yang kurang baik beresiko panjang pada dirinya dan janin yang ada di dalam kandungan. Seperti keadaan ibu hamil yang sering pingsan hal ini tentu tidaklah baik. Untuk itu sangat dianjurkan untuk memkanan makanan yang sehat dan bergizi. Fungsinya yaitu untuk mengantisipasi kekadaan terburuk datang padanya.

Penyebab Ibu Hamil Sering Mengalami Pingsan

Penyebab ibu hamil sering pingsan dapat terjadi karena ada kelainan medis, ada beberapa penyebab mengapa ibu hamil sering mengalami pingsan, diantaranya sebagai berikut :

  1. Anemia Berat
    Faktor utama ibu hamil sering mengalami pingsan yaitu karena masalah anemia atau kekurangan darah. Hal ini disebabkan karena produksi dari sumsum tulang belakang dalam pembentukan eroitrosis dianggap kurang. Apa resiko yang akan terjadi jika ibu hamil pingsan karena anemia? Resiko yang akan terjadi yaitu keguguran, pendarahan hebat yang memiliki resiko yang fatal / meninggal. Semakin rendah kadar hemoglobin yang ada di dalam tubuh, maka semakin sedikit pula pasokan oksigen yang masuk ke dalam otak.
  2. Minimnya Pasokan Oksigen Ke Otak
    Oksigan dalam tubuh akan dialirkan ke dalam otak. Bisa dikatakan bahwa otak menggunakan oksigen yang kita hirup sehari-hari. Dengan aktivitas ini, maka kita dapat menjalankan kegiatan seperti biasanya. Akan tetapi, jika otak kekurangan oksigen maka otak tidak bisa menjalankan fungsinya. Semuanya akan menjadi lambat dan itulah yang menyebabkan anda black out. Kondisi ini akan kembali jika segera mendapatkan asupan oksigen yang cukup.
  3. Perubahan Hormonal
    Pada saat hamil, maka banyak yang akan terjadi pada tubuh anda. Salah satunya adalah perubahan hormonal yang menjadi banyak alasan perubahan mendasar pada tubuh. Keluhan sering mengalami pusing dan pingsan sudah menjadi hal biasa, apabila alasannya adalah keadaan hormonal.

  4. Pelebaran Pembuluh Darah
    Pada kondisi sedang hamil, pembuluh darah akan ikut melebar. Hal ini disebabkan karena bayi yang ibu hamil kandung memerlukan asupan darah yang banyak. Untuk itu tidak salah apabila volume darah yang diperlukan semakin banyak. Kondisi ini akan menyebabkan tekanan darah menjadi rendah. Semakin rendah tekanan darah, maka semakin tinggi resiko ibu hamil jatuh dan pingsan.
  5. Perubahan Sistem Kardiovaskuler
    Keadaan sedang hamil akan memaksa kardiovaskuler bekerja lebih dari biasanya. Detak jantung dalam memompa darah per menit serta jumlah darah yang harus dikeluarkan mengalami peningkatan dari 40% – 45%. Pada awal kehamilan, tekanan darah akan mulai berkurang sampai pada titik paling rendah taraf  kehamilan. Tetapi setelah masa kehamilan semakin lama, maka tingkatan kehamilan akan dimulai naik pada tingkat reguler. Apabila saraf tidak dapat menerima keadaan ini maka akan membuat tubuh menjad pusing, dan lama kelamaan keadaan ini akan membuat ibi hamil pingsan.

Cara Mengatasi Ibu Hamil Sering Pingsan

Ada beberapa cara untuk mengatasi dan mencegah terjadinya ping cara untuk mengatasi ibu hamil tidak mudah pingsan yaitu dengan membantu menambah pasokan jumlah darah. Karena penyebab utama ibu hamil sering pingsan adalah kekurangan pasokan oksigen di dalam tubuh. Oksigen ini merupakan zat yang di bawa langsung oleh sel darah merah atau ertitrosit. Jika sel darah merah tinggi, maka keberadaan oksigen juga banyak. Lalu bagaimana caranya untuk meningkatkan jumlah oksigen? Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan, diantaranya :

