×

Makanan Untuk Mengatasi Kelelahan Selama Kehamilan

Bagikan Artikel :

Curhatanbidan.com,- Selama kehamilan, seorang perempuan dapat dengan mudah merasa lelah & mengantuk. Keadaan kelelahan memang pada umumnya sering menjadi keluhan bagi kebanyakan perempuan di kala sedang menjalani masa kehamilan. Dan kelelahan sering diamati selagi kehamilan trimester pertama dan ke-3. Perubahan yang terjadi dikarenakan adanya perubahan hormon, fisik & mental bisa menambah kelelahan dan pastinya ada pengaruh dari mual di ketika morning sickness akan membuat anda merasa lesu.

Related Posts :

    Selama kehamilan, anda perlu berpikir baik, menerima perubahan tubuh & membuat perubahan makanan tertentu. Makan sehat selama kehamilan mampu memerangi kelelahan & menyediakan energi untuk ibu hamil. Oleh karena itu, bagi ibu hamil sering mengalami kelelahan konsumsi makanan untuk mengatasi kelelahan selama kehamilan. Berikut ini adalah Beberapa Makanan Untuk Mengatasi Kelelahan Selama Kehamilan

    Bayam
    Bayam mengadung asam folat dan bermanfaat buat perkembangan janin di dalam kandungan. Bayam pula mengandung zat besi , yang bisa membantu ibu hamil untuk mengatasi kelelahan , lesu & kurang bernergi selama kehamilan karena anemia.

    Yoghurt
    Yoghurt mengandung kalsium , protein , vitamin D dan juga serat yang tinggi maka akan memenuhi kebutuhan gizi terhadap ibu hamil. Vitamin dari yoghurt bisa membantu ibu hamil mencegah preeclampsia , sedangkan kandungan serat yang tinggi bisa mengurangi resiko gangguan pencernaan. Yoghurt juga dapat membantu mengurangi kelelahan terhadap usia kehamilan trimester pertama dan menjelang persalinan.

    Buah pisang
    Buah pisang untuk ibu hamil berguna untuk menghilangkan kelelahan sebab zat besi dalam buah pisang dapat mencegah gangguan anemia pada ibu hamil. Supaya tak bosan anda bisa konsumsi pisang dengan berbagai olahan.

    Buah jeruk
    Buah jeruk mengandung vitamin C tinggi, maka dapat membantu meningkatkan kekebalan di dalam tubuh ibu hamil. Selain itu pun mengandung folat yang berfungsi untuk mengoptimalkan organ janin.

    Buah delima
    Buah delima bisa meningkatkan sirkulasi darah sehingga terhindar dari kelelahan & menjaga keseimbangan metabolisme di dalam tubuh ibu hamil.

    Lobak
    Lobak sangat bermanfaat untuk ibu hamil dengan fungsi mengatasi kekurangan kalsium yang menyebabkan gangguan kesehatan termasuk kelelahan selama kehamilan.

    Ikan laut
    Ikan laut memiliki kandungan yang berbeda dengan ikan air tawar. Hal ini sebab konsentrasi garam yang terkandung di dalam air laut lebih tinggi. Keunggulan ikan laut dibandingkan ikan tawar ialah kandungan asam lemak omega 3 & antioksidan yang lebih tinggi. Tetapi ibu hamil mesti memilih ikan yang tak mengandung merkuri tinggi.

    Itulah beberapa makanan untuk mengatasi kelelahan selama kehamilan, yang dapat dijadikan sebagai menu harian ketika hamil. Makanan untuk mengatasi kelelahan selama kehamilan tersebut tentu mudah untuk didapatkan. Tidak hanya mampu menambah energi & mengatasi kelelahan pun dapat memenuhi asupan gizi ibu hamil.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 7, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bayi Berkeringat Di Malam Hari

  • Oleh : Himawan
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Pagi bu Bidan, saya punya bayi usianya baru 8 bulan 10 hari. Setiap tidur di malam hari bayi saya selalu berkeringat. Apalagi saat terbangun dan saya kasih ASI, keringatnya malah semakin mengucur padahal AC diruangan sudah mencapai 23 derajat. Itu normal gak bu bidan ? Terima kasih.

    Penyebab menstruasi dua kali dalam sebulan

  • Oleh : frenni franita
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya, saya siska umur 26 tahun sudah beberapa bulan ini saya mengalami mentsruasi dua kali dalam sebulan apakah itu normal. Dan apa penyebab menstruasi terjadi dua kali dalam sebulan? mohon penjelasannya trims

    Makanan Sehat Untuk Wanita

  • Oleh : Uchi Susilawati
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya kita sebagai wanita kan akan mengalami fase fase sulit seperti menstruasi, hamil, pasca melahirkan dan lain sebagainya. Nah makanan seperti apa yang dianjurkan untuk kita (wanita) agar kesehatan kita tetap terjaga dan seimbang? agar kita tidak rentan lelah atau terserang penyakit. Terimkasih bu bidan Wassalam…

  • Oleh : Uchi Susilawati
  • Cari nama anak

  • Oleh : Henny Diastara
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Cari nama anak muslim awalan a

    Keputihan

  • Oleh : indah nian lestari
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat malam bu saya mau tanya , saya slalu keputihan setiap hari , sebenernya yang keluar dr vagina itu keputihannya warna putih pekat tp kelamaan dicelana dalam berubah jd warna kuning tp entah lah sebenernya warna apa saya juga bingung . Dan kemaren vagina sayaa terasa gatal sekali dan akhirnya saya berobat kepuskesmas terdekat dan saya dikasih obat metronidazol dan chlorphenamine maleate . Saya merasa sudah baikan setelah minum obat itu sekali dan karena merasa sudah sembuh saya tidak melanjutkan meminum obat tersebut . Dan hari ini gatal nya kambuh lagi . Sebenernya saya tuh sakit apa ya dok ? Apakah saya terkena kanker servik?

    Tanya Bidan