Kenali 8 Tanda Awal Kehamilan Selain Telat Datang Bulan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Curhatbidan.com – Pada umumnya, bagi yang sudah pernah melahirkan, mungkin sudah tahu dan bisa mengenali beberapa tanda-tanda kehamilan. Namun, bagi pasangan muda yang baru saja menikah penting untuk mengenali tanda-tanda awal kehamilan. Karena, apabila calon ibu telah mengetahui adanya ciri-ciri kehamilan, tentunya akan mempersiapkan segala sesuatu yang terbaik untuk kesehatan ibu dan janin. Begitupun sebaliknya, apabila calon ibu dan pasangan tidak mengetahui bahwa dirinya sedang hamil, dikhawatirkan akan melakukan hal-hal yang dilarang ketika hamil dan berpotensi membahayakan janin. Tidak hanya itu, calon ibu yang mengenali gejala awal kehamilan sejak dini akan lebih memperhatikan asupan dan kebutuhan nutrisi yang diperlukan untuk ibu dan sang buah hati. Oleh karena itu, Mari kita kenali 8 tanda awal kehamilan selain telat datang bulan.

    Kenali 8 Tanda Awal Kehamilan Selain Telat Menstruasi

    • Kram perut

    Pada umumnya saat awal kehamilan calon ibu akan mengalami kram atau kencang pada perut. Kram ini disebabkan oleh terhentinya produksi hormon progesteron dari corpus luteal setelah hadirnya plasenta. Kram perut juga dapat disebabkan karena otot rahim yang meregang akibat hadirnya janin. Kondisi seperti ini hanya akan berlangsung ringan. Namun, apabila terjadi kram perut yang disertai dengan pendarahan, maka sebaiknya periksa ke dokter untuk mendapatkan pertolongan.

    • Bercak darah ringan (flek/spoting)

    Bercak darah ini biasanya berwarna merah muda atau coklat. Hal ini terjadi disebabkan oleh adanya proses implantasi sel ovum yang telah dibuahi oleh sel sperma yang menempel ke dinding rahim.

    • Perubahan pada organ intim

    Adanya perubahan pada bibir organ intim atau area kewanitaan menjadi ciri-ciri awal kehamilan selanjutnya. Perubahan tersebut diantaranya pada warnanya yang semula merah muda berubah menjadi lebih pucat atau gelap. Pada awal kehamilan biasanya juga akan keluar cairan dari organ intim calon ibu yang mirip dengan keputihan. Hal ini merupakan cairan yang dihasilkan dari pembuahan yang berasal dari cervical mucus.

    • Mual dan muntah (morning sicknes)

    Biasanya terjadi pada pagi hari saat bangun tidur dan disertai dengan gejala pusing atau tidak enak badan, dan diserta ngidam. Hal ini terjadi karena hormon estrogen yang meningkat menyebabkan peningkatan asam lambung. Mual dan muntah juga dapat disebabkan karena hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang mulai dihasilkan oleh plasenta. Tidak hanya itu, mual muntah juga dapat dipicu oleh adanya perubahan metabolisme pada organ intim pada saat awal kehamilan serta dapat pula disebabkan karena adanya faktor psikis calon ibu yang mulai labil. Terjadinya mual dan muntah juga pada umumnya akan mereda seiring bertambahnya usia kehamilan. Namun pada beberapa kasus ada calon ibu yang terus merasakan mual muntah sampai bayi yang dikandungnya lahir.

    • Mudah cape

    Hadirnya janin akan menyebabkan peningkatan pasokan aliran darah menuju ke janin dan tentunya ibu harus berbagi nutrisi dengan janin yang dikandungnya. Pada fase asal penyesuaian, calon ibu biasanya akan sering merasakan mudah cape. Maka dari itu, apabila kehamilan diketahui sejak dini maka tentunya calon ibu harus memperbanyak asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan calon ibu sendiri serta perkembangan janinnya.

    • Payudara lebih sensitif

    Biasanya, aerola (daerah sekitar puting susu) pada calon ibu akan terlihat menghitam, ukuran payudara membesar serta terasa lebih berat dan biasanya juga pada area payudara terasa agak sakit. Tanda awal kehamilan ini terjadi karena adanya peningkatan hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh wanita hamil.

    • Sering buang air kecil

    Tanda ini disebabkan karena pada awal kehamilan tubuh akan beradaptasi dengan hadirnya janin, seperti volume dalam darah meningkat dan ginjal akan bekerja lebih kerasa dari biasanya sehingga wanita hamil akan sering mengalami buang air kecil. Selain itu, gejala ini juga dipicu oleh peningkatan hormon HCG serta hadirnya janin yang mendesak kandung kemih.

    • Sensitif terhadap bau

    Calon ibu biasanya tidak menyukai aroma-aroma yang agak menyengat walaupun aroma itu sebelumnya disukai oleh wanita tersebut. Rasa eneg pada saat hamil juga akan menyebabkan mual dan muntah.

    Jadi itulah 8 tanda awal kehamilan selain telat datang bulan. Apabila, Anda merasakan beberapa tanda kehamilan diatas, sebaiknya segeralah untuk pergi ke dokter kandungan untuk memastikannya. Jika saja memang Anda tengah mengandung, sebaiknya diawal kehamilan ini Anda memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur, banyak minum air putih, menghindari rokok dan menghindari berbagai aktivitas yang terlalu berat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - May 25, 2016
    Diskusi Dari:
    Lia Rachma

    Pagi Dok. Saya wanita beru,ur 21 Tahun, mau bertanya kenapa ya kalau saya telat makan atau makan pedas perut saya sering panas dan juga keras dibagian perut sebelah kanan dan juga pusar. Apakah ini merupakan salah satu jenis masalah kesehatan yang berbahaya?

    Dijawab Oleh : Lia Rachma
    Diskusi Dari:
    Riri

    Selamat siang, Maaf sebelumnya saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi demam yang disertai pada anak usia 1 tahun. Karena sudah 3 hari anak saya mengalami demam yang disertai dengan diare. Anak juga tidak mau makan dan sering rewel. Kemarin diperiksa ke dokter dan demam sempat turun setelah diberikan obat penurun demam, namun esoknya suhu tubuhnya kembali naik dan intensitas diare semakin sering. Mohon penjelasannya.

    Terimakasih sebelumnya.

    Dijawab Oleh : Riri
    Diskusi Dari:
    Yuli Ani

    Selamat sore bu bidan, saya ingin bertanya berapa lama waktu saya bisa hamil lagi setelah lepas KB suntik? Apakah benar bisa sampai satu tahun? Mohon kejelasannya, terima kasih.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Aini Muti

    Assalamualaikum bik sy mo nnya kan sy haid bulan kemaren tgl 19 oktber dan selsai haid tgl 25okt, nah sekarng sdh blan nov tgl 29 berart telat sdh bbrpa hari kan buk? Apa benar buk sdh di hitung 2 bulan

    Dijawab Oleh : Aini Muti
    Diskusi Dari:
    Himawan

    Pagi bu Bidan, saya punya bayi usianya baru 8 bulan 10 hari. Setiap tidur di malam hari bayi saya selalu berkeringat. Apalagi saat terbangun dan saya kasih ASI, keringatnya malah semakin mengucur padahal AC diruangan sudah mencapai 23 derajat. Itu normal gak bu bidan ? Terima kasih.

    Dijawab Oleh : Himawan