Related Posts :
    • Makan Makanan yang Mengandung Zat Besi, zat besi merupakan bahan dasar utama dalam pembuatan sel darah merah atau eritrosit. Untuk itulah penderita anemia dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Seperti bayam, daun pepaya dll.
    • Makanan yang Mengandung Asid Folik / Zat Asam Folat, selainzat besi tubuh juga membutuhkan asam folat. Asam folat diperlukan untuk memperbaiki sel dan berguna sebagai makanan otak. Bunda dapat menemukan asam folat pada ikan dan susu.
    • Makanan yang Mengandung Vitamin C, dapat membantu tubuh semakin sehat. Khasiatnya membuat sistem pertahanan tubuh atau imunnitas semakin meningkatkan. Vitamin C juga dapat membantu penyerapab zat besi dari bahan makanan yang dikonsumsi.
    • Melakukan Olah Tubuh, dalam membantu melancarkan sirkulasi peredaran darah, maka harus di lakukan olah tubuh. Misalnya anda bisa rutin menjalankan olahraga khusus untuk ibu hamil.
    • Jangan berada pada keramaian, terkadang saat keadaan hiruk pikuk keramaian membuat anda susah bernapas. Untuk itu tetaplah berada pada suasanan yang sedang sedang saja. Padat orang membuat anda kesulitan bernapas, karena harus berbagi oksigen.
    • Cukup cairan, cairan yang ada di dalam tubuh Bunda bukan hanya diri Bunda yang menggunakan. Namun juga bayi yang ada dalam kandungan. Untuk itu konsumsi banyak cairan. Apalagi yang mengandung elektrolit. Zat ini bisa mengganggu beberapa fungsi dari vitamin yang belum dapat anda konsumsi sehari hari.

    Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi ibu hamil yang sering mengalami pingsan. Konsumsilah makanan dengan teratur, dan menjaga aktivitas supaya tidak membayakan keadaan ibu hamil dan janin yang dikandung.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 28, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    masa subur

  • Oleh : Nila nila
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Saya dapat menstruasi tanggal 23 agustus. Tanggal berapakah masa paling subur saya dan makanan apa yg harus saya konsumsi selama masa subur? Terimakasih

    Haid sedikit

  • Oleh : Ndah Jumaidah
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok saya sudah menikah 7bulan, haid saya selalu teratur siklusnya 22-24 hari, saya terakhir haid tanggal 15 maret dengan volume yang seperty biasanya 6 hari,
    Tapi pas harusnya tanggal 5 april saya haid itu tidak haid hanya kram perut ajah, dan selama semnggu itu saya selalu keputihan encer bening tidak gatal dan tidak berbau, tanggal 12 apr saya kluar darah bercak2 sja hanya 2 jam saya pikir haid tapi kok tidak sebnyak yg biasanya saya tespek negatf .saya periksa ke dokter spog katanya bukan penyakit, trs masuk ke bulan mei saya slalu kputihan encer bening dan tgl 6 mei sya harusnya sy haid cuman kluar bercak kuning, tgl 7 kliar bercak coklat tp sedikit tdk pakai pembalut
    Smpai tgl 8 saya kputihan encer lagi
    Apa itu normal dok .saya tspek ngatf trs

    tumbuh gigi saat lahir

  • Oleh : Jasmine Putri Mustofah
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Anak saya lahir sdh memilki dua gigi bawah, dan pada saat usia 5 bulan gigi nya patah dan sampai sekarang usia anak saya 11 bulan sisa gigi itu masih ada. Pertanyaan saya tidak masalah kah sisa gigi tersebut dan apakah dengan sendiriny gigi tersebut bisa tanggal sendiri.

    siklus haid

  • Oleh : liya
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    bu bidan, yang ingin aku tanyakan adalah ketika pms sudah datang namun haid tidak kunjung tiba, apakah itu tidak apa2 ? semenjak menikah, siklus haid saya jadi kacau padahal sebelum menikah siklus haid saya 30 hari

    Telat haid keluar darah

  • Oleh : Lia Lia
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok kan saya telat haid 5bulan ko saya keluar darah ya sedikit knpa ya dok

  • Oleh : Lia Lia
  • Tanya Bidan