Ketahui 5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil Cepat Lelah

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Ketahui 5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil Cepat LelahBidan Online,-
    Masa kehamilan tentunya menjadi momen yang sangat membahagiakan. Akan
    hadirnya sang buah hati tentunya akan sangat melengkapi kebahagiaan
    keluarga kecil anda. Namun masa kehamilan juga menjadi hal berat yang
    harus di hadapi para ibu hamil pasalnya banyak sekali perubahan hingga
    keluhan yang sering timbul saat hamil. Saat hamil mungkin tidak asing
    lagi jika ibu merasa cepat lelah dan ingin tiduran saja. Kurang
    bersemangat hingga membuat kibu hamil malas untuk bergerak. Hal tersebut
    tentunya bukan disengaja atau ingin malas-malasan diketahui banyak ibu
    hamil yang mersakan kelelahan memasuki usia kehamilan pada 7 bulan namun
    ada juga ibu hamil yang merasa cepat lelah mulai dari timester awal
    hingga akhir.

    Cepat lelah saat hamil memang menjadi hal yang wajar, ada beberapa alasan yang bisa membuat ibu hamil cepat lelah yang membuat para ibu hamil malas bergerak dan kurang bersemangat.

    Perubahan hormon
    Perubahan hormon pada saat hamil memang sangat berpengaruh pada ibu hamil. Perubahan produksi hormon progesteron dapat membuat ibu hamil merasa cepat mengantuk. Hal tersebut menyebabkan tubuh mengalami penurunan produksi tekanan darah dan kadar gula darah. Maka tidak heran
    jika ibu hamil merasa mudah mengantuk dan cepat lelah. Tidak hanya itu perubahan hormon pada saat hamil juga membuat otot-otot menjadi lebih lembek dan lemah

    Anemia
    Anemia menjadi keluhan ibu hamil yang sangat sering muncul. Kurangnya asupan zat besi didalam tubuh dapat menyebabkan anemia.  Gejala anemia sendiri di tandai dengan cepat lelah, pusing, juga kurang bersemangat. Tentunya anemia pada ibu hamil tidak bisa di anggap sepele karena jika telat mendapatkan penanganan maka akan berdampak buruk bagi ibu hamil dan janin.

    Cemas
    Perubahan emosi pada ibu hamil mungkin banyak di rasakan termasuk rasa cemas. Namun tahukah anda jika rasa cemas berlebih hingga menyebabkan depresi bisa membuat ibu hamil cepat lelah. Beberapa kecemasan yang mungkin saja di rasakan ibu hamil seperti kesehatan bayi, persiapan persalinan, juga perasaan mengenai kehamilannya. Tentunya kecemasam berlebih harus segera di atasi agar tidak menyebabkan depresi atau stres karena kedua hal tersebut memiliki efek buruk bagi janin.

    Mual dan muntah
    Ya mual dan muntah tidak sedikit di rasakan setiap ibu hamil. Mual dan muntah saat hamil atau sering di sebut juga morning sickness bisa menyebabkan energi terkuras. Tidak hanya itu mual dan muntah berkepanjangan juga bisa menyebabkan dehidrasi. Maka dari itu penuhi asupan cairan dan konsumsi makanan bergizi agar ibu hamil tidak merasa cepat lelah.

    Beban
    Memasuki timester ketiga tentunya penambahan beban pun semakin berat. Bertambahnya berat bayi juga berat badan ibu hamil akan membuat ibu hamil merasa cepat lelah. Kondisi ini bisa membuat ibu hamil mengalami kesulitan tidur dan sering buang air kecil sehingga ibu hamil cepat merasa lelah. Perubahan perut yang semakin membesar juga di sinyalir dapat menekan pernapasan sehingga membuat nafas lebih pendek dan cepat lelah.

    Meskipun pada umumnya rasa cepat lelah pada ibu hamil di anggap sebagai hal yang wajar namun anda dapat mengatasinya dengan cara yang sederhana. Disarankan untuk para ibu hamil untuk memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur, mengkonsumsi makanan bergizi dengan porsi kecil namun sering, usahakan untuk memenuhi asupan cairan dengan minum air putih, melakukan jalan santai ataupun peregangan, juga istirhat yang cukup. Semoga bermanfaatdan baca juga artikel lainnya Tips Travelling Saat Hamil Muda

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - January 20, 2017
    Diskusi Dari:
    Winda

    Selamat siang,
    Saat ini istri saya tengah mengandung dan sering sekali mengalami mual dan muntah. Selain itu, saya lihat berat badannya malah sedikit menurun. Apa ini berbahaya? dan apa yang menjadi penyebab turunnya berat badan istri saya, apa mungkin ada hubungannya dengan gejala mual muntah yang dialami oleh istri saya?

    Dijawab Oleh : Winda
    Diskusi Dari:
    Hasya

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Sekarang ini lagi heboh penyebaran virus zika yang tengah masuk ke Singapura dan ditakutkan juga bisa masuk ke Indonesia. Lalu, bagaimana cara kita, terutama ibu hamil bisa terhindar dari virus zika tersebut ? Katanya yang dengar, virus zika bisa mengganggu perkembangan otak bayi dan membuatnya cacat otak. Mohon penjelasannya bu, terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Adhy Putra Lautan

    Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana cara mengatasi sakit pinggang saat hamil ? Saya sedang hamil 7 bulan, sering mengeluhkan sakit pinggang.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    danilobecnel

    Selamat siang Bu Bidan,
    Bayi saya umur 4 bulan sudah seminggu ini tidak BAB. Sebelumnya setiap hari selalu BAB bisa 2 sampai 3 kali sehari. Apakah kondisi bayi saya normal ? Apa tindakan yang harus saya lakukan ?

    Dijawab Oleh : danilobecnel
    Diskusi Dari:
    Hilman Suhilman

    Selamat siang bu bidan , Pada saat hamil 24 minggu dokter baru memberirahukan ke saya bahwa janin yang dikandung mengalami gangguan perkembangan. setelah saya kontrol 2 minggu kemudian dan dilakukan USG, dokter menyatakan janin saya tidak bernafas lagi, dan sepertinya sudah tidak ada sekitar 1 minggu. Yang ingin saya tanyakan apa penyebab gangguan pertumbuhan pada janin dan apakah bisa diketahui dari awal kehamilan?

    Dijawab Oleh : Hilman Suhilman