×

Jambu Biji Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kehamilan

Bagikan Artikel :

Jambu Biji Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kehamilan

Ibu hamil memang dianjurkan memakan buah-buahan setiap hari. Hal ini karena buah-buahan menjadi salah satu jenis makanan yang banyak mengandung vitamin serta mineral, sehingga sangat baik dikonsumsi bagi ibu hamil.

Kandungan Nutrisi Jambu Biji

Jambu biji kaya akan berbagai kandungan vitamin seperti vitamin C, A, B2, dan E. Bahkan dipercaya bahwa jambu biji mengandung lebih banyak vitamin A dan vitamin C dibandingkan jeruk.
Selain itu, jambu biji mengandung asam folat yang sangat penting untuk pertumbuhan janin. Asam folat dalam jambu biji juga bermanfaat bagi sistem peredaran darah dan membantu dalam pengembangan sistem saraf janin.
Dalam jambu biji yang daging buahnya berwarna merah muda, terdapat pigmen yang disebut likopen. Likopen diketahui dapat membantu mengurangi risiko pertumbuhan kanker di sekitar mulut.
Jambu biji juga merupakan sumber nutrisi baik lainnya seperti kalium, kalsium, mangan, tembaga, dan fosfor. Mineral-mineral ini memainkan peran penting dalam perkembangan tulang dan tulang rawan. Selain itu, mineral juga memainkan peran penting dalam membantu tubuh mendapatkan energi.

Manfaat Makan Jambu Biji Bagi Ibu Hamil

  1. Mencegah morning sickness
    Jika dikonsumsi pagi hari, jambu biji dapat menjadi obat alami yang sangat baik untuk mengatasi mual muntah alias morning sickness.
  2. Mencegah hipertensi pada kehamilan
    Jambu biji dapat membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali. Sehingga ibu hamil yang mengonsumsi jambu biji bisa terhindar dari hipertensi.
  3. Mencegah keguguran
    Salah satu manfaat lain dari konsumsi buah ini selama kehamilan adalah mencegah pembekuan darah, yang pada akhirnya turut membantu mencegah risiko keguguran atau kelahiran prematur.
  4. Menceggah konstipasi
    Jika Anda mengalami sembelit, makan jambu biji juga bisa menjadi obat alami. Buah ini kaya akan kandungan serat dan air, sehingga diyakini dapat mengobati sembelit dan mencegah wasir
  5. Meningkatkan penyerapan zat besi
    Selain menjaga imunitas, vitamin C yang terkandung dalam jambu biji dapat meningkatkan penyerapan zat besi di dalam tubuh Bumil. Zat besi diketahui memiliki peranan yang penting untuk membantu mengalirkan oksigen ke janin.
    Perlu Bumil ketahui bahwa selama kehamilan, jumlah zat besi yang dibutuhkan bertambah 2 kali lipat. Jika kekurangan zat besi, Bumil berisiko mengalami anemia yang bisa membuat Bumil merasa pusing, lelah, dan lemah.
  6. Mencegah cacat lahir bayi
    Kandungan vitamin B9 atau asam folat dalam jambu biji memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Hal ini karena asam folat berperan penting dalam pembentukan, perbaikan, dan fungsi DNA, yang akan memengaruhi pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin.
    Mencukupi nutrisi vitamin B9 atau asam folat selama hamil akan mengurangi risiko terjadinya kecacatan pada otak dan saraf bayi, seperti anensefali dan spina bifida.
  7. Mendukung pembentukan organ tubuh janin
    Kandungan tembaga dalam jambu biji berfungsi untuk membentuk sel darah merah lebih banyak guna mencukupi kebutuhan oksigen dan nutrisi janin. Tidak itu saja, mineral ini juga mendukung pembentukan jantung, pembuluh darah, serta sistem kerangka dan saraf bayi di dalam kandungan.
    Manfaat jambu biji tidak hanya untuk mengatasi masalah kesehatan yang umum Bumil alami, tapi juga dapat mendukung perkembangan janin. Guna mendapatkan manfaat baik tersebut, Bumil disarankan untuk memasukkan jambu biji ke dalam menu makanan harian, ya.

