×

Jenis Sayur-sayuran Yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Jenis Sayur-sayuran Yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil

Ibu hamil memang diwajibkan makan makanan yang sehat dan bergizi. Selain untuk kesehatan dirinya juga untuk tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Salah satu yang harus ibu hamil konsumsi adalah sayuran.

Sayur-sayuran mengandung nutrisi penting dan esensial seperti vitamin, serat, mineral dan antioksidan. Kandungan gizi tersebut sangatlah penting bagi Ibu yang sedang menjalani masa kehamilan. Cerdas dalam memilih variasi konsumsi sayuran sangat menentukan kualitas kesehatan kehamilan yang sedang Ibu jalani. Kandungan penting lainnya seperti karoten, folat, dan magnesium juga sangat bermanfaat bagi proses tumbuh kembang janin.

Related Posts :

    Konsumsi sayur-sayuran selama kehamilan juga berdampak pada kualitas kesehatan dan berat badan si Kecil saat persalinan kelak. Dengan konsumsi buah dan sayuran yang kaya nutrisi di setiap asupannya, kemungkinan si Kecil untuk terlahir dengan berat badan ideal akan semakin tinggi. Selain itu, si Kecil akan memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik dan terhindar dari risiko terkena penyakit. Konsumsilah beragam buah dan sayuran dengan berbagai variasi warna, mulai dari hijau, kuning, dan oranye.

    Sayur-sayuran memang banyak sekali macamnya. Tapi ada beberapa sayur-sayuran yang paling bagus untuk dikonsumsi ibu hamil. Apa saja kah? Simak di bawah ini ya Bun!

    Rekomendasi Sayur-sayuran Untuk Ibu Hamil

    1. Brokoli
      Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi. Brokoli mengandung kalsium dan asam folat yang tinggi dan sangat bermanfaat untuk janin dalam kandungan.
      Sayuran ini juga mengandung vitamin C, K, A, B6, kolin, serta antioksidan dan serat yang dapat menjaga kesehatan pencernaan, kulit, mata, dan tulang ibu hamil.
    2. Bayam
      Bayam mengandung serat dan zat besi tinggi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.
      Selain itu, bayam juga kaya akan asam folat, vitamin C, kalsium, vitamin B6, riboflavin, dan magnesium yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya.
    3. Sawi hijau atau Pok Choy
      Sawi hijau atau pok choy kaya akan asam folat yang baik untuk ibu hamil.
      Selain itu, terdapat juga kandungan vitamin C, vitamin B6, kalsium, magnesium, dan zat besi yang bisa mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral ibu hamil.
      Kandungan seratnya juga dapat membantu menghindari sembelit yang sering dialami ibu hamil.
    4. Cuciwis
      Sayuran jenis sawi-sawian ini juga baik untuk ibu hamil lho Moms. Cuciwis punya kandungan asam folat, kalsium, vitamin A, dan vitamin C.
      Cuciwis juga mengandung serat tinggi yang membantu menjaga kesehatan pencernaan selama hamil.
    5. Kangkung
      Kalau sayuran yang satu ini sudah tidak asing lagi di lidah ya Moms. Nah, kangkung ini punya kandungan nutrisi yang baik untuk ibu hamil.
      Kangkung mengandung vitamin K, zat besi, kalsium, magnesium, dan seng.
    6. Kacang Polong
      Kacang polong juga mengandung nutrisi yang sangat baik untuk ibu hamil, seperti asam folat, magnesium, zat besi, vitamin A dan C, serta serat pangan yang baik untuk pencernaan.
    7. Ubi Jalar Kuning
      Ubi kuning juga ternyata punya kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Ubi kuning mengandung vitamin C, asam folat, serat, karotenoid, dan potasium.
    8. Bit
      Bit mengandung asam folat, vitamin C, dan zat besi yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Bit juga dapat menjaga fungsi hati tetap sehat dan membantu membersihkan toksin di dalam darah sehingga dapat menjaga ibu hamil dari berbagai masalah kehamilan.
    9. Asparagus
      Kalau sayuran yang satu ini masih terbilang jarang ada di pasaran. Anda baru bisa menemukannya di supermarket besar. Sayuran ini punya kandungan nutrisi yang sangat baik lho. Asparagus mengandung vitamin K, B komplek, C, A dan asam folat serta serat yang sangat baik untuk ibu hamil.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 11, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bayi Berkeringat Di Malam Hari

  • Oleh : Himawan
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Pagi bu Bidan, saya punya bayi usianya baru 8 bulan 10 hari. Setiap tidur di malam hari bayi saya selalu berkeringat. Apalagi saat terbangun dan saya kasih ASI, keringatnya malah semakin mengucur padahal AC diruangan sudah mencapai 23 derajat. Itu normal gak bu bidan ? Terima kasih.

    Benjolan

  • Oleh : Dinda Putei
  • 11 bulan, 3 minggu yang lalu

    Bagaimana cara mengatasi benjolan dekat kemaluan dan paha, benjolannya cuma 1 buk, tapi bisa dipegang
    dan seperti kelenjer, dan terasa sedikit sakit.

  • Oleh : Dinda Putei
  • Makanan yang dilarang untuk anak yang selesai sunat

  • Oleh : Iis ismayanti
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya apakah ada pantangan makanan untuk anak yang saat ini baru sunat takutnya jika makan sembarangan akan berimbas pada luka sunat yang masih basah. Mohon penjelasannya trims.

    About miss v

  • Oleh : Salsabilla
  • 4 bulan, 1 minggu yang lalu

    Permisi dok jadi di dinding miss v saya itu seperti ada benjolan memanjang terasa perih dan gatal. saya tidak tahu penyebabnya apa dan cara mengatasinya. Apakah sebuah masalah yang serius atau tidak.mohon dijawab ya dok terimakasih.

  • Oleh : Salsabilla
  • Terlambat haid

  • Oleh : Yuni Arra
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Bu saya terakhir menstruasi tanggal 1 februari, siklus menstruasi saya 28 hari dan tidak pernah terlambat,
    Kemaren saya tespek hasil negatif, hari ini perut saya kram seperti mau haid tp lebih sakit lagi dan pegel2 juga itu kenapa ya ? Mohon di jawab . Terimakasih bu …

    Tanya Bidan