×

Ibu Hamil Waspada Virus Corona Ya!

Bagikan Artikel :

Ibu Hamil Waspada Virus Corona Ya!

Siapa sih yang gak tau dengan virus corono yang berasal dari Cina. Virus ini terkenal mematikan dan ditakuti oleh semua masyarakat. Kabarnya virus corono ini sudah menyebar ke berbagai Negara. Penyakit yang terjadi karena virus ini masih terus menelan korban jiwa, sementara vaksin untuk penanggulangannya masih terus dikembangkan. Virus corona menular dengan mudah melalui udara dan kontak fisik dengan orang yang sudah terkontaminasi. Lantas, bagaimana dengan ibu hamil? Apakah dampaknya untuk janin yang berkembang di dalam rahim?

Sudah pasti, imunitas tubuh ibu hamil yang terbilang lemah membuat ibu hamil sangat rentan terserang penyakit, terlebih yang terjadi karena virus. Kabar terbaru menyatakan bahwa ibu hamil yang positif terinfeksi virus corona dan melahirkan sang buah hati di Wuhan menurunkan virus ini pada sang bayi. Sekitar 30 jam setelah dilahirkan, bayi tersebut dinyatakan positif terinfeksi virus corona dan menjadi pengidap yang paling muda.

Dampak Infeksi Coronavirus bagi Janin

Infeksi virus memberikan dampak negatif pada pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan, salah satunya adalah kemungkinan bayi dilahirkan sebelum waktunya atau prematur. Centers for Diseases Control and Prevention menyatakan, virus corona memiliki kemiripan dengan jenis virus corona yang mengakibatkan penyakit SARS dan MERS. Wabah penyakit SARS menyeruak di tahun 2002, sementara MERS pada tahun 2013.

Kedua jenis penyakit ini mengakibatkan dampak yang terbilang serius, termasuk pada ibu hamil. Studi yang dilakukan oleh Corwin berjudul SARS and Pregnancy: A Case Report menyatakan bahwa wabah penyakit SARS yang muncul pada tahun 2002 menjadi penyebab utama tingginya angka keguguran, bahkan kematian pada ibu hamil di tahun 2004 . Ternyata, hal yang sama pun terjadi untuk kasus penyakit MERS di tahun 2013 lalu.

Related Posts :

    Namun, Stephen Morse, ahli epidemiologi di Mailman School of Public Health Columbia University menyatakan, penularan virus corona di dalam kandungan dari ibu ke janin seharusnya tidak mungkin terjadi. Stephen berpendapat penularan lebih mungkin terjadi dari lingkungan rumah sakit dengan cara yang sama yang terjadi pada petugas kesehatan Wuhan yang terinfeksi karena penularan dari pengidap yang mereka tangani.

    Artinya, lebih mungkin bayi tertular dengan menghirup atau terkontaminasi virus dari batuk sang ibu. Namun, masih dibutuhkan banyak studi lanjut tentang keterkaitan antara coronavirus dengan kehamilan. Berdasarkan laporan dari pemerintahan setempat, hingga Januari lalu, tidak ditemukan kasus penularan infeksi virus corona pada anak usia di bawah 15 tahun.
    Studi terbaru dari Qun Li berjudul Early Transmission Dynamics in Wuhan, China, of Novel Coronavirus-Infected Pneumonia menyatakan, anak-anak memiliki lebih kecil kemungkinannya untuk terinfeksi dan menunjukkan gejala yang lebih ringan dibandingkan dengan infeksi yang terjadi pada orang dewasa.

    Pencegahan Virus Coronoa Pada Ibu Hamil

    Tentu saja, ibu hamil harus melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin agar deteksi dini adanya infeksi bisa cepat teridentifikasi. Jika ibu mengalami gejala yang mirip dengan flu ketika hamil, segera buat janji dengan dokter kandungan di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan. Sebisa mungkin, hindari kontak langsung dengan orang-orang yang sakit, terlebih mereka yang sakit flu. Hindari berada di rumah sakit dalam waktu lama, selalu gunakan masker jika harus beraktivitas ke luar rumah, dan hindari berinteraksi langsung dengan hewan. Jauhi tempat-tempat yang padat dan ramai, serta jangan lupa untuk selalu cuci tangan setelah beraktivitas, setelah menggunakan toilet, dan sebelum makan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 11, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Ingin Segera Memiliki Keturunan

  • Oleh : Gek Anik
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Siang bu bidan.

    2 bulan lagi rencananya saya akan melangsungkan pernikahan dan saya beserta calon suami memilki keinginan untuk tidak menunda memiliki momongan. Yang saya mau tanyakan pada waktu kapankan masa subur ini terjadi? Dan kapan waktu yang pas untuk melakukan hubungan agar segera mendapatkan momongan ketika kelak kami menikah?

  • Oleh : Gek Anik
  • Keputihan

  • Oleh : Fitria Kaerunisa
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat malam dok saya ingin bertanya, sebelumnya saya belum pernah berhubungan dan menikag sudah 1 minggu keputihan saya tidak berhenti. Keputihan saya berwarna putih susu, kadang bergumpal kadang tidak, mengeluarkan bau, dan kadang ada cairan putih keluar gitu dok kira-kira kenapa ya dok

    Reproduksi

  • Oleh : Claudia harapankita
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat sore.Dok kalau bulan ini melakukan hubungan lalu haid dan bulan depan tidak melakukan hubungan sama sekali apakah bisa hamil?

    Kehamilan

  • Oleh : Eka Eka pangestu
  • 3 bulan, 3 minggu yang lalu

    Halo dok ,Maaf saya mau tanya , Saya berhubungan pas masa subur , nah pas 6 hari setelah behubungan itu , saya coba testpack hasilnya positif samar , sengaja gak saya test lagi nungguin sampai tgl haid .. Tapi pas 2 setelah hasil positif samar itu saya ngrasain kram perut yg gak kek biasanya saya mau haid dok , punggung bagian bawah sakit , itu terus sampe tgl haid telat 2 hari baru keluar darah , darahnya agak merah , hari pertama biasanya saya haid itu ga banyak tp ini hari pertama udah banyak ,pas hari ke 2-3 keluar gumpalan dok , dan masih keluar banyak sampe hari ke 6 . Itu saya keguguran dini apa gimana ya dok ?? Terima kasih ..
    Harap kasih dijawab ya dok 🙂

  • Oleh : Eka Eka pangestu
  • Mencret dan perut kembung

  • Oleh : Ratu
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat malam bu bidan,
    Bu saya mempunyai balita perempuan dan sekarang ini sudah berumur 6 bulan. Sudah 4 hari ini BAB bayi saya hanya mengeluarkan air dan 2jam sekali bayi saya BAB bu, perutnya juga kembung dan saya raba perut bayi saya hangat bu,, mohon petunjuknya bu, apa yg harus saya lakukan bu, sudah 4 hai ini bayi saya opname di RSU SEMBIRING DELITUA MEDAN BU.

    Tanya Bidan