×

Makanan Sehat Penghilang Rasa Mual Saat Hamil Muda

Bagikan Artikel :

Mual adalah gejala yang kebanyakan dialami oleh ibu hamil, ketika sudah kerasa mual kita menjadi malas makan padahal saat hamil kita membutuhkan asupan makanan yang bergizi untuk memberi nutrisi pada janin yang ada didalam perut. Kali ini curhat buidan akan memberikan informasi pilihan makanan sehat namun tidak menyebabkan mual untuk ibu hamil. Pastinya menu – menu makanan ini akan terasa sangat enak dan bebas mual.

1. Apple cinnamon oats, campurkan oats dengan susu rendah lemak dan tambahkan dengan beberapa sendok bubuk cinnamon kemudian dinginkan dalam kulkas selama beberapa saat lalu tambahkan potongan apel segar dan walnut [jika ada] ketika ingin disantap. Rasa manis dan dingin dari sajian ini tidak akan membuat anda mual.

Related Posts :

    2. Vegetables wrap, tumis sayuran kesukaan anda dengan olive oil lalu campurkan dengan telur beri taburan keju kemudian siapkan satu lembar kulit tortila atau kulit martabak kemudian bungkus sayuran yang sudah ditumis kedalam tortila setelah itu siap untuk disantap.

    3. Chicken mayo sandwich, meskipun sedang hamil tidak lupa perhatikan asupan protein yang ada didalam tubuh. Caranya, rebus ayam yang sudah dicincang, tiriskan airnya lalu campur dengan mayones tambahkan saus agar terasa sedikit pedas dan beri sedikit olive oil. Kemudian letakan campuran tersebut diatas roti gandum, selada, dan potongan tomat.

    4. Beep brokoli, kebanyakan ibu hamil takut mengkonsumsi daging saat peroide kehamilan padahal sebenarnya daging membawa manfaat yang sangat luar biasa untuk tubuh jika dimasak dengan tepat hingga matang agar aman dikonsumsi. Caranya, siapkan wajan panas tumis bawang putih sampai harum, masukan brokoli dan daging lalu tambahkan madu, kecap, gula, lada bubuk (merica) kemudian masak hingga bumbu meresap kedalam daging.

    Selain makanan, pilihan buah-buahan juga bisa anda konsumsi untuk menghilangkan rasa mual, seperti:

    1. Apel hijau

    Buah apel salah satu buah terbaik yang bisa jadi alternatif mencapai kehamilan sehat. Karena apel hijau memiliki banyak serat dan vitamin C yang membantu kesehatan pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh (sistem imun tubuh), dan mencegah konstipasi / susah BAB. Buah apel juga merupakan salah satu makanan penghilang mual saat hamil muda yang sangat efektif karena kandungan airnya yang segar membantu anda bebas dari masalah dehidrasi dan kelelahan karena mual dan muntah yang dialami.

    2. Pisang

    Selain buah apel, buah pisang juga sangat baik dikonsumsi ibu hamil karena membantu dalam banyak hal salah satunya dalam mengatasi mual yang terjadi dimasa awal kehamilan. Buah pisang kaya akan vitamin B6, yang membantu menetralkan keadaan lambung dan organ pencernaan lainnya.

    3. Jeruk

    Buah jeruk yang kaya vitamin C dan antioksidan, rasa dan aroma yang khas juga bisa diandalkan sebagai obat mual saat hamil muda yang cukup ampuh. Konsumsi buah jeruk secara rutin sangat baik untuk membebaskan anda dari morning sickness dimasa kehamilan awal.

    4. Buah berair

    Buah berair seperti melon, blewah, tomat,  semangka dan lainnya juga bisa menjadi alternatif menghilangkan rasa mual saat hamil muda, yang bermanfaat untuk membebaskan anda dari rasa mual dan membuat anda mencukupi kebutuhan nutrisi kehamilan dengan cara sehat.

    Semoga bermanfaat pilihan makanan sehat penghilang rasa mual saat hamil muda dan bisa anda praktekan di rumah.

    Baca Juga :
    Bahaya Dehidrasi Pada Masa Kehamilan

    Manfaat Babymoon Bagi Ibu Hamil

    Tips Cara Mencegah Agar Tidak Keguguran Saat Hamil Muda

    Inilah Fakta Menarik Aktivitas Janin Dalam Kandungan

    Waspadai Pendarahan Pada Saat Hamil Muda

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 21, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Mau tanya

  • Oleh : Eko Agus Budi Susanto Agus
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok kenapa kok dari vagina saya kok keluar keputihan nerus dan kalo keluar kok selalu banya dok saya minta solusi dok

  • Oleh : Eko Agus Budi Susanto Agus
  • Bagaimana Cara Menghadapi Anak yang Super Aktif dan Ngga Mau Diam

  • Oleh : leticiabauer1
  • 7 tahun, 3 bulan yang lalu

    Anak saya umurnya 5 tahun, dia tipe anak engga bisa di suruh diam atau bahkan malah ngga dengerin apa yang orang tua bilang. Saya sebagai orang tua kadang merasa kesal karena susah diatur dan bingung mesti ngapain. Apakah menurut bu bidan, tipe anak seperti ini bagus dalam tumbuh kembangnya? dan bagaimana sikap orang tua sebaiknya dalam menghadapi anak yang seperti ini?

    Apakah Perlu Bayi di Bedong ?

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • 7 tahun, 8 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bu bidan,
    Saya sedang hamil anak pertama, saya mau tanya dong bu bidan saya apakah bayi baru lahir itu wajib di bedong atau tidak ? ada apa saja manfaat dan bahayanya ? terus batasan untuk membedong bayi kira-kira sampai umur berapa ?
    terima kasih ditunggu balasannya bu bidan

    Penyakit wanita

  • Oleh : Alfina Anggraeni
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Aaalamualaikum dok, saya mau bertanya, di bagian mis v saya di sebelah kanan membengkak, kira kira gejala apa

  • Oleh : Alfina Anggraeni
  • haid yg terjadi 2x dalam sebulan

  • Oleh : fina aji sofiani
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Saya mengalami haid sebanyak 2x dalam sebulan tetapi dengan jangka waktu hanya satu minggu dari hari haid selesai.

  • Oleh : fina aji sofiani
  • Tanya Bidan