×

Manfaat Mendengarkan Dan Membaca Alqur’an Saat Hamil

Bagikan Artikel :

Manfaat Mendengarkan Dan Membaca Alqur'an Saat Hamil

Tidak hanya music saja yang bisa membuat bayi tenang dan meningkatnkan kecerdasan tapi dengan membaca alquar’an atau hanya mendengarkanya pun bisa meningkatkan kecerdasaan janin lho.

Bagi orang non muslim music dipercaya sebagai stimulasi dalam mengajak janin berkomunikasi, seperti musik klasik. Alunan musik yang memberikan rasa nyaman bagi calon ibunyalah yang bisa berdampak positif pada perkembangan otak anak. Jika musik saja dapat memberikan rasa tenang, bukankah memperdengarkan Al-Qur’an jauh lebih menentramkan?
Jika semua Muslimah yang sedang mengandung paham betul makna ayat-ayat Allah dalam alqur’an, bukan tidak mungkin akan lahir bayi-bayi yang kuat. Karena Al-Qur’an turun sebagai penguat hambanya manakala tertimpa kesulitan hidup, menghilangkan stres dan menenangkan hati.
Disisi lain, penggagas Neuroscience for Life Indonesia, dokter Amir Zuhdi mengatakan, “Para tahanan yang di sekap di sempitnya ruang, pengap dan hanya seluas koin uang Rp. 500,00 untuk pencahayaan tidak benar-benar rusak otaknya tatkala selama dipenjara mereka mengulang-ngulang hafalan Al-Qur’an. Mereka itu tahanan hafidz di bumi Syam.”

Kaitan Al-Qur’an dan kehamilan menurut dokter Candra dan dokter Amir terletak pada efek yang ditimbulkan selama membaca dan mendengarkan lantunan Al-Qur’an. Penelitian ilmiah yang pernah dilakukan oleh Dr. Rene Van de Carr (pakar stimulasi prenatal dari Universitas Prenatal California Amerika Serikat) mengemukakan bahwa bayi dalam kandungan ibunya akan bernafas dengan ketukan musik.
Pun pada saat sang calon ibu mengaji dengan tajwid. Ia akan mengajak sang janin untuk berkomunikasi dengan bahasa Allah. Panjang pendeknya bacaan sang ibu akan memberikan stimulan kepada janin. Terlebih, calon ibu tersebut bukan hanya membacakan namun menceritakan pula hikmah yang terkandung dalam ayat-ayat Allah tersebut. Menceritakan dengan pemaknaan intonasi dari lakon yang dikisahkan.

Related Posts :

