×

Ini Lho Bahayanya Mencium Bau Cat Saat Hamil

Bagikan Artikel :

Ini Lho Bahayanya Mencium Bau Cat Saat Hamil

Sepertinya gak hanya bumil aja deh yang suka pusing kalau mencium bau cat. Tapi hampir semua kalangan usia akan merasa pusing ketika menghirup bau cat yang baru diaplikasikan di dinding rumah. Dan ternyata memang, mencium bau cat ini akan berdampak pada kesehatan lho!

Pengurus aset organisasi IDI (Ikatan Dokter Indonesia), dr UIul Albab SpOG mengatakan bau cat memang tergantung jenis catnya. Ada beberapa cat yang mengandung asbes, zat besi dan beberapa logam berat lainnya. Nah, dr Ulul menjelaskan bahwa hal ini akan berbahaya bagi ibu hamil.

Dampak Bagi Ibu Hamil

sebaiknya penghuni rumah terutama ibu hamil berhati-hati dengan zat karsinogen. Karsinogen adalah zat yang menyebabkan penyakit kanker. Zat-zat karsinogen menyebabkan kanker dengan mengubah asam deoksiribonukleat (DNA) dalam sel-sel tubuh dan hal ini mengganggu proses-proses biologis.

Oleh karena itu kita bisa lihat komposisi cat itu apa aja. Kalau mengandung zat-zat logam berat terutama karsinogen bukan hanya nggak bagus buat pernapasan tapi juga berbahaya terutama pada ibu hamil.

Related Posts :

    Sama halnya dengan orang yang nggak hamil, ketika ibu hamil tak sengaja menghirup cat bisa terjadi alergi, sesak napas, batuk lama hingga terhambatnya aliran oksigen ke janin.

    Kalau oksigen ke janin terhambat maka pertumbuhan bayinya juga akan terhambat, ketubannya berkurang dan bisa berujung lahir premature, peningkatan risiko keguguran, ayi lahir dengan kelainan atau gangguan saraf dan ginjal. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya tidak ditempatkan pada ruangan yang baru dicat kurang dari 3×24 jam. Kalaupun terpaksa, dianjurkan untuk menggunakan masker penutup wajah. Masker wajah tidak hanya efektif untuk mengurangi jumlah uap yang terhirup. Debu yang berasal dari sisa pengamplasan juga bisa ditangkal dengan masker, agar tidak masuk ke saluran napas dan menyebabkan sesak napas.

    Tips Bagi Ibu Hamil Yang Rumahnya Akan/Baru Di Cat

    1. Pilihlah cat dinding yang berbahan dasar air (lateks) daripada cat yang berbahan dasar minyak, timbal, atau merkuri. Keterangan kandungan cat dapat Anda lihat pada kaleng cat atau stiker yang menempel pada cat.
    2. Saat memilih cat lateks, Anda juga perlu memperhatikan bahan yang terkandung di dalam cat tersebut. Pilhlah jenis cat yang ramah lingkungan dan hindari cat yang mengandung bahan VOC, etilen glikol eter, dan biosida.
    3. Saat pengecatan berlangsung, bukalah jendela dan pintu kamar agar sirkulasi udara berputar.
    4. Pasang kipas di depan jendela mengarah ke luar ruangan sehingga dapat mengembuskan bau cat yang berbahaya ke luar ruangan, bukan ke dalam ruangan.
    5. Nyalakan kipas hingga dua hari setelah mengecat dinding atau sampai cat mengering.
    6. Tidak makan atau minum di dalam ruangan yang sedang dicat untuk menghindari bahan kimia tanpa sengaja masuk ke dalam tubuh.
    7. Segera keluar ruangan untuk mencari udara segar jika mengalami sesak napas, pusing atau mata perih.
    8. Jika mata perih karena uap cat, segera cuci dengan air bersih
    9. Periksakan ke dokter jika mata terpercik cat atau pelarut cat.
    10. Kalau perlu rumah jangan dulu ditinggali ibu hamil sampai kurang lebih 1 minggu
    11. Jika Anda terpaksa mengecat sendiri, lindungi kulit Anda dengan menggunakan pakaian panjang yang melindungi seluruh tubuh. Jangan lupa juga untuk memakai masker dan sarung tangan kulit selama proses pengecatan berlangsung.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 29, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Sakit payudara

  • Oleh : Mhocye Uchlud
  • 2 bulan, 2 minggu yang lalu

    Dok saya sering mengalalami sakit payudara setlah haid 1 mnggu
    Dan akan berhnti sakitnya pas mau haid 1mnggu itu knpa yah dok

  • Oleh : Mhocye Uchlud
  • Makan dan minum saat proses bersalin, bolehkah?

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • Pasca melahirkan opesari Caesar , setelah 40hari berlalu APA bisa melakukan hub intim

  • Oleh : romad25102493501
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Pasca melahirkan opesari Caesar , setelah 40hari berlalu APA bisa melakukan hub intim, istri saya masih was was Ada yg bilang boleh Ada yg bilang jangan dulu

    Apakah kehamilan saya normal?

  • Oleh : Ribka Veronika Tatengkeng
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat pagi Bu Bidan,

    Saya aneu, 25 tahun. Saat ini saya sedang hamil usia kandungan 2 bulan, tapi tidak ada tanda-tanda seperti payudara sakit dan membengkak, mual-mual di pagi hari seperti contoh tanda kehamilan umumnya. Apakah kehamilan saya normal?

    Keputihan

  • Oleh : Eren Fani
  • 1 bulan yang lalu

    Hallo dok, saya sudah telat haid 1 minggu. Tetapi pas saya cek dgn tespek positif hasilnya dengan dua garis yg satu samar samar apakah itu bisa hamil atau tidak?
    Dan selama telat haid saya mengalami keputihan dgn bau tidak sedap dan berwarna kuning ke hijauan apakah tanda2 hamil dok? Terimakasih

  • Oleh : Eren Fani
  • Tanya Bidan