×

Makanan Yang Baik Bagi Ibu Hamil Saat Berpuasa

Bagikan Artikel :

Bidan Online -. Saat ini banyak sekali para ibu hamil yang ingin tetap berpuasa meski dalam kondisi mengandung. Hal ini sebenarnya bisa saja di lakukan oleh para ibu hamil ini asal tetap menjaga asupan makanan yang ia konsumsi, karena hal ini sangat berpengaruh dengan kesehatan nanin. Pola makan ibu hamil saat berpuasa, dan jenis makanan dan kandungan gizi di dalamnya ini sangat perlu diperhatikan agar kesehatan janin ini tetap terjaga dan terhindar dari masalah yang membahayakan kesehatan dan juga kebugaran pada bagian tubuh. Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang baik bagi ibu hamil saat berpuasa, diantaranya adalah :

  • Makanan yang bisa melepaskan energi secara perlahan
    Makanan yang satu ini merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik bagi kesehatan dan juga kebugaran pada tubuh. Dengan mengkonsumsi buah buahan, sayuran, kacang kacangan, cokelat, beras merej, dan juga gandum ini sangat baik bagi kesehatan. Hal ini memang sangat benar karena makanan tersebut mengandung kandungan karbohidrat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh anda.
  • Hindari makan makanan manis saat berbuka atau sahur
    Salah satu jenis makanan yang baik bagi ibu hamil saat berpuasa adalah menghindari makanan yang mengandung banyak pemanis. Saat anda mengkonsumsi makanan yang mengandung kandungan gula yang sangat tinggi, anda bisa mendapatkan amsalah bagi kesehatan dan bahkan anda bisa terkena masalah gula darah yang tinggi. Hal ini merupakan salah satu hal yang memang tidak banyak di konsumsi.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein
    Makanan yang mengandung banyak protein ini sangat baik bagi kesehatan dan juga kebugaran pada tubuh anda ini. Makanan ini seperti jenis makanan telur, ikan, daging dan juga kacang kacangan. Makanan tersebut sangat diyakini dan bahkan dipercaya mampu membuat tubuh menjadi sehat dan juga terjaga dan terhindar dari berbagai jenis masalah kesehatan yang ada.
  • Menghindari makanan yang mengandung lemak dan tinggi gula
    Makanan ini merupakan salah satu jenis makanan yang memang harus selalu di waspadi bagi kesehatan tubuh anda. Saat anda hamil dan ingin berpuasa, sebaiknya anda tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi gula dan juga lemak. Hal ini justru bisa membahayakan kesehatan anda dan janin yang ada dalam kandungan anda ini.
  • Mengkonsumsi Air 2 leter
    Air putih mengandung kandungan yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh, dimana air putih ini bisa membantu mengatasi dan menghilangkan berbagai jenis masalah kesehatan yang ada. Ini merupakan salah satu alasan mengapa anda perlu mengkonsumsi 2 liter air setiap saur dan berbuka. Hal ini bisa menjaga iyon tubuh agar terhindar dari masalah dehidrasi pada tubuh dan tetap mendapatkan anak yang sehat meski berpuasa.

Itulah beberapa jenis makanan yang baik bagi ibu hamil saat berpuasa. Masih banyak lagi jenis makanan yang memang perlu anda perhatikan, yang baik dan disarankan di konsumsi bagi ibu hamil yang ingin tetap sehat meski sedang berpuasa. Konsumsi makanan makanan tersebut, dan rasakan banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan saat anda mengkonsumsi makanan tersebut.

                     Baca Juga : Tips Yang Dipercaya Bisa Mencegah Wasir Saat Hamil

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 15, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Perlengkapan Yang Harus Di Bawa

  • Oleh : Nurfah Putriie Sopiant
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Siang ibu bidan, nama saya aisyah. Saya mau bertanya tentang perlengkapan apa saja yang harus di persiapkan dan harus di bawa ke Ruma Sakit atau Bidan ketika saya melahirkan. Jujur saja, saat ini saya masih bingung perlengkapan bayi apa saja yang harus saya bawa saat melahirkan nanti. Mohon jawabannya dok 🙂

  • Oleh : Nurfah Putriie Sopiant
  • Sakit dan perih

  • Oleh : Dika andriani
  • 4 tahun yang lalu

    Siang Dok. Saya mau konsultasi. Kenapa ya perut saya sering kali merasakan sakit dan juga perih terutama saat di malam hari terutama di bagian atas pusar. Selain itu, saya juga sering kali merasakan ada yang aneh dengan diri saya karena saya merasakan lapar tapi kok tidak nafsu makan. Ini kira kira kenapa ya dok? Saya sudah coba mengkonumsi obat maag tapi masih tetap saja rasa sakit itu muncul

    kehamilan

  • Oleh : leny agustini
  • 1 tahun yang lalu

    selamat pagi dok,, saya mau bertanya begini dok di desa saya masih ad dukun beranak dok nah krna kpercayaan ntah apa jadi saya ngikut2 sblumnya sya sudah pijat ke dukun itu sampai bulan lalu saya telmbat haid udh 2 bulan prutsya di pijit perlhan katanya sudah ad janin katanya perut saya sudah keras gitu dok trus sya coba tespack dan USG hasilnya negatif stlh itu saya dtang bulan lagi sya kira udah kguguran sya ke dukun itu lgi masih ada tp di usg hasil kosong sya merasa mual , perut sering sakit di bagian bawah kadang sampe ga bisa jalan dok itu gimana ya dok mohon pencerahannya … trimakasih

  • Oleh : leny agustini
  • Apakah keguguran dua kali bisa mengalami keguguran yang ketiga kali?

  • Oleh : Hilman Suhilman
  • 5 tahun yang lalu

    Selamat sore bu bidan , saya mau bertanya apabila sudah mengalami keguguran dua kali dan ingin hamil lagi apa saya akan mengalami keguguran seperti sebelumnya ?

    Mens berkepanjangan

  • Oleh : Wiwin Anand
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Mf bu saya sudah menikah 4 thn tapi blum dpat keturunan.. saya klo mens berhentinya lama hampir sebulan kadang sebulan lebih.. mens kaya gini udah 7 tahunan

    Tanya Bidan