×

Inilah Manfaat Mengkonsumsi Rutin Buah Kiwi Bagi Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Inilah Manfaat Mengkonsumsi Rutin Buah Kiwi Bagi Ibu Hamil Bidan Online,- Saat masa kehamilan terjadi tentunya setiap wanita akan sangat teliti mempersiapkan segala hal terbaik untuk kesehatan ibu dan janin. Untuk menunjang kesehatan juga mencukupi asupan gizi ibu dan janin maka asupan makanan memiliki peranan penting. Makanan 4 sehat 5 sempurna menjadi hal wajib yang harus di konsumsi setiap ibu hamil, tentunya hal tersebut dilakukan untuk menunjang perkembangan janin dalam kandungan. Nah banyak sekali makanan bergizi yang bisa ibu hamil konsumsi setiap harinya, dan salah satu buah yang wajib dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil yaitu buah kiwi. Ya buah dengan daging berwarna hijau dan kuning ini nyatanya memiliki manfaat penting bagi kesehatan ibu hamil.

Buah kiwi memang menjadi buah yang sedikit mahal, namun tentunya hal tersebut tidak sebanding dengan manfaatnya yang begitu banyak bagi kesehatan ibu hamil. Buah kiwi dapat dikonsumsi dengan kulitnya sekaligus ataupun mengupasnya bagaimanapun cara anda mengkonsumsi buah kiwi pastikan untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Selain bentuknya yang unik buah kiwi juga mempunyai rasa segar asam dan sedikit manis. Tentunya rasa asam-asam segar menjadi rasa favorit setiap ibu hamil. Mengapa ibu hamil di sarankan untuk mengkonsumsi buah kiwi? tentunya bukan tanpa alasan nyatanya buah kiwi ini mengandung berbagai senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Ibu hamil dapat mengkonsumsi langsung buah kiwi ataupun dengan mengolahnya dengan cara dibuat jus, sop buah, ataupun dijadikan kue.

Lalu apa saja kandungan nutrisi pada buah kiwi yang bermanfaat bagi ibu hamil? berikut ulasannya.

Vitamin C

Vitamin C menjadi salah satu vitamin yang terkandung pada buah kiwi. Vitamin C memiliki peranan penting bagi ibu hamil seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga menjadi kandungan pendukung dari pembentukan kolagen. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang dapat melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas hingga mencegah pertumbuhan bakteri, parasit, hingga virus. Sedangkan kolagen tentunya berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Untuk ibu hamil yang tidak ingin kulit perutnya dihiasai selulit maka mengkonsumsi buah kiwi menjadi solusi terbaik untuk mencegah selulit sedini mungkin.

Gula alami

Mengkonsumsi makanan manis tentunya akan sangat nikmat, namun ingat ibu hamil harus membatasi mengkonsumsi makanan manis terutama yang tidak sehat. Nah buah kiwi mengandung gula alami yang sangat aman bagi kesehatan ibu hamil yang tidak akan meningkatkan kadar gula darah. Tentunya dengan kadar gula darah yang seimbang maka resiko ibu hamil terkena diabetes gestasional dapat dihindari.

Asam folat

Related Posts :

    Asam folat memang sudah sangat terkenal memiliki manfaat yang sangat baik untuk ibu hamil. Dimana kandungan tersebut sangat penting dalam menunjang perkembangan sistem saraf juga pertumbuhan sel. Manfaat asam folat sangat bagus untuk janin dalam kandungan. Dapat menurunkan resiko bayi cacat lahir.

    Ibu hamil disarankan mencukupi asupan asam folat setiap harinya sebanyak 400 mikrogram. Bahkan tidak hanya untuk ibu hamil saja, nyatanya buah kiwi disarankan juga dikonsumsi wanita yang berencana untuk hamil guna mencegah terjadinya kecacatan pada bayi.

    Vitamin K

    Vitamin K memiliki fungsi yang sangat bagus untuk kesehatan tulang. Memenuhi asupan vitamin K selama kehamilan tidak hanya bagus untuk kesehatan tulang ibu hamil saja namun juga pembentukan tulang janin dalam kandungan. Adapun manfaat lainnya dari vitamin K yaitu mempercepat proses penyembuhan luka juga penting dalam pembekuan darah.

    Kiwi mengandung vitamin K yang cukup tinggi, ibu hamil wajib mengkonsumsi buah kiwi secara rutin. Ibu hamil yang rutin mengkonsumsi buah kiwi secara rutin dapat membantu dalam proses persalinan nantinya. Karena pada saat proses persalinan tentunya pendarahan akan terjadi. Nah pembekuan darah yang optimal dapat mencegah bahaya bagi ibu hamil.

