×

Ketahui Tahap Perkembangan Perut Ibu Hamil yang Mengagumkan

Bagikan Artikel :

Bidan Online – Sering kita bertanya tanya mengenai bagaimana bisa perut yang awalnya datar mampu berkembang dengan mengagumkan ketika hamil, sehingga perut bisa menjadi sebuah tempat tinggal janin selama 9 bulan. Perlu bunda ketahui juga kulit memang dirancang begitu elastis sehingga mampu secara alami menciptakan ruangan bagi janin untuk tinggal dan berkembang dalam perut. Dan jika mama penasaran dengan bagaimana tahap perkambangan perut ibu hamil, maka bunda perlu untuk mengetahui Tahap Perkembangan Perut Ibu Hamil yang Mengagumkan

Related Posts :

    Tahap Perkembangan Perut Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

    1. Pada Trisemester Pertama

    Pada tahap awal kehamilan, memang tidak ada perubahan fisik yang begit signifikan, sehingga memang sulit bagi orang lain untuk mengetahui apakah mama sedang hamil atau tidak. Namun pada saat ini seebenarnya kandung kemih, telah memulai untuk bergeser dan agak ditekan, hal ini karena adanya pertumbuhan janin. Kondisi ini  yang menyebabkan mama sering buang air kecil pada awal awal kehamilan. Dengan semakin bertambahnya usia kandungan, maka semakin banyak pula organ yang ikut berubah, salah satunya adalah usus. Usus sudah mulai berpindah tempat, guna menciptakan ruangan untuk janin berkambang dalam perut.

    2. Pada Trisemester Kedua

    Untuk trisemester kedua ini perut akan mengalami perubahan hingga 45 derajat lebih naik, bila dibandingkan dengan perut orang lain pada umumnya. Sama halnya ketika trisemester pertama, usus akan mulai bergerak untuk memberikan ruang bagi calon bayi. Dan organ lain seperti hati dan juga paru paru juga akan mulai menyesuaikan kondisi kehamilan, hal ini dikarenakan telah berlangsungnya perkambangan janin yang sudah sangat pesat.

    Baca Juga : Fase Perkembangan Janin Dari 1 Sampai 9 Bulan Lengkap

    3.Pada Trisemester Ketiga

    Ketika memasuki kehamilan di trisemester ketiga, maka bentuk bagi perut ibu hamil akan terlihat agak sedikit menurun. Kondisi seperti ini disebabkan oleh paru paru yang menekan kebawah. Hal ini berguna supaya maka bisa tetap bernapas.

    Nah itulah beberapa tahap perkembangan perut ibu hamil ketika sedang menjalani proses kehamilan. Dan setelah melahirkan maka mama bisa melihat bahwasannya perkembangan perut ibu hamil akan berhenti dan kembali pada ukuran semulanya. Selain rahim yang akan kembali dengan ukuran semula, maka bentuk dan juga posisi organ akan kembali pada posisi sebelumnya. Dengan melihat perkambangan yang begitu mengagumkan ini, jadi bunda tidak usah khawatir, karena janin akan mendapatkan tempat dan ruang yang pas untuknya bisa tumbuh dan berkembang.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 24, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Pemberian susu formula pada bayi prematur

  • Oleh : eureeka
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan. Anak saya lahir prematur dengan berat 1,7 kg dan dirawat di ruang perinatologi selama 9 hari. Sekarang usianya 2 bulan dan beratnya sudah naik menjadi 3,4 kg. Apa boleh saya beri susu formula hanya siang hari saja karena saya harus bekerja dan malam hari saya beri ASI ?

    Hamil

  • Oleh : Obey Hungkul
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang dok saya mau bertanya, saya telat haid 4hari tapi setelah di test pack hasilnya negatif dok, apa ada kemungkinan untuk saya hamil ? Atau bagaimana ya dok. Terimakasih

    Berhubungan Seks

  • Oleh : Sherly davies
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat Siang Dok, Saya mau bertanya, saat ini saya sedang menunda kehamilan. Saya sering kali melakukan hubungan intim bahkan hingga 3 sampai 4 kali seharinya. Namun karena saya menunda kehamilan, saya selalu mengeluarkan sperma di luar. Yang saya mau tanyakan apakah dengan kondisi dan kebiasaan ini saya bisa hamil? dan apa dampak bahaya dan manfaat melakukan hubungan intim yang sering ini?

    Bercak darah

  • Oleh : Rara Erlyska
  • 10 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu. Maaf mau tanya. Saya hari ini keluar bercak darah segar warna kepink”an berair di sertai kram ringan di perut bagian bawah. Sementara saya haid kemarin di tanggal 15-20 november. Apakah itu normal bu? Saat ini saya sedang dalam masa subur. Dan haid yang akan mendatang masih 1 mingguan lebih tepatnya di tanggal 31 desember nanti

  • Oleh : Rara Erlyska
  • Benjolan di payudara

  • Oleh : Syirly Urmila
  • 9 bulan, 3 minggu yang lalu

    Siang dok,,, saya ibu menyusui usia 27 tahun bayi usia 1 tahun,,, sya mw tanya,,, tdi pagi wktu sya belanja ke warung tanpa sengaja payudara terkena pukulan tangan sya sendiri,,, saya baru sadar saat bayi sya mau menyusu d payudara saya sebelah kanan ada benjolan sprti ASI yg trsumbat akibat pukulan td,,, tresa nyeri klo dipegang,,, itu kenapa ya dok

  • Oleh : Syirly Urmila
  • Tanya Bidan