×

Ketahui Tahap Perkembangan Perut Ibu Hamil yang Mengagumkan

Bagikan Artikel :

Bidan Online – Sering kita bertanya tanya mengenai bagaimana bisa perut yang awalnya datar mampu berkembang dengan mengagumkan ketika hamil, sehingga perut bisa menjadi sebuah tempat tinggal janin selama 9 bulan. Perlu bunda ketahui juga kulit memang dirancang begitu elastis sehingga mampu secara alami menciptakan ruangan bagi janin untuk tinggal dan berkembang dalam perut. Dan jika mama penasaran dengan bagaimana tahap perkambangan perut ibu hamil, maka bunda perlu untuk mengetahui Tahap Perkembangan Perut Ibu Hamil yang Mengagumkan

Tahap Perkembangan Perut Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

1. Pada Trisemester Pertama

Pada tahap awal kehamilan, memang tidak ada perubahan fisik yang begit signifikan, sehingga memang sulit bagi orang lain untuk mengetahui apakah mama sedang hamil atau tidak. Namun pada saat ini seebenarnya kandung kemih, telah memulai untuk bergeser dan agak ditekan, hal ini karena adanya pertumbuhan janin. Kondisi ini  yang menyebabkan mama sering buang air kecil pada awal awal kehamilan. Dengan semakin bertambahnya usia kandungan, maka semakin banyak pula organ yang ikut berubah, salah satunya adalah usus. Usus sudah mulai berpindah tempat, guna menciptakan ruangan untuk janin berkambang dalam perut.

2. Pada Trisemester Kedua

Untuk trisemester kedua ini perut akan mengalami perubahan hingga 45 derajat lebih naik, bila dibandingkan dengan perut orang lain pada umumnya. Sama halnya ketika trisemester pertama, usus akan mulai bergerak untuk memberikan ruang bagi calon bayi. Dan organ lain seperti hati dan juga paru paru juga akan mulai menyesuaikan kondisi kehamilan, hal ini dikarenakan telah berlangsungnya perkambangan janin yang sudah sangat pesat.

Baca Juga : Fase Perkembangan Janin Dari 1 Sampai 9 Bulan Lengkap

3.Pada Trisemester Ketiga

Ketika memasuki kehamilan di trisemester ketiga, maka bentuk bagi perut ibu hamil akan terlihat agak sedikit menurun. Kondisi seperti ini disebabkan oleh paru paru yang menekan kebawah. Hal ini berguna supaya maka bisa tetap bernapas.

Nah itulah beberapa tahap perkembangan perut ibu hamil ketika sedang menjalani proses kehamilan. Dan setelah melahirkan maka mama bisa melihat bahwasannya perkembangan perut ibu hamil akan berhenti dan kembali pada ukuran semulanya. Selain rahim yang akan kembali dengan ukuran semula, maka bentuk dan juga posisi organ akan kembali pada posisi sebelumnya. Dengan melihat perkambangan yang begitu mengagumkan ini, jadi bunda tidak usah khawatir, karena janin akan mendapatkan tempat dan ruang yang pas untuknya bisa tumbuh dan berkembang.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 24, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Olahraga yang tepat dan aman dilakukan oleh ibu hamil

  • Oleh : Tutut Kartikasari
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Saya mau tanya bu bidan, apa boleh ibu hamil mengikuti olahraga? dan sebaiknya olahraga apa yang harus dipilih saat hamil?

  • Oleh : Tutut Kartikasari
  • apa pengaruh dari ibu hamil yang sering buang-buang air (maaf) mencret?

  • Oleh : Via
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    ibu bidan, saya mau bertanya tentang istri saya yang mengalami buang-buang air mencret, katanya perutnya tidak enak seperti ada bunyi air deras, dia juga punya maag. apa bahaya nanti buat janin di dalam perutnya?

    Masalah Pencernaan, Susah BAB saat hamil

  • Oleh : Mbak aty
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat pagi,
    Saat ini saya tengah hamil dan memasuki trimester ketiga. Namun, saya mengalami masalah pada pencernaan yang membuat saya susah BAB atau sembelit. Mau minum obat, takutnya kenapa-kenapa. Adakah solusi lain yang bisa mengatasi masalah pencernaan saya selama masa kehamilan?

    cara menjaga kesehatan anak balita

  • Oleh : Chika ELlo
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bu bidan, selamat siang…
    Nama saya Milla Natalia, saya seorang ibu rumah tangga dan baru memiliki 1 anak laki-laki usianya mau menginjak 3 tahun. Nah bu bidan, anak saya ini hiperaktif dan bisa di bilang cepat pertumbuhannya. Tapi dengan cuaca seperti ini yang kadang terang dan tiba-tiba hujan bagaimana cara kami sebagai orang tua untuk menjaga kesehatan anak kami agar tidak mudah terserang penyakit bu bidan? karena kami takut salah apa saja yang harus dilakukan di usia yang mau menginjak 3 tahun ini. Terimakasih bu bidan, ditunggu solusinya.
    Wassalamm…

  • Oleh : Chika ELlo
  • Lemas

  • Oleh : Risky nur
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Pagi Dok. Saat ini saya sering kali merasakan berbagai jenis masalah seperti dada yang sakit, lemas, sakit pada bagian tangan, berkeringat berlebih, panas dingin, gemeteran dan sakit dada sebelah kiri. Awaslnya saya hanya menderita masalah kesehatan tuberculosis 1 Thn. Memang Dokter sudah bilang bahwa saya sudah sembuh dari tuberculosis ini. Tapi kenapa yang tiba tiba tubuh saya jadi merasakan hal hal tadi? Mohon penjelasannya

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan