×

Ibu Hamil Yang Mengandung Janin Laki-laki Tidak Boleh mengonsumsi Susu kedelai

Bagikan Artikel :

Ibu Hamil Yang Mengandung Janin Laki-laki Tidak Boleh mengonsumsi Susu kedelai

Susu kedelai adalah susu yang terbuat dari kacang kederlai yang banyak mengandung protein dan asam folat. Susu kedelai ini menjadi kotroversial apabila dikonsumsi oleh ibu hamil atau terkhusus jika hamil anak laki-laki.

Amankah Ibu Hamil Yang Mengandung Janin Laki-laki Minum Susu Kedelai?

Ibu hamil baik itu yang mengandung janin laki-laki atau perempuan boleh minum susu kedelai, selama ibu memang tidak memiliki alergi apapun terhadap kedelai. Bahkan susu kedelai menjadi alternative ibu hamil untuk diminum apabila ibu tidak tahan terhadap laktosa yang terdapat dalam susu sapi.

Hal ini tentu kembali kepada kondisi masing-masing ibu hamil. Bila saat mengonsumsi susu kedelai timbul reaksi alergi seperti hidung berair, radang saluran pencernaan, hingga berubahnya tekanan darah secara drastis, maka kurangi atau hentikan konsumsinya segera, dan berkonsultasilah dengan dokter.

Related Posts :

    Meski ibu hamil boleh minum susu kedelai, ibu sebaiknya tidak mengonsumsi susu kedelai secara berlebihan karena konsumsi makanan berbahan dasar kedelai secara berlebihan dapat memicu gangguan tiroid.

    Gejala lain yang mungkin ditimbulkan saat mengonsumsi makanan atau minuman berbahan kedelai secara berlebihan adalah timbulnya masalah kulit, asma, pendarahan, konstipasi, tubuh membengkak, diare, kerusakan pankreas, sakit kepala, insomnia, dan lain sebagainya. Jadi jika ibu sempat mengalami pendarahan selama masa kehamilan, maka hentikan asupan susu kedelai.

    Terlepas dari aman-tidaknya konsumsi susu kedelai bagi ibu yang hamil, ada baiknya ibu memegang sebuah prinsip yang penting, yaitu jangan mengonsumsi makanan atau minuman apapun secara berlebihan saat mengandung. Seperti kita ketahui bersama bahwa segala sesuatu yang kelewat batas memang tidak baik adanya.

    Susu Kedelai Dapat Menyebabkan Janin Laki-laki Kelak Menjadi Infertilitas (Gangguan Kesuburan)

    Susu kedelai memang sering dibicarakan dapat mengganggu kehamilan karena kandungan fitoestrogen di dalamnya. Fitoestrogen ini dapat bekerja serupa dengan hormon estrogen dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan konsumsi susu kedelai saat hamil janin laki-laki dapat menyebabkan kadar testosteron bayi yang dilahirkan menjadi lebih rendah dan lebih sulit menghasilkan keturunan.

    Susu Kedelai Membuat Janin Laki-laki Feminim

    Kacang kedelai memiliki kadar estrogen yang tinggi dan estrogen memang hormon perempuan, tetapi bukan berarti kelebihan estrogen menyebabkan perilaku feminim. Efek yang lebih dikhawatirkan pada kelebihan estrogen pada laki-laki adalah gangguan fungsi reproduksi dan sulit mendapatkan keturunan. Di beberapa negara, seperti Swis, Inggris, Australia, dan Selandia Baru, ibu hamil tidak disarankan mengonsumsi susu kedelai. Secara umum, konsumsi susu kedelai diperbolehkan jika tidak berlebihan dan tidak terjadi reaksi alergi. Konsumsi susu kedelai 1 gelas per hari masih bisa dianggap aman. Namun, sebaiknya Ibu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Ibu untuk memastikan janin dalam keadaan sehat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 3, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan

  • Oleh : indah nian lestari
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat malam bu saya mau tanya , saya slalu keputihan setiap hari , sebenernya yang keluar dr vagina itu keputihannya warna putih pekat tp kelamaan dicelana dalam berubah jd warna kuning tp entah lah sebenernya warna apa saya juga bingung . Dan kemaren vagina sayaa terasa gatal sekali dan akhirnya saya berobat kepuskesmas terdekat dan saya dikasih obat metronidazol dan chlorphenamine maleate . Saya merasa sudah baikan setelah minum obat itu sekali dan karena merasa sudah sembuh saya tidak melanjutkan meminum obat tersebut . Dan hari ini gatal nya kambuh lagi . Sebenernya saya tuh sakit apa ya dok ? Apakah saya terkena kanker servik?

    Keputihan

  • Oleh : Fau Ziyah
  • 8 bulan, 3 minggu yang lalu

    Bu akhir akhir ini saya keluar keputihan putih susu,berbau seperti tempe busuk,dan gatal Bu kira kira apa penyebab nya yah

    Masalah menstruasi

  • Oleh : Chika Chika
  • 4 bulan, 3 minggu yang lalu

    Dok mau tanya kenapa ya saya belom pernah menstruasi sampai sekarang? Padahal umur saya sudah mau 19 tahun

  • Oleh : Chika Chika
  • Alat kelamin

  • Oleh : Hero Putra
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Halo dok saya mau tanya saya sehari bisa buang air kecil 10 kali lebih dan setelah buang air kecil kaya ada yang menetes seperti air kencing tapi agak kental dikit terus setelah saya basuh rasanya kemaluan saya dingin dan ingin buang air kencing lagi bisa sampai 5 kali terus di ujung kemaluan saya mulutnya bengkak dok.dan waktu tidur entah itu malam atau siang keluar caira seperti mani tapi berwarna putih kental waktu keluarnya kemaluan tegang dok.lalu di ujung kemaluan kaya ada airnyaterus ggitu dok..mohon dibantu dok sekian terimakasih. Wasalamuala’ikum WR.WB

    Apakah Ada Cara Untuk Meringankan Rasa Sakit Saat Bersalin?

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Sore bu bidan, alhamdulillah bulan ini menginjak usia kehamilan 9 bulan. Dan ini adalah kehamilan kedua saya. Biasanya saat menuju proses lahiran ada beberapa rasa sakit, apakah ada beberapa tips untuk meringankannya? Saya khawatir, karena kelahiran anak saya yang pertama itu rasa sakitnya parah sekali bu bidan.
    Saya tunggu jawabannya ya, terimakasih 🙂

    Tanya Bidan