×

Ibu Hamil Yang Divaksin Covid-19 Akan Memberikan Antibodi Pada Janin

Bagikan Artikel :

Ibu Hamil Yang Divaksin Covid-19 Akan Memberikan Antibodi Pada Janin

Beberapa bulan lalu ibu hamil memang belum diperkenankan untuk dilakukan vaksinasi covid-19 karena masih dalam tahap uji coba. Namun saat ini Sekjen Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), dr Budi Wiweko, SpOG(K)-FER, MPH, ibu hamil boleh dilakukan vaksin covid19, bahkan antibodi tersebut akan disalurkan kepada janin melalui plasenta.

“Antibodi yang dihasilkan oleh ibu, itu bisa ditransmisikan kepada janin melalui plasenta, terutama immunoglobulin G, sehingga diharapkan vaksin itu bukan hanya memberikan perlindungan pada ibu, tetapi juga janinnya,” ucap dr Budi dalam konferensi pers, Jumat (2/7/2021).

Related Posts :

    Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) merekomendasikan kepada pemerintah agar mulai memperluas sasaran vaksinasi Covid-19 kepada ibu hamil. Pasalnya, ibu hamil termasuk kelompok yang rentan terpapar virus Covid- 19.

    Waktu Yang Tepat Ibu Hamil Dilakukan Vaksin Covid19

    POGI merekomendasikan ibu hamil untuk divaksinasi COVID-19 paling lambat pada usia kehamilan 33 minggu, sehingga bisa memberikan efek perlindungan terhadap janinnya. Selain itu kami juga sebaiknya vaksin itu diberrikan pada ibu hamil di atas 13 minggu untuk menghindari risiko terhadap organogenesis, pembentukan organ janin, walaupun di Amerika dan studi hewan itu aman.

    Vaksin Covid19 Aman Untuk Ibu Hamil

    Saat ini penelitian dasar yang dilakukan di Amerika kepada ibu hamil hanya menunjukkan bahwa pemberian vaksin Covid-19 baik yang berasal dari material inactivated virus (virus yang sudah dimatikan) maupun yang berfungsi sebagai viral vector tidak berisiko dan aman baik untuk ibu maupun janin hingga setelah dilahirkan.

    Prof Iko menyampaikan bahwa beberapa dasar yang menyebutkan vaksinasi Covid-19 layak diberikan pada ibu hamil berkaca dari penelitian tes vaksin Covid-19 pada hewan yaitu kelinci dan tikus yang hamil diberikan vaksin Covid-19 dan tidak ditemukan masalah baik pada objek penelitian dan juga janinnya.

    Selain itu, berkaca juga pada pemberian vaksin sejenis seperti vaksin influenza dan vaksin TDAP selama ini tidak bermasalah untuk diberikan pada Ibu hamil.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 3, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Mister p

  • Oleh : Arifin Arifin
  • 2 bulan, 3 minggu yang lalu

    Bu bidan saya mw tanya kenapa ya bagian bawah penis saya sakit ketika ereksi rasa nya ngilu dan nyeri seperti ada yg ke tarik sampai² dia bengkok seperti ada yg ketarik d dalam

  • Oleh : Arifin Arifin
  • Nyeri saat buang ari kecil

  • Oleh : Iszmy Mukhayarin
  • 3 tahun, 12 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu saya mau bertanya akhir-akhir ini saya sering mengalami sakit saat buang air kecil seperti tersendat-sendat kira2 itu penyakit apa ya bu? mohon penjelasannya trims

    Kehamilan

  • Oleh : Novia Vidiyana
  • 2 tahun yang lalu

    Sya terakir haid tgl 28 juni 2019 , dan skrang saya mengalami tanda” , mual” , perut kram , payudara sakit apakah bisa di katakan sya hamil… tpi tgl menstruasi blum tiba …

    Jeli gamat

  • Oleh : Tohirin Aja
  • 10 bulan, 3 minggu yang lalu

    Selamt siang . Maaf mau tanya . Jeli gamat bisakah menyembuhkan inpotensi dan ejakulasi dini. Akibat dlu sering matrubasi. Trima kasih

  • Oleh : Tohirin Aja
  • Payudara

  • Oleh : wiwid widia
  • 11 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assalamualaikum dok. usia saya 26 thn. saya belum menikah. saya memiliki payudara yg rata. saya mau bertanya, apa berarti saya mengalami hipolasia payudara?apakah berbahaya? apa bisa menghasilkan asi? apa harus dikonsultasikan ke bidan? dan brp bnyak wanita yg mengalami hipolasia seperti saya? karena jujur saya merasa takut, malu dan minder. Terimakasih sebelumnya. Saya harap pertanyaan saya bisa langsung dijawab.

  • Oleh : wiwid widia
  • Tanya Bidan