×

Ketahui 5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil Cepat Lelah

Bagikan Artikel :

Ketahui 5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil Cepat LelahBidan Online,-
Masa kehamilan tentunya menjadi momen yang sangat membahagiakan. Akan
hadirnya sang buah hati tentunya akan sangat melengkapi kebahagiaan
keluarga kecil anda. Namun masa kehamilan juga menjadi hal berat yang
harus di hadapi para ibu hamil pasalnya banyak sekali perubahan hingga
keluhan yang sering timbul saat hamil. Saat hamil mungkin tidak asing
lagi jika ibu merasa cepat lelah dan ingin tiduran saja. Kurang
bersemangat hingga membuat kibu hamil malas untuk bergerak. Hal tersebut
tentunya bukan disengaja atau ingin malas-malasan diketahui banyak ibu
hamil yang mersakan kelelahan memasuki usia kehamilan pada 7 bulan namun
ada juga ibu hamil yang merasa cepat lelah mulai dari timester awal
hingga akhir.

Cepat lelah saat hamil memang menjadi hal yang wajar, ada beberapa alasan yang bisa membuat ibu hamil cepat lelah yang membuat para ibu hamil malas bergerak dan kurang bersemangat.

Perubahan hormon
Perubahan hormon pada saat hamil memang sangat berpengaruh pada ibu hamil. Perubahan produksi hormon progesteron dapat membuat ibu hamil merasa cepat mengantuk. Hal tersebut menyebabkan tubuh mengalami penurunan produksi tekanan darah dan kadar gula darah. Maka tidak heran
jika ibu hamil merasa mudah mengantuk dan cepat lelah. Tidak hanya itu perubahan hormon pada saat hamil juga membuat otot-otot menjadi lebih lembek dan lemah

Anemia
Anemia menjadi keluhan ibu hamil yang sangat sering muncul. Kurangnya asupan zat besi didalam tubuh dapat menyebabkan anemia.  Gejala anemia sendiri di tandai dengan cepat lelah, pusing, juga kurang bersemangat. Tentunya anemia pada ibu hamil tidak bisa di anggap sepele karena jika telat mendapatkan penanganan maka akan berdampak buruk bagi ibu hamil dan janin.

Related Posts :

    Cemas
    Perubahan emosi pada ibu hamil mungkin banyak di rasakan termasuk rasa cemas. Namun tahukah anda jika rasa cemas berlebih hingga menyebabkan depresi bisa membuat ibu hamil cepat lelah. Beberapa kecemasan yang mungkin saja di rasakan ibu hamil seperti kesehatan bayi, persiapan persalinan, juga perasaan mengenai kehamilannya. Tentunya kecemasam berlebih harus segera di atasi agar tidak menyebabkan depresi atau stres karena kedua hal tersebut memiliki efek buruk bagi janin.

    Mual dan muntah
    Ya mual dan muntah tidak sedikit di rasakan setiap ibu hamil. Mual dan muntah saat hamil atau sering di sebut juga morning sickness bisa menyebabkan energi terkuras. Tidak hanya itu mual dan muntah berkepanjangan juga bisa menyebabkan dehidrasi. Maka dari itu penuhi asupan cairan dan konsumsi makanan bergizi agar ibu hamil tidak merasa cepat lelah.

    Beban
    Memasuki timester ketiga tentunya penambahan beban pun semakin berat. Bertambahnya berat bayi juga berat badan ibu hamil akan membuat ibu hamil merasa cepat lelah. Kondisi ini bisa membuat ibu hamil mengalami kesulitan tidur dan sering buang air kecil sehingga ibu hamil cepat merasa lelah. Perubahan perut yang semakin membesar juga di sinyalir dapat menekan pernapasan sehingga membuat nafas lebih pendek dan cepat lelah.

    Meskipun pada umumnya rasa cepat lelah pada ibu hamil di anggap sebagai hal yang wajar namun anda dapat mengatasinya dengan cara yang sederhana. Disarankan untuk para ibu hamil untuk memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur, mengkonsumsi makanan bergizi dengan porsi kecil namun sering, usahakan untuk memenuhi asupan cairan dengan minum air putih, melakukan jalan santai ataupun peregangan, juga istirhat yang cukup. Semoga bermanfaatdan baca juga artikel lainnya Tips Travelling Saat Hamil Muda

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 20, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Pencegahan Pregobesity/kenaikan berat badan berlebih selama kehamilan

  • Oleh : Nita Mustika
  • 5 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selamat Pagi,
    Saya Nina saya mau bertanya, bagaimana Cara Pencegahan Pregobesity/kenaikan berat badan yang berlebih selama kehamilan pada Ibu Hamil ?

    Infertilitas sekunder

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 5 bulan, 1 minggu yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    cara menemukan g-spot pada wanita

  • Oleh : Gita Febian
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    bagi saya pasangan suami istri muda sangat susah menemukan gspot pada istri saya, takutnya tidak memuaskan. Bagaimana cara kita menemukan g spot pada pasangan kita ?

  • Oleh : Gita Febian
  • Telat Menstrulasi

  • Oleh : Pipit Winartii
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat siang dok…
    Saya mau bertanya. Saat ini saya sudah berusia 33 tahun dan sudah telat menstrulasi selama 2 bulan, dan sering merasakan mual layaknya orang hamil, khusunya di pagi dan malam hari. Namun ketika saya mengecek dengan menggunakan test pack hasilnya justru negatif. Yang saya mau tanyakan apakan ada kemungkinan saya hamil sedangkan hasil test peck menunjukan negatif?

  • Oleh : Pipit Winartii
  • Anak usia 2 tahun tidak mau makan sayur

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya. Saya mempunyai anak usia dua tahun kurang saat ini memang sedang aktif-aktifnya kesana kemari. Namun anak saya itu tidak mau makan sayur, setiap hari anak saya selalu makan dengan daging. Apakah jika anak saya tidak mau makan sayur akan berdampak pada perkembangan juga kesehatannya? dan bagaimana cara agar anak saya mau makan sayur? Mohon jawabannya Terimakasih

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan