×

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Pada saat kehamilan trimester pertama, ibu hamil sering mengalami morning sickness seperti mual, muntah, pusing dan lemas. Hal ini akan membuat ibu hamil sulit untuk makan dan minum. Padahal ibu hamil harus memerthatikan nutrisi untuk tumbuh kembang janin. Selain itu ibu hamil yang kurang minum akan mengalami dehidrasi.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, ada satu buah yang sangat pas bagi ibu hamil dengan kondisi tersebut, yaitu semangka. Semangka adalah salah satu buah yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Banyak sekali manfaat buah berdaging merah dan kaya kandungan air ini untuk ibu hamil.

Related Posts :

    Buah ini sangat kaya akan air dan bermanfaat bagi ibu hamil karena bisa meringankan rasa nyeri di perut dan pembengkakan. Kandungan airnya dan gula buahnya yang tingga dapat membantu meringankan mual dan dehidrasi di pagi hari selama kehamilan.

    Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

    1. Meredakan asam lambung pada ibu hamil
      Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang pertama adalah meredakan asam lambung. Selama kehamilan, wanita biasanya menderita masalah pencernaan, seperti naiknya asam lambung.
      Buah semangka juga memiliki efek menenangkan pada perut ibu hamil. Vitamin A yang terkandung manfaat semangka untuk ibu hamil, menjadikan buah ini bermanfaat dalam menjaga organ penglihatan pada janin.
    2. Meredakan morning sickness
      Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang kedua adalah meredakan morning sickness. Kamu bisa minum jus semangka segar di pagi hari untuk meredakan morning sickness. Buah semangka baik untuk mendukung pembentukan tulang pada janin serta melancarkan aliran urine dalam tubuh.
      Ibu hamil cenderung susah buang air kecil nah mengonsumsi semangka ada cara untuk mengatasinya
    3. Mencegah pigmentasi kulit
      Pada saat hamil pigmentasi kulit sering terjadi. Sehingga beberapa area seperti wajah, putting payudara, bokong akan menghitam. Pigmentasi sering terjadi selama kehamilan, yang disebabkan kadar hormon yang terlalu tinggi.
      Nah buah ini dapat membantu untuk meningkatkan warna kulit dan mencegah pigmentasi kulit dan menjaga kulit tetap sehat.
    4. Mencegah dehidrasi pada ibu hamil
      Manfaat buah semangka untuk ibu hamil adalah mencegah dehidrasi. Tetap terhidrasi selama kehamilan sangat penting karena dehidrasi dapat menyebabkan kontraksi awal rahim dan kelahiran prematur. Anda bisa makan semangka untuk memasok lebih banyak cairan ke tubuh dan memenuhi kebutuhan gizi kamu.
    5. Mencegah sembelit pada ibu hamil
      Buah semangka juga bisa melawan sembelit lho! Sembelit adalah masalah umum yang sering dialami oleh ibu hamil. kamu dapat menyantap semangka untuk meningkatkan gerakan usus dan membersihkan sistem pencernaan.
    6. Kekebalan tubuh saat kehamilan
      Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan likopen yang merupakan antioksidan pada semangka juga sangat tinggi. Antioksidan ini bisa melindungi tubuh dari terhadap kanker dan penyakit kardiovaskular, serta meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi. Jadi sangat pas untuk menjaga kondisi tubuh ibu hamil.
      Kandungan vitamin dan mineral pada semangka juga sangat tinggi, yaitu vitamin A, C dan B6, serta kalium dan magnesium. Nutrisi ini penting untuk perkembangan penglihatan, otak, sistem saraf dan serta kekebalan tubuh.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 7, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Mencret dan perut kembung

  • Oleh : Ratu
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat malam bu bidan,
    Bu saya mempunyai balita perempuan dan sekarang ini sudah berumur 6 bulan. Sudah 4 hari ini BAB bayi saya hanya mengeluarkan air dan 2jam sekali bayi saya BAB bu, perutnya juga kembung dan saya raba perut bayi saya hangat bu,, mohon petunjuknya bu, apa yg harus saya lakukan bu, sudah 4 hai ini bayi saya opname di RSU SEMBIRING DELITUA MEDAN BU.

    Bolehkah ibu yang sedang hamil dipijat?

  • Oleh : Alesha Zahra
  • 6 tahun, 2 bulan yang lalu

    Istri saya tengah mengandung usia 7 bulan, dan dia sering mengeluh pegal-pegal dibagian leher, kaki dan tangan, sehingga dia selalu minta untuk dipijat. Apakah boleh ibu hamil dipijat?

    Telat haid 13 hari

  • Oleh : Nadia Kartika
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dok, saya mau tanya saya berenti kb sudah satu bulan. Lalu saya telat haid sudah 13 hari. Payudara nyut nyutan dan puting nyeri seperti lecet, keram dibawah perut . Saat berhubungan sakit sebelah kiri, kadang juga tidak sakit. Jalan juga pinggang sebelah kiri sakit tapi ringan. Tolong penjelasannya dok. Trimakasih

  • Oleh : Nadia Kartika
  • promil

  • Oleh : leni septiani
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    saya mau tanya .. awal nikah saya KB dulu suntik 1 bulan 6x .. apakah itu terlalu lama atau tidak ???
    skg mei masih dapat haid .. :(( pengen cepet punya anak bu

    Belum bisa tengkurap

  • Oleh : Yuli Awalia
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat siang dok, kenapa yah anak saya 5bulan 11 hari blum bisa tengkurap sendiri

  • Oleh : Yuli Awalia
  • Tanya Bidan