×

Ini Kebiasaan Ibu Hamil Yang Tak Disangka Bikin Bayi Cerdas

Bagikan Artikel :

Ini Kebiasaan Ibu Hamil Yang Tak Disangka Bikin Bayi Cerdas

Setiap orangtua tentu menginginkan anak yang cerdas. Sehingga anak diberikan suplemen, makanan bergizi dan sekolah yang bagus. Tapi di balik itu semua kecerdasan anak bisa dipengaruhi dari sejak dalam kandungan yang berhubungan dengan kebiasaan-kebiasaan ibu hamil.

Related Posts :

    Kebiasaan Ibu Hamil Yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Bayi.

    1. Selalu akif
      Tetap fit dan aktif adalah sesuatu yang sangat penting selama masa kehamilan. Bila sudah terlalu lama duduk atau tidur, Anda harus segera bangkit dan lawan rasa malas Anda. Membuat badan tetap bergerak dapat melatih tubuh untuk mengeluarkan hormon yang baik bagi perkembangan otak bayi.
      Selama hamil, Anda dapat melakukan latihan fisik ringan atau jalan cepat. Telah terbukti bahwa ibu hamil yang aktif memiliki anak yang lebih pintar.
    2. Memberikan perhatian kepada janin Anda
      Bayi yang tumbuh di dalam rahim bisa mendengar bahkan merespons suara. Bayi memang belum mengerti makna kata-kata Anda. Akan tetapi, kata-kata dan nyanyian Anda dapat membantu perkembangan otak bayi. Anda juga bisa meminta pasangan untuk berbicara dengan janin yang ada di kandungan Anda.
      Selain itu, mendengarkan musik atau sajak-sajak yang menenangkan dapat membantu bayi tetap rileks dan meningkatkan daya konsentrasi. Mengelus perut dengan lembut juga merupakan stimulasi yang baik untuk bayi.
    3. Menjaga kadar tiroid
      Jika tingkat tiroid selama masa kehamilan tidak stabil, hal ini bisa memengaruhi kondisi bayi Anda. Cobalah untuk makan makanan yang mengandung cukup sodium. Jika Anda merasa tidak mendapatkan jumlah sodium yang cukup, sertakan garam dan yoghurt dalam menu sehari-hari.
    4. Mengonsumsi suplemen tambahan
      Meski makanan sehat akan memberikan nutrisi yang cukup, Anda tetap perlu mengonsumsi suplemen tambahan untuk kesehatan bayi dan kelancaran persalinan. Ada banyak suplemen prenatal yang tersedia di pasaran, seperti vitamin dan suplemen yang mengandung asam folat. Kedua elemen ini memainkan peran penting dalam perkembangan sel otak bayi. Namun, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.
    5. Mempertahankan berat badan
      Persalinan prematur sering menjadi penyebab cacat mental pada bayi. Salah satu cara untuk menghindari persalinan prematur adalah menjaga berat badan. Berat badan ibu yang berlebihan sering menghasilkan kelahiran prematur. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi asupan makanan agar tidak berlebihan.
    6. Mendapatkan sinar matahari
      Matahari adalah sumber utama vitamin D. Saat hamil, vitamin D merupakan salah satu komponen yang sangat penting karena mampu membuat tulang sehat dan mengurangi dampak preeklampsia. Preeklampsia tidak hanya memengaruhi kondisi ibu, tetapi juga bisa menyebabkan down syndrome pada bayi.
    7. Selalu tenang dan jangan stres
      Janin tidak hanya bisa mendengar suara dan merasakan sentuhan, tetapi juga merasakan ketegangan dan stres pada ibu. Stres ketika hamil dapat menyebabkan dampak serius terhadap tumbuh kembang bayi. Salah satunya, stres pada ibu hamil yang tidak terkendali dapat menyebabkan bayi lahir prematur dan lahir dengan berat badan rendah.
      Janin akan merespons segala bentuk tindakan, kata-kata, dan emosi pada ibu hamil. Oleh karena itu, Anda sangat disarankan menjadi pribadi yang positif agar dapat melahirkan bayi yang cerdas dan sehat. Ingat pula untuk rutin beraktivitas fisik ringan agar lebih sehat, rileks, dan bahagia selama hamil.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 10, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Umur Ideal Anak untuk Disunat

  • Oleh : Aolia SucCie Priyatna
  • 6 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Adakah umur ideal bagi anak untuk disunat ? Sekarang ini umur anak saya baru menginjak 2 tahun. Apakah usianya masuk kriteria untuk disunat atau belum ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih.

  • Oleh : Aolia SucCie Priyatna
  • Telat Haid

  • Oleh : Khusnul Khotimah
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Dok..Sata Mau Tanya Kan Saya Udah Telat Haid Selama 3 Hari Perut Bagian Bawah Rasanya Nyeri Seperti Mau Haid Tapi Nyerinya Ringan Dan Gak Lama Trus Payu Dara Saya Juga Linu Gitu Rasanya Kemarin Di Perut Bagian Bawah Seperti Ada Kedutan Tapi Cuman Berkedut 3x langsung ilang gak ada lagi…Apakah Saya Hamil Ya Dok? Tapi Saya Gk Brani Buat Tespek Takut Di PHP.in…Gimana Dong Dok?? Mohon Pencerahannya…

  • Oleh : Khusnul Khotimah
  • telat datang dan testpack

  • Oleh : wedha savitri
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    bu bidan saya mau tanya hari ini saya udah hari ke 4 telat datang bulan dan saya sdh melakukan test kehamilan di hari ke 4 saya telat dan hasilnya 2 garis hanya saja garis yg satunya warna tidak pekat sperti garis sblmnya.terima kasih

    Rambut Anak Susah Tumbuh

  • Oleh : Dwickadeck Doen
  • 6 tahun, 6 bulan yang lalu

    Saya mau tanya nih bu bidan seputar rambut bayi, anak saya berumur 1,5 tahun tapi pertumbuhan rambut nya kok sedikit sekali yah. Kira-kira penyeba nya apa saja yah ? saya lihat teman sebayanya rambutnya bagus semua bu bidan. saya khawatir sekali terlebih anak saya itu perempuan.

    Mentrulasi

  • Oleh : Fidella Annaumi
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Halo dok mau tanya, usia saya 18 tahun yang sedang sibuk cari kuiah dok, haid saya sellu lancar meski agak panjang sekitar 10 harian, tapi mulai bulan lalu saya haid berwarna hitam dari awal haid sampai akhir dok, dan setelah 11 hari saya haid lagi dengam keadaan yang sama dok haid berwarna hitam, tidak menggumpal, dan hanya sedikit sekali dok seperti flek saja dan berlangsung 13 hari dok, lalu setelah 6 hari flek lagi dok sekarang sudah memasuki 2 hari dari awal flek terakhir dok, apakah ini penyakit?

    Tanya Bidan