×

Ketahui Penyebab Keringat Berlebih Pada Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Ketahui Penyebab Keringat Berlebih Pada Ibu HamilBidan Online,- Keluhan ibu hamil nyatanya bukan hanya rasa tidak nyaman atau sakit pada tubuh namun juga tidak sedikit ibu hamil yang mengeluhkan mengalami keringat berlebih. Bahkan dari beberapa ibu hamil menyebutkan jika keluhan keringat berlebih ini dapat keluar sangat banyak di bagian tubuh. Tentunya keringat berlebih akan membuat siapa saja merasa tidak nyaman terlebih lagi ibu hamil. Keringat berlebih dapat keluar dari area sekitar organ intim, ketiak, punggung, paha, hingga leher dan wajah.

Related Posts :

    Pada dasarnya keringat sendiri merupakan respon alami tubuh untuk mendinginkan suhu tubuh. Biasanya keluarnya keringat saat seseorang merasa kegerahan atau suhu tubuh meningkat. Namun bagaimana jika keringat keluar lebih banyak saat hamil? Apa sih yang menjadi penyebabnya? simak ulasannya berikut ini.

    Sebenaranya ibu hamil yang mengalami keringat berlebih tidak perlu khawatir karena bisa di sebut sebagai hal yang wajar terjadi. Biasanya keluhan keringat berlebih ini akan muncul di awal trimester, trimester ketiga, dan setelah melahirkan. Penyebab pasti dari keringat berlebih pada ibu hamil yaitu karena adanya perubahan hormon yang terjadi secara signifikan. Adapun penyebab lainnya yaitu karena saat anda hamil secara otomatis badan akan di tuntut bekerja lebih keras dalam berbagai hal.

    Namun berbeda dengan keringat pada orang pada umumnya, keringat pada ibu hamil cenderung tidak berbau menyengat. Dan berikut ini beberaapa penyebab keringat berlebih pada ibu hamil yang wajib anda ketahui.

    Berat badan bertambah

    Berat badan yang bertambah pada saat hamil memang bukan menjadi hal aneh. Peningkatan berat badan pada ibu hamil biasanya dapat mencapai 11 sampai 15 kg. Tentunya dengan beban yang terbilang berat tersebut maka tidak heran jika ibu hamil mengalami keringat berlebih juga sangat rentan terserang dehidrasi.

    Perubahan hormon

    Sudah di jelaskan sebelumnya jika perubahan hormon pada ibu hamil memang dapat menjadi penyebab ibu hamil mengalami keringat berlebih. Peningkatan hormon progesteron pada ibu hamil dapat menyebabkan suhu tubuh meningkat. Tidak hanya itu saja faktanya peningkatan hormon progesteron dapat membuka lebar pembuluh darah kecil pada ibu hamil yang menyebabkan ibu hamil bisa berkeringat lebih banyak. Perubahan hormon pada ibu hamil dapat terjadi dalam cangkupan yang berbeda dengan orang normal lainnya bahkan bisa berubah secara signifikan maka tidak heran jika ibu hamil sering mengalami beberapa keluhan.

    Aliran darah yang meningkat

    Diketahui saat hamil para wanita akan mengalami peningkatan aliran darah hingga 40%. Bukan tanpa alasan peningkatan aliran darah tersebut dapat terjadi karena menyesuaikan dengan kebutuhan janin. Akibat dari adanya peningkatan aliran darah tersebut maka darah akan terpompa lebih banyak yang bisa membuat suhu tubuh meningkat dan proses metabolisme bekerja lebih keras. Maka tidak heran jika ibu hamil cenderung lebih banyak berkeringat.

    Adapun beberapa tips mengatasi keringat berlebih pada saat hamil yaitu dengan memilih pakaian longgar berbahan katun, linen, maupun serat alami lainnya yang dapat membuat tubuh lebih sejuk. Pastikan untuk sering minum air putih, mandi lebih sering, hingga segera lap jika keringat muncul.

    Baca juga artikel lainnya:

    Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar

    Tips Solusi Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil Yang Benar

    Manfaat Merendam Kaki Dengan Air Hangat Pada Ibu Hamil

    Ketahui 5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil Cepat Lelah

    Bahaya Ibu Hamil Marah-marah Bagi Perkembangan Janin

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 5, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kanker payudara

  • Oleh : Dyah Melati
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum dok . Saya mau tnya ..
    Apakah beberapa benjolan kecil smprt kelereng di payudara trmsuk dikategorikan sbg tanda2 kanker payudara? Benjolanya ada beberapa di kanan kiri

    haid tidak lancar karena spiral

  • Oleh : Putri Izzi
  • 3 bulan, 1 minggu yang lalu

    assalamualaikum dok. sy menggunakan kb iud atau spiral
    sy haid nya menjadi tdk lancar

    lebih dr 15 hari, apakah ada yg bisa sy lakukan agar itu bisa lekas berhenti

  • Oleh : Putri Izzi
  • Konsultasi

  • Oleh : Nofi Ariyanti
  • 9 bulan yang lalu

    Assalamualaikum ibu bidan, jika haid saya tanggal nya tdk teratur, dan ketika cek sperma suami sy ternyata oligoasthenoteratozoospermia (oat), apakah sy dan suami masih bisa memiliki momongan dg cara promil alami??

    Tanda awal persalinan

  • Oleh : Dewi Dewi diana sari
  • 5 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualaukum, buk sya mau nanya tadi malam sya keluar cairan bening banyak sampe celana basah kayak ngompol gtu, trus subuh nya sya keluar cairan lagi beserta lendir kental tapi ngak ada darah itu lumayan banyak juga dri yang pertama, apakah itu tanda persalinan atau gimana yah buk?

  • Oleh : Dewi Dewi diana sari
  • cara menemukan g-spot pada wanita

  • Oleh : Gita Febian
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    bagi saya pasangan suami istri muda sangat susah menemukan gspot pada istri saya, takutnya tidak memuaskan. Bagaimana cara kita menemukan g spot pada pasangan kita ?

  • Oleh : Gita Febian
  • Tanya Bidan