×

Ini yang Akan Anda Rasakan Saat Janin Bergerak Pertama Kali

Bagikan Artikel :

Bidan Online – Pada saat hamil, gerakan janin dalam kandungan menjadi sebuah momen yang ditunggu tunggu oleh setiap ibu hamil. Terlebih bagi calon ibu muda yang mungkin akan bertanya seperti apa rasanya saat janin dalam kandungan bergerak untuk pertama kali ?

Related Posts :

    Terkadang ibu juga merasa sulit untuk membedakan mana gerakan janin dan bukan. Pada umumnya gerakan janin ini paling cepat bisa anda rasakan pada minggu ke 13 sampai dengan 16.

    Dan biasanya gerakan janin juga akan terasa saat mendekati trisemester kedua. Bunda tak usah khawatir jika memang bunda mengalami gerakan janin pada usia kehamilan 18 hingga 20 minggu kehamilan. Karena setiap kehamilan berbeda beda sehingga tidak selamanya gerakan janin ini terjadi pada waktu yang sama. Bahkan ada juga janin yang mulai bergerak dan terjadi di usia kehamilan 20 hingga 25 minggu.

    Ini yang Akan Anda Rasakan Saat Janin Bergerak Pertama Kali

    Biasanya bunda akan merasa kebingunan dan juga sulit membedakan antara gerakan janin dengan rasa dari adanya gas dalam perut atau bahkan perut kembung. Mungkin bunda tidak mengetahui gerakan janin di awal awal . Dan perlu untuk bunda ketahui janin memiliki waktu istirahat serta waktu untuk bergerak. Janin dalam kandungan juga layaknya manusia karena ia bisa merespon suara dengan adanya emosi bunda. Gerakan janin yang lebih jelasnya biasanya ditunjukan seperti dengan menendang, meninju atau bahkan bergulir.

    Dari gerakan janin tersebut, ada beberapa faktor yang menyebabkannya, seperti janin yang sedang berada dalam posisi yang kurang nyaman. Makanan yang dikonsumsi bunda baik itu Buah-buahan Yang Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil, atau pun makanan jenis lainnya akan masuk ke janin melalui plasenta juga bisa menyebabkan gerakan pada janin tersebut. Gerakan yang seprti ini biasanya akan semakin anda rasakan ditrisemester ke tiga dan janin akan semakin memiliki pola gerakan yang sudah semakin teratur.

    Baca Juga : Mari Kenali Jenis Makanan yang Baik Untuk Pembentuk Otak Janin
    Dengan semakin lamanya masa kehamilan, maka gerakan janin untuk pertama kalinya ini bisa menjadi indikasi untuk kesehatan janin. Ditrisemester ketiga juga mama perlu menghitung gerakan janin untuk bisa membantu bunda dalam mengidentifikasi masalah dalam janin.

    Seperti misalnya pada saat trisemester ketiga, gerakan janin ini justru terbilang berkurang. Hal ini bisa diketahui dengan cara anda menghitung gerakan janin. Dan bunda bisa menghitung gerakan janin dengan cara mencatat lama waktu yang dibutuhkan untuk selanjutnya bunda bisa merasakan 10 gerakan. Minimal janin bergerak 10 kali dalam kurun waktu 2 jam.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 17, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Letak janin

  • Oleh : Aprilia Indrawati
  • 3 hari, 12 jam yang lalu

    Selamat siang.. Maaf mau tanya,saya hamil 18 week,terus di bagian kolom letak janin,di isi TEGANG,itu maksudnya gmna yah ..

  • Oleh : Aprilia Indrawati
  • Menstuasi

  • Oleh : Humaira Humaira
  • 3 minggu yang lalu

    Dok, saya mau konsul, saya sudah tidak ada menstruasi selama 2 bulan, tapi stelah dua bulan tidak ada menstruasi keluar bercak hitam selama 30 hari, keluarnya tidak banyak dok cuman sedikit, tapi saya takut apa itu penyakit.karena keluarnya seperti lem, lengket gitu dok.hanya itu
    Terimakasih dok

  • Oleh : Humaira Humaira
  • Ingin hamil lagi

  • Oleh : Erna Manurung
  • 5 bulan yang lalu

    Gini buk bidan, saya habis melahirkan sekitar bulan 12 kemarin, tapi anak saya meninggal begitu lahir, dan saya belum mendapat haid sampai saat ini, tapi saya sudah berhubungan sama suami saya sekitar 2 minggu yang lalu dan rutin karna memang kami tidak menunda untuk kehamilan selanjut nya tapi sekarang saya merasakan sakit perut dibagian bawah, saya bingung ini gejala tanda kehamilan atau mau PMS y buk bidan,? Soal ny sudah saya tespek hasil nya negatif tapi sakit perut nya sudah berlangsung beberapa hari ini dan tidak ada keluar darah yang ada keluar keputihan terus menerus dan bagaimana cara agar bisa cepat hamil lagi sebelum datang haid setelah melahirkan?

    Sembelit Saat Hamil Usia 3 Bulan

  • Oleh : Sahputri Ramadhani
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang hamil usia 3 bulan dan ini merupakan kehamilan pertama saya. Sudah lebih dari seminggu saya mengalami sembelit, susah sekali buang air besar. Apakah ini hal yang wajar? Dan bagaimana cara mengatasinya?. Mohon penjelasannya, terimakasih.

    Berhubungan sehari setelah menstruasi

  • Oleh : Agus Putra
  • 2 hari, 3 jam yang lalu

    Selamat sore buk , saya mau bertanya seputar kehamilan,
    Jadi gini buk,saya mempunyai seorang pacar yang masih perawan,suatu hari saya ingin melakukan hubungan badan dengan pacar saya,kebetulan saya melakukan hubungan badan sehari setelah dia menstruasi(rada – rada masih haid ),jadi pas saya melakukan hubungan badan,saya sebelum sebelumnya itu sering sekali mengeluarkan sperma saya sehari bisa 1 smpek 2 kali,saya keluarin 3 hari berturut turut sebelum melakukan hubungan badan sama pacar saya,pas saat saya berhubungan badan,saya menyentuh vagina pacar saya dan saya merasakan kalau ada cairan yang kluar dari dalam vagina pacar saya,pas saya hirup baunya khas ( lendir ) perempuan,setelah itu saya cuma memasukan kemaluan saya ke vagina pacar saya sampai berbunyi ” krek “,dan itu pun saya cuma memasukannya,setelah itu langsung saya cabut,dan saya mengeluarkan sperma saya di luar vagina pacar saya,
    Pertanyaan saya,apakah dapat mengakibatkan kehamilan ?
    Dan seumpama kalau ada setetes sperma yg msuk kedalan vagina,apa dapat menyebabkan kehamilan pada saat mens/haid?

    Tanya Bidan