×

Inilah 6 Tips Travelling Yang Tepat Untuk Ibu Hamil Muda

Bagikan Artikel :

Inilah 6 Tips Travelling Yang Tepat Untuk Ibu Hamil Muda – Bidan Online,- Saat mengandung tentunya berbagai kegiatan harus di kurangi agar ibu hamil tidak mengalami kelelahan berlebih. Pada masa kehamilan tentunya banyak pantangan yang harus di hindari tentu saja itu semua bertujuan agar calon ibu dan janin tetap sehat. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan bukan jika ibu hamil juga butuh travelling. Travelling saat hamil tentunya akan lebih menyenangkan dan suasana baru akan membuat pikirin ibu hamil lebih segar juga tenang.

Bukan hanya orang biasa saja yang perlu liburan, ibu hamil juga sangat butuh liburan agar tidak merasa jenuh. Tidak hanya itu travelling tentunya akan membuat perasaan ibu hamil lebih bahagia sehingga stres dapat di minimalisir. Ya tidak sedikit ibu hamil yang merasakan stres, dan anda juga tahu jika stres memiliki efek buruk bagi janin. Travelling saat hamil tentunya harus di persiapkan secara matang muali dari penentuan tempat, waktu, hingga persiapan fisik ibu hamil. Dan berikut ini beberapa tips travelling saat hamil yang harus di perhatikan.

Usia kehamilan
Jika amnda ibu hamil yang memiliki rencana untuk travelling waktu yang sangat tepat yaitu memasuki trimester kedua. Bukan tanpa alasan trimester kedua dinilai menjadi usia kehamilan yang paling aman untuk melakukan travelling atau perjalanan jauh. Usia kandungan antara 18 sampai 24 minggu dinilai menjadi usia kehamilan yang paling tepat jika anda ingin berlibur. Bayangkan saja jika anda melakukan travelling trimester pertama selain ibu hamil sering mengalami keluhan seperti pusing dan mual. Trimester pertama juga dianggap menjadi usia kehamilan yang rawan untuk melakukan perjalan jauh ataupun kegiatan berat.

Pemilihan tempat
Untuk travelling saat hamil tentunya tidak harjus jauh-jauh memilih tempat wisata hingga luar negeri. Ya meskipun aman ada baiknya anda lebih memilih tempat wisata lokal yang jaraknya tidak terlalu jauh. Jika anda berniat ingin travelling ke luar negeri pastikan untuk memilih negara yang tidak terlalu jauh dan menghabiskan jam terbang yang lama.

Travelling naik mobil
Mobil menjadi alat transfortasi yang paling tepat untuk para ibu hamil yang ingin melakukan travelling. Bukan tanpa alasan ibu hamil tentunya harus selalu nyaman dan butuh bergerak. Yang harus di perhatikan ibu hamil saat naik mobil yaitu penggunaan seatbelt. Untuk para ibu hamil sangat di sarankan untuk memakai seatbealt tepat di bawah perut dan hindari bepergian jauh menggunakan mobil lebih dari 6 jam per hari.

Banyak minum dan konsumsi camilan sehat
Saat ibu hamil melakukan perjalanan jauh tentu saja asupan cairan menjadi hal yang utama. Apalagi untuk ibu hamil yang travelling menggunakan pesawat. Pastikan untuk memenuhi asupan cairan saat hamil setidaknya 8 sampai 12 gelas per hari. Tidak lupa untuk mengkonsumsi camilan sehat seperti buah agar kadar gula darah tidak turun.

Lakukan peregangan
Selama kehamilan tentunya para ibu harus melakukan banyak peregangan tidak terkecuali saat travelling. Jika travelling menggunakan mobil anda bisa berhenti sesekali untuk menghirup udara segar dan melakukan peregangan. Namun jika menggunakan pesawat ibu hamil dapat melakukan peregangan dengan cara berjalan-jalan kecil ke kamar mandi. Gerakan dan peregangan dapat melancarkan sirkulasi darah pada ibu hamil.

Bawa catatan medis kehamilan
Untuk para ibu hamil yang berniat untuk melakukan traveliing baik jauh ataupun dekat sangat di sarankan untuk selalu membawa catatan medis kehamilan. Hal ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan jika terjadi sesuatu pada kehamilaan anda saat travelling.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 12, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Pijat Bayi

  • Oleh : alberta6265
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Siang bu bidan. Saya mau tanya, bayi saya usia 6 bulan apa sudah boleh dipijat ? Bagaimana langkah-langkah memijat bayi yang benar ?

    Es krim kesuburan

  • Oleh : ella fatmawati
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Sya mau tanya es krim yg jenis nya apa yach yg biisa membantu kesuburan agar cepat hamil…

    Telat Haid

  • Oleh : Khusnul Khotimah
  • 11 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assalamualaikum Dok..Sata Mau Tanya Kan Saya Udah Telat Haid Selama 3 Hari Perut Bagian Bawah Rasanya Nyeri Seperti Mau Haid Tapi Nyerinya Ringan Dan Gak Lama Trus Payu Dara Saya Juga Linu Gitu Rasanya Kemarin Di Perut Bagian Bawah Seperti Ada Kedutan Tapi Cuman Berkedut 3x langsung ilang gak ada lagi…Apakah Saya Hamil Ya Dok? Tapi Saya Gk Brani Buat Tespek Takut Di PHP.in…Gimana Dong Dok?? Mohon Pencerahannya…

  • Oleh : Khusnul Khotimah
  • Agar Tubuh Sehat dan Ideal Meskipun Bekerja Seharian

  • Oleh : Dwickadeck Doen
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya Yesa dari losarang mau tanya tentang kesehatan wanita, bagaimana sih cara agar tubuh kita tetap sehat, fit, ideal meskipun kesibukan kita penuh dari pagi sampai sore. Ditunggu jwabanya bu bida terimakasih

  • Oleh : Dwickadeck Doen
  • cesar

  • Oleh : Tania
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    maaf sebelumnya. saya mau tanya.
    istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
    apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
    terimakasih

    Tanya Bidan