×

Makanan Yang Baik Bagi Ibu Hamil Saat Berpuasa

Bagikan Artikel :

Bidan Online -. Saat ini banyak sekali para ibu hamil yang ingin tetap berpuasa meski dalam kondisi mengandung. Hal ini sebenarnya bisa saja di lakukan oleh para ibu hamil ini asal tetap menjaga asupan makanan yang ia konsumsi, karena hal ini sangat berpengaruh dengan kesehatan nanin. Pola makan ibu hamil saat berpuasa, dan jenis makanan dan kandungan gizi di dalamnya ini sangat perlu diperhatikan agar kesehatan janin ini tetap terjaga dan terhindar dari masalah yang membahayakan kesehatan dan juga kebugaran pada bagian tubuh. Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang baik bagi ibu hamil saat berpuasa, diantaranya adalah :

  • Makanan yang bisa melepaskan energi secara perlahan
    Makanan yang satu ini merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik bagi kesehatan dan juga kebugaran pada tubuh. Dengan mengkonsumsi buah buahan, sayuran, kacang kacangan, cokelat, beras merej, dan juga gandum ini sangat baik bagi kesehatan. Hal ini memang sangat benar karena makanan tersebut mengandung kandungan karbohidrat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh anda.
  • Hindari makan makanan manis saat berbuka atau sahur
    Salah satu jenis makanan yang baik bagi ibu hamil saat berpuasa adalah menghindari makanan yang mengandung banyak pemanis. Saat anda mengkonsumsi makanan yang mengandung kandungan gula yang sangat tinggi, anda bisa mendapatkan amsalah bagi kesehatan dan bahkan anda bisa terkena masalah gula darah yang tinggi. Hal ini merupakan salah satu hal yang memang tidak banyak di konsumsi.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein
    Makanan yang mengandung banyak protein ini sangat baik bagi kesehatan dan juga kebugaran pada tubuh anda ini. Makanan ini seperti jenis makanan telur, ikan, daging dan juga kacang kacangan. Makanan tersebut sangat diyakini dan bahkan dipercaya mampu membuat tubuh menjadi sehat dan juga terjaga dan terhindar dari berbagai jenis masalah kesehatan yang ada.
  • Menghindari makanan yang mengandung lemak dan tinggi gula
    Makanan ini merupakan salah satu jenis makanan yang memang harus selalu di waspadi bagi kesehatan tubuh anda. Saat anda hamil dan ingin berpuasa, sebaiknya anda tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi gula dan juga lemak. Hal ini justru bisa membahayakan kesehatan anda dan janin yang ada dalam kandungan anda ini.
  • Mengkonsumsi Air 2 leter
    Air putih mengandung kandungan yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh, dimana air putih ini bisa membantu mengatasi dan menghilangkan berbagai jenis masalah kesehatan yang ada. Ini merupakan salah satu alasan mengapa anda perlu mengkonsumsi 2 liter air setiap saur dan berbuka. Hal ini bisa menjaga iyon tubuh agar terhindar dari masalah dehidrasi pada tubuh dan tetap mendapatkan anak yang sehat meski berpuasa.

Itulah beberapa jenis makanan yang baik bagi ibu hamil saat berpuasa. Masih banyak lagi jenis makanan yang memang perlu anda perhatikan, yang baik dan disarankan di konsumsi bagi ibu hamil yang ingin tetap sehat meski sedang berpuasa. Konsumsi makanan makanan tersebut, dan rasakan banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan saat anda mengkonsumsi makanan tersebut.

                     Baca Juga : Tips Yang Dipercaya Bisa Mencegah Wasir Saat Hamil

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 15, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Atih Susanti
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Dokter saya sedang hamil muda, cuma ga pasti berapa usia kandungannya, saya belum sempet periksa ke bidan, di tespeck aku positive dok, nah selama itu aku ngerasa linu di pinggang sampai panggul, bahaya ga ya dok ?

    Haid Lama, Tapi Hanya Flek

  • Oleh : Yayu Yu
  • 5 bulan yang lalu

    Bu Bidan, izin bertanya. Usia saya 19 tahun, sudah sekitar satu tahun lebiy saya haid selalu 15 hari, tapi hanya keluar flek saja, tidak pernah keluar darah. Waktu saya usia 17 tahun kemaluan saya mengeluarkan darah segar setiap saat sampai beberapa hari, tapi setelah pergi ke dokter pendarahannya berhenti. Bagiamana ya bu bidan? Saya sudah pergi ke dokter hingga ke bidan untuk mengonsultasikan hal ini, tapi ujung-ujungnya hanya diberi obat saja, dan tidak kunjung sembuh. Apa sangat di perlukan untuk pergi ke spesialis bu bidan, mohon jawabannya bu bidan. Terima kasih banyak.

    Sakit dan perih

  • Oleh : Dika andriani
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Siang Dok. Saya mau konsultasi. Kenapa ya perut saya sering kali merasakan sakit dan juga perih terutama saat di malam hari terutama di bagian atas pusar. Selain itu, saya juga sering kali merasakan ada yang aneh dengan diri saya karena saya merasakan lapar tapi kok tidak nafsu makan. Ini kira kira kenapa ya dok? Saya sudah coba mengkonumsi obat maag tapi masih tetap saja rasa sakit itu muncul

    Mengatasi lelah saat hamil

  • Oleh : priscillaledoux
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya Dila usia 32 tahun. Saat ini saya sedang hamil 5 bulan. Namun akhir-akhir ini saya cepat sekali merasa lelah bu bidan, tidak bersemangat dan pengennya tiduran terus. Ada tips ga bu bidan buat mengatasi rasa lelah saat hamil. Mohon jawabannya

    hamil pasca operasi kehamilan ektopik

  • Oleh : Lusi
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat sore buk,,
    saya mau tanya seputar kehamilan pasca operasi kehamilan ektopik di saluran tuba….pada bulan maret saya mengalami kehamilan ektopik,umur janin sudah 2 bulan,kemudian dokter menyarankan agar saya melakukan operasi karena KE sudah hampir pecah…jadi saya dan suami memutuskan untuk melakukan operasi pada bulan maret lalu…dokter menyarankan pasca operasi 3 bulan untuk melakukan hidrotubasi…tapi saya belum melakukannya meskipun sekarang sudah 3 bulan pasca operasi…yang ingin saya tanyakan,apakah saya bisa langsung program hamil aja tanpa hidrotubasi???mengingat keadaan keuangan dan rasa ketakutan saya terhadap efek samping dari hidrotubasi…mohon pencerahannya

    Tanya Bidan