    Manfaat Mendengarkan Dan Membaca Alqur’an Saat Hamil

    1. Bayi akan Memiliki Kecerdasan Emosional yang Lebih Baik
      Manfaat membaca Al-Qur’an saat hamil akan membuat kecerdasan emosional sang bayi menjadi lebih baik. Sebaiknya rutinlah membacakan lantunan ayat-ayat Al-Qur’an ketika sedang mengandung agar janin dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.
    2. Kecerdasan Sosial Janin Dapat Terstimulasi
      Janin yang berada dalam kandungan akan merasakan dampak yang baik dari segi fisik dan psikologisnya. Selain meningkatnya kecerdasan emosi, kecerdasan sosial juga akan terstimulasi dengan baik. Manfaat membaca Al-Qur’an saat hamil juga nantinya, anak akan tumbuh dengan pribadi yang mempunyai kecerdasan sosial sehingga cara komunikasi dan kepedulian kepada sesamanya juga tinggi.
    3. Janin Mendapat Supply Hormon Bahagia
      Dengan membaca Al-Qur’an, ibu hamil akan mendapatkan ketenangan. Untuk itu, sebaiknya selama kehamilan ibu hamil juga meningkatkan intensitas membaca Al-Qur’an. Ketenangan yang didapat dengan membaca Al-Qur’an bahkan akan meningkatkan jumlah hormon serotonim dalam tubuh ibu hamil. Hal ini tentunya akan berdampak juga pada kondisi janin, dimana hormon pemicu rasa bahagia juga akan masuk kedalam darah yang mengalir pada kandungan. Hormon bahagia yang dapat tersalurkan pada janin di antaranya endorfin dan oksitosin.
    4. Bacaan Al-Qur’an Dapat Menenangkan Janin
      Selama masa kehamilan, seorang wanita akan mempunyai perasaan yang lebih sensitif dari biasanya. Untuk itu, ibu hamil akan mengalami ketidakstabilan emosi. Apabila hal ini tidak segera ditangani tentunya akan berdampak kurang baik bagi janin itu sendiri. Selain memberikan ketenangan bagi sang ibu, nyatanya membaca Al-Qur’an juga akan membuat janin menjadi lebih tenang. Hal ini karena saraf pendengaran dan saraf emosi akan tumbuh pertama kalinya ketika janin berada didalam rahim.
    5. Janin Tumbuh Sehat, Cerdas dan Islami
      Manfaat membaca Al-Qur’an saat hamil dapat membuat janin tumbuh sehat, cerdas juga islami. Siapa sih yang tak mau memiliki anak yang tumbuh dengan sehat? Al-Qur’an itu sendiri merupakan kalam illahi yang bisa dijadikan sebagai media berkomunikasi antara manusia dengan Tuhannya. Ibu hamil bisa memohon pertolongan Allah supaya masa kehamilan serta proses melahirkan nantinya dapat berjalan dengan mudah. Dengan membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an, ibu hamil beserta janin akan mendapatkan kenyamanan dan ketenangan.
    6. Mudah Diarahkan pada Perkara Agama
      Manfaat membaca Al-Qur’an saat hamil yang terakhir, anak-anak yang rutin diperdengarkan bacaan ayat-ayat Al-Qur’an selama dalam kandungan akan mempunyai tingkat kenakalan yang tidak berlebihan. Bahkan anak ini cenderung sangat mudah diarahkan untuk melakukan hal-hal yang menyangkut perkara agama.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 25, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Telat haid

  • Oleh : Sri Handayani
  • 2 bulan yang lalu

    Slamat siang,
    Saya Sri dari bekasi, mau bertanya saya sudah telat haid 12 hari dan sebelumnya menstruasi selalu tepat waktu, baru ini saja telatnya dan paling lama, apakah ini menjadi salah satu tanda kehamilan? tapi saya tidak merasakan ada tanda-tanda kehamilan yg lainnya?

    Keputihan

  • Oleh : Lina Desiyanti
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Bu saya ko keputihannya kaya kecampur darah ya,kentel lagi cairannya

    Ingin hamil lagi

  • Oleh : Erna Manurung
  • 2 bulan, 3 minggu yang lalu

    Gini buk bidan, saya habis melahirkan sekitar bulan 12 kemarin, tapi anak saya meninggal begitu lahir, dan saya belum mendapat haid sampai saat ini, tapi saya sudah berhubungan sama suami saya sekitar 2 minggu yang lalu dan rutin karna memang kami tidak menunda untuk kehamilan selanjut nya tapi sekarang saya merasakan sakit perut dibagian bawah, saya bingung ini gejala tanda kehamilan atau mau PMS y buk bidan,? Soal ny sudah saya tespek hasil nya negatif tapi sakit perut nya sudah berlangsung beberapa hari ini dan tidak ada keluar darah yang ada keluar keputihan terus menerus dan bagaimana cara agar bisa cepat hamil lagi sebelum datang haid setelah melahirkan?

    Penyakit Azoospermia akibat Leukosit Tinggi

  • Oleh : Hilman Suhilman
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Pagi bu bidan, nama saya Saddam usia 26 tahun dan saya sudah menikah hampir dua tahun tapi belum memiliki anak. Setelah diperiksa, menurut dokter saya mengidap penyakit azoospermia karena leukosit tinggi. Saya masih mengkonsumsi obat dari dokter tapi ada cara lain kah bu bidan yang lebih alami ? Terima kasih mohon dijawab bu bidan.

    Makan dalam proses tahapan persalinan, bolehkah?

  • Oleh : Reny Anggra
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saya mau tanya, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

  • Oleh : Reny Anggra
  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan