×

Manfaat Sawi Untuk Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Manfaat Sawi Untuk Ibu Hamil

Sawi adalah salah satu sayuran hijau yang sering dikonsumsi oleh warga Indonesia. Selain rasa yang enak, sawi memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh dan tentu mudah dijangkau.

Setiap individu terutama ibu hamil wajib mengkonsumsi sayur disetiap harinya, nah sawi ini cocok sekali menjadi pilihan sayur yang Anda konsumsi. Apalagi sawi ini memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil.

Hal ini karena sayuran hijau termasuk sawi yang biasa dimasak tumis dengan berbagai sayuran lain ini memiliki rasa khas yang enak dan kandungan gizi serta nutrisi yang sangat menguntungkan bagi kesehatan tubuh.

Related Posts :

    Manfaat Sawi Untuk Ibu Hamil

    1. Membantu Proses Pembekuan Darah pada Janin
      Mengonsumsi makanan yang kaya akan kadar vitamin K selama hamil akan sangat bermanfaat bagi Anda dan bayi Anda. Sebab, semua bayi membutuhkan vitamin K saat mereka lahir untuk membantu proses pembekuan darah mereka. Nah, sawi merupakan salah satu bahan makanan sumber vitamin K yang bisa Anda andalkan. Sebab, satu cangkir rebus sawi hijau memberikan 770 mikrogram vitamin K, yaitu lebih dari 100% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.
    2. Menjaga Kadar Gula Darah
      Saat hamil, wanita sangat rentan terserang diabetes. Salah satu cara mencegah terjadinya diabetes saat hamil ini adalah dengan mengonsumsi sawi. Sebab, sawi hijau mengandung manfaat antioksidan yang dikenal sebagai alpha-lipoic acid, yang telah terbukti membuat kadar glukosa yang lebih rendah.
    3. Membuat Tidur Lebih Nyenyak
      Kandungan kolin dalam sawi hijau merupakan nutrisi penting untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak pada malam hari serta membantu pergerakan otot dan persendian. Seperti diketahui, saat hamil, terutama jika sudah memasuki trisemester ketiga, kita seringkali memiliki gangguan tidur karena postur tubuh yang berubah. Selain itu, kita juga mengalami kesulitan bergerak karena sendi-sendi yang merenggang. Nah, salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengonsumsi cukup kolin yang terkandung dalam sawi.
    4. Meningkatkan Mood
      Selain kolin, kandungan folat juga ditemukan dalam sawi. selain dapat bermanfaat untuk tumbuh kembang otak serta organ pada janin, folat juga membantu depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh. Kelebihan homosistein, akan mengganggu produksi hormon seratonin yang membuat perasaan bahagia.
    5. Mencegah sembelit
      Salah satu keluhan ibu hamil adalah sembelit. Nah jika ketika hamil sering mengkonsumsi maka BAB akan lancar karena sawi ini mengandung banyak serat. Sehingga terhindar dari sembelit

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 21, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    baik gak sih

  • Oleh : Ayu Priyani
  • 10 bulan, 1 minggu yang lalu

    mau tanya saya sedang masuk angin boleh gak minum obat antangin , atau larutan

  • Oleh : Ayu Priyani
  • Keluar bercak merah kecoklatan sebelum masa haid

  • Oleh : Dwi Nanda
  • 10 bulan, 3 minggu yang lalu

    Mau tanya dok apakah itu normal?, padahal saya baru umur 18 tahun dan memang siklus haid saya belum teratur

    Keputihan saat hamil apakah berbahaya?

  • Oleh : siti khodijah
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau tanya apakah keputihan saat hamil bebahaya bagi janin? Saat ini saya sedang hamil 7 bulan. Pada awal kehamilan saya mengalami keputihan berwarna putih susu yang lmyan banyak, sudah di periksakan ke bidan katanya normal-normal saja. Namun beberapa minggu kemudian keputihan yang keluar berubah warna menjadi kuning dan kehijauan serta gatal. Apakah itu termasuk ciri-ciri keputihan abnormal? Mohon jawabannya.

    Bayi usia 3 bulan belum bisa miring dan tengkurap

  • Oleh : Dwi lestari
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Siang dok, saya mau tanya. Anak saya umur 3 bulan lebih belum bisa miring apalagi tengkurap, apa itu tidak apa-apa dok ? bagaimana caranya agar anak saya bisa cepat miring dan tengkurap ? Terimakasih

    Payudara laki laki besar sebelah

  • Oleh : Muhammad Ramadhan
  • 9 bulan, 1 minggu yang lalu

    Gimana cara mengobati nya ?

  • Oleh : Muhammad Ramadhan
  • Tanya Bidan