×

Ini Kebiasaan Ibu Hamil Yang Tak Disangka Bikin Bayi Cerdas

Bagikan Artikel :

Ini Kebiasaan Ibu Hamil Yang Tak Disangka Bikin Bayi Cerdas

Setiap orangtua tentu menginginkan anak yang cerdas. Sehingga anak diberikan suplemen, makanan bergizi dan sekolah yang bagus. Tapi di balik itu semua kecerdasan anak bisa dipengaruhi dari sejak dalam kandungan yang berhubungan dengan kebiasaan-kebiasaan ibu hamil.

Kebiasaan Ibu Hamil Yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Bayi.

  1. Selalu akif
    Tetap fit dan aktif adalah sesuatu yang sangat penting selama masa kehamilan. Bila sudah terlalu lama duduk atau tidur, Anda harus segera bangkit dan lawan rasa malas Anda. Membuat badan tetap bergerak dapat melatih tubuh untuk mengeluarkan hormon yang baik bagi perkembangan otak bayi.
    Selama hamil, Anda dapat melakukan latihan fisik ringan atau jalan cepat. Telah terbukti bahwa ibu hamil yang aktif memiliki anak yang lebih pintar.
  2. Memberikan perhatian kepada janin Anda
    Bayi yang tumbuh di dalam rahim bisa mendengar bahkan merespons suara. Bayi memang belum mengerti makna kata-kata Anda. Akan tetapi, kata-kata dan nyanyian Anda dapat membantu perkembangan otak bayi. Anda juga bisa meminta pasangan untuk berbicara dengan janin yang ada di kandungan Anda.
    Selain itu, mendengarkan musik atau sajak-sajak yang menenangkan dapat membantu bayi tetap rileks dan meningkatkan daya konsentrasi. Mengelus perut dengan lembut juga merupakan stimulasi yang baik untuk bayi.
  3. Menjaga kadar tiroid
    Jika tingkat tiroid selama masa kehamilan tidak stabil, hal ini bisa memengaruhi kondisi bayi Anda. Cobalah untuk makan makanan yang mengandung cukup sodium. Jika Anda merasa tidak mendapatkan jumlah sodium yang cukup, sertakan garam dan yoghurt dalam menu sehari-hari.
  4. Mengonsumsi suplemen tambahan
    Meski makanan sehat akan memberikan nutrisi yang cukup, Anda tetap perlu mengonsumsi suplemen tambahan untuk kesehatan bayi dan kelancaran persalinan. Ada banyak suplemen prenatal yang tersedia di pasaran, seperti vitamin dan suplemen yang mengandung asam folat. Kedua elemen ini memainkan peran penting dalam perkembangan sel otak bayi. Namun, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.
  5. Mempertahankan berat badan
    Persalinan prematur sering menjadi penyebab cacat mental pada bayi. Salah satu cara untuk menghindari persalinan prematur adalah menjaga berat badan. Berat badan ibu yang berlebihan sering menghasilkan kelahiran prematur. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi asupan makanan agar tidak berlebihan.
  6. Mendapatkan sinar matahari
    Matahari adalah sumber utama vitamin D. Saat hamil, vitamin D merupakan salah satu komponen yang sangat penting karena mampu membuat tulang sehat dan mengurangi dampak preeklampsia. Preeklampsia tidak hanya memengaruhi kondisi ibu, tetapi juga bisa menyebabkan down syndrome pada bayi.
  7. Selalu tenang dan jangan stres
    Janin tidak hanya bisa mendengar suara dan merasakan sentuhan, tetapi juga merasakan ketegangan dan stres pada ibu. Stres ketika hamil dapat menyebabkan dampak serius terhadap tumbuh kembang bayi. Salah satunya, stres pada ibu hamil yang tidak terkendali dapat menyebabkan bayi lahir prematur dan lahir dengan berat badan rendah.
    Janin akan merespons segala bentuk tindakan, kata-kata, dan emosi pada ibu hamil. Oleh karena itu, Anda sangat disarankan menjadi pribadi yang positif agar dapat melahirkan bayi yang cerdas dan sehat. Ingat pula untuk rutin beraktivitas fisik ringan agar lebih sehat, rileks, dan bahagia selama hamil.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 10, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Asni Nurhayati
  • 2 bulan, 1 minggu yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan …Sy mau tanya hpht sy 16-juni2020 sampai sekarang belum haid dan sy testpack 3xhasil nya 2 garis Tp saya tidak merasakan mual atau gejala apapun cuma nyeri perut dan payudara terasa sangat sakit jika di sentuh …Kalau begitu usia kandungan saya berapa minggu ya bu ?

  • Oleh : Asni Nurhayati
  • Kehamilan

  • Oleh : Ria Agustin
  • 7 bulan, 2 minggu yang lalu

    Selamat siang bu bidan… Bu saya mau curhat saya masih mempunyai anak yang masih kecil dan ini saya hamil lagi tapi saya sama suami sepakat untuk tidak meneruskan kehamilan saya soalnya banyak faktor termasuk keuangan… Apa yang harus saya lakukan ya bu? Saya sudah berusaha memakai semua alat kontrasepsi tetapi tidak ada yang cocok… Mungkin ada solusi untuk saya… Usia kehamilan saya kemungkinan 4 minggu… Baru saya cek setelah 1 minggu telat haid…
    Terima kasih

    pre-eklampsia

  • Oleh : rina
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    pre-eklampsia pada ibu hamil itu berbahaya ga ya bu bidan?

    Normalkah sering pipis saat hamil

  • Oleh : Putri Kintamani
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Bu bidan saya wanita usia 27 tahun, saat ini saya sedang mengandung usia 5 bulan. Yang mau saya tanyakan apakah normal jika saya sering pipis dan bagaimana cara mengatasinya?

    Kemandulan

  • Oleh : Ahmad Fajar Fathurahman
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bidan
    Selamat sore,
    Saya mau tanya apakah benar terlalu sering onani menyebabkan kemandulan ?

    Terima kasih bidan

    Tanya Bidan