×

Ini yang Akan Anda Rasakan Saat Janin Bergerak Pertama Kali

Bagikan Artikel :

Bidan Online – Pada saat hamil, gerakan janin dalam kandungan menjadi sebuah momen yang ditunggu tunggu oleh setiap ibu hamil. Terlebih bagi calon ibu muda yang mungkin akan bertanya seperti apa rasanya saat janin dalam kandungan bergerak untuk pertama kali ?

Terkadang ibu juga merasa sulit untuk membedakan mana gerakan janin dan bukan. Pada umumnya gerakan janin ini paling cepat bisa anda rasakan pada minggu ke 13 sampai dengan 16.

Dan biasanya gerakan janin juga akan terasa saat mendekati trisemester kedua. Bunda tak usah khawatir jika memang bunda mengalami gerakan janin pada usia kehamilan 18 hingga 20 minggu kehamilan. Karena setiap kehamilan berbeda beda sehingga tidak selamanya gerakan janin ini terjadi pada waktu yang sama. Bahkan ada juga janin yang mulai bergerak dan terjadi di usia kehamilan 20 hingga 25 minggu.

Ini yang Akan Anda Rasakan Saat Janin Bergerak Pertama Kali

Biasanya bunda akan merasa kebingunan dan juga sulit membedakan antara gerakan janin dengan rasa dari adanya gas dalam perut atau bahkan perut kembung. Mungkin bunda tidak mengetahui gerakan janin di awal awal . Dan perlu untuk bunda ketahui janin memiliki waktu istirahat serta waktu untuk bergerak. Janin dalam kandungan juga layaknya manusia karena ia bisa merespon suara dengan adanya emosi bunda. Gerakan janin yang lebih jelasnya biasanya ditunjukan seperti dengan menendang, meninju atau bahkan bergulir.

Dari gerakan janin tersebut, ada beberapa faktor yang menyebabkannya, seperti janin yang sedang berada dalam posisi yang kurang nyaman. Makanan yang dikonsumsi bunda baik itu Buah-buahan Yang Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil, atau pun makanan jenis lainnya akan masuk ke janin melalui plasenta juga bisa menyebabkan gerakan pada janin tersebut. Gerakan yang seprti ini biasanya akan semakin anda rasakan ditrisemester ke tiga dan janin akan semakin memiliki pola gerakan yang sudah semakin teratur.

Related Posts :

    Baca Juga : Mari Kenali Jenis Makanan yang Baik Untuk Pembentuk Otak Janin
    Dengan semakin lamanya masa kehamilan, maka gerakan janin untuk pertama kalinya ini bisa menjadi indikasi untuk kesehatan janin. Ditrisemester ketiga juga mama perlu menghitung gerakan janin untuk bisa membantu bunda dalam mengidentifikasi masalah dalam janin.

    Seperti misalnya pada saat trisemester ketiga, gerakan janin ini justru terbilang berkurang. Hal ini bisa diketahui dengan cara anda menghitung gerakan janin. Dan bunda bisa menghitung gerakan janin dengan cara mencatat lama waktu yang dibutuhkan untuk selanjutnya bunda bisa merasakan 10 gerakan. Minimal janin bergerak 10 kali dalam kurun waktu 2 jam.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 17, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Fungsi dari air ketuban

  • Oleh : Mohammad ikhsan
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat pagi ibu bidan, saya suliani. saya masih awam tentang kehamilan tapi penasaran dengan ketuban. apa sih sebenarnya fungsi dari ketuban itu? terima kasih saya tunggu jawabannya bu

    Benjolan pada rambut area miss v

  • Oleh : Wifi Healthy
  • 1 bulan yang lalu

    Halo bu bidan, usia saya 25tahun dan di daerah rambut miss v saya ada benjolan kecil sekali tp tidak terasa sakit atau gatal atau nyeri sama sekali. Bahkan alhamdulillah tidak mengganggu aktivitas saya. Apa itu berbahaya bu bidan? Saya lihat di video youtube ibu katanya tidak berbahaya apa benar?

  • Oleh : Wifi Healthy
  • Cara merawat kehamilan kembar agar tetap sehat

  • Oleh : They Xantana Noeza
  • 4 tahun yang lalu

    Hasil dari pemeriksaan saya dinyatakan mengandung anak kembar dan ini menjadi hal yang paling menyenangkan bagi saya dan keluarga saya. Untuk menjaga ibu dan janin tetap sehat, sebaiknya apa saja yang harus dihindari dan dilakukan?

  • Oleh : They Xantana Noeza
  • Tentang kehamilan

  • Oleh : Martins Varela
  • 1 bulan, 1 minggu yang lalu

    Halo matsore ibu bidang..
    Ini aku varela istri aku baru lahir 2 bulan tpi kami uda beraktifitas hubungan intim lagi..dan saat berhubungan intim kurasa uda sedikit sel sperma yg uda masuk ..kira2 uda 2 kali begini …apakah istri saya bisa terjadi kehamilan lagi ya ibu bidan…tolong masukannya ya ibu bidan…
    Makasih buat curhat bidan.🙏🙏🙏

    Menstruasi

  • Oleh : Ardhia Rally Aurelia
  • 4 bulan, 3 minggu yang lalu

    Dok mau tanya, kenapa ya udah 2 bulan ini haid saya ko cuma flek aja dan hari nya itu gak lama kurang lebih cuma 3 hari. dan tanggal haid nya selalu telat 2/3 hari. Itu kenapa ya dok? Mohon solusinya🙏

    Tanya Bidan