×

Ketika Bumil Ngidam Sate, Turuti Atau Jangan?

Bagikan Artikel :

Ketika Bumil Ngidam Sate, Turuti Atau Jangan?

Saat hamil, mungkin bunda akan pilih-pilih m\akanan. Teradang bingung apakah yang diinginkan aman atau tidak terhadap janin. Seperti misalnya sate. Sebenarnya, ibu hamil juga harus waspada saat mengonsumsi semua daging yang dibakar, terlebih jika dibeli dari luar.

Related Posts :

    Itu karena tingkat kematangan dan kebersihan daging tidak bisa dipastikan. Hal ini tentu berisiko bagi ibu dan kandungannya.

    Bolehkah Ibu Hamil Makan Sate?

    Kondisi hamil memang tidak bisa disamakan dengan orang yang sedang sakit dalam hal makanan pantangan. Namun, tetap saja, karena kondisinya yang sedang mengandung, ada beberapa hal yang sebaiknya tetap ibu jaga.
    Beberapa penelitian berpendapat kalau makan sate saat hamil boleh-boleh saja. Dengan catatan, sate dimakan tidak berlebihan dan proses pengolahan daging selalu diperhatikan.
    Alasannya, daging sapi, daging ayam, ataupun daging kambing yang tidak dimasak hingga matang masih mengandung toksoplasma serta bakteri berbahaya lainnya. Saat dikonsumsi, satai yang kurang matang ini tentu akan membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin. Risiko terburuknya, ibi dapat mengalami keguguran.

    Risiko Penyakit Dan Gangguan Kesehatan Saat Ibu Hamil Makan Sate

    1. Keracunan Bakteri
      Seperti yang sudah disinggung, daging yang dimasak kurang matang bisa membuat bakteri penyebab penyakit tumbuh dan berkembang biak di dalam tubuh.
      Anda pun berisiko mengalami keracunan makanan dari bakteri seperti salmonela, E. coli, dan campylobacter. Gejalanya yang ditimbulkan meliputi diare, muntah, serta kram perut.
    2. Toksoplasmosis
      Toksoplasmosis adalah infeksi yang berasal parasit protozoa Toxoplasma gondii. Protozoa ini sering terdapat pada daging yang belum matang.
      Jika Anda terinfeksi toksoplasmasis ketika hamil, khususnya di trimester 1, janin dapat mengalami masalah kerusakan mata atau otak.
    3. Listeria
      Daging yang kurang matang dapat tercemar oleh bakteri listeria. Satu-satunya cara untuk membunuhnya adalah dengan memasak makanan hingga matang atau dengan cara pasteurisasi.

    Gejala yang muncul pada orang yang terinfeksi listeria adalah demam, nyeri otot, mual, dan diare. Bakteri listeria ini dapat menjadi malapetaka karena dapat menyebabkan keguguran atau masalah fatal lainnya.

    Selain memperhatikan tingkat kematangan satai yang dijual, ada baiknya Anda juga memastikan daging yang digunakan masih segar. Mengonsumsi daging dengan kualitas rendah, sama saja memasukkan bakteri ke dalam tubuh.

    Tips Aman Makan Satai saat Hamil

    Jika benar-benar ngidam ingin makan sate saat hamil, Anda disarankan untuk membuatnya sendiri. Ini agar kematangan dan kebersihannya dapat lebih terjamin.

    Pastikan juga untuk memasaknya hingga matang betul dengan suhu 75 derajat Celsius. Suhu yang panas dapat menghancurkan bakteri dan mikroorganisme berbahaya lainnya.

    Tips Membuat Sate Yang Aman

    1. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah menangani daging mentah, dan sebelum makan.
    2. Simpan daging mentah dengan hati-hati di kulkas. Hindari air tetesan dari daging tersebut menetes atau mengenai makanan lain di dalam lemari pendingin.
    3. Daging beku dari freezer harus dicairkan dengan suhu ruangan terlebih dulu sebelum dimasak.
    4. Saat menyiapkan sate, pisahkan daging mentah dari makanan lainnya yang tidak perlu dimasak, seperti nasi dan sayuran.
    5. Gunakan peralatan masak yang terpisah untuk daging mentah dan daging yang telah masak.
    6. Jangan meletakkan makanan yang sudah matang di atas piring atau permukaan yang telah digunakan untuk daging mentah.
    7. Tunggu sampai arang menyala merah sebelum mulai “menyate”.
    8. Pastikan daging tidak berwarna merah muda di bagian tengahnya. Kalau dagingnya masih berwarna agak merah atau merah jambu, artinya itu belum matang. Daging yang matang warnanya putih hingga bagian dalamnya.
    9. Jangan berasumsi bahwa daging yang hangus di luar berarti sudah matang di bagian dalamnya.
    10. Pilihan yang paling aman adalah dengan memasak daging terlebih dulu sebelum memanggangnya di arang, sehingga rasa “asap”-nya masih terasa.
    11. Sate harus dibolak-balik agar matang secara merata.
    12. Jangan gunakan saus pada makanan yang sudah matang jika sudah digunakan pada pada daging mentah.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 18, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Makanan Pemicu Keguguran

  • Oleh : Nenden Mustika
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun. Saat ini saya sedang hamil 3 bulan dan ini merupakan pengalaman pertama saya. Saya mau bertanya apakah ada pantangan makanan bagi ibu hamil muda yang memicu keguguran, takutnya saya salah makan mohin di jawab bu bidan terimakasih

  • Oleh : Nenden Mustika
  • Gatal pada vagina

  • Oleh : Tristi Garneta
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Dok mau tanya vagina saya gatal ketika malam hari, kemudian saya baca di google katanya diberi baby oil ketika malam vaginanya.. setelah beberaha minggu saya beri baby oil ketika mai tidur kog setiap malam tambah gatal dan bulu kemaluan saya jadi banyak sampek di dalam pinggir vagina. Samapi sekarang masih gatal” kalau malam hari.. di garuk” kadang sembuh tapi meninggalkan rasa panas dvagina. Kemungkinan kenapa ya dok. Obat untuk menyembuhkannya apa yg alami? Terimakasih

    Ambeyen

  • Oleh : Santi Meilani
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Dok saya sudah menikah 3tahun saya pernah keguguran dok 2kali pas waktu itu saya pernah di test via test terus pas di periksa kata bu bidan di miss v saya kaya ada yang keluar kayak ambeyen gitu gmana cara mengatasinya nya dok biar bisa ke dalam lagi biar bisa normal lagi

    Bayi Seminggu tidak BAB

  • Oleh : danilobecnel
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat siang Bu Bidan,
    Bayi saya umur 4 bulan sudah seminggu ini tidak BAB. Sebelumnya setiap hari selalu BAB bisa 2 sampai 3 kali sehari. Apakah kondisi bayi saya normal ? Apa tindakan yang harus saya lakukan ?

    Tenggorokan terasa tidak enak seperti mau muntah setiap pagi

  • Oleh : septiihandayani
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi saya Jalil umur 25 tahun saya mau konsultasi setiap pagi tenggorokan saya terasa tidak enak bahkan serasa mau muntah-muntah hal tersebut sudah berlangsung selama 4 tahun. Dulunya setiap pagi saya mengalami batuk namun tidak berdahak beberapa tahun kemudian batuknya hilang namun rasa tidak enak di tenggorokan juga rasa ingin muntah malah semakin menjadi-jadi mohon pencerahannya dok trims

    Tanya Bidan