×

Karena Memiliki Banyak Manfaat, Ibu Hamil Dianjurkan Mengonsumsi Tomat

Bagikan Artikel :

Karena Memiliki Banyak Manfaat, Ibu Hamil Dianjurkan Mengonsumsi Tomat

Tomat memang jarang sekali dikonsumsi. Paling para ibu menggunakan tomat untuk pelengkap rasa dan daya tarik masakan. Nah ternyata tomat ini banyak sekali manfaatnya lho! Apalagi untuk ibu hamil. Tomat mengandung beberapa antioksidan dan nutrisi yang sangat menyehatkan untuk tubuh ibu hamil dan perkembangan janin, seperti likopen, kolin, asam folat, beta karoten, lutein, hingga asam alfa-lipoat.

Related Posts :
    1. Kaya Vitamin C dan Zat Besi
      Tomat memiliki kandungan vitamin C dan zat besi yang memiliki fungsi baik bagi tubuh. Selain itu, juga ada manfaat tomat untuk ibu hamil lantaran kandungan tersebut. Zat besi akan sangat dibutuhkan bagi ibu hamil lantaran memberikan peran dalam proses pertumbuhan janin serta mencegah kelahiran prematur.
      Sementara vitamin C pada tomat akan membantu menjaga kondisi kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan.
    2. Sumber Asam Folat
      Tak hanya memiliki kandungan vitamin C, tomat juga termasuk buah yang mengandung asam folat. Zat inilah yang juga dibutuhkan oleh ibu hamil karena dapat mencegah cacat lahir pada bagian otak bayi.
    3. Menghidrasi Tubuh
      Tomat memiliki kadar air terbilang banyak yang bisa menghidrasi tubuh selama masa kehamilan. Tak hanya itu, kandungan air pada tomat akan bantu melembabkan kulit. Nah biasanya ibu hamil mengalami berbagai masalah kulit seperti kloasma, hiperpigmentasi, jerawat dan kulit kering. Pada ibu hamil yang sering mengonsumsi tomat, masalah kulit ini akan berkurang bahkan tidak sama sekali.
    4. Mencegah Masalah saat Kehamilan
      Saat pemenuhan zat yang dibutuhkan oleh tubuh semasa kehamilan, akan mengakibatkan resiko penyerta yang mungkin dialami ibu hamil. Seperti halnya kekurangan kalsium pada bumil akan menyebabkan kram, tulang keropos, lambatnya perkembangan janin, dan pertumbuhan tak sempurna janin. Maka dari itu, dengan konsumsi tomat maka kebutuhan akan kalsium harian ibu hamil akan terpenuhi.
    5. Membentuk Plasenta dan Sel Darah Merah
      Manfaat tomat untuk ibu hamil berikutnya adalah membantu memenuhi kebutuhan zat besi yang akan mengalir pada janin hingga membentuk plasenta. Pasalnya, bumil akan memerlukan kadar zat besi 200-300 persen. Vitamin C pada tomat nantinya akan membantu penyerapan zat besi guna membentuk sel darah merah dan plasenta.
    6. Meningkatkan energi
      Seperti yang sudah diketahui, rasa cepat lelah adalah “penyakit” bumil yang seringkali menghantui. Namun tenang saja, tomat memiliki kandungan karbohidrat yang cukup untuk memberikan energi pada bumil dikala rasa letih menyerang! Selain itu, karbohidrat juga menjaga kesehatan perkembangan janin di dalam rahim ibu.
    7. Mengatasi Hipotensi Ibu Hamil
      Tekanan darah rendah pada ibu hamil bisa dibilang sangat rentan. Pasalnya, perkembangan janin dalam kandungan akan menekan pembuluh darah besar hingga membuat volume pada sistem darah meluas. Dampaknya membuat tekanan darah ibu jadi menurun. Konsumsi tomat akan membantu mengatasinya. Sebab kadar garam, bioflavonoid, dan likopen pada buah satu ini akan membantu mengatasi hipotensi yang terjadi.
    8. Pembentukan Sel Otak Janin
      Manfaat tomat untuk ibu hamil yang mungkin tak disadari oleh para bunda adalah dapat membantu pembentukan sel otak janin secara maksimal. Pasalnya ada kandungan likopen yang bermanfaat bagi perkembangan sel pada janin. Likopen ini bersifat antioksidan yang memegang peranan penting suplai oksigen sehingga sel-sel tubuh berkembang baik. Tak hanya itu, protein pada tomat akan membantu menjaga kesehatan tulang ibu hamil.
    9. Mengatasi Anemia
      Manfaat tomat berikutnya adalah mengatasi anemia atau kurang darah pada ibu hamil. Sebab tomat mempunyai kandungan kompleks seperti vitamin, karbohidrat, mineral, serta protein yang akan membuat bumil terjaga kesehatannya. Sekaligus bantu menjaga perkembangan janin hingga proses persalinan nanti.
    10. Mencegah Radikal Bebas
      Selain membantu proses pembentukan sel otak janin, likopen pada tomat akan jadi antioksidan alami yang akan mencegah radikal bebas. Dengan begitu akan mencegah resiko kanker, jantung, serta menghambat kerusakan sel-sel tubuh tubuh pada ibu hamil.
    11. Membantu Perkembangan Siklus Sel
      Manfaat tomat untuk ibu hamil juga akan membantu perkembangan siklus sel. Likopen yang terkandungpada tomat akan berperan sebagai antioksidan yang akan membantu meningkatkan sinyal antar sel pada proses pembentukan sel-sel janin.
    12. Pemulihan Jaringan
      Tomat diketahui memiliki kandungan vitamin A yang pastinya akan sangat bagus bagi ibu hamil. Fungsi vitamin ini akan mempercepat pemulihan jaringan usai persalinan, mendukung pertumbuhan janin, serta meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, tomat juga akan membantu cegah resiko infeksi dan menjaga kesehatan mata.
    13. Mencegah perdarahan
      Perdarahan pada bumilbisa saja terjadi sebelum atau sesudah melahirkan. Dalam kondisi parah, perdarahan bisa mengancam nyawa.
      Keberadaan vitamin K di dalam tomat bisa membantu bumil dalam mencegah perdarahan yang bisa mengancam nyawa. Sebab, vitamin K akan membantu tubuh dalam melakukan proses pembekuan darah, untuk mencegah pendarahan berlebih.
    14. Mengatasi Masalah Pencernaan
      Tomat memiliki kandungan likopen dan betakaroten yang bagus bagi ibu hamil. Manfaat tomat untuk ibu hamil lainnya adalah membantu mengatasi gangguan pencernaan yang bisa saja terjadi selama kehamilan. Selain itu, juga bantu menjaga fungsi liver tetap sehat.

