×

Ibu Hamil Yang Mengandung Janin Laki-laki Tidak Boleh mengonsumsi Susu kedelai

Bagikan Artikel :

Ibu Hamil Yang Mengandung Janin Laki-laki Tidak Boleh mengonsumsi Susu kedelai

Susu kedelai adalah susu yang terbuat dari kacang kederlai yang banyak mengandung protein dan asam folat. Susu kedelai ini menjadi kotroversial apabila dikonsumsi oleh ibu hamil atau terkhusus jika hamil anak laki-laki.

Amankah Ibu Hamil Yang Mengandung Janin Laki-laki Minum Susu Kedelai?

Ibu hamil baik itu yang mengandung janin laki-laki atau perempuan boleh minum susu kedelai, selama ibu memang tidak memiliki alergi apapun terhadap kedelai. Bahkan susu kedelai menjadi alternative ibu hamil untuk diminum apabila ibu tidak tahan terhadap laktosa yang terdapat dalam susu sapi.

Hal ini tentu kembali kepada kondisi masing-masing ibu hamil. Bila saat mengonsumsi susu kedelai timbul reaksi alergi seperti hidung berair, radang saluran pencernaan, hingga berubahnya tekanan darah secara drastis, maka kurangi atau hentikan konsumsinya segera, dan berkonsultasilah dengan dokter.

Meski ibu hamil boleh minum susu kedelai, ibu sebaiknya tidak mengonsumsi susu kedelai secara berlebihan karena konsumsi makanan berbahan dasar kedelai secara berlebihan dapat memicu gangguan tiroid.

Gejala lain yang mungkin ditimbulkan saat mengonsumsi makanan atau minuman berbahan kedelai secara berlebihan adalah timbulnya masalah kulit, asma, pendarahan, konstipasi, tubuh membengkak, diare, kerusakan pankreas, sakit kepala, insomnia, dan lain sebagainya. Jadi jika ibu sempat mengalami pendarahan selama masa kehamilan, maka hentikan asupan susu kedelai.

Terlepas dari aman-tidaknya konsumsi susu kedelai bagi ibu yang hamil, ada baiknya ibu memegang sebuah prinsip yang penting, yaitu jangan mengonsumsi makanan atau minuman apapun secara berlebihan saat mengandung. Seperti kita ketahui bersama bahwa segala sesuatu yang kelewat batas memang tidak baik adanya.

Susu Kedelai Dapat Menyebabkan Janin Laki-laki Kelak Menjadi Infertilitas (Gangguan Kesuburan)

Susu kedelai memang sering dibicarakan dapat mengganggu kehamilan karena kandungan fitoestrogen di dalamnya. Fitoestrogen ini dapat bekerja serupa dengan hormon estrogen dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan konsumsi susu kedelai saat hamil janin laki-laki dapat menyebabkan kadar testosteron bayi yang dilahirkan menjadi lebih rendah dan lebih sulit menghasilkan keturunan.

Susu Kedelai Membuat Janin Laki-laki Feminim

Kacang kedelai memiliki kadar estrogen yang tinggi dan estrogen memang hormon perempuan, tetapi bukan berarti kelebihan estrogen menyebabkan perilaku feminim. Efek yang lebih dikhawatirkan pada kelebihan estrogen pada laki-laki adalah gangguan fungsi reproduksi dan sulit mendapatkan keturunan. Di beberapa negara, seperti Swis, Inggris, Australia, dan Selandia Baru, ibu hamil tidak disarankan mengonsumsi susu kedelai. Secara umum, konsumsi susu kedelai diperbolehkan jika tidak berlebihan dan tidak terjadi reaksi alergi. Konsumsi susu kedelai 1 gelas per hari masih bisa dianggap aman. Namun, sebaiknya Ibu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Ibu untuk memastikan janin dalam keadaan sehat.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 3, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Mens berkepanjangan

  • Oleh : Wiwin Anand
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Mf bu saya sudah menikah 4 thn tapi blum dpat keturunan.. saya klo mens berhentinya lama hampir sebulan kadang sebulan lebih.. mens kaya gini udah 7 tahunan

    Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar?

  • Oleh : KaiSsyakurria Beih Tayyeh
  • 4 tahun yang lalu

    Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar? Masalahnya usia kandunganku kini sudah 9 bulan tapi bayinya belum turun juga, tolong solusinya ya ibu bidan? terima kasih.

  • Oleh : KaiSsyakurria Beih Tayyeh
  • Susah Ereksi

  • Oleh : Muhammad Risku
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok saya berumur 21 thn knapa y, beberapa hari ini penis syg susah bangat untuk ereksinya dok,,

    Tolong Jawaban nya segara dok,,saya sngat cemas dngan keaadaan sy yg skarang ini dok

    Nyeri Sendi kaku dan bengkak saat hamil

  • Oleh : Aryanto Id
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    siang dok, tante saya sedang hamil 5 bulan. tapi dia mengeluh karena akhir-akhir ini dia sering sakit sendi dan kaku malah kemarin terjadi bengkak dok, kira-kira tante saya kenapa yah? apakah itu penyakit rematik? bagaimana solusinya ?

    Merencanakan program hamil dengan siklus menstruasi tidak teratur

  • Oleh : frenni franita
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun dan saya sudah menikah bulan Maret lalu. Kemudian 5 minggu kemudian saya hamil namun mengalami keguguran pada minggu ke 3 kehamilan saya. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter, dan dokter menyarankan untuk menunda terlebih dahulu kehamilan selama 2 bulan. Setelah melawati masa precubation namun saya belum hamil juga. Yang menjadi masalahnya apakah siklus mentruasi saya yang tidak teratur saat ini berpengaruh? Karena setelah saya melakukan kuret pada awal Mei sampain saat ini saya belum mentruasi. Memang beberapa bulan terakhir pasca keguguran itu, saya jadi lebih aktif dan sibuk sekali. Apakah kesibukan saya mempengaruhi siklus haid saya, bu bidan? Kalau iya, adakah obat untuk melancarkan menstruasi saya?

    Tanya Bidan