×

Manfaat Merendam Kaki Dengan Air Hangat Pada Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Manfaat Merendam Kaki Dengan Air Hangat Pada Ibu HamilBidan Online,- Menginjak trimester kedua dan ketiga tentunya menjadi momen membahagiakan bagi setiap ibu hamil. Namun dibalik itu sering kali ibu hamil merasakan berbagai keluhan salah satunya yaitu kondisi kaki yang bengkak. Ya pembengkakan kaki pada ibu hamil memang bukan hal yang baru lagi. Diketahui banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya pembengkakan kaki pada ibu hamil seperti faktor hormon, aliran darah yang terhambat akibat pembesaran perut, hingga adanya kelebihan cairan pada tubuh ibu hamil.

Akibat dari kondisi ini tentunya para ibu hamil biasanya akan merasakan ketidaknyamanan saat berjalan. Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut? apakah dengan merendam kaki di air hangat dapat membantu meringankan gejalanya? simak ulasan lengkapnya disini.

Saat hamil tentunya penggunaan produk obat hingga produk perawatan kulit haruslah di lakukan dengan sangat selektif. Maka dari itu ibu hamil lebih di sarankan untuk mengatasi berbagai keluhan seperti pembengkakan kaki secara alami. Nah merendam kaki dengan air hangat nyatanya memiliki manfaat yang sangat bagus untuk mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil.

Related Posts :

    Bukan hanya isapan jempol semata bahkan banyak para ahli menyarankan ibu hamil untuk rutin merendam kaki dengan air hangat. Nyatanya meredam kaki tidak hanya dapat mengatasi kaki bengkak saja namun juga membuat ibu hamil lebih rileks dan santai. Merendam kaki dengan air hangat tentunya bukan kegiatan berat yang harus di lakukan di klinik-klinik kecantikan. Anda hanya tinggal melakukannya di rumah pada saat waktu senggang.

    Rendam kaki secara rutin menggunakan air hangat yang di campur dengan bahan alami lainnya seperti garam, minyak jojoba, perasan air jeruk, juga jahe. Ramuan alami tersebut tentunya akan sangat membantu dalam mengatasi pembengkakan kaki pada saat hamil. Tidak hanya itu nyatanya merendam kaki dengan air hangat dapat membantu melancarkan sirkulasi darah karena salah satu penyebab terjadinya pembengkakan kaki pada ibu hamil yaitu aliran darah yang terganggu karena perut yang semakin membesar. Pastikan untuk menggunakan garam yang mengandung magnesium sulfat karena garam dengan kandungan tersebut efektif meredakan rasa nyeri juga mengatasi memar.

    Selain itu untuk mengatasi keluhan pembengkakan kaki pada ibu hamil ada baiknya juga ibu hamil memenuhi asupan cairan dengan minum air putih 10 gelas per hari. Untuk mencegah pembengkakan kaki pada ibu hamil tentunya mengurangi asupan garam menjadi salah satu tips lainnya.

    Nah selain dapat meredakan pembengkakan kaki pada ibu hamil adapaun manfaat merendam kaki dengan air hangat yaitu:

    • Menghilangkan bau kaki
    • Menjaga kebersiahan dan kesehatan kuku
    • Mengatasi masalah tumit pecah-pecah
    • Mengurangi nyeri pada kaki juga kuku yang tumbuh kedalam
    • Mengatasi infeksi jamur kaki

    Itulah manfaat merendam kaki bagi ibu hamil yang wajib diketahui. Tentunya jika di lakukan secara rutin maka dapat mengatasi beberapa keluhan pada kaki yang sering di alami ibu hamil dan pastinya dapat membantu ibu hamil merasa lebih nyaman juga rileks.

    Baca juga artikel lainnya:

    Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar

    Ketahui 5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil Cepat Lelah

    Tips Solusi Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil Yang Benar

    Tips Menggunakan Toilet Jongkok Bagi Ibu Hamil Yang Aman

    Tips Memilih Sepatu Atau Sandal Bagi Ibu Hamil Yang Tepat

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 7, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Haid sedikit

  • Oleh : Ndah Jumaidah
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok saya sudah menikah 7bulan, haid saya selalu teratur siklusnya 22-24 hari, saya terakhir haid tanggal 15 maret dengan volume yang seperty biasanya 6 hari,
    Tapi pas harusnya tanggal 5 april saya haid itu tidak haid hanya kram perut ajah, dan selama semnggu itu saya selalu keputihan encer bening tidak gatal dan tidak berbau, tanggal 12 apr saya kluar darah bercak2 sja hanya 2 jam saya pikir haid tapi kok tidak sebnyak yg biasanya saya tespek negatf .saya periksa ke dokter spog katanya bukan penyakit, trs masuk ke bulan mei saya slalu kputihan encer bening dan tgl 6 mei sya harusnya sy haid cuman kluar bercak kuning, tgl 7 kliar bercak coklat tp sedikit tdk pakai pembalut
    Smpai tgl 8 saya kputihan encer lagi
    Apa itu normal dok .saya tspek ngatf trs

    Sering Lapar Saat Hamil Trisemester 1

  • Oleh : samanthabarrient
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, , kenapa ya semenjak saya menjalani kehamilan saya sering merasakan lapar. Bawaannya lapar terus , saya takut kalau makan terus bayinya kelebihan berat badan.

    Muntah & mual di pagi ,siang ,sore ,malam hari sering buang air kecil jg

  • Oleh : Imam alvian ramdhan
  • 11 bulan, 4 minggu yang lalu

    Pagi Bu bidan saya mau tanya nih istri saya mual dan muntah di pagi, siang, sore, malam hari tapi perut tidak kembung atau sakit terus di sertai pusing , enek & juga suka buang air kecil sama puting payudara sakit itu penyebabnya kenapa Bu bidan

    Kapan sebaiknya anak minum obat cacing

  • Oleh : carmonhbw5058
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya untuk waktu yang tepat anak mengkonsumsi obat cacing kapan yah?? Mohon jawabannya

    Keputihan yang tidak kunjung sembuh

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya sering mengeluh sama keputihan. Keputihan yang saya alami ini membuat saya menjadi sangat gatal dan berbau tidak sedap. apakah keputihan seperti ini berbahaya? Saya sudah mencoba berbagai obat yang dianjurkan oleh kerabat saya, tapi hasilnya nihil bu bidan. Untuk itu saya minta solusi dari bu bidan bagaimana cara saya mengatasi penyakit keputihan ini? saya takut menjadi parah dan berubah menjadi penyakit serius yang lebih sulit untuk diatasi. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • Tanya Bidan