×

Manfaat Merendam Kaki Dengan Air Hangat Pada Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Manfaat Merendam Kaki Dengan Air Hangat Pada Ibu HamilBidan Online,- Menginjak trimester kedua dan ketiga tentunya menjadi momen membahagiakan bagi setiap ibu hamil. Namun dibalik itu sering kali ibu hamil merasakan berbagai keluhan salah satunya yaitu kondisi kaki yang bengkak. Ya pembengkakan kaki pada ibu hamil memang bukan hal yang baru lagi. Diketahui banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya pembengkakan kaki pada ibu hamil seperti faktor hormon, aliran darah yang terhambat akibat pembesaran perut, hingga adanya kelebihan cairan pada tubuh ibu hamil.

Akibat dari kondisi ini tentunya para ibu hamil biasanya akan merasakan ketidaknyamanan saat berjalan. Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut? apakah dengan merendam kaki di air hangat dapat membantu meringankan gejalanya? simak ulasan lengkapnya disini.

Saat hamil tentunya penggunaan produk obat hingga produk perawatan kulit haruslah di lakukan dengan sangat selektif. Maka dari itu ibu hamil lebih di sarankan untuk mengatasi berbagai keluhan seperti pembengkakan kaki secara alami. Nah merendam kaki dengan air hangat nyatanya memiliki manfaat yang sangat bagus untuk mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil.

Bukan hanya isapan jempol semata bahkan banyak para ahli menyarankan ibu hamil untuk rutin merendam kaki dengan air hangat. Nyatanya meredam kaki tidak hanya dapat mengatasi kaki bengkak saja namun juga membuat ibu hamil lebih rileks dan santai. Merendam kaki dengan air hangat tentunya bukan kegiatan berat yang harus di lakukan di klinik-klinik kecantikan. Anda hanya tinggal melakukannya di rumah pada saat waktu senggang.

Rendam kaki secara rutin menggunakan air hangat yang di campur dengan bahan alami lainnya seperti garam, minyak jojoba, perasan air jeruk, juga jahe. Ramuan alami tersebut tentunya akan sangat membantu dalam mengatasi pembengkakan kaki pada saat hamil. Tidak hanya itu nyatanya merendam kaki dengan air hangat dapat membantu melancarkan sirkulasi darah karena salah satu penyebab terjadinya pembengkakan kaki pada ibu hamil yaitu aliran darah yang terganggu karena perut yang semakin membesar. Pastikan untuk menggunakan garam yang mengandung magnesium sulfat karena garam dengan kandungan tersebut efektif meredakan rasa nyeri juga mengatasi memar.

Selain itu untuk mengatasi keluhan pembengkakan kaki pada ibu hamil ada baiknya juga ibu hamil memenuhi asupan cairan dengan minum air putih 10 gelas per hari. Untuk mencegah pembengkakan kaki pada ibu hamil tentunya mengurangi asupan garam menjadi salah satu tips lainnya.

Nah selain dapat meredakan pembengkakan kaki pada ibu hamil adapaun manfaat merendam kaki dengan air hangat yaitu:

  • Menghilangkan bau kaki
  • Menjaga kebersiahan dan kesehatan kuku
  • Mengatasi masalah tumit pecah-pecah
  • Mengurangi nyeri pada kaki juga kuku yang tumbuh kedalam
  • Mengatasi infeksi jamur kaki

Itulah manfaat merendam kaki bagi ibu hamil yang wajib diketahui. Tentunya jika di lakukan secara rutin maka dapat mengatasi beberapa keluhan pada kaki yang sering di alami ibu hamil dan pastinya dapat membantu ibu hamil merasa lebih nyaman juga rileks.

Baca juga artikel lainnya:

Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar

Ketahui 5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil Cepat Lelah

Tips Solusi Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil Yang Benar

Tips Menggunakan Toilet Jongkok Bagi Ibu Hamil Yang Aman

Tips Memilih Sepatu Atau Sandal Bagi Ibu Hamil Yang Tepat

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 7, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    kehamilan

  • Oleh : Gek Anik
  • 3 tahun, 12 bulan yang lalu

    selamat siang,
    saya dwik ingin menanyakan dulu saya kista,sekarang kista saya di nyatakan layu
    terus saya berhubungan badan karna saya menginginkan kehamilan,
    apakah mungkin bisa jadi kehamilan bila kista sudah layu
    mohon di bantu infonya,,
    terima kasih

    Tenggorokan terasa tidak enak seperti mau muntah setiap pagi

  • Oleh : septiihandayani
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat pagi saya Jalil umur 25 tahun saya mau konsultasi setiap pagi tenggorokan saya terasa tidak enak bahkan serasa mau muntah-muntah hal tersebut sudah berlangsung selama 4 tahun. Dulunya setiap pagi saya mengalami batuk namun tidak berdahak beberapa tahun kemudian batuknya hilang namun rasa tidak enak di tenggorokan juga rasa ingin muntah malah semakin menjadi-jadi mohon pencerahannya dok trims

    Telat Haid

  • Oleh : Khusnul Khotimah
  • 8 bulan, 1 minggu yang lalu

    Assalamualaikum Dok..Sata Mau Tanya Kan Saya Udah Telat Haid Selama 3 Hari Perut Bagian Bawah Rasanya Nyeri Seperti Mau Haid Tapi Nyerinya Ringan Dan Gak Lama Trus Payu Dara Saya Juga Linu Gitu Rasanya Kemarin Di Perut Bagian Bawah Seperti Ada Kedutan Tapi Cuman Berkedut 3x langsung ilang gak ada lagi…Apakah Saya Hamil Ya Dok? Tapi Saya Gk Brani Buat Tespek Takut Di PHP.in…Gimana Dong Dok?? Mohon Pencerahannya…

  • Oleh : Khusnul Khotimah
  • Mr.p

  • Oleh : Sandro Tobing
  • 6 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamu’allaikum kak mau tanya makanan apa saja yang bisa meningkatkan Hormon dan bisa membuat ukuran mr p bertambah?

  • Oleh : Sandro Tobing
  • cesar

  • Oleh : Tania
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    maaf sebelumnya. saya mau tanya.
    istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
    apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
    terimakasih

    Tanya Bidan