    Antioksidan

    Buah kiwi kaya akan anktioksidan yang tidak hanya dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas namun juga dapat melindungi DNA serta RNA. Dengan kadar antioksidan kuat didalam tubuh maka berbagai penyakit pada ibu hamil dan janin dapat di cegah sedari awal.

    Prebiotik

    Kandungan prebiotik pada buah kiwi memiliki manfaat yang sangat besar untuk menunjang lancarnya sistem pencernaan. Sudah tidak asing lagi jika ibu hamil sering kali mengalami sembelit atau susah buang air besar. Kandungan prebiotik nyatanya mengandung serat, enzim, juga phenolic yang baik untuk pencernaan. Mengkonsumsi buah kiwi saat hamil nyatanya tidak hanya bagus untuk mengatasi sembelit namun juga bagus untuk mengatasi maag, konstipasi, diare, mual, hingga nyeri perut.

    Adapun manfaat buah kiwi bagi ibu hamil yang lainnya yaitu dapat mengatur berat badan, menyeimbangkan hormon, dan mengatasi hipertensi. Nah sekarang sudah tahu bukan manfaat mengkonsumsi buah kiwi saat hamil. Maka dari itu jangan lupa konsumsi buah kiwi dan masukan buah kiwi pada list menu harian anda.

    Baca juga artikel lainnya:

    Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar

    Pantangan Buah Yang Harus Di Hindari Ibu Hamil Muda

    Camilan Sehat Untuk Mengatasi Mual Pada Saat Hamil Muda

    Ketahui Penyebab Lidah Terasa Pahit Pada Ibu Hamil Muda

    Ketahui Penyebab Keringat Berlebih Pada Ibu Hamil

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 6, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Apakah Perlu Bayi di Bedong ?

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bu bidan,
    Saya sedang hamil anak pertama, saya mau tanya dong bu bidan saya apakah bayi baru lahir itu wajib di bedong atau tidak ? ada apa saja manfaat dan bahayanya ? terus batasan untuk membedong bayi kira-kira sampai umur berapa ?
    terima kasih ditunggu balasannya bu bidan

    Vagina dan Selangkangan Sering Sakit

  • Oleh : Amel Fayunl
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Siang Bu..
    Saya sekarang lagi hamil usia kandungan saya sudah memasuki 24 minggu, tapi akhir-akhir ini daerah vagina dan selangkangan saya sering sakit, terus mau pindah posisi tidur rasa sakitnya itu semakin terasa, apakah itu berbahaya untuk saya dan janin?

    Hubungan intim

  • Oleh : Ulla Ulla
  • 6 bulan, 3 minggu yang lalu

    Halo dok saya mau tanya…saya suda menika dan suda punya ank rencananya saya tidak mengikuti kb..maunya saya kb sendiri maaf(d keluarin d luar).dan yg mau saya tanyakan.kata temen2 saya walaupun d keluarin d luar masih bisa hamil..katanya karena pas suami merangsang atu ejakulasi dini..keluar cairan putih bening itu bisa menyebab kan k hamilan..bukan hanya maaf (sepermanya).apa benar itu ya dok..?

    TElat menstruasi

  • Oleh : zamrud zulaikha
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    pagi bu bidan??? saya mau tanya . saya umu 26 untuk th ini . baru menikah 28 november 2018 . 2 bulan setalh nikah menstruasi di tgl yg sama ini menginjak 3 bulan pernikahan jadi telat menstruasi 5 hari . apa yang harusnya saya lakukan?? sedangkan saya sudah trspek juga bbrpa x hasil negatif . dan dengan kondisi seperti ini apakah saya masih boleh mekakukan berhubungan suami istri . terima kasih !:)

    kehamilan

  • Oleh : leny agustini
  • 3 minggu yang lalu

    selamat pagi dok,, saya mau bertanya begini dok di desa saya masih ad dukun beranak dok nah krna kpercayaan ntah apa jadi saya ngikut2 sblumnya sya sudah pijat ke dukun itu sampai bulan lalu saya telmbat haid udh 2 bulan prutsya di pijit perlhan katanya sudah ad janin katanya perut saya sudah keras gitu dok trus sya coba tespack dan USG hasilnya negatif stlh itu saya dtang bulan lagi sya kira udah kguguran sya ke dukun itu lgi masih ada tp di usg hasil kosong sya merasa mual , perut sering sakit di bagian bawah kadang sampe ga bisa jalan dok itu gimana ya dok mohon pencerahannya … trimakasih

  • Oleh : leny agustini
  • Tanya Bidan