Makanan Untuk Mengatasi Kelelahan Selama Kehamilan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Curhatanbidan.com,- Selama kehamilan, seorang perempuan dapat dengan mudah merasa lelah & mengantuk. Keadaan kelelahan memang pada umumnya sering menjadi keluhan bagi kebanyakan perempuan di kala sedang menjalani masa kehamilan. Dan kelelahan sering diamati selagi kehamilan trimester pertama dan ke-3. Perubahan yang terjadi dikarenakan adanya perubahan hormon, fisik & mental bisa menambah kelelahan dan pastinya ada pengaruh dari mual di ketika morning sickness akan membuat anda merasa lesu.

    Selama kehamilan, anda perlu berpikir baik, menerima perubahan tubuh & membuat perubahan makanan tertentu. Makan sehat selama kehamilan mampu memerangi kelelahan & menyediakan energi untuk ibu hamil. Oleh karena itu, bagi ibu hamil sering mengalami kelelahan konsumsi makanan untuk mengatasi kelelahan selama kehamilan. Berikut ini adalah Beberapa Makanan Untuk Mengatasi Kelelahan Selama Kehamilan

    Bayam
    Bayam mengadung asam folat dan bermanfaat buat perkembangan janin di dalam kandungan. Bayam pula mengandung zat besi , yang bisa membantu ibu hamil untuk mengatasi kelelahan , lesu & kurang bernergi selama kehamilan karena anemia.

    Yoghurt
    Yoghurt mengandung kalsium , protein , vitamin D dan juga serat yang tinggi maka akan memenuhi kebutuhan gizi terhadap ibu hamil. Vitamin dari yoghurt bisa membantu ibu hamil mencegah preeclampsia , sedangkan kandungan serat yang tinggi bisa mengurangi resiko gangguan pencernaan. Yoghurt juga dapat membantu mengurangi kelelahan terhadap usia kehamilan trimester pertama dan menjelang persalinan.

    Buah pisang
    Buah pisang untuk ibu hamil berguna untuk menghilangkan kelelahan sebab zat besi dalam buah pisang dapat mencegah gangguan anemia pada ibu hamil. Supaya tak bosan anda bisa konsumsi pisang dengan berbagai olahan.

    Buah jeruk
    Buah jeruk mengandung vitamin C tinggi, maka dapat membantu meningkatkan kekebalan di dalam tubuh ibu hamil. Selain itu pun mengandung folat yang berfungsi untuk mengoptimalkan organ janin.

    Buah delima
    Buah delima bisa meningkatkan sirkulasi darah sehingga terhindar dari kelelahan & menjaga keseimbangan metabolisme di dalam tubuh ibu hamil.

    Lobak
    Lobak sangat bermanfaat untuk ibu hamil dengan fungsi mengatasi kekurangan kalsium yang menyebabkan gangguan kesehatan termasuk kelelahan selama kehamilan.

    Ikan laut
    Ikan laut memiliki kandungan yang berbeda dengan ikan air tawar. Hal ini sebab konsentrasi garam yang terkandung di dalam air laut lebih tinggi. Keunggulan ikan laut dibandingkan ikan tawar ialah kandungan asam lemak omega 3 & antioksidan yang lebih tinggi. Tetapi ibu hamil mesti memilih ikan yang tak mengandung merkuri tinggi.

    Itulah beberapa makanan untuk mengatasi kelelahan selama kehamilan, yang dapat dijadikan sebagai menu harian ketika hamil. Makanan untuk mengatasi kelelahan selama kehamilan tersebut tentu mudah untuk didapatkan. Tidak hanya mampu menambah energi & mengatasi kelelahan pun dapat memenuhi asupan gizi ibu hamil.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - June 7, 2016
    Diskusi Dari:
    danilobecnel

    Selamat siang Bu Bidan,
    Bayi saya umur 4 bulan sudah seminggu ini tidak BAB. Sebelumnya setiap hari selalu BAB bisa 2 sampai 3 kali sehari. Apakah kondisi bayi saya normal ? Apa tindakan yang harus saya lakukan ?

    Dijawab Oleh : danilobecnel
    Diskusi Dari:
    stepanie6022

    selamat pagi,

    saya hidayat,
    istri saya haid tanggal 5 Juni berkahir 16 Juni 2018
    lalu saya berhubungan dengan istri saya terakhir 25 Juni
    lalu apakah istri saya dapat hamil jika saya berhubungan di tanggal tersebut?

    karena saya saat ini sedang keluar kota
    dikhawatirkan terjadi kejadian yang tidak menyenangkan oleh istri saya

    mohon jawabannya Ibu Bidan

    salam,
    hidayat

    Dijawab Oleh : stepanie6022
    Diskusi Dari:
    Dian Poenya Raizo

    Selamat sore, bidan saya mau tanya lagi, mengapa saya menstruasi terlalu lama. biasanya saya mens hanya 5-7 hari, namun sehabis menjalani treatment bekam saya menjadi mens terlalu lama bisa sampai 14 hari lebih, dan biasanya darah yang keluar setelah 7 hari berwarna merah kehitaman. saya takut karena katanya kalau lebih dari 14 hari itu darah penyakit. padahal 2 bulan lalu saya bekam sebelum haid. mohon penjelasannya terimakasih

    Dijawab Oleh : Dian Poenya Raizo
    Diskusi Dari:
    Dika andriani

    Siang Dok. Saya mau konsultasi. Kenapa ya perut saya sering kali merasakan sakit dan juga perih terutama saat di malam hari terutama di bagian atas pusar. Selain itu, saya juga sering kali merasakan ada yang aneh dengan diri saya karena saya merasakan lapar tapi kok tidak nafsu makan. Ini kira kira kenapa ya dok? Saya sudah coba mengkonumsi obat maag tapi masih tetap saja rasa sakit itu muncul

    Dijawab Oleh : Dika andriani
    Diskusi Dari:
    Marini Sjola Manoppo

    Dok, saya mau bertanya. Biasanya kan tanggal sekarang ini saya jadwalnya menstrulasi, namun 2 hari belakang ini saya melihat di celana dalam saya ada bercak hitam sering sekali membuat gatal bagian miss V saya, mau tau dong apa sih penyebabnya itu?

    Perlu Jawaban