×

Makanan Sehat Ibu Hamil Supaya Otak Janin Tumbuh Baik

Bagikan Artikel :

Bidan Sehat – Nutrisi pada saat hamil di trisemester pertama tentu harus dipastikan baik dan mencukup kebutuhan nutrisi ibu dan janin. Seperti halnya menurut Michael K Georgieff, MD dari  University of Minnestoa, nutrisi dan juga pertumbuhan otak janin berpengaruh sekali.

Dikutip dalam tulisan yang diterbitkan oleh The American Journal of Nutrition, masalah pada otak janin rentan terjadi pada saat ibu hamik muda. Dan asupan nutrisi yang buruk ini bisa mengakibatkan masalah padaa otak janin, seperti diantaranya pada pusat memori, visual, sampai dengan pendengarannya.
Makanan Sehat Ibu Hamil Supaya Otak Janin Tumbuh Baik

Kemudian jenis makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil muda ?  Seperti yang diungkapkan oleh Harvard Medical School dengan semakin banyaknya ibu hamil makan ikan, maka semakin tinggi pula skor bayinya nanti dalam tes pekembangan mental.

Dilanjutkan oleh Lisa Eliot, PhD, asisten profesor di University of Medicine and Science Chicago, yang mana mengungkapkan bahwa omega 3 dari ikan ini bisa mempengaruhi perkembangan sel otak dan juga janin. Namun sayangnya, hampir semua jenis ikan laut yang mana dijadikan komoditi telah mempunyai  kandungan merkuri. Jadi alangkah baiknya selang seling untuk jadwal makan menu ikan dengan menu protein dan juga omega 3 dari sumber makanan lainnya.

Related Posts :

    Kandungan zat besi juga menjadi salah satu nutrisi yang mana kreap tidak tercukupi akan kebutuhannya.  Bahkan sebelum hamil, ibu kemungkinan sudah kurang dalam mendapatkan asupan zat besi. Padahal zat besi ini akan sangat membantu anda dalam sirkulasi oksigen kedalam janin. Janin yang kurang oksigen maka akan mengalami pertumbuhan otak yang buruk.

    Untuk asupan zat besi bisa untuk kita dapatkan dari daging sapi, ayam, dan juga kacang kacangan. Tak hanya dengan jenis makanan yang perlu untuk diperhatikan, porsi makan juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh ibu.

    Pada saat hamil, maka ibu memerlukan kenaiakan berat badan, supaya berat badan tidak berlebihan. Dan ternyata ada hubungan yang erat mengenai berat badan dengan IQ anak. Akibat adanya kenaikan berat badan yang berlebihan, Ibu jadi rentan dalam mengalami masalah kehamilan dan ini termasuk dalam kelahiran prematur dan preeklamsia.

    Kelahiran yang premature memang akan beresiko pada gangguan mental anak. Saat lahir lebih awal, maka artinya ada bayi yang masih mengalami kekurangan nutrisi. Dan hal ini menyebabkan adanya masalah dan resiko yang bisa menghadang bayi, hal ini termasuk jug dalam infeksi disetelah kelahirannya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 7, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    gangguan kehamilan

  • Oleh : Rezkika Ayu Pribadi
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    dok,mau tanya dong kenapa ya setelah saya minum soda perut saya sakit sekali nyeri dibagian semua perut dan punggung, pinggang saya juga sakit sekali,dan celana dlm saya terasa basah dan saya lihat pagi hari nya berwarna coklat agak kuning dok, tlg jwb ya

    Kesehatan vital

  • Oleh : Putra Inhil
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Permisi buk bidan, saya pernah baca artikel yang menjelaskan tentang bahaya masturbasi pada pria, saya sering melakukan masturbasi, tetapi jika saya berhenti masturbasi, apakah semua akan kembali normal?

    Benjolan di payudara

  • Oleh : Khoirun Nisa
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Bismillah..
    Izin bertanya, saya sedang hamil 9bulan dan baru pertama kali saya di cek di bagian payudara, dan terdapat benjolan di bagian kanan bawah payudara saya, ciri ciri benjolannya agak kenyal, bisa bergeser geser jika di gerakan tidak terasa sakit juga.. Yg mau saya tanyakan apakah saya bisa menyusui anak saya ketika lahir nanti? Dan akan berdampak bagaimana jika saya menyusui anak saya dalam ke adaan seperti itu? Terima kasih dok

    Hubungan intim

  • Oleh : Ulla Ulla
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Halo dok saya mau tanya…saya suda menika dan suda punya ank rencananya saya tidak mengikuti kb..maunya saya kb sendiri maaf(d keluarin d luar).dan yg mau saya tanyakan.kata temen2 saya walaupun d keluarin d luar masih bisa hamil..katanya karena pas suami merangsang atu ejakulasi dini..keluar cairan putih bening itu bisa menyebab kan k hamilan..bukan hanya maaf (sepermanya).apa benar itu ya dok..?

    Mens Tidk lancar

  • Oleh : Sabrina Salsabillah
  • 2 bulan, 3 minggu yang lalu

    Saya usia 17 menuju 18 tahun tapi haid tidak lancar hanya keluar seperti keputihan tapi warna merah tidak keluar darah

  • Oleh : Sabrina Salsabillah
  • Tanya Bidan