×

Jenis Sayur-sayuran Yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Jenis Sayur-sayuran Yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil

Ibu hamil memang diwajibkan makan makanan yang sehat dan bergizi. Selain untuk kesehatan dirinya juga untuk tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Salah satu yang harus ibu hamil konsumsi adalah sayuran.

Sayur-sayuran mengandung nutrisi penting dan esensial seperti vitamin, serat, mineral dan antioksidan. Kandungan gizi tersebut sangatlah penting bagi Ibu yang sedang menjalani masa kehamilan. Cerdas dalam memilih variasi konsumsi sayuran sangat menentukan kualitas kesehatan kehamilan yang sedang Ibu jalani. Kandungan penting lainnya seperti karoten, folat, dan magnesium juga sangat bermanfaat bagi proses tumbuh kembang janin.

Konsumsi sayur-sayuran selama kehamilan juga berdampak pada kualitas kesehatan dan berat badan si Kecil saat persalinan kelak. Dengan konsumsi buah dan sayuran yang kaya nutrisi di setiap asupannya, kemungkinan si Kecil untuk terlahir dengan berat badan ideal akan semakin tinggi. Selain itu, si Kecil akan memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik dan terhindar dari risiko terkena penyakit. Konsumsilah beragam buah dan sayuran dengan berbagai variasi warna, mulai dari hijau, kuning, dan oranye.

Related Posts :

    Sayur-sayuran memang banyak sekali macamnya. Tapi ada beberapa sayur-sayuran yang paling bagus untuk dikonsumsi ibu hamil. Apa saja kah? Simak di bawah ini ya Bun!

    Rekomendasi Sayur-sayuran Untuk Ibu Hamil

    1. Brokoli
      Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi. Brokoli mengandung kalsium dan asam folat yang tinggi dan sangat bermanfaat untuk janin dalam kandungan.
      Sayuran ini juga mengandung vitamin C, K, A, B6, kolin, serta antioksidan dan serat yang dapat menjaga kesehatan pencernaan, kulit, mata, dan tulang ibu hamil.
    2. Bayam
      Bayam mengandung serat dan zat besi tinggi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.
      Selain itu, bayam juga kaya akan asam folat, vitamin C, kalsium, vitamin B6, riboflavin, dan magnesium yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya.
    3. Sawi hijau atau Pok Choy
      Sawi hijau atau pok choy kaya akan asam folat yang baik untuk ibu hamil.
      Selain itu, terdapat juga kandungan vitamin C, vitamin B6, kalsium, magnesium, dan zat besi yang bisa mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral ibu hamil.
      Kandungan seratnya juga dapat membantu menghindari sembelit yang sering dialami ibu hamil.
    4. Cuciwis
      Sayuran jenis sawi-sawian ini juga baik untuk ibu hamil lho Moms. Cuciwis punya kandungan asam folat, kalsium, vitamin A, dan vitamin C.
      Cuciwis juga mengandung serat tinggi yang membantu menjaga kesehatan pencernaan selama hamil.
    5. Kangkung
      Kalau sayuran yang satu ini sudah tidak asing lagi di lidah ya Moms. Nah, kangkung ini punya kandungan nutrisi yang baik untuk ibu hamil.
      Kangkung mengandung vitamin K, zat besi, kalsium, magnesium, dan seng.
    6. Kacang Polong
      Kacang polong juga mengandung nutrisi yang sangat baik untuk ibu hamil, seperti asam folat, magnesium, zat besi, vitamin A dan C, serta serat pangan yang baik untuk pencernaan.
    7. Ubi Jalar Kuning
      Ubi kuning juga ternyata punya kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Ubi kuning mengandung vitamin C, asam folat, serat, karotenoid, dan potasium.
    8. Bit
      Bit mengandung asam folat, vitamin C, dan zat besi yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Bit juga dapat menjaga fungsi hati tetap sehat dan membantu membersihkan toksin di dalam darah sehingga dapat menjaga ibu hamil dari berbagai masalah kehamilan.
    9. Asparagus
      Kalau sayuran yang satu ini masih terbilang jarang ada di pasaran. Anda baru bisa menemukannya di supermarket besar. Sayuran ini punya kandungan nutrisi yang sangat baik lho. Asparagus mengandung vitamin K, B komplek, C, A dan asam folat serta serat yang sangat baik untuk ibu hamil.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 11, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Haid tidak teratur

  • Oleh : Fitriani Ani
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamualaikum ,,nama saya fitriani usia 24 thn suami 25 thn ,saya menikah sudah 11 bulan tapi blm juga hamil ,semenjak saya nukah haid saya tidak teratur sampe 3 bln sekali haid nya ,,saya pingin sekali punya momongan kmrin saya cek ke dokter kandungan hasil nya rahim saya kecil 😢 apa saya bisa hamil bu bidan mohon untuk penjelasan nya
    Trimakasih
    Wassalamualikum

    Tentang kehamilan

  • Oleh : Vianney Valista
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat malam bu bidan..mohon pencerahannya ya.
    Saya baru saja menikah,pengetahuan saya tetang hubungan intim dan kehamilan msh sangat minim sekali.
    Saya dan suami ingin menunda kehamilan krn ada bbrp alasan perkerjaan.
    Tadi kami melakukan hubungan intim di H+2 setelah saya haid dan suami saya membuang diluar.itu tidak membuat saya hamil kan bu?mohon pencerahan dan penjelasannya?

    HAID SEDIKIT

  • Oleh : devi nirvana
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    dok saya mau tanya..
    saya haid sedikit/bercaj aja selama 3 hari.. siklus haid 28 hari
    apakah itu ada kemungkinan hamil..
    atau adakah yg perlu saya konsumsi..
    terimakasi dok

    Haid tidak normal

  • Oleh : Elva Elva
  • 8 bulan, 4 minggu yang lalu

    Saya haid hari pertama lancar, pada hari k-2 dan hari k-3 mens darah berubah menjadi bergumpal dan nyeri pada miss v ny dok, apakah berbahaya? Dan penyebab nya apa ya dok,?…

  • Oleh : Elva Elva
  • hamil pasca operasi kehamilan ektopik

  • Oleh : Lusi
  • 4 tahun yang lalu

    Selamat sore buk,,
    saya mau tanya seputar kehamilan pasca operasi kehamilan ektopik di saluran tuba….pada bulan maret saya mengalami kehamilan ektopik,umur janin sudah 2 bulan,kemudian dokter menyarankan agar saya melakukan operasi karena KE sudah hampir pecah…jadi saya dan suami memutuskan untuk melakukan operasi pada bulan maret lalu…dokter menyarankan pasca operasi 3 bulan untuk melakukan hidrotubasi…tapi saya belum melakukannya meskipun sekarang sudah 3 bulan pasca operasi…yang ingin saya tanyakan,apakah saya bisa langsung program hamil aja tanpa hidrotubasi???mengingat keadaan keuangan dan rasa ketakutan saya terhadap efek samping dari hidrotubasi…mohon pencerahannya

    Tanya Bidan