×

Ibu Hamil Wajib Mengetahui Penyebab Janin Tidak Tumbuh Normal

Bagikan Artikel :

Tanya Bidan – Banyak kekhawatiran selama hamil dan salah satunya adalah ketakutan akan janin tidak tumbuh dengan normal. Ada beberapa diantaranya penyebab yang perlu bunda ketahui akan penyebab adanya kondisi seperti ini. Tidak hanya itu saja bunda juga perlu melakukan beberapa tindakan mengenai cara agar bisa menjaga sikecil tetap sehat ketika lahir nanti.

Ukuran seorang janin sendiri tidak seluruhnya menunjukan akan kesehatan janin itu sendiri. Janin dalam kandungan bisa saja berukuran kecil yang dikarenakan memang faktor genetik. Dan faktor dari orang tua inilah yang sangat berpengaruh pada bentuk anak sejak dalam kandungan ibunya. Sebagai contoh wanita yang berpostur kecil, hal ini tentunya akan memberikan peluang untuk memiliki janin yang kecil pula. Maka sebaiknya bunda melihat dari faktor lain seperti dari gerakan janin untuk melihat dan memastikan apakah pertumbuhannya normal atau tidak.

Related Posts :

    Penyebab Janin Tidak Tumbuh Normal

    Adapun penyebab lainnya yang kemungkinan terjadi adalah aliran darah keplasenta yang tidak lancar yang pada akhirnya tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Adanya masalah mengenai aliran darah ke plasenta juga bisa dikarenakan dengan preeklamsia dan infeksi. Tidak hanya itu kekurangan gizi pada ibu dan juga kebiasaan merokok saat hamil bisa menyebabkan masalah pada pertumbuhan janin dalam kandungan. Bagi ibu hamil yang memang sedang mengandung anak kembar tidak usah merasa khawatir akan janin yang tidak tumbuh dengan normal atau ukurannya lebih kecil karena hal ini memang terjadi pada kehamilan kembar.

    Baca Juga : Kebiasaan Makan yang Baik Ibu Hamil Agar Persalinan Lancar

    Lantas apa yang akan terjadi bila janin tidak tumbuh dengan normal ? Bunda perlu mengetahuinya bahwa kemungkinan hal ini akan menimbulkan resiko lahir dengan berat badan rendah . Pertumbuhan janin yang tidak normal juga menunjukan mengenai bagaimana bayi ini akan kesusahan mengatur suhu, mengatur kadar glukosa dan juga melawan infeksi.

    Oleh karena itu penting bagi bunda untuk mengetahui kesehatan janin secara keseluruhan seperti dari detak jantungnya serta dari gerakan janin. WHO sendiri sudah merekomendasikan untuk dilakukannya pemeriksaan kandungan sebanyak delapan kali selama kehamilan. Terutama pemeriksaan yang perlu lebih banyak dilakukan ketika usia kehamilan di trisemester ketiga.

    Bunda dirumah juga bisa mendetaksi akan janin yang tidak tumbuh normal dari gerakan janin dalam kandungan. Biasanya gerakan janin yang normal akan terjadi sebanyak 10 kali dalam kurun waktu dua jam. Dan bila semakin besar ukuran janin, maka tentunya gerakan ini juga akan semakin banyak dan terasa. Jika telah mengetahui adanya masalah pertumbuhan pada janin dalam kandungan. Sebaiknya bunda perlu untuk menyiapkan untuk membantu tumbuh kembangnya seperti dengan menyiapkan ASI supaya nanti bayi bisa sukses mendapatkan ASI ekslusif dari ibunya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 28, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Sakit punggung saat hamil apakah normal?

  • Oleh : Gek Anik
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi ibu bidan, saya Widiyono ingin bertanya apakah sakit punggung saat hamil itu normal? Atau jangan-jangan ada masalah lain yang terjadi pada istri saya? Mohon dijawab ya bu, saya tunggu. Terima kasih sebelumnya

    Pil Kontrasepsi

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 9 bulan, 3 minggu yang lalu

    Saya mau tanya kemarin saya melakukan hubungan dengan suami saya tetapi kami berencana menunda momongan. yang jadi masalah tadi siang suami saya tidak sengaja mengeluarkan sperma setetes divagina(saya tidak terasa). lalu saya langsung minum pil KB ? apa pil KB bisa menunda kehamilan? atau pil kontrasepsi darurat jauh lebih manjur dan minum pil kb setelah berhubungan justru tidak berpengaruh dan kemungkinan kehamilan masih ada?
    mohon penjelassannnya

    Apakah keguguran dua kali bisa mengalami keguguran yang ketiga kali?

  • Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan , saya mau bertanya apabila sudah mengalami keguguran dua kali dan ingin hamil lagi apa saya akan mengalami keguguran seperti sebelumnya ?

  • Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
  • Benarkah Mengkonsumsi Terong Berpengaruh Pada Penis ?

  • Oleh : Riza
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Bu Bidan, saya Hendra Hermawan saya tadi selesai baca artikel tentang kesuburan pria dan disana katanya kalau sering makan terong bakal bikin penis kita jadi lemas itu gimana bu bidan ?

  • Oleh : Riza
  • hamil tapi masih perawan

  • Oleh : NIATMAWATI MENDROFA
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    maaf mau tanya..saya dan suami nikah sudah 7 bulan…dan saya alhamdulillah sudah hamil 5 bulan…masalahnya hymen saya masih utuh (intact) sampai sekarang,dokter menyarankan untuk operasi pembukaan hymen tapi saya takut…apakah apabila tidak dioperasi, hymen saya bisa sobek dengan sendirinya ataukah malah akan menutupi/mengganggu proses kelahiran anak saya nanti?

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan