×

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Pada saat kehamilan trimester pertama, ibu hamil sering mengalami morning sickness seperti mual, muntah, pusing dan lemas. Hal ini akan membuat ibu hamil sulit untuk makan dan minum. Padahal ibu hamil harus memerthatikan nutrisi untuk tumbuh kembang janin. Selain itu ibu hamil yang kurang minum akan mengalami dehidrasi.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, ada satu buah yang sangat pas bagi ibu hamil dengan kondisi tersebut, yaitu semangka. Semangka adalah salah satu buah yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Banyak sekali manfaat buah berdaging merah dan kaya kandungan air ini untuk ibu hamil.

Buah ini sangat kaya akan air dan bermanfaat bagi ibu hamil karena bisa meringankan rasa nyeri di perut dan pembengkakan. Kandungan airnya dan gula buahnya yang tingga dapat membantu meringankan mual dan dehidrasi di pagi hari selama kehamilan.

Related Posts :

    Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

    1. Meredakan asam lambung pada ibu hamil
      Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang pertama adalah meredakan asam lambung. Selama kehamilan, wanita biasanya menderita masalah pencernaan, seperti naiknya asam lambung.
      Buah semangka juga memiliki efek menenangkan pada perut ibu hamil. Vitamin A yang terkandung manfaat semangka untuk ibu hamil, menjadikan buah ini bermanfaat dalam menjaga organ penglihatan pada janin.
    2. Meredakan morning sickness
      Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang kedua adalah meredakan morning sickness. Kamu bisa minum jus semangka segar di pagi hari untuk meredakan morning sickness. Buah semangka baik untuk mendukung pembentukan tulang pada janin serta melancarkan aliran urine dalam tubuh.
      Ibu hamil cenderung susah buang air kecil nah mengonsumsi semangka ada cara untuk mengatasinya
    3. Mencegah pigmentasi kulit
      Pada saat hamil pigmentasi kulit sering terjadi. Sehingga beberapa area seperti wajah, putting payudara, bokong akan menghitam. Pigmentasi sering terjadi selama kehamilan, yang disebabkan kadar hormon yang terlalu tinggi.
      Nah buah ini dapat membantu untuk meningkatkan warna kulit dan mencegah pigmentasi kulit dan menjaga kulit tetap sehat.
    4. Mencegah dehidrasi pada ibu hamil
      Manfaat buah semangka untuk ibu hamil adalah mencegah dehidrasi. Tetap terhidrasi selama kehamilan sangat penting karena dehidrasi dapat menyebabkan kontraksi awal rahim dan kelahiran prematur. Anda bisa makan semangka untuk memasok lebih banyak cairan ke tubuh dan memenuhi kebutuhan gizi kamu.
    5. Mencegah sembelit pada ibu hamil
      Buah semangka juga bisa melawan sembelit lho! Sembelit adalah masalah umum yang sering dialami oleh ibu hamil. kamu dapat menyantap semangka untuk meningkatkan gerakan usus dan membersihkan sistem pencernaan.
    6. Kekebalan tubuh saat kehamilan
      Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan likopen yang merupakan antioksidan pada semangka juga sangat tinggi. Antioksidan ini bisa melindungi tubuh dari terhadap kanker dan penyakit kardiovaskular, serta meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi. Jadi sangat pas untuk menjaga kondisi tubuh ibu hamil.
      Kandungan vitamin dan mineral pada semangka juga sangat tinggi, yaitu vitamin A, C dan B6, serta kalium dan magnesium. Nutrisi ini penting untuk perkembangan penglihatan, otak, sistem saraf dan serta kekebalan tubuh.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 7, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Sperma Kosong, Apakah Normal ?

  • Oleh : Santana jaya
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Bu Bidan, saya Melia Rasya. Saya dan suami saya sudah menikah hampir satu tahun dan kami juga belum memiliki anak atau saya bahkan belum mengandung. Saya sudah di cek ke dokter dan hasilnya baik, tapi suami saya tidak mau di cek ke dokter dan setiap kami melakukan hubungan, sperma suami saya kosong bu bidan, apa itu wajar ?

    Pilihan Makanan Untuk Wanita Yang Sedang PMS

  • Oleh : Dah Wisnugaduh
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Hallo bu bidan, saya ini termasuk wanita yang suka mengalami PMS ketika menstruasi, yang ingin saya tanyakan ketika PMS makanan dan minuman apa saja yang harus dikonsumsi dan dihindari agar PMS tidak mengganggu aktivitas saya. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya.

    Cepat hamil selepas kb

  • Oleh : Indri Ekawaty
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Salamualikum
    Dok saya lepas kb bulan 2 sekarang bulan 9 mengapa saya tak kunjung hamil

    BB anak tidak naik2

  • Oleh : Nenk Marsya
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat pagi, Bu.. Saya mau bertanya beberapa hal mengenai anak sy yg BBnya tdk pernah lagi naik. Sekarang anak usia 2th…
    1. Apakah anak sy kena TB/kurang gizi? Krn adik sy ada yg riwayat TB. Ortu sy juga batuk tidak kunjung sembuh. Anak kakak ipar sy juga abis pengobatan TB.
    2. Apa sebenarnya faktor pemicu TB dan cara mengatasinya?
    3. Apakah TB menular ke ibu hamil? Dan bagaimana ciri serta mengatasinya?
    4. Sebaiknya anak dibawa ke ahli gizi atau ke dokter anak?
    Terima kasih

    Kehamilan

  • Oleh : Hilman Suhilman
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan , Pada saat hamil 24 minggu dokter baru memberirahukan ke saya bahwa janin yang dikandung mengalami gangguan perkembangan. setelah saya kontrol 2 minggu kemudian dan dilakukan USG, dokter menyatakan janin saya tidak bernafas lagi, dan sepertinya sudah tidak ada sekitar 1 minggu. Yang ingin saya tanyakan apa penyebab gangguan pertumbuhan pada janin dan apakah bisa diketahui dari awal kehamilan?

    Tanya Bidan