Dampak Apabila Makan Jambu Biji Berlebihan Saat Hamil

Dari berbagai manfaat yang dimiliki oleh jambu biji, tetap saja ibu hamil sebaiknya tetap berhati-hati dan tidak memakannya secara berlebihan. Ini karena ada beberapa komplikasi yang mungkin timbul jika Mama mengonsumsi jambu biji dalam jumlah berlebihan selama hamil.

Salah satunya yakni diare, yang diketahui karena jambu biji mengandung tinggi serat. Meski diketahui dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, tetapi jika dikonsumsi dalam jumlah besar, ini justru dapat menyebabkan diare.

Seperti kebanyakan buah-buahan lainnya, jambu biji juga kerap disimpan menggunakan banyak bahan kimia. Nah, bahan kimia ini dapat menyebabkan infeksi bakteri yang dapat berdampak buruk pada kesehatan selama kehamilan.

Related Posts :

    Hal ini berbahaya terutama jika konsumsi jambu biji dilakukan tanpa dicuci dan dibersihkan terlabih dahulu. Oleh karena itu, penting untuk mencuci jambu biji sebelum dikonsumsi.

    Cara Aman Konsumsi Jambu Biji Saat Hamil

    Sebagian besar buah ketika dikonsumsi dalam bentuk potongan dan masih segar dapat memberikan lebih banyak manfaat kesehatan, termasuk jambu biji. Selain bisa dikonsumsi langsung, jambu biji juga bisa dibuat menjadi jus. Kedua bentuk olahan ini masih aman dikonsumsi ibu hamil selama tidak berlebihan.
    Minum jus jambu biji dapat menjaga kulit Mama tetap terhidrasi dan menguatkan rambut. Tapi supaya lebih aman, buatlah sendiri jus di rumah. Hindari menambahkan gula terlalu banyak karena bisa mengurangi manfaat sehatnya.
    Kupas kulit jambu, buang bijinya, lalu haluskan dengan blender. Jangan lupa untuk memilih jambu biji yang sudah matang dengan baik dan membersihkan jambu terlebih dahulu sebelum diolah atau dikonsumsi, ya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 30, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Infertilitas sekunder

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    Makanan Pendamping ASI

  • Oleh : Putri Kintamani
  • 5 tahun yang lalu

    Selamat sore, saya mau tanya bu bidan. Apa yang bisa menjadi menu paling tepat sebagai makanan pengganti ASI untuk si kecil ? Mohon dijawab, Terimakasih

  • Oleh : Putri Kintamani
  • Bahayakan Minum Obat Tidur Saat Hamil

  • Oleh : Indri Ekawaty
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Bu bidan saya mau bertanya, saya sekarang sedang mengandung, usia kandungan saya baru menginjak 3 bulan, tapi kenapa akhir akhir ini saya susah tidur. Kalau saya minum obat tidur apakah tidak apa ?

    Ejakulasi

  • Oleh : Surya Putra gani
  • 9 bulan, 2 minggu yang lalu

    Malam bu bidan, ijin bertanya, apakah tetap bisa terjadi kehamilan, jika setelah pria ejakulasi, tetap digerakkan M.P nya/tetap terus di maju mundurkan?
    Terimakasih,

  • Oleh : Surya Putra gani
  • kehamilan

  • Oleh : leny agustini
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    selamat pagi dok,, saya mau bertanya begini dok di desa saya masih ad dukun beranak dok nah krna kpercayaan ntah apa jadi saya ngikut2 sblumnya sya sudah pijat ke dukun itu sampai bulan lalu saya telmbat haid udh 2 bulan prutsya di pijit perlhan katanya sudah ad janin katanya perut saya sudah keras gitu dok trus sya coba tespack dan USG hasilnya negatif stlh itu saya dtang bulan lagi sya kira udah kguguran sya ke dukun itu lgi masih ada tp di usg hasil kosong sya merasa mual , perut sering sakit di bagian bawah kadang sampe ga bisa jalan dok itu gimana ya dok mohon pencerahannya … trimakasih

  • Oleh : leny agustini
  • Tanya Bidan