    Ibu Hamil Jangan Konsumsi Tomat Secara Berlebihan

    Mengonsumsi tomat dalam porsi yang wajar, sangatlah dianjurkan untuk bumil. Namun, mengonsumsinya dalam jumlah banyak bisa menimbulkan efek samping merugikan, seperti:
    • Migrain
    • Masalah ginjal
    • Masalah kandung kemih
    • Nyeri ulu hati
    • Refluks asam lambung
    Mengonsumsi makanan yang mengandung likopen terlalu banyak juga bisa menimbulkan risiko karotenemia dan likopenemia. Kedua kondisi ini bisa ditandai dengan gejala kulit menguning pada telapak tangan dan kaki.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 17, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    kehamilan

  • Oleh : Pipit Winartii
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat Pagi dok,

    istri saya haid terakhir tanggal 5 Juni 2018 dan berakhir pada tanggal 16 juni 2018
    kemudian saya melakukan hubungan dengan istri saya terakhir tanggal 25 Juni 2018
    apakah bisa hamil jika saya melakukan hubungan di tanggal tersebut ?

    dikarenakan saya ada tugas diluar kota ?
    saya takut terjadi sesuatu kejadian yang tidak di ingikan oleh istri saya.

    mohon jawabannya Dok,

    salam,

    Normalkah Kentut Melalui Vagina?

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih usia saya sekarang mau menginjak 20 tahun. Keluhan saya ini selalu kentut atau buang gas lewat vagina, apakah itu normal-normal saja untuk saya yang belum pernah melakukan hubungan suami istri? jika itu bahaya, apa yang harus saya lakukan bu? Terimakasih ditunggu jawabannya.

    Nyeri Setelah Buang Air Kecil

  • Oleh : Bang Andre
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Di usia saya yang baru menginjak 19 tahun, saya sering kali merasakan perih setelah buang air kecil, padahal saya belum menikah. Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan saya? Dan apa biasanya yang menyebabkan rasa perih itu sering muncul setelah buang air kecil ini?

  • Oleh : Bang Andre
  • Tenggorokan terasa tidak enak seperti mau muntah setiap pagi

  • Oleh : septiihandayani
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat pagi saya Jalil umur 25 tahun saya mau konsultasi setiap pagi tenggorokan saya terasa tidak enak bahkan serasa mau muntah-muntah hal tersebut sudah berlangsung selama 4 tahun. Dulunya setiap pagi saya mengalami batuk namun tidak berdahak beberapa tahun kemudian batuknya hilang namun rasa tidak enak di tenggorokan juga rasa ingin muntah malah semakin menjadi-jadi mohon pencerahannya dok trims

    Telat Menstrulasi

  • Oleh : Pipit Winartii
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang dok…
    Saya mau bertanya. Saat ini saya sudah berusia 33 tahun dan sudah telat menstrulasi selama 2 bulan, dan sering merasakan mual layaknya orang hamil, khusunya di pagi dan malam hari. Namun ketika saya mengecek dengan menggunakan test pack hasilnya justru negatif. Yang saya mau tanyakan apakan ada kemungkinan saya hamil sedangkan hasil test peck menunjukan negatif?

  • Oleh : Pipit Winartii
  • Tanya Bidan