Kenali 10 Bahaya Morning Sickness Bagi Ibu Hamil

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Curhat Bidan – Morning sickness merupakan kondisi dimana seorang wanita yang sedang hamil muda dan mengalami ketidaknyamanan pada tubuh akibat mual, muntah-muntah, kepala pusing, stres, pegal-pegal, ulu hati terasa tidak nyaman, penciuman berubah menjadi sangat sensitif terhadap bau tertentu. Kondisi seperti ini wajar terjadi pada seorang wanita yang sedang hamil trimester pertama dan tidak berdampak buruk selama morning sickness yang terjadi setiap harinya tidak parah. Morning sickness terjadi karena adanya perubahan hormon pertumbuhan dan pengaruh Hiperemesis graviderium.

    Ada beberapa bahaya morning sickness yang mungkin bisa ditimbulkan pada ibu hamil, seperti berikut:

    1.  Kurang Gizi
      Ibu hamil yang terkena morning sickness biasanya akan mengalami mual dan muntah yang menyebabkan berkurangnya nafsu makan. Apabila kondisi ini berlarut-larut maka akan menyebabkan tubuh ibu kekurangan nutrisi dan kondisi perkembangan janin dapat terganggu.
    2. Daya Tahan Tubuh Ibu Menurun
      Pada ibu hamil muda yang terus menerus mengalami mual, muntah, pusing dan rasa tidak nyaman pada tubuhnya akan menyebabkan dirinya tidak dapat tidur dengan nyenyak dan mengalami stres. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan daya tahan ibu menurun dan menimbulkan keluhan penyakit lain seperti terserang demam tinggi / mudah sakit.
    3. Berat Badan Menurun
      Ibu hamil yang tidak mendapatkan asupan gizi yang memadai dan tidak teratur dalam memakan makanan yang bergizi, maka tubuh ibu akan kurus karena kehilangan berat badan lebih dari 2kg dalam setiap bulannya dan hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan organ tubuh pada janin.
    4. Mengalami Dehidrasi
      Bagi yang mengalami morning sickness dapat menahan rasa dahaganya dibandingkan ibu yang tidak hamil, hal ini dikarenakan rasa mual, muntah dan pusinglah yang mengalahkan rasa haus tersebut. Ibu tidak menyadari jika tubuh terserang dehidrasi. Kondisi ini dapat membahayakan janin karena ikut kekurangan cairan dan oksigen.
    5. Tubuh Menjadi Lemas dan Lesu
      Morning sickness yang terus-menerus dapat menyebabkan tubuh menjadi lesu dan lemas karena nafsu makan menjadi hilang dan tidur tidak pulas. Hal ini karena tubuh merasa selalu tidak nyaman dalam keadaan apapun misalnya : duduk, rebahanm tidur dsb.
    6. Sensitif Terhadap Bau Tertentu
      Morning sickness bisa membuat ibu menjadi merasa aneh dan tidak nyaman. Saat penciumannya menjadi peka terhadap bebauab tertentu. Hal ini bisa mengganggu nafsu makan semakin hilang.

    7. Tingkat Psikologis Ibu Menjadi Tidak Menentu
      Morning sickness yang terus-menerus dapat mengakibatkan kondisi psikologis ibu menjadi tidak menentu dan sering berubah-ubah. Kondisi ini dapat mempengaruhi ketenangannya dalam berfikir. Apabila ibu hamil tidak dapat mengendalikan keadaan pikiran dan mentalnya, maka kesehatan janin pun akan terganggu yaitu tubuhnya akan mengalami keterlambatan pertumbuhan.
    8. Membuat Kadar Emosi Meningkat
      Sebagian ibu hamil ada yang mengalami luaoan emosi yang tidak terkontrol, mudah tersinggung, salah paham, tidak dapat berkonsentrasi dan selalu diselubungi rasa cemas, curiga dan gelisah yang tidak perlu. Kondisi seperti ini harus segera diatasi supaya ibu tidak mengalami depresi yang nantinya akan menyebabkan keguguran.
    9. Malas Bergerak
      Morning sickness sering membuat ibu menjadi malas untuk melakukan gerakan olahraga ringan di pagi hari, misalkan : jalan cepat, lari kecik dll. Banyak bergerak dapat mengurangi rasa mual, muntah, kepala pusing dan ulu hati nyeri.
    10. Dapat Terjadi Komplikasi
      Bahaya morning sickness yang parah dapat mengakibatkan komplikasi yang cukup meresahakan karena banyak dialami oleh ibu hamil berupa mual berkepanjangan dan muntah terus-menerus yang dibarengi dengan tubuh yang demam tinggi dan rasa pegal pegal yang luar biasa di sekujur tubuh sehingga membuat ibu menjadi benar benar tersiksa.
      Kondisi seperti ini dapat memicu daya tahan tubuh akan terus-menerus menurun dan bahkan ada kasus bagi beberapa ibu hamil tubuhnya tidak mampu menahan beban penderitaan tubuhnya yang akhirnya mengalami rasa kaget dan akhirnya jatuh pingsan dan tak sadarkan diri.

    Selama serangan morning sickness hanyalah mual, pusing, dan tidak terjadi terus menerus selama 24 jam maka kondisi tersebut masihlah wajar dan dinyatakan ibu masih salam keadaan yang sehat. Tetapi, jika ibu merasa khawatir karena kehamilannya merupakan yang pertama, lebih baik ibu berkonsultasi langsung pada doker kandungan dan ahli gizi supaya mendapatkan pemahaman yang benar tentang morning sickness.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - January 3, 2017
    Diskusi Dari:
    Jenni

    Bu bidan saya sekarang sedang mengandung anak k 2, dan saat ini usia kandungan saya 4 bulan. Namun dikehamilan saat ini saya khawatir karena ternyata IUD yang sebelumnya masih terpasang. Bagaimana langkah yang seharusnya saya lakukan, saya takut mempengaruhi janin saya. Karena ada yang menyebutkan bila dilepas akan mengakibatkan keguguran. Mohon penjelasanan bu bidan.

    Terimakasih

    Dijawab Oleh : Jenni
    Diskusi Dari:
    Gita Febian

    bagi saya pasangan suami istri muda sangat susah menemukan gspot pada istri saya, takutnya tidak memuaskan. Bagaimana cara kita menemukan g spot pada pasangan kita ?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Putri Kintamani

    Selamat sore, saya mau tanya bu bidan. Apa yang bisa menjadi menu paling tepat sebagai makanan pengganti ASI untuk si kecil ? Mohon dijawab, Terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Bang Andre

    Di usia saya yang baru menginjak 19 tahun, saya sering kali merasakan perih setelah buang air kecil, padahal saya belum menikah. Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan saya? Dan apa biasanya yang menyebabkan rasa perih itu sering muncul setelah buang air kecil ini?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Nenden Mustika

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun. Saat ini saya sedang hamil 3 bulan dan ini merupakan pengalaman pertama saya. Saya mau bertanya apakah ada pantangan makanan bagi ibu hamil muda yang memicu keguguran, takutnya saya salah makan mohin di jawab bu bidan terimakasih

    Perlu Jawaban