×

Inilah 6 Tips Travelling Yang Tepat Untuk Ibu Hamil Muda

Bagikan Artikel :

Inilah 6 Tips Travelling Yang Tepat Untuk Ibu Hamil Muda – Bidan Online,- Saat mengandung tentunya berbagai kegiatan harus di kurangi agar ibu hamil tidak mengalami kelelahan berlebih. Pada masa kehamilan tentunya banyak pantangan yang harus di hindari tentu saja itu semua bertujuan agar calon ibu dan janin tetap sehat. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan bukan jika ibu hamil juga butuh travelling. Travelling saat hamil tentunya akan lebih menyenangkan dan suasana baru akan membuat pikirin ibu hamil lebih segar juga tenang.

Bukan hanya orang biasa saja yang perlu liburan, ibu hamil juga sangat butuh liburan agar tidak merasa jenuh. Tidak hanya itu travelling tentunya akan membuat perasaan ibu hamil lebih bahagia sehingga stres dapat di minimalisir. Ya tidak sedikit ibu hamil yang merasakan stres, dan anda juga tahu jika stres memiliki efek buruk bagi janin. Travelling saat hamil tentunya harus di persiapkan secara matang muali dari penentuan tempat, waktu, hingga persiapan fisik ibu hamil. Dan berikut ini beberapa tips travelling saat hamil yang harus di perhatikan.

Usia kehamilan
Jika amnda ibu hamil yang memiliki rencana untuk travelling waktu yang sangat tepat yaitu memasuki trimester kedua. Bukan tanpa alasan trimester kedua dinilai menjadi usia kehamilan yang paling aman untuk melakukan travelling atau perjalanan jauh. Usia kandungan antara 18 sampai 24 minggu dinilai menjadi usia kehamilan yang paling tepat jika anda ingin berlibur. Bayangkan saja jika anda melakukan travelling trimester pertama selain ibu hamil sering mengalami keluhan seperti pusing dan mual. Trimester pertama juga dianggap menjadi usia kehamilan yang rawan untuk melakukan perjalan jauh ataupun kegiatan berat.

Pemilihan tempat
Untuk travelling saat hamil tentunya tidak harjus jauh-jauh memilih tempat wisata hingga luar negeri. Ya meskipun aman ada baiknya anda lebih memilih tempat wisata lokal yang jaraknya tidak terlalu jauh. Jika anda berniat ingin travelling ke luar negeri pastikan untuk memilih negara yang tidak terlalu jauh dan menghabiskan jam terbang yang lama.

Travelling naik mobil
Mobil menjadi alat transfortasi yang paling tepat untuk para ibu hamil yang ingin melakukan travelling. Bukan tanpa alasan ibu hamil tentunya harus selalu nyaman dan butuh bergerak. Yang harus di perhatikan ibu hamil saat naik mobil yaitu penggunaan seatbelt. Untuk para ibu hamil sangat di sarankan untuk memakai seatbealt tepat di bawah perut dan hindari bepergian jauh menggunakan mobil lebih dari 6 jam per hari.

Related Posts :

    Banyak minum dan konsumsi camilan sehat
    Saat ibu hamil melakukan perjalanan jauh tentu saja asupan cairan menjadi hal yang utama. Apalagi untuk ibu hamil yang travelling menggunakan pesawat. Pastikan untuk memenuhi asupan cairan saat hamil setidaknya 8 sampai 12 gelas per hari. Tidak lupa untuk mengkonsumsi camilan sehat seperti buah agar kadar gula darah tidak turun.

    Lakukan peregangan
    Selama kehamilan tentunya para ibu harus melakukan banyak peregangan tidak terkecuali saat travelling. Jika travelling menggunakan mobil anda bisa berhenti sesekali untuk menghirup udara segar dan melakukan peregangan. Namun jika menggunakan pesawat ibu hamil dapat melakukan peregangan dengan cara berjalan-jalan kecil ke kamar mandi. Gerakan dan peregangan dapat melancarkan sirkulasi darah pada ibu hamil.

    Bawa catatan medis kehamilan
    Untuk para ibu hamil yang berniat untuk melakukan traveliing baik jauh ataupun dekat sangat di sarankan untuk selalu membawa catatan medis kehamilan. Hal ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan jika terjadi sesuatu pada kehamilaan anda saat travelling.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 12, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Impotensi

  • Oleh : Eko Priono
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya, saya kalo pagi hari ereksi, tp kalo kalo udah sore ereksi tp cuma sebentar, untuk obat yang aman menyembuhkan impoten apa dok

    Kehamilan

  • Oleh : Atik Tika
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Assalamualaikum, maaf bu dokter saya mewakili teman saya mau bertanya, teman saya kan sudah tidak heid dari semenjak bulan mei 2019 setelah bulan juni akhir ternyata belum haid juga katanya, lalau pas tanggal 25 juni akhir teman saya melakukan test pack dan hasilnya negatif, tapi pas masuk bulan juli awal juga belum haid dan pas tanggal 9 juli di cek lagi hasilnya fositif, di tes lagi tanggal 12 juli juga masih fositif, dan di coba di tes lagi tanggal 23 juli juga masih fositif, tapi yg membuat anehnya kata teman saya dia sama sekalai tidak merasakan mual muntah atau tanda tanda hamil seperti biasanya yaitu perut buncit, sering pipis dll.hanya yg dirasakan yaitu tidak haid seperti biasanya saja. Yg mau di tanyakan jd sebenarnya teman saya itu sedang hamil atau tidak bu dokter, dan solusi nya apa untuk memastikan teman saya hamil atau tidak itu soalnya teman saya tidak mau di cek langsung ke dokter atau bidan dia orangnya penakut dokter. Terima kasih sekian pertanyaan saya mohon di jawab ya bu dokter.

    Pil Kontrasepsi

  • Oleh : zane65n04843
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Saya mau tanya setelah berhubungan intim dengan suami saya langsung meminum obat KB apakah masih bisa terjadi kehamilan? sedangkan sperma yang masuk sangan sedikit lebih baik minum obat KB atau pil kontrasepsi darurat?apakah tidak apa2 setelah minum pil KB langsung meminum pil kontrasepsi darurat mohon penjelasannya. karena saya dan suami menunda momongan

    Ciri2 ibu hamil terkena rubella dan sejenisnya

  • Oleh : Rara Anteng
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Dok mau tanya. Pas hamil 5 bln saya masuk rumah sakit karna semua otot saya sakit dan panas juga setelah itu memasuki usia kandungan 30w jari kaki tengah saya sakit sprt kesemutan itu sampai 1bln tidak hilang2. Dan sekarang memasuki 37w saya malah flu atau sering keluar lendir di hidung dan mulut apakah itu ciri2nya virus rubella dok, secara kerja saya sering berinteraksi dgn anak2 yg terkena rubella dari kandungan . terimakasih

    jampersal

  • Oleh : Adel1418ia
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk melahirkan di bidan dan syarat yang diperlukan apa saja untuk tahun 2017?

    Tanya Bidan